Mengenal 8 Keunikan Kucing Ragdoll

Diposting pada 8 views

Mungkin Kamu sudah pernah melihat kucing berbulu super tebal dan menggemaskan. Tapi untuk kucing satu ini terlihat seperti boneka yang lucu. Sesuai namanya, Ragdoll punya bulu tebal, lebat, panjang dan lembut. Tidak seperti kucing jenis lainnya, Kucing Ragdoll memiliki ukuran yang lebih besar. Bahkan disebut-sebut sebagai kucing dengan postur badan paling besar di antara kucing lainnya.

Kucing Ragdoll
Jenis Kucing Ragdoll

Keistimewaan Yang Dimiliki Kucing Ragdoll

Menjadi kucing yang super lucu nan menggemaskan, mungkin kamu belum mengetahui keunikan yang dimilikinya. Sama seperti kucing lain, Kucing Ragdoll juga memiliki beberapa keistimewaan yang membuat kucing ini banyak disukai oleh sebagian besar, diantaranya adalah:

  1. Jika dilihat sekilas mirip sekali dengan kucing Persia Himalaya. Tapi, Kucing Ragdoll memiliki ukuran tubuh lebih panjang dan tidak sekotak seperti Persia. Bentuk wajahnya sangat menonjol dan cantik dengan bulu lembutnya seperti kapas. Tak heran kalau Ragdoll sering disebut-sebut sebagai kucing boneka atau doll cat.
  2. Kucing Ragdoll memiliki tiga pola atau corak yang sangat khas. Pertama adalah color point atau corak yang mempunyai bagian agak gelap di titik tertentu seperti tangan, ekor, kaki dan wajahnya. Pola tersebut juga dimiliki oleh kucing Siam dan Himalaya, hingga membuat sebagian orang suka tertukar dalam membedakan Ragdoll dengan Himalaya. Kedua ada Mitted atau mitt yang artinya literal atau sarung tangan. Corak mitted ini kebalikan dari color point. Dimana si kucing akan terlihat seperti sedang memakai sarung tangan putih. Terakhir yaitu bicolor atau dua warna. Pola Ragdoll satu ini punya dua warna yang saling terpisah pada tubuhnya. Ciri khas pola ini ada pada bagian kepalanya dan termasuk corak paling populer di sosial media. Keren sekali, bukan?
  3. Tahukah kamu kalau nama kucing ini disebut Ragdoll karena betul-betul pas dengan karakteristik si kucing itu sendiri. Ragdoll artinya boneka kain dan sangat sesuai dengan si kucing. Sebab ketika diangkat, tubuhnya akan terlihat lemas dan tak berdaya. Uniknya lagi, hal tersebut belum diketahui dengan jelas kenapa si Ragdoll punya sifat tersebut. Diduga, sifat tersebut diturunkan secara genetik sedari keturunan pertamanya. Dimana menurut cerita dulunya induk dari Ragdoll ini tertabrak oleh mobil dan terluka. Selepas dirawat, si induk tersebut tampak lemas ketika diangkat. Ini diduga jadi pemicu awal mula kenapa si Ragdoll punya sifat lemas itu. Akan tetapi, tingkat kelemasan pada si Ragdoll tidaklah sama.
  4. Di sebut sebagai kucing paling jinak. Bahkan cocok buat kamu para pemula yang ingin memelihara kucing untuk pertama kalinya. Sebab kucing ini sangat setia dan sayang dengan pemiliknya. Ragdoll itu pun dengan senang hati akan mengikuti si pemilik ke mana pun pergi. Apalagi jika diajak bermain tentunya sangat suka.
  5. Ada mitos yang beranggapan bahwa Ragdoll itu kebal penyakit. Hal ini dikarenakan oleh sifat si kucing yang sangat jinak dan pasrah. Sekalipun si ragdoll merasakan sakit, ia akan cenderung diam saja. Seolah tidak merasa sakit dan menerima rasa sakit tersebut. Terkadang, jika si kucing tidak menunjukkan kesakitan, kamu perlu membawa ke dokter untuk mengecek kesehatannya.
  6. Di kenal sebagai kucing berukuran besar. Tidak diragukan lagi karena rata-rata berat kucing betinanya saja bisa 5-7 kg dan Ragdoll jantan sekitar 7-9 kg. Bobot tersebut bisa bertambah tergantung dengan perawatannya. Untuk bisa mencapai bobot dan ukuran maksimalnya dapat diketahui dari umur 3-5 tahun. Biar pun ukurannya jumbo, kucing ini sangat lembut dan lucu. Bahkan ketika diangkat akan terasa melemaskan badannya.
  7. Untuk jenis Ragdoll murni, warna matanya biru cerah. Namun ada kemungkinan juga jika Ragdoll punya warna lain seperti hijau maupun keemasan. Jadi, kalau warna matanya tidak biru itu artinya Ragdoll telah bercampur dengan ras atau jenis kucing yang lainnya. Hanya saja, Ragdoll dengan warna putih dan bermata biru cenderung rentan mengalami gangguan pendengaran atau tuli.
  8. Sebelumnya kita sudah tahu kalau Ragdoll punya tiga corak yang khas. Tapi, uniknya lagi sebelum pola-pola itu terbentuk si Ragdoll akan terlahir dengan warna putih. Kemudian secara perlahan warna-warna yang lain akan bermunculan umumnya ketika usia 1-2 bulan. Kemudian semakin besar, pola dan warna akan terbentuk sempurna.

