Cara Ampuh Mengobati Kucing Mencret, Cepat dan Terpercaya!

Diposting pada 5 views

Kucing mencret adalah salah satu masalah yang paling memusingkan. Karena pada dasarnya kucing yang normal jika buang air besar bentuknya padat. Hal ini jelas jika kucing sedang mengalami masalah kesehatan karena pupnya menjadi encer. Kucing mencret akan cenderung lebih sering melakukan buang air besar. Lantas kenapa kucing bisa mencret? Dan bagaimana cara mengobatinya, simak ulasannya berikut ini.

Kucing Mencret
Kucing Mencret

Kenapa Kucing Mencret Dan Muntah?

Ada berbagai masalah yang bisa membuat kucing menjadi mencret, penyebab diare pada kucing bisa melalui makanan maupun lingkungan. Dengan begitu kamu harus selalu memperhatikan si kucing walaupun ditengah-tengah kesibukan, berikut penyebab kucing mencret yang wajib diketahui:

Makanan Yang Tidak Berkualitas

Penyebab yang pertama kenapa kucing bisa mencret adalah karena faktor makanan. Pastikan kamu benar-benar memberikan makanan yang berkualitas, tidak perlu mahal yang penting bisa cocok untuk tubuh dan memenuhi nutrisinya. Kamu bisa mendapatkan makanan di petshop atau di toko yang khusus menjual makanan kucing.

Kucing ras dengan kucing kampung tentu sangat berbeda, jika kucing kampung kamu cukup memberinya ikan asin yang di campur nasi. Namun akan berbeda jika kamu memelihara kucing seperti anggora tentu maknanya akan sangat berbeda.

Yang perlu kamu ketahui adalah, jika makanan yang dijual di pasaran masih banyak yang terbuat dari bahan-bahan yang tidak berkualitas. Jadi pastikan kamu memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk si kucing supaya tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Makanan yang baik untuk kucing adalah makanan yang di dalamnya mengandung hewan, misalnya burung atau ada bagian dari hewan tersebut. Dengan begitu sumber protein juga bisa tercukupi dengan baik dan benar. Makanan kemasan bisa dibilang jenis makanan yang sudah mengalami proses steril dari bakteri yang berbahaya.

Jadi jangan biarkan kucing kesayangan mu menangkap hewan hidup ya, karena kita tidak akan pernah tahu apakah hewan tersebut ada penyakitnya atau tidak misalnya saja tikus got yang pastinya sangat berbahaya jika langsung dimakan kucing.

Dengan memberikan kucing makanan yang bergizi kamu bisa membuat kucing semakin lincah dan bulu-bulunya juga tidak mudah rontok. Untuk mencari  makanan kucing kamu harus tahu apakah makan tersebut sudah mendapatkan izin edar dan memenuhi syarat gizi yang baik untuk kucing atau tidak.

Perubahan Makanan

Tidak hanya manusia yang tidak cocok jika mengkonsumsi makanan tertentu atau baru, karena kucing juga bisa melakukan hal tersebut. jadi ketika kamu yang awalnya memberi makanan A dan memberi B pasti akan terjadi masalah pencernaan karena akan menyesuaikan sistem pencernaannya dan akhirnya kucing akan mencret.

Hal tersebut juga berlaku bagi kamu yang memberikan makanan kucing tidak berkualitas, pasti kesehatannya akan menurun. Sebenarnya bukan karena mahal atau tidaknya harga makanan kucing tapi itu tergantung apakah kucing dapat menerima dengan baik atau tidak.

Makanan Busuk

Penyebab kucing mencret karena mengkonsumsi makanan yang sudah basi atau busuk adalah hal yang mengkhawatirkan walaupun kamu sudah mengawasinya, namun kucing yang aktif tentu tidak akan bisa diam saat kamu tinggal sendiri, kucing akan memakan apa saja yang mereka temukan.

Kucing mempunyai hobi mengorek tempat sampah, apalagi makanan yang ada di dalamnya pun pasti sudah tidak terjamin kualitasnya. Hal inilah yang menyebabkan kucing menjadi sangat mudah sakit termasuk sistem pencernaan yang terganggu. Jadi kami sarankan supaya kamu selalu hati-hati ketika meletakkan tempat sampah, jangan sampai kucing kesayangan mu sakit karena mengkonsumsi makanan yang kotor dan busuk.

