Ciri, Fakta, dan Cara Merawat Kucing Persia Peaknose

Diposting pada 6 views

Ada banyak sekali jenis kucing yang dijadikan peliharaan, dan salah satunya adalah kucing Persia peaknose. Dapat dikatakan, kucing peaknose ini menjadi salah satu dari sekian banyak jenis kucing yang difavoritkan oleh pecinta kucing. Mengapa demikian? Karena perawakannya yang bulat, hidung yang pesek, dan bulu yang panjang menjadikannya sangat menggemaskan.

Lalu tahukah Kamu asal usul kucing Persia peaknose ini? Sebenarnya, kucing yang cukup berharga mahal untuk diadopsi ini berasal dari Persia, negara Iran. Tetapi kemudian kucing ini dikembangbiakkan di luar habitatnya yakni di negara AS dan juga Inggris, tepatnya setelah perang dunia kedua.

Kucing Persia Peaknose
Kucing Persia Peaknose

Ciri Kucing Persia Peaknose yang Harus Kamu Ketahui

Semua kucing—tidak terkecuali kucing yang satu ini, memiliki cirinya tersendiri. Ciri-ciri yang dimiliki oleh kucing ini dianggap sangat cantik dan lucu sehingga banyak orang yang menyukainya dan banyak juga berbagai kontes kecantikan kucing yang menyertakan kucing jenis ini.

1. Sifat kucing Persia peaknose ini sangat manja dan setia

2. Sangat membutuhkan keberadaan pemiliknya, jika ditinggal kucing ini bisa stres

3. Sifatnya cukup pemalas dan juga suka menyendiri

4. Badannya cenderung gembul dan bulat

5. Memiliki hidung yang pesek

Fakta Menarik Tentang Peaknose

Setelah mengetahui tentang ciri-cirinya, akan sangat lengkap pengetahuan Kamu tentang kucing Persia peaknose ini juga sudah mengetahui tentang fakta-faktanya. Faktanya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Merupakan salah satu dari beberapa jenis kucing Persia

Faktanya, ada beberapa jenis kucing Persia di dunia ini. Tetapi, salah satunya adalah kucing Persia peaknose ini. Jenis kucing ini sangat disukai karena hidungnya yang pesek dan badannya yang bulat karena tampak sangat menggemaskan.

2. Kucing introvert yang pemalas

Beberapa jenis kucing ada yang sangat aktif dan suka berlarian kesana kemari. Tetapi berbeda dengan kucing Persia peaknose ini. Ia memiliki sifat yang sangat pendiam ditambah dengan karakternya yang manja. Karena sifatnya itulah kemudian ia suka berdiam diri dan bermalas-malasan.

3. Memiliki ekspresi wajah yang jutek

Jika Kamu melihat kucing yang satu ini, mungkin Kamu berfikir bahwa ia sedang memasang wajah cemberut dan badmood. Sebenarnya, memang bentuk wajahnya yang seperti itu. Meskipun terlihat sangat tidak ramah dan jutek, faktanya kucing yang satu ini sangat ramah dan juga lemah lembut apabila dibandingkan dengan jenis kucing lainnya.

4. Memiliki kerentanan dalam sakit mata

Jenis kucing yang satu ini sangat mudah sakit, terutama sakit mata. Hal ini dikarenakan apabila ada debu yang masuk bergesekan dengan bulu di sekitar mata kucing bisa membuatnya mengalami luka. Selain itu, sakit mata yang mungkin dialami kucing lucu ini bisa juga disebabkan karena tersumbatnya duktus nasolakrimalis atau saluran yang mengalirkan air mata ke hidung.

Masalah saluran air mata tersebut sudah sebuah konsekuensi karena bentuk atau anatomi wajah kucing tersebut. Kedua penyebab tersebut dapat dikatakan sudah menjadi langganan bagi kucing Persia peaknose. Tetapi jika Kamu menemukan penyebab lainnya, jangan menunda untuk segera membawanya ke dokter hewan.

5. Harganya yang mahal

Tahukah Kamu bahwa ternyata untuk memiliki sebuah kucing yang satu ini harus mengeluarkan uang yang cukup banyak? Ya, dapat dikatakan, harganya sangat mahal apabila dibandingkan dengan kucing ras yang lainnya. Tetapi kenyataannya, meskipun mahal, banyak orang juga yang tetap menyukai dan membelinya.