Itulah beberapa hal yang menarik dari kucing ras Ragdoll. Dimana kucing yang termasuk langka di Indonesia ini turut dibandrol dengan harga mahal. Harga kucing Ragdoll di Indonesia ada di angka jutaan rupiah. Bahkan tembus di angka belasan sampai puluhan juta untuk kategori Ragdoll yang unggulan. Jadi, baik itu harga kucing Ragdoll anakan dan dewasa sama-sama terbilang mahal.

Ciri Fisik Dari Ragdoll

Untuk membedakan kucing jenis ragdoll dengan lainnya, berikut ini ada beberapa ciri fisik yang dimiliki oleh Ragdoll itu sendiri, diantaranya:

  • Kucing ras Ragdoll memiliki berat badan sekitar 12-20 pon untuk kucing Ragdoll pejantan dan betina sekitar 10-15 pon.
  • Punya bulu yang tebal dan panjang di seluruh permukaan badan, seperti halnya pada bulu hewan kelinci
  • Bentuk mata seperti biji Almond dengan bola mata berwarna biru. Tapi ada yang sebagian kecil berwarna lain.
  • Bentuk kakinya panjang dan kokoh menopang berat badan si kucing itu sendiri.
  • Bagian daun telinga tampak besar dan menjulang ke atas dimana jarak kedua kupingnya tidak begitu jauh
  • Bentuk perut tampak gempal dan pundaknya sedikit lebar. Kemudian untuk bagian ekornya sangat panjang dan dipenuhi oleh bulu-bulu yang lebat dan tebal.
  • Biasanya harapan hidup kucing jenis Ragdoll antara 12-17 tahun.
  • Mempunyai enam warna yang indah dan berbeda seperti biru, krem, cokelat, lilac, seal dan merah.

Demikianlah ciri khas yang dimiliki oleh kucing berbadan besar ini. Bagaimana menurutmu? Apakah terlihat sama dengan kucing Himalaya? Jelas tidak sama dan untuk membedakannya kamu bisa simak berikut ini.

Perbedaan Kucing Ragdoll Dan Himalaya

Sebetulnya ada yang terlihat sama, hampir mirip dan berbeda dari kucing ras Ragdoll dengan Himalaya. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Sama-sama punya bulu tebal dan panjang, tapi Ragdoll jauh lebih banyak hingga disebut seperti bulu hewan kelinci.
  2. Ukuran badan Ragdoll jauh lebih besar dan panjang daripada kucing Persia Himalaya
  3. Dari segi berat badan, Ragdoll jauh lebih berbobot karena bentuk tubuhnya saja sangat besar dan dijuluki kucing paling besar di antara kucing yang lain.
  4. Kucing Persia Himalaya merupakan hasil dari persilangan kucing Persia dengan kucing siam, sedangkan Ragdoll bukan.

Jika diperhatikan, ada persamaan dan perbedaan yang dimiliki pada kucing Himalaya dan Ragdoll. Meskipun ada yang sama tapi kedua ras kucing ini dapat dibedakan. Jadi pastikan kamu tidak tertipu ketika akan membeli ya! Selain itu, kucing Ragdoll cenderung sulit dijumpai dibandingkan dengan Himalaya. Sehingga menjadi salah satu faktor kenapa harga Ragdoll terbilang tinggi. Bahkan bisa menguras isi dompet. Tapi itu sangat sebanding karena kucing satu ini sangat-sangat langka dan tentunya menggemaskan.