Sifat dan Karakter Kucing Scottish Fold

Diposting pada 117 views
Bagikan artikel ini

Kucing adalah salah satu hewan lucu yang terdapat di seluruh dunia. Hewan lucu dan menggemaskan ini biasanya menjadi hewan peliharaan bagi para pecinta bintang. Terdapat banyak jenis kucing lucu yang ada di dunia. Salah satunya adalah kucing scottish fold atau kucing telinga terlipat. Berikut informasi mengenai kucing ras bertelinga terlipat.

Kucing Scottish Fold
Kucing Scottish Fold

Sejarah Kucing Scottish Fold

Kucing scottish fold adalah jenis kucing telinga lipat yang berasal dari Skotlandia. Jenis kucing ini dalam bahasa inggris dahulunya bernama flops tetapi sekarang dikenal dengan nama scottish fold cat. Kucing ini memiliki ciri khas atau keunikannya tersendiri yakni pada telinganya yang terlipat.

Karena telinganya yang melipat kucing ini memiliki bentuk wajah seperti burung hantu atau kucing coupari. Tetapi terdapat juga kucing scottish fold yang bagian telinganya tidak melipat akan tetapi telinganya tegak dan meruncing sama halnya seperti jenis kucing pada umumnya.

Kucing scottish fold yang pertama kali ditemukan bernama susie. Susie ditemukan pada tahun 1961 di area pertanian di Perthshire, Skotlandia. Susie berbulu putih dengan ciri khasnya yakni telinga yang melipat.

Saat ditemukan kondisi susie sedang hamil, yang kemudian melahirkan anak-anaknya yang sama seperti induknya dengan telinga yang melipat. Anak-anak kucing ini diadopsi oleh tetangga orang yang pertama kali menemukan kucing jenis scottish fold ini.

Pada tahun 1966 nama kucing ini berubah yang tadinya bernama flops yang merupakan singkatan dari floppy ears menjadi scottish fold. Pada tahun yang sama, kucing ini didaftarkan kepada GCCF atau governing council of the cat fancy.

Sejak saat itu, ahli genetik bernama Pat Turner membantu mengembangkan kucing jenis ini. Selang 3 tahun kemudian pada tahun 1969, program pengembangan yang dijalankan berhasil, terbukti 76 ekor anak kucing, 42 ekor dengan telinga terlipat dan 34 ekor dengan telinga runcing.

Dalam proses program pengembangan, susie yang sebagai Kucing scottish fold yang pertama ditemukan hanya melahirkan 1 ekor anak kucing saja. Setelah 3 bulan melahirkan anak kucing yang diberi nama snooks, susie mati akibat tertabrak mobil.

Di tahun 1971, GCCF menghapus nama scottish fold dari daftarnya, hal ini dikarenakan gen kucing jenis telinga lipat ini masih belum stabil. Setelah itu, kucing jenis ini di ekspor ke negara Amerika dengan tujuan memperbanyak atau mengembangkan kucing jenis ini untuk mendapatkan gen yang stabil. Sampai akhirnya GCCF kembali mendaftarkan jenis kucing ini kedalam daftarnya.

Sifat Kucing Scottish Fold

Ramah dan Penyayang

Sifat yang paling menonjol dari kucing scottish fold adalah sifat ramah dan penyayang. Kucing ini sangat perhatian dengan jenis kucing lainnya dan menyayangi si pemiliknya. Rasa kasih sayang yang dimiliki kucing ini 2 kali lipat dari rasa sayang pemiliknya.

Mudah beradaptasi

Kucing telinga lipat memiliki sifat mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Hal ini membuat kucing telinga lipat dapat ditempatkan di satu tempat yang sama dengan kucing lainnya. Seperti contohnya jika Anda menggabungkan kucing telinga lipat dengan jenis kucing lainnya, kucing telinga lipat tidak memiliki rasa cemburu terhadap kucing lainnya dalam hal kasih sayang pemiliknya.

