Kucing Singapura: Kucing Terkecil di Dunia yang Wajib Diketahui

  25 views
Bagikan artikel ini

Faktanya jarang sekali pencinta kucing pemula yang mengetahui kucing Singapura. Sesuai dengan negaranya yang kecil, kucing ras Singapura dinobatkan sebagai kucing terkecil di dunia. Saking kecilnya, bobot dari kucing ini mampu mengalahkan kucing munchkin berkaki pendek.

Kamu tentunya sudah tahu bahwa binatang kucing adalah salah satu binatang paling imut di alam semesta. Apalagi melihat kucing ras Singapura yang bertubuh kecil, maka menambah kesan kelucuan dari jenis kucing ini.

Kucing singapura
Kucing singapura

Menelisik Sejarah Kucing Singapura

Sejarah kucing ras Singapura memang tergolong panjang. Memang tidak kebanyakan ras- ras lainnya yang populer, kucing ini ternyata ditemukan bukan oleh orang Singapura. Menurut sejarah, kucing ini dikembangbiakkan oleh orang asal Amerika Serikat.

Tepatnya pada tahun 1975 dua pekerja asal Amerika Serikat membawa tiga kucing yang berasal dari negara Singapura. Namun sepertinya tiga kucing lokal itu belum memiliki darah asli atau ras original. Sehingga tahun- tahun berikutnya seperti tahun 1981, kucing ras Singapura mulai dapat perhatian.

Beberapa peternak kucing sengaja datang ke negara Singapura untuk melihat dan memboyong kucing lokal Singapura ini. Dan ras ini diambil dari bahasa lokal yang merepresentasikan negara Singapura.

Sehingga dipilihlah nama kucing Singapura yang berarti kucing ini berasal dari daerah melayu.

SPCA atau kependekan dari Society for the Prevention of Cruelty Animals mencatat kucing ini sebagai ras kucing asal Singapura dengan petunjuk melihat segi fisiknya.

Nyatanya Amerika Serikat lebih peduli akan pengembangbiakan ras kucing ini. Sehingga di Amerika Serikatlah kucing ini mulai dikembangbiakkan dengan baik hingga saat ini. Tahun 80-an adalah tahun di mana kucing ras Singapura mendapat perhatian lebih.

Baca juga:  Kucing American Shorthair: Kenali Sejarah, Ciri hingga Harganya!

Di tahun itu mulai membuat program perkawinan agar ras Singapura kembali kepada ras awal untuk menghilangkan gen resesif atau gen lemah. Hingga tahun 1990 awal, para aktivis kucing yang peduli terhadap ras kucing ras Singapura ini mulai membentuk opini yang bagus tentang kucing ini.

Sehingga kucing ini dapat dijadikan maskot negara Singapura terlebih untuk menarik wisatawan asing berkunjung ke negaranya. Hal tersebut tentunya sudah diupayakan dengan sumbangsih media nasional.

Ciri-ciri Kucing Singapura

Kucing ini memang dikenal sebagai kucing yang kecil. Bobotnya saja hanya mencapai 3.5 Kilogram. Berbeda dengan kucing biasa yang mungkin dapat mencapai 4 sampai 6 Kg untuk bobot maksimalnya.

Meskipun kucing ini bisa disebut sebagai kucing yang sehat, namun terkadang gen yang dimiliki oleh jenis kucing ini terkadang dapat menjadi sebuah masalah. Sehingga mendapatkan kucing ini dengan keadaan sehat bisa saja menjadi sebuah kebanggaan.

Penyakit Pyruvate Kinase Deficiency (PKD) merupakan penyakit yang ditemukan pada gen kucing ras Singapura. PKD sendiri merupakan penyakit yang lebih menyoroti enzim pada kucing. Sehingga kucing tersebut bisa berpeluang memiliki sakit anemia hemolitik.

Namun nyatanya dengan penyakit PKD ini, kucing ras Singapura yang telah melalui tes dapat hidup normal layaknya kucing- kucing lainnya. Sehingga harapan hidup dari kucing ini bisa sekitar 12 sampai 14 tahun.

Untuk lebih detail simak ciri- ciri kucing ras Singapura di bawah ini:

  • Selain ciri- ciri berukuran kecil, kucing Singapura yang baik adalah memiliki warna layaknya kucing siam.
  • Terkadang kucing ras Singapura ini masih lincah meskipun umurnya sudah lebih dari 7 tahun ke atas. Sehingga sangat cocok untuk teman bermain dan menemani keseharianmu.
  • Ciri- ciri yang lain adalah kucing ini memiliki telinga yang besar.
  • Meskipun kecil kucing ini memiliki otot dan postur tubuh yang cukup baik. Sehingga sangat wajar bahwa kucing kecil ramping ini sangat aktif dan lincah.
  • Beberapa jenis kucing ini, memiliki tanda seperti kucing Maine coon dengan dahi yang khas membentuk huruf M.
Baca juga:  Mengenal Kucing Bulu Pendek Britania yang Menggemaskan

Cara Merawat Kucing Singapura

Kucing berbulu pendek terkenal dengan kemudahan untuk merawatnya. Terkadang ras tertentu membuat kucing bulu pendek tidak usah repot dalam hal memandikannya. Tentunya kucing ras Singapura ini termasuk ras unik.

Beberapa perawatan rutin yang mungkin bisa Kamu lakukan seperti di bawah ini:

  • Biasakan menyikat bulunya setiap 1 sampai 2 minggu sekali.
  • Kebanyakan kucing ras Singapura tidak perlu sering dimandikan. Mungkin dalam 1 bulan bisa dilakukan pembersihan sewajarnya dan tidak terlalu sering.
  • Karena memiliki kaki yang sensitif maka ada baiknya selalu memperhatikan kuku mereka.

Harga Kucing Singapura

Untuk harga, berikut kisaran harganya di bawah ini:

Jenis Kucing Ras SingapuraHarga
Kucing jantanRp. 7 – 7.6 Juta
Kucing betinaRp. 5.8 – 7 Juta
Anak KucingRp. 5 – 6 Juta
Remaja kualitas TerujiRp. 11 juta
Anak kualitas TerujiRp. 8 Juta

Meskipun ras ini unik, namun ternyata perawatannya tidaklah sulit. Karena seperti kebanyakan ras bulu pendek, kucing ini termasuk kucing yang tidak rewel atau ribet. Namun tetap saja, Kamu harus memperhatikan kesehatan dari kucing Singapura ini secara berkala.

Demikian pembahasan mengenai sejarah, ciri, cara merawat kucing singapura hingga daftar harganya. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi tentang kucing ini. Terima kasih.