Sifat dan Ciri-ciri Kucing Siberia yang Harus Kamu Ketahui!

 
Bagikan artikel ini

Sifat dan ciri-ciri kucing Siberia yang harus kamu ketahui! Kucing Siberia, dikenal dengan bulunya yang lebat serta raut wajah yang cukup tajam. Kefamiliaran yang dimiliki olehnya, kerap kali membuat masyarakat salah mengira bahwa kucing jenis ini sama dengan ras Persia. Padahal, jika ditelusuri lebih dalam lagi, terdapat perbedaan nyata diantara kedua jenis kucing tersebut. Kira-kira perbedaan apa yang dimaksud? Simak penjelasannya berikut ini!

Kucing Siberia
Kucing Siberia

Sifat Kucing Siberia yang Disukai oleh Pecinta Kucing

Berbeda dengan kucing pada umumnya, sifat dari kucing Siberia ini justru sangat menggemaskan. Mereka senang jika melihat air, sehingga pemiliknya tidak kesulitan untuk membujuk kucingnya mandi. Malah, seringkali kucing ini sengaja menjatuhkan beberapa mainannya ke dalam air supaya dapat berendam di dalamnya. Selain itu, kucing ini juga cukup aktif saat ada manusia yang mendekatinya.

Ketika cuaca mulai panas atau suhu di ruangan mulai terasa lembap, maka kucing jenis Siberia akan dengan sengaja merontokkan bulunya sebagai bentuk pertahanan diri dari serangan udara panas. Kebalikannya, saat cuaca mulai terasa dingin, kucing tersebut akan menumbuhkan bulunya selebat mungkin supaya tubuhnya tetap terasa hangat. Oleh sebab itu, selama cuaca dingin, sebaiknya pemilik kucing sering memandikan dan menyisir bulunya agar kucing Anda terjaga kebersihannya.

Kucing Siberia juga kerap kali menunjukkan ketertarikannya terhadap kehadiran manusia.  Sifat kucing Siberia inilah yang menarik perhatian masyarakat. Kucing ini juga senang bermain sambil ditemani oleh anak-anak. Siberia sangat cocok dijadikan sebagai teman main dari kucing jenis lainnya. Sifatnya yang ramah dan aktif ini, membuat kalian tidak akan bosan memperhatikan gerak gerik dari kucing tersebut. Hanya saja, mereka senang menggaruk berbagai macam benda dan seringkali memanjat. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan furniture yang mudah rusak akibat cakaran kucing. Jangan lupa juga untuk sering-sering memotong kuku kaki dari kucing Anda.

Baca juga:  Kucing Rex Selkirk: Deskripsi, Sejarah, Ciri, Cara Merawat, serta Harganya
Kucing Siberia

Ciri-ciri Kucing Siberia

Kucing Siberia merupakan salah satu jenis kucing hutan yang berasal dari negara Rusia. Kriteria fisik atau ciri-ciri kucing Siberia diantaranya adalah memiliki bulu yang lebat serta tubuh yang kuat. Umumnya bobot kucing ini berkisar angka 4 sampai dengan 9 kg. Perbedaan yang paling terlihat diantara kucing jenis Siberia dengan Persia, terletak pada bagian moncongnya.

Siberia memiliki bentuk moncong yang sedikit pendek dan agak melengkung, sedangkan Persia cenderung datar sama dengan bentuk wajahnya. Bagian mata dari jenis Siberia, juga menunjukkan keindahan yang hanya dapat kalian temukan di kucing, yaitu sorot mata bulat dengan warna yang cerah. Terlepas dari penampilan luarnya, kucing ini memiliki kecerdasan yang tinggi. Waktu pertumbuhannya yang lambat, membuat kucing jenis Siberia sangat diminati oleh para pecinta kucing.

Kucing Siberia, menurut rumor yang beredar telah hadir sejak 1000 tahun yang lalu. Kucing ini juga menunjukkan sifat yang sangat anggun layaknya seorang bangsawan. Saat dirinya berada sendirian di sebuah ruangan, mereka cenderung bersikap tenang dan mengeluarkan suara meongan yang pelan. Suaranya akan terdengar sangat manis di telinga Anda. Kucing ini juga dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru serta dengan cepat mengenali tuannya.  Rasa kasih sayang dari kucing terhadap tuannya, biasanya dapat terlihat dari seberapa sabar mereka menunggu kepulangan pemiliknya di balik daun pintu rumah.