Alergi Pada Makanan

Kucing juga bisa terserang alergi, apalagi jika hal tersebut dari makanan. Jadi kamu harus memperhatikan jenis makanan yang kamu berikan kepada si kucing apakah menyebabkan diare atau tidak. Karena jika dibiarkan akan menyebabkan kucing mengalami alergi yang kronis dan akibatnya sangat fatal.

Alergi juga bisa disebabkan oleh bawaan, bisa jadi alergi kucing terjadi sejak lahir namun kamu baru mengetahuinya setelah memberikan makanan. Dengan memberi makanan yang sama setiap harinya juga bisa menyebabkan kucing menyebabkan alergi. Jadi usahakan untuk memberikan makanan yang bervariasi ya supaya si kucing tidak bosan.

Penyebab Kucing Mengalami Diare Berat

Ada 3 penyebab atau faktor yang dapat membuat kucing mengalami diare berat, diantaranya adalah:

Virus Dan Bakteri

Virus dan bakteri memang sangat berbahaya, apalagi sampai menyebabkan kucing mengalami diare, hal tersebut tentunya bukan masuk kategori ringan. Bakteri yang sering mengganggu kucing adalah bakteri Escherichia coli. Untuk menghindarinya selalu beri nutrisi dan vitamin yang cukup. Karena jika dibiarkan bakteri tersebut bisa membuat kucing muntah dan terserang diare.

Infeksi

Infeksi termasuk penyebab kucing menjadi mencret. Jika kucing mu terinfeksi maka sudah dipastikan saluran pencernaan juga akan terganggu. Infeksi tersebut bisa menyebabkan kucing menjadi diare dan muntah.

Jika kedua hal tersebut langsung dialami, biasanya kucing akan langsung cepat mengalami penurunan berat badan dan juga mengalami dehidrasi yang cukup parah. Infeksi pencernaan bisa sembuh dalam jangka waktu 7 hari. namun ada juga kucing yang memerlukan antibiotik untuk membantu proses penyembuhannya.

Parasite

Parasite akan hidup dalam tubuh makhluk hidup, parasite sendiri akan menyerap nutrisi yang terkandung dalam tubuh. Bahkan parasite tidak segan-segan menyerang pada hewan dan manusia.

Biasanya parasite akan bersarang di usus kucing dan menyebabkan kucing terkena diare. Masuknya parasit dalam tubuh bisa terjadi karena makanan atau air yang sudah terkontaminasi. Diare yang disebabkan oleh parasit memang tergolong singkat namun tetap mengganggu dan perlu diobati. Jika dibiarkan akan berkepanjangan dan berdampak buruk.

Cara Mengobati Anak Kucing Mencret Secara Alami

Ada 3 cara mengobati anak kucing mencret secara alami, diantaranya adalah:

Tempe

Tempe adalah salah satu obat yang bisa kamu berikan untuk kucing yang mencret. Untuk memberikan itu, harus direbus terlebih dahulu, tujuannya agar tempe matang, setelah itu barulah berikan tempe rebus tersebut kepada si kucing, berikan satu kali sehari saja.

Yogurt

Yogurt sangat baik diberikan kepada kucing yang mencret. Namun pastikan yogurt tersebut mengandung bakteri baik berupa Lactobacillus. Jenis bakteri ini adalah non-patogen. Pilihlah yogurt non-laktosa yang memiliki kadar laktosa rendah. Berikan pada kucing 1 sampai 2 sendok kucing sehari.

Oralit Hewan

Untuk menyembuhkan kucing mencret kamu bisa menggunakan oralit, kamu bisa mendapatkanya di petshop atau membelinya secara online. Oralit dipercaya bisa membantu untuk menyembuhkan diare dan juga membantu untuk mengembalikan kucing yang terserang dehidrasi.

Untuk kategori cara di atas adalah teknik untuk mengatasi diare ringan. Jika kucing mengalami diare yang parah seperti keluar lendir dan darah maka segera bawa ke dokter jangan sampai kucing kesayangan mu telat mendapatkan pertolongan tentunya kamu tidak menginginkan hal ini terjadi. untuk melakukan pencegahan sebaiknya kamu segera memberi makanan yang bagus untuk kucing mencret supaya tidak semakin parah.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab dan cara mengatasi kucing mencret. Semoga dengan ulasan tersebut membuat kamu bisa mengetahui dan mengatasi jika kucing kesayangan sedang mencret.