3 Fakta Menarik Kucing Savannah: Ciri, Cara Merawat hingga Makanan

 
Bagikan artikel ini

Fakta menarik kucing savannah: ciri, cara merawat hingga makanan. Saat ini kebanyakan pencinta kucing sudah mengetahui jenis kucing Savannah atau di Indonesia biasa disebut dengan nama Kucing Sabana. Karena ternyata kucing liar atau kucing hutan ini bisa kita pelihara. Hal ini sudah ditunjukkan oleh beberapa selebriti tanah air yang mampu memelihara kucing Afrika ini.

Kucing savannah
Kucing savannah / sabana

Mungkin sejauh ini kamu hanya mengenal kucing- kucing rumahan atau kucing ras domestik yang hanya bisa dipelihara. Dengan kehadiran kucing – kucing impor, membuat suatu tantangan baru untuk memelihara jenis kucing hutan lain.

Memang biasanya maksimal para pencinta hewan liar adalah memelihara puncak rantai makanan seperti memelihara singa atau harimau. Memelihara singa dan harimau pun tergolong jarang.

Mungkin hanya individu atau kelompok tertentu yang mampu memelihara hewan- hewan buas tersebut. Terlebih karena spesiesnya yang sangat dilindungi dan ditambah perawatan serta fasilitasnya juga mahal.

Fakta Tentang Kucing Savannah

Karena bentuknya yang eksotis dan memiliki corak seperti Cheetah, kucing ini menjadi solusi alternatif untuk dipelihara. Tentunya memelihara kucing buas atau hewan buas seperti Cheetah bukan perkara yang mudah dan tentunya sangatlah sulit.

Agar kamu mengetahui tentang kucing bernama Savannah ini, maka simak ulasannya di bawah ini:

Ras Savannah Merupakan Kucing Campuran

Perlu diketahui bahwa Savannah ini merupakan kucing campuran. Sehingga kucing ini sering dikategorikan kucing F1 yang berarti campuran pertama antara kucing liar dan kucing domestik.

Savannah sendiri ternyata dilahirkan dari perkawinan kucing domestik Siam dengan kucing Serval. Tentunya para pencinta kucing sudah mengetahui apa itu kucing jenis Siam.

Karena kucing Siam ini memang telah umum dan lumrah dijualbelikan di pasar hewan. Sedangkan kucing Serval adalah kucing yang hidup asli di alam liar. Meskipun begitu, tingkat kesuksesan untuk menghasilkan Savannah sangatlah sulit.

Perbandingan keberhasilannya cukup kecil antara 1 banding 10. Sehingga untuk mencoba mengawinkan antara kucing Siam dan Serval memang dibutuhkan penanganan khusus.

Kucing Seharga Rumah

Karena jenisnya yang cukup langka, kucing ini merupakan salah satu jenis kucing termahal di dunia. Harga kucing Savannah di Indonesia sendiri bisa mencapai harga puluhan sampai ratusan juta.

Baca juga:  Mengenal tentang Kucing Rex Devon Wajib Diketahui!

Karena memang kucing ini sangatlah unik dan mendapatkannya tidak terlalu mudah. Harga tersebut memang sebanding dengan kualitas yang didapatkan. Savannah sendiri termasuk kucing mahal yang mampu disandingkan dengan kucing- kucing liar seperti kucing caracal.

Syarat yang Tidak Simpel

Sudah pasti bahwa harganya yang selangit membuat perizinan dari kucing jenis ini tidak mudah juga. Ada beberapa syarat terkait, bila kamu hendak memelihara kucing ini.

Sertifikat resmi sampai spesifikasi tempat habitat buatan dari kucing ini harus dipenuhi sebelum pemilik memboyong kucing ini. Karena kamu tidak bisa membuat kucing ini di kandang yang sempit seperti kucing domestik atau ras lain.

Kamu sepatutnya membuat habitat buatan mirip sesuatu alam liar, mulai dari kolam, goa buatan serta pepohonan alami untuk membuat Savannah nyaman. Karena kebanyakan kucing seperti ini sangatlah “moody” yang berarti kucing tersebut sangat perasa.

