Mengenal Lebih Dekat Kucing Mixdom, Karakter Hingga Perawatannya

 
Bagikan artikel ini

Mengenal Lebih Dekat Kucing Mixdom, Karakter Hingga Perawatannya. Tahukah Kamu, bahwa di dunia terdapat banyak ras kucing. Masing-masing ras punya karakter sendiri, termasuk ras persilangan yang akhirnya melahirkan ras baru. Salah satu ras yang paling banyak ditemukan adalah ras kucing mixdom. Tapi ternyata masih sedikit yang paham, seluk beluk tentang kucing campuran yang satu ini.

Kucing Mixdom
Kucing Mixdom

Kucing Mixdom Adalah

Kucing ini adalah, kucing campuran antara satu ras asli dengan kucing domestik. Makanya disebut mixdom. Tidak ada yang tahu sejarah awal dari ras mixdom, yang pasti jumlahnya paling banyak diantara ras lain yang ada di dunia.

Para peneliti kucing, juga harus melakukan studi mendalam ketika ingin menentukan jenis kucing ini. Kebanyakan memiliki ciri yang mirip dengan perpaduan dua ras atau lebih. Makanya, untuk mengidentifikasi lebih detail dilakukanlah uji berbagai bagian tubuhnya. Mulai dari gigi, bulu, hingga postur tubuh.

Apa Kelebihan Kucing Mix Domestik?

Jika dibandingkan dengan kucing ras asli, banyak keunggulan yang dimiliki oleh kucing campuran ini. Hal itu pula, yang menjadikannya favorit di kalangan pecinta kucing.

Perawatan Mudah

Kucing ini, tidak membutuhkan perawatan ekstra seperti kucing ras asli. Tapi, Kamu memang harus mengenal terlebih dahulu karakternya agar bisa memberikan perawatan yang tepat.

Secara umum mulai dari makanan, kesehatan, dan kebersihannya memang tidak terlalu sulit. Bahkan ada jenis kucing campuran, yang bisa makan makanan jenis apa saja dan punya daya tahan tubuh maksimal walaupun hanya dirawat seadanya.

Harga Murah

Untuk mendapatkan kucing campuran jenis mixdom, Kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Harganya sangat terjangkau dibanding kucing ras asli, bahkan tingkat murahnya hingga separuh harga bahkan lebih. Tapi, pastikan untuk mengenali ciri-ciri kucing mixdomdengan baik agar tidak salah beli.

Baca juga:  Wajib Diketahui! Cara Merawat Bayi Kucing dengan Baik dan Benar

Perpaduan Warna Menarik Kucing Mixdom

Berhubung kucing ini merupakan perpaduan ras yang berbeda-beda, maka terdapat warna yang juga menarik. Ada yang memiliki warna monochrome hitam dan putih, kuning putih, atau belang tiga dengan corak yang sulit dijumpai pada ras lain.

Lucu

Tingkat kelucuan kucing yang banyak dipelihara orang Indonesia ini, juga tak kalah dari ras kucing asli. Dari kecil saja, Kamu sudah bisa melihat bahwa kucing ini menjadi sangat menggemaskan dan mudah diajak bermain.

Jenis Jenis Kucing
Karakter kucing mixdom

Karakter Kucing Mixdom

Untuk membedakannya dengan kucing lain, ada karakteristik identik yang hanya dimiliki oleh kucing mixdom. Walaupun karakter ini sangat random, sesuai jenis dan perlakuan terhadap kucing tersebut.

Pendiam

Pada beberapa jenis kucing mixdom, punya karakter pendiam di awal namun bisa menjadi lebih ramah setelah merasakan kedekatan emosional dengan pemiliknya.

Manja

Tak sedikit yang memiliki karakter manja dan selalu ingin berada di dekat pemiliknya, jika dia merasa nyaman dan terlindungi.

Suka Cari Perhatian

Jangan kaget, jika tiba – tiba kucing ini melakukan atraksi aneh-aneh hanya untuk menarik perhatian Kamu. Misalnya, dengan mencakar lembut atau menggosok-gosokkan badannya pada kaki atau tangan Kamu.

Pola Warna Sangat Variatif

Banyak pola warna bulu dari kucing campuran mixdom, tergantung pada ras orang tuanya. Kebanyakan memiliki variasi warna putih, hitam, kuning, atau coklat.

Umur Maksimal 20 Tahun

Penelitian yang dilakukan sejumlah ahli, menunjukkan bahwa umur kucing ini maksimal adalah 20 tahun. Tapi tentunya dengan menerapkan cara merawat kucing mixdom dengan baik.

Rajin Melahirkan

Pada kondisi normal, kucing betina akan sering melahirkan dengan jumlah anak cukup banyak. Mulai dari dua hingga lima ekor pada setiap kelahiran.

Jenis Paling Banyak Dari Kucing Mix Domestik

Dari sekian banyak jenis kucing ras mixdom, ada beberapa yang paling unik dan banyak dipelihara. Diantaranya adalah:

Tabby Mixdom

Memiliki ciri warna, dengan motif garis dan bulu yang kurang rapi serta tumbuh menyebar tidak rata. Warna utama dari jenis ini adalah, oranye dengan campuran putih.

Baca juga:  Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk Dan Cara Memandikan Tanpa Hair Dryer

Munchkin Mixdom

Walaupun sudah sangat sulit ditemukan, namun termasuk paling populer di kalangan pecinta kucing campuran. Ciri utamanya yaitu, kaki pendek dan tubuh relatif lebih kecil jika dibandingkan jenis lainnya.

