4 Jenis Kucing Persia Dan Ciri-Cirinya

Diposting pada 10 views

Popularitas kucing Persia memang tak perlu diragukan lagi. Kucing menggemaskan ini cukup banyak dipelihara oleh sebagian besar. Pasalnya kucing tersebut memiliki bulu lembut dan tebal serta menggemaskan layaknya boneka saja. Tapi tahukah kamu, kalau jenis kucing ini ada banyak? Kira-kira apa saja ya?

Kucing Persia
Jenis Kucing Persia

Jenis Kucing Persia Yang Menggemaskan Beserta Ciri-Cirinya

Umumnya karakter dari kucing jenis Persia cenderung tenang, manja dan suka menempel ke pemiliknya.  Di samping itu, kucing ini dibedakan menjadi empat macam dan masing-masing punya kriteria khasnya tersendiri, diantaranya:

Jenis Persia Himalaya

Kucing Persia Himalaya
Jenis Kucing Persia Himalaya

Merupakan kucing jenis Persia yang khas dengan bagian bulunya yang tampak color point. Hal ini karena warna bulunya berpola pada bagian telinga, wajah, hidung, ekor sampai ujung kaki. Biasanya bagian yang berpola itu punya warna gelap seperti hitam maupun cokelat tua. Kemudian bagian tubuh lainnya berwarna putih atau cokelat muda. Bila dilihat secara sekilas, mungkin Persia Himalaya ini terlihat mirip kucing Siam. Tapi sebetulnya ada perbedaan lain. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  • Punya bulu yang lebat, tebal dan panjang. Apalagi bagian ekornya.
  • Ukuran hidung yang tidak begitu pesek bila dibandingkan dengan jenis Persia lainnya
  • Tubuhnya besar dengan berat mencapai 4-6 kg.
  • Bentuk kaki pendek dan sangat suka memanjat maupun melompat. Meski begitu, Persia Himalaya termasuk kucing yang jinak dan tenang.

Jenis Persia flatnose

Kucing Persia Flatnose
Jenis Kucing Persia Flatnose

Mungkin ketika melihat kucing ini akan terlihat jelas bagian hidung yang pesek. Bahkan ukurannya itu kecil dan hampir sejajar dengan matanya. Meski begitu, kucing ini tetap terlihat lucu nan menggemaskan. Selain itu, ciri lain yang dimiliki adalah:

  • Bentuk kepala sedikit kotak sehingga membuat bagian pipi terlihat lebih gendut atau chubby.
  • Bagian mata dan telinga kecil lalu untuk telinganya meruncing.
  • Postur badan gemuk dan kaki sedang tidak terlalu pendek maupun panjang. Jadi terlihat pendek sebab tubuhnya gemuk.
  • Karakternya cenderung lebih aktif dan suka melompat, memanjat maupun bermain dengan benda-benda di sekitar.

Jenis Persia Medium

Kucing Persia Medium
Jenis Kucing Persia Medium

Berbeda dari jenis Persia sebelumnya, Persia medium ini justru hidungnya tidak pesek tapi juga tidak mancung. Keunikan lain yang juga dimiliki antara lain:

  • Memiliki bulu yang paling lebat jika dibandingkan dengan jenis lainnya.
  • Ukuran kakinya lebih panjang dari Persia lainnya
  • Bentuk mukanya juga berbeda sebab hidungnya lebih mancung dan moncongnya juga lebih runcing. Jenis Persia medium dibedakan lagi jadi dua yaitu kucing Persia medium bulu pendek atau shorthair dan Persia bulu panjang atau long hair.

Jenis Persia peaknose

Kucing Persia Peaknose
Jenis Kucing Persia Peaknose

Sekilas, Persia peaknose mirip dengan Persia flatnose karena bentuk hidung yang cenderung pesek. Tapi, Persia peaknose hidungnya lebih pesek dari flatnose maupun jenis Persia lainnya. Meski begitu, harga kucing ini jauh lebih mahal di antara yang lain. Untuk anakan harganya saja sudah di angka jutaan rupiah dan untuk ukuran dewasa bisa sampai dua belas juta rupiah. Bandrol yang sangat fantastis bukan? Selain dari ciri bentuk hidung, ciri yang lain yang dimiliki seperti bentuk badan yang gemuk. Sehingga menambah kesan yang semakin menggemaskan. Tak heran jika kucing ini sering diikutsertakan dalam acara kontes. Jenis Persia peaknose juga dibedakan jadi dua yakni Persia peaknose yang memiliki hidung pesek dan Persia peaknose ekstrim yang punya ukuran hidung jauh lebih pesek lagi. Perbedaan di antara keduanya ada pada bentuk atau ukuran hidungnya.