Penyakit yang diketahui sering terjangkit oleh jenis kucing Siberia, yaitu penyakit kardiomiopati hipertrofik, dimana adanya gangguan pada jantung yang diakibatkan oleh penebalan otot di bagian jantung. Jika tidak segera ditangani, maka kemungkinan besar masa hidup kucing Anda akan terancam. Ada lagi penyakit lainnya yang kemungkinan dapat dialami oleh jenis kucing ini, yakni penyakit ginjal. Kucing jarang sekali meminum air setelah mereka selesai makan. Oleh karena itu, di saat memberikan makanan kering, selingi juga dengan makanan basah yang mengandung kadar air supaya tubuhnya tidak mengalami dehidrasi. Efek samping dari bulunya yang lebat juga dapat menimbulkan masalah kepada manusia yang memiliki penyakit alergi.

Baca juga:  Mengenal Kucing Bulu Pendek Britania yang Menggemaskan
Kucing siberia
Kucing siberia

Cara Merawat Kucing Siberia

Cara perawatan kucing Siberia sebenarnya cukup sederhana. Sama seperti saat kalian merawat kucing jenis lain. Mulai dari persiapan kandang sampai dengan penyuntikan vaksin secara berkala harus diperhatikan. Lalu, hal apa lagi yang diperlukan selama memelihara kucing jenis Siberia? Berikut adalah penjelasannya!

Konsultasi ke dokter hewan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bisa saja kucing Siberia mengalami beberapa masalah baik pada ginjal maupun jantungnya. Tapi, ada juga masalah lain yang terlihat sepele namun sering dialami oleh kucing ini, yaitu munculnya warna kemerahan di telinga akibat kotoran yang menumpuk atau pengaruh dari dander telinganya.

Jika hanya kotoran saja yang menjadi penyebabnya, kalian bisa membersihkan telinga kucing dengan menggunakan bola kapas yang halus dan sejumlah lidi sebagai gagangnya. Jangan terlalu dipaksa bila sulit untuk dibersihkan sendiri. Kalian bisa langsung membawanya ke dokter hewan untuk diperiksakan lebih lanjut.

Sesekali dibawa ke salon hewan

Karena bulunya yang sangat lebat dan cantik, pemilik kucing dianjurkan sesekali membawa kucing peliharaannya untuk dilakukan treatment di salon hewan. Cara memanjakan kucing satu ini, terbukti ampuh dalam mengembalikan mood kucing tersebut. Selain itu, kalian juga bisa sambil memperhatikan cara-cara pemijatan yang dilakukan oleh sang ahli supaya dapat diaplikasikan sendiri di rumah.

Kalian juga bisa bertemu dengan pemilik kucing lainnya selama menemani kucing Anda mendapatkan perawatan di salon. Bisa saja melalui perkenalan tersebut, Anda menemukan teman bermain yang tepat untuk kucing kalian tanpa perlu membeli jenis kucing lainnya. Lebih hemat dan menyenangkan bukan? Kucing kalian mendapatkan teman baru, Anda juga dapat bertukar cerita dengan pemilik kucing tersebut.

Baca juga:  Kucing Bulu Pendek Oriental: Deskripsi, Sejarah, Ciri, Cara Merawat, serta Harganya

Miliki peralatan yang lengkap untuk merawatnya di rumah

Berbagai peralatan dalam merawat kucing Siberia memang cukup banyak. Tapi, semuanya dapat dengan mudah ditemukan di klinik hewan maupun salon hewan. Sisir adalah peralatan paling penting untuk menjaga keindahan bulu kucing dan berfungsi sebagai pembersih kotoran debu yang biasanya menempel di bagian bulu pada tubuh kucing. Peralatan lainnya umumnya adalah tempat bermain kucing, bola, mainan berbentuk tikus, dan lain sebagainya.

Berikan kasih sayang

Walaupun pada dasarnya sifat dari kucing Siberia ini penyayang, mereka juga haus akan perhatian yang diberikan oleh tuannya. Rajinlah  mengusap beberapa titik di bagian tubuh kucing seperti kepala, leher, telinga dan ekornya untuk meningkatkan jalinan hubungan yang kuat antara pemilik dengan hewan peliharaannya. Kucing juga senang ketika dirinya melakukan aktivitas yang sama dengan Anda. Contohnya, berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah, melompati benda yang sengaja diletakkan sebagai rintangan, serta menyaut suara meongan yang dikeluarkan oleh pemiliknya. Hal mendasar seperti ini, dapat dilakukan di setiap waktu senggang kalian.

Penutup

Sekian penjelasan yang dapat tim embaran.id sampaikan mengenai: Kucing Siberia yang ternyata cukup berbeda dengan jenis ras Persia. Semoga kalian tidak keliru lagi ya sebelum memilikinya… Sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya. Sampai jumpa!