Kucing Ragamuffin: Sejarah, Ciri, Cara Merawat, dan Harga

  37 views
Bagikan artikel ini

Kucing ragamuffin: Sejarah, ciri, cara merawat, dan harga. Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang digemari banyak orang karena bentuk serta tingkahnya yang lucu dan di dunia ini terdapat banyak sekali jenis kucing, salah satunya adalah kucing Ragamuffin. Kalau penasaran dengan kucing yang mempunyai tubuh cukup besar dan cantik ini kamu bisa baca penjelasannya dari awal sampai akhir, yuk!

Kucing ragamuffin

Sejarah Kucing Ragamuffin

Kucing Ragamuffin merupakan ras kucing domestik yang juga termasuk dalam varian ras Ragdoll. Ras ini merupakan hasil perkawinan antara ras Ragdoll dengan ras lain. Oleh karena itu penampilan mereka terlihat mirip dengan ras Ragdoll.

Pada awalnya, terdapat seekor kucing jenis Turkish Angora yang bernama Josephine. Kucing yang tinggal di Riverside, California ini kemudian disilangkan dengan sejumlah jenis kucing lain seperti Persia, Birman, dan kucing domestik berbulu panjang.

Hasil dari persilangan ini adalah kucing dengan penampilan rambut cukup panjang serta bercorak seal point atau coklat kehitaman. Salah satu anak kucing tersebut diberi nama Daddy Warbucks yang kemudian menjadi cikal bakal pejantan berketurunan Ragdoll dan Ragamuffin.

Awalnya, Daddy Warbucks hanya dikenal sebagai kucing Ragdoll dan pada tahun 1971 anak keturunan Daddy Warbucks secara resmi dianggap sebagai jenis kucing Ragdoll.

Ann Baker yang merupakan seorang peternak kucing menyadari bahwa sejumlah keturunan kucing bisa saja mempunyai jenis berbeda. Pada tahun 1975, anak kucing dengan jenis yang berbeda tersebut dinamai kucing Ragamuffin.

Kucing ini ternyata cukup sulit mendapatkan sebuah pengakuan dari sejumlah organisasi kucing. Bahkan sampai saat ini tidak semua organisasi kucing mau menerima kucing jenis Ragamuffin. Terdapat dua organisasi yang sampai saat ini belum mengakuinya yaitu TICA (The International Cat Association) dan CCA (Canadian Cat Association).

Baca juga:  Cara Mengenali Kucing Bombay berdasarkan Karakter dan Ciri-cirinya

Ciri Fisik dan Kepribadian

Kucing Ragamuffin dikenal sebagai salah satu kucing yang mempunyai tubuh panjang dan besar. Hal ini dikarenakan mereka mempunyai bahu dan dada lebar serta otot dan tulang besar. Berat badannya bisa mencapai 3 kg sampai 7 kg.

Sebenarnya kucing ini mempunyai ukuran kepala yang sedang tetapi dikarenakan terdapat bulu-bulu di wajahnya sehingga kepala kucing terlihat lebih besar. Ukuran telinganya sedang, matanya besar dan mempunyai sorot mata yang ekspresif.

Badannya yang besar menjadikan kucing Ragamuffin mempunyai kaki besar dan kokoh pula. Dua kaki depan kucing lebih pendek daripada dua kaki belakangnya.

Cakar atau kukunya berbentuk bulat dan besar. Mereka mempunyai ekor panjang dengan bulu lebat sehingga mirip seperti kemoceng.

Kucing Ragamuffin mempunyai bulu cukup panjang, padat, halus, dan lembut. Bulu pada bagian leher lebih panjang daripada bulu pada bagian tubuh yang lain. Untuk warnanya ada biru, putih, perak, cokelat, merah, hitam, ungu, perak, dan krem. Sementara warna matanya adalah hijau, amber, biru, emas, dan odd eye.

Jika kucing jenis ini kondisi kesehatannya selalu dijaga dengan baik dan mendapatkan perawatan yang tepat maka rentang usianya bisa mencapai 18 tahun lebih.

Berbicara tentang kepribadian, kucing Ragamuffin mempunyai sifat yang manja meskipun badannya cukup besar. Mereka senang sekali jika dicium, digendong, dipeluk, dan berbagai perilaku yang menunjukkan rasa cinta lainnya.

Suka dimanja tetapi bukan merupakan kucing yang aktif. Mereka akan sangat aktif saat masa kanak-kanak saja, setelah itu mereka cenderung lebih senang bersantai. Tidak terlalu aktif bukan berarti kucing ini malas beraktivitas. Jika sang pemilik mengajaknya untuk beraktivitas seperti bermain maka mereka juga akan dengan hati melakukannya.

Baca juga:  Sifat dan Karakter Kucing Persia Abu Abu yang Harus Diketahui

Kucing Ragamuffin merupakan salah satu jenis kucing yang tidak terlalu berisik dan tenang. Mereka akan mengeluarkan suara saat kelaparan.

Kucing yang satu ini memang mempunyai sifat hangat serta senang menunjukkan rasa setia dan sayang terhadap sang pemilik. Bahkan mereka tidak segan untuk menunggu sang pemilik pulang ke rumah dan menunggunya di depan pintu.

Kucing ragamuffin

Cara Merawat Kucing Ragamuffin

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian cirri, kucing Ragamuffin mempunyai bulu panjang dan halus sehingga mudah untuk disisir. Selain itu bulu kucing ini juga jarang kusut sehingga kamu hanya perlu menyisirnya kurang lebih sebanyak 2 kali saja dalam seminggu.

Tidak hanya bulu tetapi gigi kucing juga perlu dijaga dengan baik agar tidak terkena penyakit seperti periodontal atau infeksi gusi dan karang gigi yang mengeras.

Telinga kucing Ragamuffin perlu diperiksa setiap minggunya dengan cara menggunakan kapas bulat yang dibasahi air hangat. Hal ini perlu dilakukan agar memudahkan kita untuk membersihkan telinga kucing dan memberikan rasa nyaman kepada kucing.

Kuku kucing harus dipotong secara berkala meskipun kaki dari kucing Ragamuffin ini sangat jarang untuk digunakan mencakar sesuatu. Pembersihan mata juga perlu dilakukan agar terlihat kucing bersih dan terawat.

Selain tubuh, tempat tinggal kucing Ragamuffin juga harus dijaga kebersihannya seperti kotak kotoran atau litterbox. Hal ini dilakukan selain untuk memberikan rasa nyaman terhadap kucing juga untuk menghindari kotoran yang menempel di bulu panjang cantik kucing.

Harga Kucing Ragamuffin

Kucing Ragamuffin biasanya ada di kisaran harga Rp 8.000.000 sampai Rp 18.000.000 tergantung dengan kualitas dan usia.

Sekian informasi mengenai kucing Ragamuffin yang bisa kami sampaikan. Semoga membantu khususnya untuk kamu yang berencana memelihara kucing jenis ini. Terima kasih!