Lingkungan yang tidak nyaman dapat membuat kucing ini stress dan sakit- sakitan, meskipun tergolong sebagai kucing keturunan hutan. Terlebih kamu harus memeriksa vaksinasi dari kucing tersebut.

Ada selebriti kita yang memiliki pengalaman yang tidak baik, karena hal tersebut dan dirinya harus mengeluarkan uang 10 juta rupiah untuk biaya kesehatan Savannah ini.

Sebaliknya bila kamu merawatnya dengan baik dan semua kebutuhan kucing ini terpenuhi, maka peluang mendapatkan umur yang panjang akan besar. Bila fasilitas terpenuhi kucing ini akan tumbuh dengan baik, bahkan kucing savannah terbesar mampu berbobot 10 kilogram lebih.

Ciri Ciri Kucing Savannah

Bentuk fisik Kucing Savannah ini menyerupai macan tutul dan bisa disandingkan dengan Cheetah. Hal tersebut dilihat karena postur tubuhnya yang cukup besar serta sangat ramping.

Wajah dari kucing ini cenderung agresif dari pada wajah kucing rumahan yang terlihat lucu dan menggemaskan. Adanya gigi taring yang berukuran panjang menambah tampilan sebagai ciri khas kucing pemburu.

Dengan gigi taring yang tajam, ras Savannah ini sudah dimiliki insting yang baik dalam hal berburu. Savannah, memang kucing ini nampak kecil. Tapi di balik tubuh kecilnya, Savannah termasuk ras kucing dengan tubuh kokoh. Ditambah dengan kaki panjang, berotot, dan kuat. Kucing inipun memiliki telinga berukuran cukup panjang dan bentuknya hampir segitiga.

Lebih detail untuk ciri-cirinya bisa lihat dibawah ini:

  • Kucing savannah atau sabana generasi pertama mempunyai ciri khas bulu standar yang memiliki bercak gelap atau motif bulu. Kucing berbulu lebat dan agak pendek ini memiliki standar warna bulu yang telah ditetapkan oleh TICA seperti warna perak tubby, hitam asap, hitam dan coklat tubby tutul.
  • Memiliki bentuk tubuh yang besar dan tinggi seperti kucing liar serval. Namun juga terlihat ramping serta bertubuh lentur. Kakinya yang panjang memungkinkan kucing tersebut melangkah dengan jarak yang cukup jauh.
  • Kucing ini memiliki bentuk kepala hampir segitiga yang dikelilingi bulu-bulu lebat di tubuhnya. Lehernya yang panjang memungkinkan kucing ini untuk beradaptasi dengan lingkungannya yang cukup tinggi.
  • Kucing sabana juga memiliki bentuk telinga unik yakni berbentuk segitiga. Selain unik, telinga kucing ini juga lebar dan cukup panjang dibandingkan dengan kucing pada umumnya. Maka jangan heran jika kucing ini sensitif dengan suara atau bunyi-bunyi tertentu.
  • Sebagai kucing hasil persilangan antara beberapa ras kucing dan kucing liar serval, kucing ini memiliki gigi yang tajam. Taring gigi yang panjang serta tajam ini sangat selaras dengan tampilan wajahnya yang cukup seram.
  • Selain itu, ras sabana memiliki bentuk kaki belakang yang lebih panjang dibanding dengan kaki depannya. Oleh karena itu banyak yang menyebutnya lebih mirip dengan kelinci dibandingkan dengan kucing.
Baca juga:  Kucing American Shorthair: Kenali Sejarah, Ciri hingga Harganya!
Kucing Sabana
Kucing savannah / sabana

Sifat dan Karakter Kucing Savannah

Sebenarnya untuk sifat dan karakter dari kucing savannah agak mirip seperti induk aslinya. Namun, savannah jauh lebih jinak dan tidak agresif. Untuk lebih detailnya simak dibawah ini:

Ramah dan jinak

Kucing ini merupakan salah satu kucing yang pandai bergaul. Ia sangat ramah kepada siapa saja tak terkecuali jika kamu memeliharanya. Meskipun kucing tersebut hasil dari persilangan kucing liar serval asal Afrika, nyatanya ia sangat ramah dan tidak agresif seperti kucing liar kebanyakan.

