Fakta Menarik Kucing Peaknose yang Wajib Pencinta Kucing Ketahui

Diposting pada 12 views

Kucing Peaknose merupakan salah satu jenis kucing Persia yang memiliki ciri fisik sangat menarik. Kucing jenis peaknose ini memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya sangat mudah dikenali yaitu bagian wajah terutama hidung dan matanya.

Kucing Peaknose
Kucing Peaknose (Kucing Persia Peaknose)

Kucing Persia jenis peaknose juga merupakan salah satu jenis kucing yang memiliki banyak penggemar. Wajahnya yang imut, mampu menarik hati siapa saja yang melihatnya.

Sekilas kamu mungkin akan merasa bahwa peaknose galak. Namun sebaliknya, meski wajahnya sedikit jutek, peaknose sangat ramah pada siapa saja.

Fakta Menarik Kucing Peaknose yang Harus Kamu Ketahui

Untuk mengenal kucing jenis peaknose lebih dalam lagi, kamu bisa menyimak beberapa fakta menariknya berikut ini:

Salah Satu Jenis Kucing Persia Terpopuler

Peaknose merupakan salah satu primadona para pencinta kucing yang ada di berbagai belahan dunia. Sesuai dengan rasnya, kucing peaknose pertama kali ditemukan di Iran. Hingga saat ini, peaknose menjadi salah satu kucing populer yang banyak digemari.

Pendiam dan Sedikit Malas

Kucing peaknose ini memiliki sifat yang cukup manja, pendiam dan kerapkali tertangkap sedang malas-malasan. Lebih hebatnya lagi peaknose mampu tidur seharian jika tidak kamu bangunkan.

Namun lain halnya apabila kamu membelikannya mainan, main bersamanya atau mengajaknya jalan-jalan.

Memiliki Ekspresi Wajah yang Datar

Wajah datar yang dimilikinya sudah merupakan genetik, bukan berarti kucing peaknose jutek dan galak. Justru kucing peaknose sangat-sangat jinak, ramah, mudah beradaptasi dan kalem ketimbang kucing jenis lain.

Memiliki Mata yang Sensitif

Mata yang sensitif membuatnya mudah sakit mata. Hal tersebut dikarenakan adanya debu atau partikel yang masuk ke mata dan membuat luka area permukaan kornea matanya itu. Juga disebabkan oleh gesekan dengan bulu di sekitar matanya.

Jenis Kucing Persia Terpopuler Lainnya

Selain kucing Persia jenis peaknose tadi, ada beberapa jenis kucing Persia lain yang tak kalah populer. Simak jenis kucing Persia lainnya berikut ini:

Kucing Persia Flatnose

Kucing flatnose umumnya memiliki ukuran tubuh yang cenderung kecil dan pendek dibandingkan dengan kucing peaknose. Memiliki kepala yang kecil dan juga kaki yang kuat berukuran sedang. Hidungnya nampak kecil dengan matanya yang bulat dan pipi yang berisi.

Kucing Persia Himalaya

Jenis Himalaya memiliki keunikan tersendiri yaitu warna bulunya yang khas disebut dengan “color point“. Bulunya memiliki kombinasi warna titik-titik kecil pada bagian hidung, ekor, telinga hingga ujung kaki. Himalaya ini memiliki sifat yang tenang, manja, penurut, lebih suka tidur, dan gemar bermain.

Kucing Persia Medium

Jenis kucing Persia yang satu ini, ukuran hidungnya cenderung sedang sesuai dengan namanya. Nah, jenis medium ini ada dua, yaitu jenis shorthair dan juga longhair. Keduanya memiliki bulu yang lebat dan tubuhnya yang sangat kecil.

Kucing Persia Campuran

Umumnya jenis kucing Persia ini disilangkan dengan kucing kampung. Ciri khasnya terletak pada bagian ekornya dan juga warna mata yang kuning dan hitam.

Harga Kucing Jenis Peaknose Terbaru

Jika kamu berminat memiliki kucing jenis peaknose yang merupakan dari jenis Persia ini, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai harganya. Nah selain itu, vaksinasi juga biasanya mempengaruhi pada harga peaknose itu sendiri.

Dan saat ini kucing jenis peaknose berumur 3 bulan dan belum divaksin memiliki kisaran harga 6 jutaan hingga 7 jutaan. Sedangkan yang versi sudah divaksin, mencapai 7 jutaan hingga 8 jutaan.

