Kucing Munchkin: Jenis, Karakteristik, Harga dan Tips Merawatnya

Diposting pada 36 views

Kucing munchkin merupakan salah satu ras kucing berkaki pendek yang berasal dari mutasi genetik secara alami. Ras munchkin sendiri pertama kali dikembangbiakkan pada tahun 1980-an di negara asalnya yakni Amerika Serikat.

Kucing Munchkin
Kucing Munchkin: Source Pinterest

Keunikan pada kaki munchkin membuatnya didaulat sebagai salah satu ras kucing terkecil yang ada di dunia. Sedangkan di Indonesia ras munchkin pertama kali dikenal sejak tahun 2014 belum lama ini.

Nah, bobot dari kucing mungil ini mencapai 3 sampai 4 kg untuk jantan. Sedangkan munchkin betina memiliki bobot yang cenderung lebih berat.

Munchkin umumnya memiliki bulu yang pendek dan panjang, tergantung dari jenis-jenisnya. Ras munchkin termasuk ke dalam kategori kucing yang unik, sehingga kerapkali disilangkan dengan kucing ras lainnya.

Jenis-Jenis Kucing Munchkin yang Wajib Kamu Ketahui

Karena munchkin kerapkali disilangkan, tentu menghasilkan beragam jenis kucing yang tak kalah menarik jenis lainnya. Sehingga terdapat beberapa jenis ras munchkin yang baru dan lebih menarik lagi.

Simak secara lengkap beberapa jenis ras munchkin berikut ini:

  • Munchkin Jenis Kinkalow
    Kinkalow adalah jenis dari munchkin yang berasal dari persilangannya dengan kucing American Curl. Pada kinkalow, munchkin mewariskan karakteristik utamanya yakni kaki pendeknya. Sedangkan American Curl mewariskan bentuk telinganya yang khas melekuk ke bagian luar.
  • Munchkin Jenis Genetta
    Genetta digadang-gadang sebagai jenis munchkin paling populer dan menggemaskan menurut para penggemar munchkin. Sebab genetta lahir dari persilangan antara munchkin dan juga si lincah kucing bengal.

    Sehingga terlahirlah jenis kucing baru yang bertubuh pendek dengan corak totol-totol yang khas ala-ala ras bengal.
  • Munchkin Jenis Minskin dan Bambino
    Ada yang unik dari jenis kucing munchkin yang satu ini, pasalnya jenis minskin dan bambino dihasilkan dari persilangan antara munchkin dan kucing Sphynx.

    Penampilan keduanya sangat unik dengan bulu yang sangat tipis nyaris seperti tidak berbulu. Dilengkapi dengan postur tubuh yang pendek turunan dari munchkin.
  • Munchkin Jenis Napoleon
    Napoleon merupakan jenis munchkin yang dihasilkan dari persilangan antara munchkin dan kucing Persia jenis Himalaya dan juga Eksotik Short Hair.

Meski harga kucing munchkin napoleon cukup mahal, namun jenis kucing mungil ini merupakan salah satu yang paling digemari pencinta kucing ras munchkin.

  • Munchkin Jenis Lambkin
    Jenis munchkin lambkin sekilas terlihat seperti jenis skookum, dikarenakan bulunya yang sama-sama keriting. Hal tersebut dikarenakan lambkin lahir dari persilangan munchkin dan juga kucing ras Rex Selkirk yang memiliki bulu layaknya domba.
  • Munchkin Jenis Scottish Kilts
    Jenis munchkin yang paling digemari selanjutnya adalah Scottish Kilts. Jenis kucing yang satu ini merupakan hasil dari persilangan antara kucing Scottish Fold dan si imut munchkin.

Kucing jenis ini memiliki keunikan pada daun telinganya yang menutup ke dalam dan bentuk tubuh yang mungil menggemaskan. Maka tak heran, jika harga kucing munchkin Scottish fold sendiri rata-rata mencapai jutaan rupiah.

Calico Munchkin
Calico Munchkin: Source Pinterest

­Karakteristik Kucing Ras Munchkin

Kamu yang tertarik dengan jenis kucing imut ini, penting mengetahui lebih dalam mengenai karakteristiknya secara lengkap. Sebab hal ini bisa membuat kamu mengenal lebih dalam lagi si munchkin yang hendak kamu pelihara.