Cara Merawat Peaknose

Jika Kamu memiliki atau berniat memelihara kucing Persia peaknose ini, tentu Kamu harus tahu betul tentang bagaimana cara melakukan perawatannya. Hal ini tentunya bentuk sebagai pemilik kucing yang baik dan juga bertanggungjawab atas kesehatan dan kesejahteraan si kucing. Cara merawatnya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Membersihkan bulu secara berkala

Sudah menjadi ciri khas bahwa bulu dari kucing Persia yang satu ini sangat indah dan menjadi alasan banyak yang memelihara. Maka dari itu, Kamu sebagai pemiliknya harus memperhatikan yang satu ini. Kamu harus membersihkan bulunya secara berkala untuk menjaganya tetap indah.

Bagaimanakah caranya? Mudah saja, Kamu cukup melakukan suatu rutinitas untuk menyikat atau menyisir pada bulunya pada periode tertentu. Kamu juga bisa menghilangkan bulu yang menggumpal di tubuh kucing. Kamu bisa melakukan ini 3-4 kali dalam seminggu.

2. Membersihkan telinga

Telinga bagi kucing adalah bagian yang sangat penting. Telinga yang kotor juga bisa menyebabkan berbagai penyakit. Maka dari itu, Kamu harus senantiasa mengecek kebersihan telinga peaknose Kamu dan membersihkannya dalam jangka waktu tertentu/

3. Memotong kuku

Meskipun kucing ini cukup pemalas, tetapi Kamu juga harus tetap memperhatikan masalah kukunya. Karena pada faktanya, kucing ini juga suka mencakar. Maka dari itu, Kamu harus memotong kukunya secara berkala supaya tetap pendek dan juga rapi.

4. Menjaga kebersihan kandang atau tempat tidur kucing Persia peaknose

Yang tidak kalah pentingnya untuk Kamu jaga adalah kebersihan dari kandang kucing Kamu . Jika kebersihannya tidak terjaga, maka akan rawan timbul kuman dan kotoran yang bisa mempengaruhi kesehatan kucing Persia pesek Kamu.

5. Memberikan vitamin

Kucing Kamu juga perlu diberikan vitamin. Hal ini agar kucing Kamu tetap sehat dan juga memiliki sistem imun yang kuat. Selain itu, pemberian vitamin yang rutin juga akan membuat kucing Kamu memiliki selera makan yang baik. Pertumbuhan kucing juga akan semakin baik yang mana berdampak semakin menggemaskan penampilannya.

6. Memberikan vaksin dan juga obat cacing

Bukan hanya manusia saja yang membutuhkan vaksin. Kucing juga membutuhkan  hal tersebut supaya tetap sehat dan tidak terkena virus yang menyebabkan penyakit. Selain itu, juga perlu diberikan obat cacing supaya pencernaan kucing Persia peaknose Kamu tidak terganggu. Pemberian kedua hal ini sebaiknya diberikan baik saat baru lahir ataupun ketika Kamu mulai mengadopsinya.

7. Mengecek kesehatan secara rutin

Yang selanjutnya harus Kamu lakukan adalah rutin mengecek kesehatan si pesek ini. Kamu bisa menjadwalkannya semisal tiga bulan sekali. Ini harus Kamu lakukan meskipun nampaknya kucing kesayangan Kamu sedang baik-baik saja dan tidak mengalami masalah kesehatan.

8. Treatment khusus jamur

Tahukah Kamu bahwa peaknose ini termasuk kucing yang rawan terkena penyakit jamur kulit. Tentu Kamu tidak ingin hal ini terjadi pada kucing kesayangan Kamu. Maka dari itu, berikanlah treatment anti jamur yang mana bisa Kamu lakukan di klinik hewan atau di tempat dokter hewan Kamu biasanya.

Itulah ciri, fakta, dan juga cara merawat peaknose yang harus Kamu ketahui. Kucing yang memiliki ciri menonjol yaitu hidung pesek dan muka bulat ini memang sangat menggemaskan untuk dipelihara. Apakah Kamu tertarik untuk memeliharanya? Kamu bisa melakukan adopsi kucing ini dari berbagai tempat yang menyediakan pengadopsian kucing Persia peaknose ini. Semoga bermanfaat!