Dan untuk yang berumur 6 bulanan, dibanderol dengan harga 12 jutaan hingga 15 jutaan yang sudah divaksin. Sedangkan yang belum divaksin mencapai 10 jutaan hingga 11 jutaan.

Harga kucing peaknose murah memang sulit didapat, namun kamu bisa mencari yang tanpa pedigree agar harganya lebih murah atau melalui cara adopsi.

Mengenal Kucing Peaknose White Odd Eye

Kamu mungkin pernah melihat kucing yang memiliki warna mata berbeda bukan? itulah yang disebut dengan kucing jenis “Odd Eye“. Selain memiliki warna mata yang berbeda, kucing odd eye umumnya memiliki bulu yang lebat.

Meski kerapkali dikaitkan dengan hal mistis layaknya kucing item, kucing dengan mata odd eye tetap digemari siapa saja karena memang unik dan berbeda dari kebanyakan kucing lainnya.

Cara Merawat Kucing Odd Eye

Sebagai bagian dari kucing ras Persia jenis peaknose, kucing odd eye membutuhkan perawatan maksimal yang terbaik. Kamu tentu tahu perbedaan kedua warna mata kucing odd eye, menjadi daya tarik tersendiri yang sangat memukau.

Meski perbedaan warna mata bisa saja diakibatkan oleh genetik, merawat kucing ini tidak begitu sulit. Sehingga bisa kamu lakukan secara maksimal dengan mengikuti caranya di bawah ini:

Melengkapi Segala Perlengkapan yang Dibutuhkan

Pertama-tama, persiapkan segala perlengkapan yang nantinya dibutuhkan untuk merawatnya. Perlengkapan yang harus kamu siapkan diantaranya; kandang kucing, makanan, tempat makan dan tempat minum, litter box dan serokannya, pasir, sisir khusus bulu, shampoo khusus kucing dan juga handuknya.

Memperhatikan Pola Pemberian Makan

Seperti kucing pada umumnya, asupan makanan untuk kucing odd eye perlu diperhatikan dengan seksama. Gunakanlah makanan kucing yang kandungan garamnya cenderung sedikit.

Tak lupa memberikannya makanan yang mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, E dan juga protein. Nutrisi yang baik dapat membantu pembentukan bulu kucing yang bagus pada odd eye.

Catatan penting untuk kamu, jangan memberikan nasi untuk kucing odd eye. Sebab sistem pencernaannya tidak diperuntukkan bagi karbohidrat.

Memberikan Air Minum yang Tepat

Kucing odd eye bisa kamu berikan air minum yang tepat yaitu air matang. Hal ini agar kucing kamu terhindari dari kontaminasi bakteri ataupun sumber penyakit lainnya yang menular lewat air minum.

Selalu Menjaga Kebersihan Kucing

Memandikannya merupakan metode menjaga kebersihan paling ampuh. Gunakan shampoo khusus kucing yang sebelumnya telah kamu persiapkan.

Gunakanlah cotton bud untuk membersihkan area telinganya dan potong kukunya secara berkala.

Wajib Memberikan Kucing Vaksin

Kenapa wajib? sebab dengan memberikan Vaksin pada kucing odd eye kamu, bisa bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Apabila kucingmu terkena virus, ia akan terhindar dari infeksi karena mempunyai antibody virus yang mumpuni.

Menyikat Bulu Kucing Secara Teratur

Kamu bisa menyikat bulunya pada 2 hari satu kali menggunakan sikat atau sisir khusus. Jangan lupa untuk lebih hati-hati saat menyisir bulu yang berada di area dada dan perutnya, karena bulunya sangat lembut dan juga mudah patah.

Merawat bulu kucing ini bukan hanya untuk menjaga penampilan kucing odd eye saja, karena dengan begitu ia akan terhindar dari risiko apabila menelan hair ball. Hair ball yaitu gumpalan rambut yang rontok, dan kucing kerapkali menjilati tubuhnya itu sehingga risikonya bisa tertelan.

Jadi itulah penjelasan lengkap secara singkat dan padat tentang si kucing imut kucing peaknose. Bagi penggemar kucing-kucing imut tentu peaknose tidak boleh dilewatkan. Harga yang tinggi, bisa kamu sesuaikan dengan kucing ras peaknose yang mampu kamu adopsi.