Melihat kucing jenis Persia yang kemudian terbagi menjadi beberapa macam, manakah yang paling kamu sukai? Kucing berbulu tebal dan super lucu ini tentunya harus diimbangi dengan perawatan yang mendukung. Tujuannya agar si kucing tidak mudah sakit maupun rontok bulunya. Karenanya, sebelum memutuskan untuk memelihara kucing, kenali dulu beberapa perawatannya.

Tips Merawat Kucing Jenis Persia Agar Bulunya Tidak Cepat Rontok

Memberikan perawatan yang terbaik untuk si kucing sangatlah penting. Jika tidak, maka bulunya bisa gampang rontok dimana-mana bahkan jatuh sakit. Tentunya tak mau seperti itu kan? Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk merawat Kucing Persia yang cukup mudah dan hampir mirip seperti perawatan kucing Anggora:

  • Siapkan kandang khusus dengan ukuran yang memadai. Sebab kandang tersebut menjadi tempat beristirahat. Jadi berikan tempat senyaman mungkin seperti punya ventilasi udara, dapat sinar matahari dan lainnya.
  • Sediakan tempat makan dan minum yang terpisah, jadi tidak dicampur. Selalu tempatkan diposisi yang sama agar mudah dikenali oleh si kucing. Selain itu, pilih tempat makan juga minum yang tidak terlalu cekung mengingat lidah si kucing cukup pendek. Sehingga memudahkannya untuk mengambil makanan dan minuman.
  • Bersihkan kandang dan peralatan makan si kucing secara teratur agar kebersihan tempat tinggal kucing betul-betul terkondisikan.
  • Siapkan pasir khusus di kandang yaitu pasir zeolit. Pasir ini cukup membantu untuk mengurangi bau pada kandang. Biasanya dimanfaatkan kucing untuk buang air kecil dan besar. Jika sudah dipakai, sebaiknya pasir tersebut dibuang. Selain itu, setidaknya tiga kali dalam sehari pasir harus diganti untuk menjaga kebersihan kandang.
  • Perhatikan asupan makanan yang diberikan. Kamu bisa memberi makanan kemasan maupun memberikan olahan daging sendiri. Tapi pastikan daging tersebut sudah dimasak dan matang, lalu cacah kecil-kecil agar mudah dimakan.
  • Bersihkan area yang sulit dijangkau seperti bagian telinga menggunakan cotton bud. Lalu potong kukunya jika sudah panjang. Jangan lupa kebersihan bagian gusi dan mulut kucing ya! Kamu bisa menggunakan cotton bud juga untuk membersihkan area tersebut.
  • Minimal satu kali dalam seminggu, Persia harus dimandikan. Gunakan juga shampoo khusus untuk membersihkan badan kucing. Kalau sudah mandi, keringkan bulunya pakai handuk khusus. Kamu bisa menggunakan hairdryer tapi pastikan kecepatannya yang paling kecil saja. Kemudian sisir bulunya secara perlahan agar terangkat.
  • Jangan lupa untuk berikan vaksin. Kalau ini, kamu bisa membawa si kucing ke dokter hewan maupun profesional lainnya agar si kucing kesayangan mendapatkan vaksinasi. Vaksin tersebut sangat berguna untuk menjaga kekebalan bagi tubuh si kucing dari penyakit.

Itulah sederetan tips dalam merawat si kucing yang memerlukan kesabaran juga ketelatenan. Jadi, bagaimana? Apakah sudah siap memelihara kucing jenis Persia dalam waktu dekat? Sebetulnya perawatan tersebut berlaku juga untuk kucing lainnya. Sebab mereka juga memerlukan perawatan yang mendukung agar senantiasa sehat dan bulu-bulunya tidak rontok.

Lalu, berapa ya kira-kira harga kucing Persia anakan dengan kucing anggora? Apakah sama ataukah selisih jauh? Biasanya untuk harganya tidak sama dan tergantung dari umur si kucing itu sendiri. Rata-rata untuk anakan ada yang di ratusan ribu bahkan ada yang jutaan ribu rupiah. Harga kucing Persia beda-beda bisa dikarenakan jenis, umur dan juga dari pihak penjualnya sendiri. Misalkan Persia Peaknose yang punya harga lebih mahal dari jenis lainnya dengan bandrol jutaan rupiah.