Sifat dan Karakter Kucing Persia Abu Abu yang Harus Diketahui

 
Bagikan artikel ini

Sifat dan karakter kucing Persia abu abu yang harus diketahui. Kucing persia merupakan salah satu jenis kucing sudah terkenal di penjuru dunia dan memiliki banyak jenis. Salah satu jenisnya adalah kucing persia abu abu. Kucing ini terkenal dengan sifatnya yang sangat bersahabat dengan pemiliknya sehingga jenis kucing ini sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan. Berikut informasi mengenai kucing abu-abu ini.

Kucing Persia Abu Abu
Anak Kucing Persia Abu Abu

Sejarah Kucing Persia Abu Abu

Sejarah mengenai kucing ini tertulis dalam banyak versi yang berbeda-beda. Seperti namanya, kucing persia berasal dari Persia atau yang sering disebut sebagai Iran. Kucing ini sangat populer baik di negara tersebut maupun ke mancanegara.

Terdapat sejarah yang mengatakan bahwa kucing ini dibawa oleh Pietro della Valle ke Negara Italia pada tahun 1620. Versi yang paling populer dan diyakini oleh para pecinta kucing yaitu, kucing ini diperkenalkan dari Turki oleh Nicholas Claude Fabri de Pierres dan dibawa ke Prancis.

Pendapat lain menyebutkan bahwa kucing persia satu ini memiliki kemiripan dengan kucing anggora Turki. Kucing persia merupakan hasil persilangan antara kucing anggora turki dengan kucing domestik.

Akan tetapi, terdapat pendapat yang menyebutkan bahwa kucing persia ini merupakan keturunan dari kucing liar yang berasal dari Afrika. Keturunan ini merupakan hasil persilangan untuk mendapatkan mantel bulu yang lembut dan panjang.

Kucing persia abu abu sangat populer di Persia sebelum tahun 1620. Kucing jenis ini dianggap masih memiliki hubungan genetik dengan kucing yang berasal dari Asia dan juga Afrika, yaitu Felis Libyca. Pada akhir abad yang ke-19, kucing ini mulai dikembangkan di berbagai negara seperti Kanada, Eropa, Amerika Serikat, Perancis, dan juga Inggris.

Baca juga:  4 Jenis dan Harga Kucing Abu Abu Bulu Pendek yang Lucu, Wajib Kamu Ketahui

Kemolekan yang dimiliki kucing ini sangat menarik minat para pecinta kucing. Tak heran banyak orang yang menjadikan sebagai hewan peliharaan meskipun harganya yang termasuk tinggi. Kucing persia jenis ini telah diikutkan dalam pameran kucing dalam skala besar.

Sifat dan Karakter Kucing Persia Abu Abu

Kucing Persia Abu Abu
Anak Kucing Persia Abu Abu

Sifat Kalem

Kucing persia abu abu ini memiliki sifat yang cukup kalem dan pendiam. Kucing ini memiliki banyak tingkah dan cenderung mudah tidur sehingga disebut dengan sofa tiger. Bagi Kamu yang ingin memelihara kucing ini jangan terkejut. Sebab, kucing persia mudah tertidur baik di tempat nyaman maupun tidak.

Sifatnya yang kalem tidak akan membuat kamu takut. Sebab kucing ini jarang sekali bertengkar, mencakar, maupun menggigit. Hewan ini akan bereaksi jika terdapat sesuatu yang membuatnya terancam.

Lembut dan Penyayang

Banyak orang yang memelihara kucing persia abu abu karena memiliki sifat yang sangat lembut dan penyayang. Kamu akan merasa memiliki teman saat bersama dengan hewan ini. Oleh sebab itu, para pecinta kucing sangat mengincar kucing persia jenis abu abu.

Karakteristik Tubuh

Kucing ini memiliki ,mata yang besar dan bulat. Kamu akan langsung gemas saat melihat kucing ini dari dekat. Kucing persia abu abu ini juga memiliki hidung yang cenderung pesek. Akan tetapi, hal ini tidak dapat menutupi kecantikan yang dimiliki oleh hewan tersebut.

Mantel Bulu Indah

Salah satu kelebihan kucing persia abu abu ini adalah mantel bulunya yang sangat indah. Kamu akan kagum saat melihat bulunya yang berkilau. Selain itu, mantel bulu kucing persia tidak terlalu panjang dan sangat halus.