Devon Rex

Ciri utamanya jenis devon rex, bulu keriting dan pendek-pendek. Jika dilihat lebih dekat bulunya yang biasa berwarna coklat, krim, dan biru menyebar membentuk pola mirip bulu cerpelai dan macan tutul. Unik, makanya banyak yang kepincut dengannya ditambah pula perawatan devon rex cukup mudah.

Tuxedo Mixdom

Dominasi warna hitam dan putih menjadi ciri umum dari kucing tuxedo. Makanya diberi nama tuxedo, yang merupakan pakaian resmi pria yang memadukan jas warna hitam dan kemeja putih.

Tubuh dari kucing ini sangat elegan, dengan kaki dan postur tubuh yang proporsional. Dia juga termasuk kucing yang kuat dan memiliki sifat penyayang, cenderung manja kepada pemiliknya.

Siam Mixdom

Jika dilihat sekilas sangat mirip dengan kucing ras siam asli, hanya saja terdapat perbedaan pada warna di bagian wajah, telinga, kaki, dan ekor yang lebih terang dari kucing siam asli. Perpaduan warna bulunya juga unik yaitu biru, ungu, atau coklat.

Kucing siam mixdom memiliki sifat penjaga yang sangat kuat. Ketika dia dirawat dengan kasih sayang, maka siam mixdom akan membalasnya dengan kelembutan dan patuh. Karakter unik lainnya adalah, mudah diajarkan banyak hal dan sangat mandiri.

American Curl Mixdom

Sepintas terlihat seperti kucing hutan dengan warna bulu perpaduan coklat, hitam, dan putih. Perbedaan mencolok, terdapat pada bulunya yang keriting dan telinga pendek dan juga cenderung keriting.

Norwegia Campuran

Adalah kucing campuran yang habitatnya di hutan Norwegia, banyak yang memeliharanya karena keunikan yang dimiliki. Mulai dari wajah yang mirip segitiga, bulu lebat, dan tubuh besar yang akan berkembang sangat pesat setelah usia lima tahun.

Tips Memandikan Kucing Bagi Pemula
Perawatan Kucing

Cara Merawat Kucing Mixdom

Jika Kamu memutuskan untuk memelihara salah satu jenis dari kucing campuran domestik ini, jangan lupa soal perawatannya. Agar bisa tumbuh sehat dan memiliki potensi berumur panjang. Bagaimana caranya?

Makanan

Kamu bisa memberikan makanan untuk kucing mixdom berupa makanan khusus kucing, mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh si meong. Bisa juga ditambah suplemen jika dibutuhkan.

Baca juga:  Penanganan dan 9 Cara Mengatasi Kucing Mencret dengan Tepat

Bulu dan Kuku

Untuk jenis bulu pendek, Kamu cukup menyisir bulunya sekali seminggu agar tidak mudah rontok. Sedangkan untuk yang berbulu panjang, usahakan menyisir sesering mungkin agar tidak kusut dan bebas dari penyakit. Kamu juga perlu memandikannya secara rutin dan memperhatikan spot seperti telinga, wajah dan kaki.

Sedangkan untuk perawatan kuku, bisa disesuaikan dengan kondisi kuku masing-masing kucing. Pastinya perlu menggunakan alat potong kuku khusus kucing, yang bisa dibeli di gerai petshop terdekat.

Aktivitas

Agar kucing tetap aktif, berikanlah berbagai jenis permainan yang disukai oleh kucing tersebut. Ajaklah dia bermain dengan jadwal yang jelas, untuk meminimalisir kucing malas bergerak yang akan mengakibatkan obesitas.

FAQ Kucing Mixdom

Menjawab pertanyaan yang biasa orang cari di internet tentang kucing mixdom. Diantaranya adalah:

Kucing Mixdom itu apa?

Kucing mixdom adalah ras kucing yang sangat sering ditemukan di sekeliling kita. Kucing ini juga banyak dicari untuk dirawat dikarenana sangat mudah cara merawatnya, berbeda halnya dengan kucing ras asli yang memang cara perawatannya agak sedikit ribet/rumit.

Selain dari metode perawatannya, biaya untuk mengadopsi kucing ini juga terbilang sangat murah loh. Tak sedikit pula kucing jenis ini yang menjadi populer. Di antaranya seperti jenis kucing tuxedo, medium hair, domestik bulu pendek, tabby, maine coon, dan tentunya masih terdapat kucing campuran jenis lainnya.

Kucing kampung masuk ras apa?

Di Indonesia sendiri kucing kampung dikategorikan sebagai kucing ras Jawa. Ditemukan ada 3 macam jenis kucing kampung secara umum, yaitu: Kucing jalanan, kucing liar dan kucing domestik.

Bagaimana cara membuat kucing gemuk?

Ingin membuat kucing peliharaan cepat gemuk? Jangan kamu beri makan nasi, lakukan cara-cara ini: 1. Menambah selera makan kucing kamu, 2. Bikin menu makanan dengan beberapa variasi, 3. Bikin kucing kamu selalu merasa senang, 4. Selalu ajak kucing bermain terlebih dahulu sebelum makan, 5. Jangan lupa berikan vitamin dan vaksin untuk kucing

Penutup

Itulah hal-hal penting yang perlu Kamu ketahui seputar kucing mixdom. Bukanlah hal yang sulit jika ingin memeliharanya, asalkan tahu jenis dan bagaimana memperlakukan dan merawatnya dengan benar.