Simak karakteristiknya berikut ini:

  • Kaki Pendek Ciri Khas Munchkin
    Karakteristik utama yang sangat menonjol dari kucing ini adalah bagian tubuhnya terutama kaki. Kaki pendek munchkin disebut-sebut sebagai hasil mutasi genetika secara alami terjadi, bukan dikarenakan percobaan atau yang lainnya.

    Hal tersebut tak jauh berbeda dengan genetika anjing kaki pendek karena gen keduanya sama. Akan tetapi anjing memiliki kelainan tulang belakang yang menyebabkannya berkaki pendek, lain dengan munchkin yang secara alami.
  • Keunikan Bulu Munchkin
    Munchkin memiliki dua jenis bulu yang menambah keunikannya, yaitu bulu yang panjang dan bulu pendek. Munchkin yang telah disilangkan dengan kucing lain, memiliki lebih banyak jenis bulu yang lebih beragam meski dasarnya sama pendek atau panjang.

Sifat Utama Kucing Munchkin yang Super Unik

Sama dengan kucing jenis lain, ras munchkin memiliki sifat yang unik dan menarik. Sifat utama munchkin yang paling menonjol diantaranya:

  • Sangat suka bermain.
  • Tingkah lakunya sangat menggemaskan.
  • Mudah beradaptasi dengan ras kucing lain dan lingkungan baru.
  • Suka mencari perhatian pada manusia (yang memeliharanya).

Daftar Harga Kucing Ras Munchkin di Indonesia

Jika kamu tertarik memelihara ras kucing yang satu ini, penting untuk mempersiapkan budgetnya dari sekarang. Nah, untuk selengkapnya simak daftar harga kucing munchkin terbaru di bawah ini:

Jenis Kucing   UmurKisaran Harga
Munchkin Jenis Betina 3 BulanRp. 6.540.000
Munchkin Jenis Jantan7 BulanRp. 4.000.000
Anak Munchkin2,5 BulanRp. 5.000.000
Anak Munchkin7 BulanRp. 6.040.000
Munchkin Jenis Napoleon2 TahunRp. 7.030.000
Munchkin Silangan Persia8 BulanRp. 952.000
Munchkin Jenis Kinkalow4 BulanRp. 10.100.000
Munchkin Jenis British Shorthair3 BulanRp. 7.100.000

Kucing ras munchkin nyatanya memang memiliki banyak penggemar, yang mana tidak sedikit orang yang bersaing untuk mendapatkan peliharaan menggemaskan ini. Meski harus merogoh budget cukup banyak, bagi pencinta kucing hal tersebut tidak menjadi masalah.

Mengenal Kesehatan Umum Ras Munchkin

Memelihara kucing munchkin seharusnya memang tidak boleh sembarangan. Segala hal perlu dipersiapkan termasuk mengenal kesehatannya secara umum.

Munchkin yang kamu pelihara bisa berumur normal jika rutin diberikan imunisasi dan perawatan khusus oleh dokter hewan. Sebagai antisipasi, munchkin pun bisa jadi memiliki masalah kesehatan layaknya kucing rumahan biasa.

Misalnya saja masalah kesehatan hipertiroidisme, uremia, penyakit saluran kemih hingga pankreatitis. Untuk mencegah beberapa masalah kesehatan tersebut, rutinlah mengecek kesehatan dan vaksinasi munchkin peliharaanmu.

Tips Singkat Merawat Kucing Ras Munchkin

Munchkin memang kucing yang unik dan membutuhkan perawatan yang tepat. Agar ras munchkin yang kamu pelihara terjaga dengan baik, simak tips singkat merawatnya berikut ini:

  • Menjaga kebersihan kandang atau tempat tinggal munchkin dengan baik.
  • Memberikan munchkin makanan khusus kucing dengan nutrisi terbaik.
  • Menyediakan tempat makan yang tepat.
  • Menyediakan tempat minum yang mudah dijangkau.
  • Menyediakan ember pasir dengan pasir terbaik dan rutin dibersihkan.
  • Mandikan munchkin minimal pada dua minggu satu kali.
  • Perawatan mandi; gunakan shampoo khusus kucing yang tepat.
  • Sesekali bawa munchkin ke petshop terdekat untuk di grooming.
  • Bersihkan telinga kucing menggunakan baby oil dan kapas.
  • Rutin memberikannya multivitamin.
  • Rutin memeriksa kesehatannya ke dokter hewan.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai kucing munchkin yang bisa kami sampaikan untuk kamu para pencinta munchkin. Semoga saja pembahasan di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu, apabila nanti tertarik memelihara ras munchkin tersebut.