Energik dan Pintar

Kucing ras scottish fold ini adalah jenis kucing yang sangat energik. Biasanya pemilik kucing ras ini membawanya berjalan-jalan atau membiarkannya bermain di luar ruangan. Hal ini dikarenakan kucing ini akan menjadi stress jika dikurung didalam ruangan.

Kucing ras ini akan selalu aktif bergerak berlari dari satu sisi ke sisi yang lainnya. Sehingga saat kucing ini bermain di luar ruangan, kucing ini akan selalu berlari-lari dan membuat mood kucing ini akan membaik.

Dengan tingkat keaktifannya yang sangat tinggi, kucing ini terkenal dengan kepintarannya. Tingkat kepintaran atau kecerdasan kucing ras ini berbeda jauh dibandingkan dengan kucing ras lainnya.

Cara Merawat Kucing Scottish Fold 

Memberi Waktu Bermain

Jika Anda ingin memelihara kucing jenis ras scottish fold, maka Anda haru memiliki waktu untuk bermain dengan kucing ini. Hal ini dikarenakan kucing ini memiliki sifat penyayang dan tidak suka kesepian. Oleh karena itu, merawat kucing ras ini tidak hanya sekedar memberi makan dan minum saja.

Memberi Makan dan Minum

Hal terpenting jika Anda ingin memelihara kucing dengan ras telinga lipat ini, Anda harus selalu memberinya makan dan minum sesuai dengan usia si kucing. Hal ini dikarenakan kandungan yang dibutuhkan oleh anak kucing dan kucing dewasa berbeda.

Memandikan

Jika Anda merawat kucing scottish fold ini, maka Anda harus memandikannya seminggu minimal 1-2 kali. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan bulu dan daya tahan tubuh si kucing. Mandikan kucing dengan menggunakan sabun khusus kucing yang membuat bulu kucing lebih halus dan juga wangi.

Setelah selesai memandikan kucing, Anda harus mengeringkannya dengan cara memberikan handuk atau menggunakan alat lainnya yang dapat mengeringkan bulunya. Sambil mengeringkan, Anda dapat menyisiri bulu kucing supaya lebih halus.

Kucing Scottish Fold
Kucing Scottish Fold

Jenis Kucing Scottish Fold

Folded Ear

Kucing folded ear adalah jenis kucing dari ras scottish fold yang mempunyai telinga terlipat ke arah depan. Jenis kucing yang satu ini berbentuk sama seperti kucing ras telinga lipat pada umumnya. Telinga kucing akan terlipat ke depan pada saat kucing ini beranjak dewasa.

Terlipatnya telinga kucing jenis ini ke arah depan dikarenakan adanya mutasi gen. Mutasi genetika ini terjadi secara spontan pada gen kucing jenis folded ear ini.

Straight Ear

Straight ear adalah salah satu jenis kucing dari ras kucing scottish fold. Kucing straight ear sangat berbeda dari jenis kucing telinga terlipat pada umumnya. Pasalnya telinga jenis kucing ini lurus dan runcing sama seperti jenis kucing pada umumnya.

Karakter Kucing Scottish Fold

Bentuk Kepala

Hal yang sangat mencirikan ras kucing bertelinga terlipat adalah bentuk kepalanya. Bentuk kepala kucing ras ini terlihat bulat dengan telinga yang terlipat. Hal ini membuat kucing ras ini menjadi sangat lucu. Telinga yang terlipat membuat wajah dari kucing ini terlihat sangat bulat.

Berat

Kucing scottish fold ini memiliki berat badan yang berbeda antara jantan dan betinanya. Berat badan jantan lebih berat dibandingkan yang betina. Berat kucing jantan telinga terlipat ini berkisar antara 4 – 6 kg sedangkan betinanya berkisar antara 1,6 – 4 kg.

Itulah beberapa informasi mengenai jenis kucing scottish fold. Kucing lucu yang satu ini memiliki telinga yang terlipat ke arah depan yang membuat kucing ini terlihat sangat lucu dan menggemaskan. Kucing ras telinga pendek memiliki rasa sayang terhadap pemiliknya sangat besar, jadi bagi Anda yang ingin mempunyai hewan peliharaan kucing ras telinga lipat dapat menjadi solusinya.