Kucing Muntah Kuning? Kenali 4 Penyebab Kematian Kucing Terbanyak

 
Bagikan artikel ini

Kucing muntah kuning? Kenali 4 penyebab kematian kucing terbanyak. Jika kucing muntah kuning, itu menandakan bahwa peliharaan kesayangan kita sedang mengalami masalah Kesehatan dalam tubuhnya. Hal ini bisa menjadi serius, terutama untuk kesehatannya. Banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan kucing bisa mengalami muntah kuning. Salah satunya adalah gejala keracunan. Biasanya jika kucing keracunan maka akan timbul gejala-gejala yang akan terlihat jelas seperti seringnya kucing buang air kecil dan besar serta muntah-muntah.

Muntah biasanya diartikan seperti sebuah reaksi yang terjadi baik pada manusia maupun kucing ketika makhluk hidup mengeluarkan isi di dalam pencernaannya dengan paksa melalui mulut.

Karakteristik muntah kucing memiliki banyak jenis jika bisa Kamu lihat dari warnanya, mulai dari yang berwarna putih dan berbusa, coklat, merah muda, bening merah dan kuning. Dari seberapa tipe muntah tersebut, kucing yang mengalami muntah kuning adalah salah satu yang paling banyak ditemui sehingga membuat para pecinta kucing akan merasa khawatir jika kucing mereka sendiri mengalaminya.

Kucing Muntah Kuning
Kucing Muntah Kuning

Yang akan kita bahas kali ini akan mengenai kuning yang dialami oleh kucing, cara mengobati dan cara-cara mencegah yang bermanfaat untuk kucing peliharaan Kamu. Secara umum penyebab kucing muntah adalah adanya sesuatu yang melukai lambung dan sistem pencernaan menjadi terhambat. Biasa kucing yang muntah akan ditandai dengan tingkah laku kucing yang mengayun-ayunkan kepalanya dan kontraksi pada perut kucing secara keras.

Kamu juga bisa melihat apakah kucing kalian mungkin keracunan makanan atau kucing-kucing mungkin berinteraksi atau terinfeksi barang-barang yang mungkin saja tidak bersahabat dengan tubuh kucing.

Baca juga:  Begini Cara Merawat Kucing Sakit di Rumah Paling Ampuh!

Penyebab Kucing Muntah Kuning

Untuk mengetahui kenapa kucing muntah kuning ,Kamu harus memperhatikan terlebih dulu beberapa penyebabnya.

Keracunan

Penyebab kucing muntah seperti yang sudah dijelaskan di atas adalah keracunan. Keracunan pada kucing bisa terjadi karena beberapa faktor, mungkin saya peliharaan Kamu menjilat atau memakan  makanan, atau benda-benda yang tidak baik untuk Kesehatan kucing. Dan faktor lingkungan juga bisa menyebabkan muntah kuning.

Sebaiknya jika meletakkan barang-barang yang beracun atau tidak baik untuk kucing, sebaiknya di letakkan di tempat yang susah terjangkau oleh kucing. Beberapa produk yang biasa termakan oleh kucing seperti pembersih lantai, detergen, ataupun pestisida tanaman. Jika tertelan, tentu saja  kucing akan mengalami masalah pencernaan dan muntah.

Ada juga jenis-jenis tanaman yang terkadang dimakan oleh kucing sehingga kucing akan mengalami keracunan dan infeksi pada pencernaan.

Pola Makan

Pola makan adalah salah satu penyebab kucing muntah kuning tidak nafsu makan. Makanan kucing yang tidak berkualitas biasa mengandung banyak kandungan yang tidak baik untuk kucing. Seperti bagian organ atau tulang-tulang hewan lain yang tidak sehat bagi kucing. Kucing juga tidak boleh diberikan susu sapi, karena kucing sendiri tidak bisa mencerna susu sapi itu sendiri.

Banyak juga bahan-bahan yang terkandung dalam makanan kucing seperti pewarna dan pengawet tidak sehat untuk kesehatan pencernaan, menginfeksi dan membuat kucing muntah.

Virus Panleukopenia

Virus panleukopenia adalah virus yang disebabkan oleh infeksi dari  feline parvovirus. Gejala oleh infeksi virus panleukopenia ini sendiri dimulai dari kucing muntah, kuning tidak nafsu makan, kucing tidak memiliki energi, badan lesu, dan juga diare.

Virus panleukopenia ini cenderung sangat menular antar kucing dan berisiko kematian, terutama pada anak kucing dan kucing dengan sistem kekebalan yang minim.