Cara Merawat Kucing Persia Abu Abu

Kucing Persia Abu Abu
Anak Kucing Persia Abu Abu

Siapkan Kandang dan Jaga Selalu Kebersihan

Kandang adalah tempat dimana kucing dapat beristirahat. Jika Kamu memelihara kucing persia, maka dibuatkan kandang untuk kucing persia. Kandang kucing persia memiliki ventilasi udara dan ukurannya sesuai. Tempatkan kandang di tempat yang terbuka. Hal ini bertujuan supaya sirkulasi udara di dalam kandang lancar. Dengan menempatkan kandang di tempat terbuka, cahaya matahari akan bisa masuk ke dalam kandang

Baca juga:  Kucing Garfield: Wajib Diketahui Sejarah, Sifat, Karakter dan 5 Cara Merawatnya!

Selain membuat kandang yang sesuai, kamu juga harus selalu membersihkan kandangnya dari sisa-sisa makanan ataupun kotorannya. Hal ini supaya kucing persia abu abu kamu tidak terserang penyakit.

Menyediakan Tempat Makan dan Minum yang Sesuai

Walah sifatnya hanya sebuah aksesoris, tetapi tempat makan dan minum si kucing ini dapat membantu dalam hal kebersihan. Dengan membuat tempat makan dan minum yang sesuai, makan si kucing tidak akan berserakan atau tercecer.

Gunakan tempat makan dan minum yang tidak terlalu cekung. Hal ini dikarenakan lidah kucing persia abu abu dapat dikatakan pendek. Cari tempat makan dan minum yang berada di dalam satu wadah. Letakan tempat makan dan minum di tempat yang sama.

Memberikan Makanan yang Bergizi dan Menyehatkan

Memberikan makan kepada kucing persia abu abu sama halnya memberikan makanan kepada anak kecil. Hal ini dikarenakan kucing juga memerlukan makanan yang bergizi dan tentunya menyehatkan bukan seperti makanan sisa. Memberi makan kepada kucing makanan berkualitas akan mendukung pertumbuhan si kucing dan kesehatannya.

Disarankan untuk memberi makan kucing persia abu-abu, gunakan daging yang direbus kemudian dicacah terlebih dahulu seperti daging ayam, bebek, ikan, dan daging sapi. Jika kamu ingin memberikan makanan kaleng terdapat dua jenis makanan kaleng, yakni makanan kering dan makanan basah. Setelah memberi makan, kamu harus menyediakan minum air putih juga. Jika kamu ingin mengganti air putih dengan air susu, maka susu yang digunakan tidak boleh sembarangan terdapat susu khusus kucing.

Mandikan Kucing

Selain memberi makan, minum, dan menjaga kondisi kandangnya supaya selalu bersih hal yang harus diperhatikan dalam merawat kucing persia abu-abu ini adalah memandikannya. Kamu harus memandikan si kucing persia abu abu dalam seminggu cukup satu kali saja. Mandikan kucing dengan memberikan shampo khusus untuk kucing.

Baca juga:  Sifat dan Karakter Kucing Albino yang Harus Kamu Ketahui

Jika telah usai memandikan si kucing, maka kamu harus mengeringkannya. Kamu dapat menggunakan hair dryer atau handuk yang bersih. Selanjutnya sisir bulu kucing supaya bulunya tetap halus dan rapi.

Walau kucing tidak mandi tetapi kucing memiliki kemampuan untuk menjaga kebersihan tubuhnya sendiri. Dengan cara menjilati seluruh anggota badannya. Akan tetapi hal ini tidak cukup untuk membuat kucing kamu tetap bersih, makannya kamu harus memandikannya seminggu sekali.

Menyediakan Pasir

Dalam merawat kucing, pasir adalah hal terpenting. Karena pasir memiliki kemampuan untuk mengurangi medium bau kotoran si kucing. Jika kamu merawat jenis kucing persia abu-abu, kamu dapat menggunakan pasir zeolit.

Kamu harus selalu mengganti pasir kotoran kucing setidaknya satu kali dalam tiga hari. Hal ini dikarenakan fungsi pasir yang sangat penting. Jika kamu tidak mengetahuinya akan membuat kucing menjadi stress karena lingkungannya terganggu dengan bau kotorannya.

Penutup

Informasi di atas semoga dapat membuat kamu memahami dan mengetahui lebih dalam tentang kucing persia abu abu. Bagi kamu yang menjadikan kucing ini sebagai peliharaan, kamu harus rajin-rajin untuk menyisir bulu rambutnya. Sebab, mantel bulu inilah yang membuat kucing kamu akan semakin menggemaskan.