Jenis Kucing Snowshoe, Si Lucu Berasal dari Amerika Serikat

  42 views
Bagikan artikel ini

Jenis kucing snowshoe, si lucu berasal dari Amerika Serikat. Kucing Snowshoe adalah salah satu ras kucing yang termasuk langka dan berasal dari Amerika Serikat. Kucing ini memiliki pola bulu/kulit yang berwarna coklat dan putih, itu adalah salah satu ciri khas dari kucing jenis ini.

Seperti halnya memelihara hewan lainnya, memelihara kucing dari ras Snowshoe juga terdapat kelebihan dan kekurangannya. Dibawah ini adalah kelebihan dan kekucing dari jenis kucing snowshoe:

Kelebihan

  • Kucing jenis satu ini termasuk dalam kucing yang memiliki kepribadian atau karakteristik yang hebat, sehingga kamu pasti akan senang ketika memeliharanya.
  • Tidak memiliki masalah kesehatan, jadi kamu tidak perlu khawatir kucing kamu akan sakit-sakitan.
  • Penampilannya cantik dan terbilang cukup unik.

Kekurangan

  • Tidak cocok bagi pemilik yang menderita alergi bulu, karena kucing jenis ini memiliki bulu yang cukup tebal.
  • Kucing ini tidak bisa ditinggal sendirian dalam jangka waktu yang lama.
  • Karena termasuk dalam ras kucing yang langka, kamu membutuhkan biaya yang tentunya tidak sedikit, kemungkinan besar untuk memelihara kucing jenis ini biayanya akan cukup mahal.
Kucing snowshoe
Kucing snowshoe

Sejarah Kucing Snowshoe

Kucing Snowshoe pertama kali dikembangbiakkan di Amerika Serikat sekitar tahun 1960-an. Seorang peternak Kucing Siamese dari Philadelphia yang bernama Dorothy Hinds-Daughterty adalah yang pertama kali menemukan kucing dari ras ini. Pada saat itu Dorothy menemukan kucingnya melahirkan 3 ekor anak kucing dengan kakinya yang berwarna putih, makanya ras kucing ini diberi nama “Snowshoe” alias “Sepatu Salju”.

Baca juga:  Harga Kucing Caracal beserta Fakta dan Ciri-cirinya

Setelah itu, Dorothy berusaha keras melakukan program pembiakan dengan melakukan persilangan antara ras Siamese dan ras American Shorthair yang berpola bicolor dan ras kucing lainnya.

Namun, di tengah-tengah jalan dalam proses program pembiakan tersebut, Dorothy akhirnya menyerah dan menghentikan program yang dia jalankan. Akhirnya, peternak kucing lainnya yang bernama Vikki Olander yang melanjutkan program tersebut hingga mendapatkan status dari Asosiasi Pemelihara Kucing Amerika pada tahun 1982, dan pada tahun 1994 kucing dari ras ini mulai dikenali oleh banyak orang.

Karakteristik Kucing Snowshoe

Untuk karakteristik dari kucing jenis ini sendiri terbilang cukup khas dari segi fisik maupun kepribadiannya jika dibandingkan dengan kucing-kucing lainnya. Mari kita membahas tentang ciri khas mereka dari segi fisiknya terlebih dahulu:

  • Bentuk mata dan telinganya seperti segitiga
  • Kebanyakan dari mereka warna matanya biru. Namun, ada juga yang berwarna lainnya
  • Bulunya halus dan pendek
  • Warna bulunya adalah lilac, lynx, fawn, coklat, ungu, biru, dan seal point
  • Memiliki berat tubuh mencapai kisaran 14 pon atau 6,3 kg

Cukup unik bukan? Hanya dengan melihat bentuknya kamu pasti akan langsung jatuh cinta dengan kucing dari ras ini. Sekarang waktunya membahas tentang kepribadiannya yang pasti akan membuatmu semakin jatuh cinta. Kepribadian dari kucing jenis ini adalah:

Setia hanya kepada sang pemilik

Kucing dari ras ini memang terbilang sangat setia, tapi mereka hanya nurut/patuh kepada orang yang sangat dekat dengannya atau sang pemilik. Hal itu mengartikan bahwa kucing jenis ini memiliki ikatan kuat terhadap sang pemilik.

Tidak dapat ditinggal sendirian

Kucing dari ras Snowshoe tidak dapat ditinggal sendirian dalam jangka waktu yang lama, jadi itu cukup menyusahkan bagi pemilik yang jarang menghabiskan waktu di rumah. Namun, kalau kamu memang ingin memeliharanya, kamu bisa menyewa jasa yang bisa menjaga kucingmu pada saat kamu tidak ada di rumah.

Baca juga:  Kucing Anggora: Sejarah, 5 Ciri, Cara Merawat, Makanan Hingga Harganya

Cerdas

Kucing jenis satu ini terbilang sangat cerdas, maka dari itu kamu tidak akan merasa kesusahan jika ingin melatih kucing dari ras Snowshoe. Bahkan, kucing jenis ini juga tidak takut air dan banyak yang mengatakan bahwa mereka sangat ahli dalam berenang. Hal ini sangat berbeda dengan kucing dari ras lainnya yang sebagian besar dari mereka takut akan air.

Ramah

Kucing jenis ini juga terkenal dengan keramahannya, mereka bahkan bisa berteman dengan seekor anjing yang disebut-sebut sebagai musuh dari seekor kucing.

Kucing snowshoe
Kucing snowshoe

Perawatan Kucing Snowshoe

Sebenarnya, cara merawat kucing dari ras Snowshoe tidaklah berbeda dengan merawat kucing jenis lainnya. Kamu harus rutin merawat bulunya dengan menyikat bulunya setidaknya 2 kali dalam seminggu supaya bulu matinya bisa hilang dan mengurangi kerontokan bulunya.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan telinga dan kukunya. Potong kuku kucing secara rutin supaya tidak terjadi kerugian bagi si kucing maupun si pemilik.

Karena kucing jenis ini lebih suka menghabiskan waktunya di dalam rumah, jadi perawatannya pun tidak terlalu rumit, kamu tidak diharuskan memandikannya sesering mungkin.

Harga Kucing Snowshoe

Karena kucing jenis ini termasuk langka, jadi tentu harganya pun tidak akan terbilang murah. Meskipun harga dari kucing ini dimulai dari kisaran Rp. 2.800.000 tapi kisaran tertingginya adalah Rp. 14.000.000.

Banyak orang yang rela mengeluarkan uang yang tentunya tidak sedikit untuk memelihara kucing jenis ini, karena mereka sangat menyukai kelucuan yang dipancarkan dari kucing ini. Tentu untuk kamu yang sedang mencari tahu jenis kucing apa yang ingin kamu pelihara, kamu bisa memasukkan kucing Snowshoe ke dalam daftarmu.