Baca juga:  Penyebab Jamur Pada Kucing Yang Wajib Diketahui

Jika menemukan gejala infeksi virus panleukopenia, sebaiknya segera bawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Virus ini  menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi pada kucing. Selain itu virus ini juga menular melalui muntahan atau kotoran yang dikeluarkan oleh kucing, dan membahayakan kucing lain jika termakan.

Makan Terlalu Cepat

Jika kucing makan terlalu cepat juga bisa menjadi salah satu faktor yang membuat kucing memuntahkan makanan yang masuk melalui mulut ke lambung mereka. Apalagi jika Kamu sebagai penyayang kucing yang senang memberikan porsi makanan dalam jumlah besar dan kucing biasanya  langsung memakannya dalam jumlah banyak.

Disarankan Kamu memberikan makanan untuk kucing dengan mengontrol porsinya agar dapat dimakan secara teratur dan perlahan, sehingga sistem pencernaan kucing dapat mengelola makanan yang masuk secara baik.

Kondisi Empedu Normal

Warna kuning pada muntah kucing sebenarnya disebabkan oleh cairan kuning yang dihasilkan di dalam empedu dan bercampur dengan makanan. Fungsi cairan empedu sebenarnya untuk menghancurkan lemak yang tidak berguna di dalam tubuh kucing, sehingga kita mengetahui dalam kondisi baik empedu kucing terlihat dari kotoran kucing akan berwarna kuning.

Hal ini juga yang membuat makanan yang telah diproses di empedu dan dikeluarkan dari dalam pencernaan kucing melalui umumnya juga berwarna kuning.

Penyakit

Penyebab kenapa kucing muntah kuning yang bisa juga akibat kucing memiliki penyakit. Penyakit yang dialami bisa saja berupa radang usus, radang saluran pencernaan, termasuk seperti gastritis, pankreatitis, colitis dan enteritis.

Kondisi ini berhubungan dengan penyakit kronis dan parah yang terjadi pada sistem pencernaan kucing. Apabila tidak ditangani secara cepat oleh ahlinya tentu hal ini akan berbahaya untuk nyawa kucing kesayangan Kamu.

Penanganan Pertama pada Kucing Muntah Kuning

Adapun langkah dan cara penanganan pada kucing muntah kuning yang tidak nafsu makan yang bisa kamu lakukan sebagai berikut

Baca juga:  Ikuti 13 Tips Berikut Sebagai Cara Membuat Kucing Gemuk
  1. Jangan berikan makanan dan air pada kucing selama 12-24 jam. Hal ini untuk melihat perkembangan Kesehatan kucing ini sendiri. Jika kucing Kamu sudah minta makanan dan mengeong tandanya dia sudah memulihkan diri dari keadaan sebelumnya.
  2. Berikan air untuk mengurangi efek dehidrasi secara beraturan dan sedikit- sedikit. Pilih juga ,makanan yang tidak memiliki pewarna maupun rasa, serta makanan-makanan basah yang lembut.
  3. Segera pisahkan kucing yang muntah dengan kucing lainnya jika Kamu memiliki lebih dari 1 kucing di rumah, untuk mencegah terjadinya penularan dan terinfeksinya kucing-kucing lainnya
  4. Jika kucing terus-terusan muntah, lesu, tidak nafsu makan dan menunjukkan gejala-gejala lainnya, segera bawa ke dokter hewan kepercayaan Kamu untuk penanganan lebih lanjut.

Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Kucing Tidak Mau Makan
Mengatur pola makan ketika kucing muntah kuning

Cara mencegah kucing muntah kuning pada kucing seperti berikut.

  1. Mengatur pola makanan kucing dengan kualitas tinggi dan perhatikan kandungan komposisi makanan terlebih dulu sebelum memberikannya pada peliharaan Kamu.
  2. Jauhkan benda-benda kecil dan berbahaya yang kemungkinan bisa dimainkan atau termakan oleh kucing dan punya risiko tertelan, seperti benang, kelereng, kain-kain, pita, pengikat rambut, dan yang lain.
  3. Jauhkan tanaman, makanan manusia, bahan kimia, pestisida di lokasi dimana kucing Kamu biasa makan atau bermain.
  4.  Setahun sekali, lakukanlah checkup pada kucing Kamu di dokter kepercayaan Kamu untuk memastikan kesehatan tubuh kucing.

Berikut ini penjelasan dari tanda-tanda ketika kucing muntah kuning, penyebab serta cara mengobati dan langkah pencegahannya yang bisa Kamu perhatikan sehingga tidak panik. Dengan menjaga kesehatan kucing kesayangan Kamu, tentunya Kamu tidak perlu khawatir dan panik adanya penyakit yang akan menyerang kucing Kamu ke depannya.