Kucing sabana juga bisa jinak jika ia dilatih secara rutin apalagi jika telah dilatih sejak masih kecil. Memang membutuhkan kesabaran dan waktu, namun saat kucing ini sudah jinak, ia akan menuruti dan mengekorimu kemana saja.

Cerdas

Satu lagi yang membuat ras savannah banyak dicari yaitu kecerdasannya. Kecerdasan yang dimiliki kucing ini patut diacungi jempol karena ia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kadang kala dapat membantu pekerjaan rumah. Jadi kamu jangan kaget kalau tiba-tiba kucing ini belajar membuka tutup lemari, pintu dan menghidupkan kran.

Dengan kecerdasan dan sifat ingin tahunya, membuat kucing ini lebih mudah dilatih dan diajarkan beberapa trik tertentu. Luangkan waktu paling tidak 15 menit sehari untuk melatih kucing ini agar berhasil lakukan kegiatan tersebut secara rutin.

Aktif dan senang melompat

Sebagai kucing tinggi besar dan mempunyai genetik dari kucing liar, tak heran jika ras sabana sangat aktif dan pandai melompat. Kucing ini sangat suka melompat kesana kemari dan berlari-lari kecil. Ia bahkan dapat melompat tinggi sekitar 2,5 m. Selain itu, ras savannah juga gemar berpetualang seperti sifat alamiah garis keturunannya.

Baca juga:  Sifat dan Karakter Kucing Jawa yang Harus Diketahui

Pandai berenang

Tak seperti kucing kebanyakan yang sangat takut dan susah dimandikan. Kucing savannah justru sangat bersahabat dengan air, bahkan ia sangat lihat dan pandai berenang. Dengan memiliki kucing ini, kamu tak akan repot lagi mengajaknya mandi atau sekadar bermain air.

Cara Merawat Kucing Savannah

Bila kamu sudah memenuhi standardisasi habitat dari Kucing Savannah ini, maka semuanya akan berjalan normal- normal saja. Semua standardisasi tersebut mulai dari tempat tinggal hingga melakukan rutinitas kesehatan kucing ini.

Semua sangat sepadan dilakukan karena tentunya harganya yang cukup mahal. Oleh karena itu sertifikat resmi akan kepemilikan Savannah sangatlah dibutuhkan.

Kamu tidak boleh sembarang membeli dan mempercayakan meskipun harganya mahal. Karena kebanyakan orang melihat bahwa barang mahal sudah pasti berkualitas.

Hal tersebut ternyata ditepis oleh salah satu artis atau YouTuber, Fardhan Khan. Fardhan Khan sendiri cukup kesulitan karena Savannah yang dibeli ternyata belum disterilisasi atau di vaksin.

Sehingga dirinya harus merogoh uang yang cukup besar untuk melakukan infus dan perawatan intensif terhadap Savannah kesayangannya itu. Di samping itu karena kucing ini merupakan kucing aktif maka butuh ruangan yang besar untuk memudahkan dirinya beraktivitas.

Kucing Sabana
Kucing sabana / savannah

Jenis Makanan Kucing Savannah

Seperti yang sudah diketahui bahwa jenis kucing ini harus memakan makanan alami. Karena demi menjaga kesehatan pencernaannya. Contohnya kamu bisa menyediakan paling tidak 1 kg daging mentah untuk 1 hari.

Daging tersebut bisa berupa daging ayam mentah, daging kelinci, daging kambing, daging sapi, burung puyuh dan ikan. Merawat kucing ini memang dibutuhkan ketelitian. Namun bukan berarti harus mengurusnya seperti kucing domestik yang harus disisir atau yang lainnya.

Savannah, Kucing yang Mandiri dan Tidak Manja

Kucing Savannah ini pada umumnya merupakan jenis kucing mandiri yang mampu hidup lama dalam berbagai keadaan. Ia tidak begitu manja layaknya kucing biasa. Selain itu kucing ini gemar sekali dengan air dan tidak takut, sehingga sangat penting disediakan kolam di kandangnya.

Penutup

Itu lah fakta menarik dari kucing savannah atau kucing sabana yang perlu kamu ketahui sebelum menentukan untuk memilikinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih sudah membaca. See you!