Kucing Somali, Kucing Berbulu Panjang Dengan Warna Yang Menawan

 
Bagikan artikel ini

Tahukah kamu, kucing Somali itu terbentuk secara tidak sengaja lho. Ras ini merupakan versi bulu panjang dari kucing Abyssinian. Tak sedikit yang menyebutnya sebagai kucing rubah Abyssinian longhair. Karena dari tampilannya, kucing ini tampak seperti rubah.

Di lihat dari ukurannya, Somali termasuk jenis kucing sedang dengan berat rata-rata 2,7 sampai 4,5 kg. Bulunya sangat lebat, apalagi ekornya yang panjang dan berbulu tebal. Di tambah bentuk telinga yang besar, tampak sekali seperti rubah. Sehingga, kucing ini kerap dipanggil kucing rubah.

Kucing somali

Sejarah Singkat Kucing Somali

Pada mulanya, ras Somali datang secara tiba-tiba. Kemudian, di tahun 1920 sampai 1930-an, ras ini mengikuti program perkembangbiakan untuk pertama kalinya. Namun rupanya, ras ini dianggap gagal dan tidak ada satu peternak kucing pun yang mau mengakuinya. Sehingga, membuat keberadaan ras kucing ini disembunyikan.

Lalu, di tahun 1960-an, ada peternak asal Amerika serikat yang melakukan perkembangbiakan kucing ini. Tidak hanya itu saja, ia juga memisahkan kucing ini dari ras Abyssinian dengan memberi nama ras Somali. Di mana kata Somali itu sendiri berasal dari nama negara tersebut, yakni Somalia.

Pada akhirnya, di tahun 1978 kucing Somali mendapatkan pengakuan sebagai kucing dengan ras sendiri. Mereka juga dianggap punyai sifat-sifat genetik yang stabil. Lalu di tahun 1991, kucing ini diizinkan untuk mengikuti kontes kucing. Menarik sekali ya?

Karakteristik Kucing Somali

Apakah kamu mulai tertarik untuk memelihara kucing Somali di rumah? Sebelum itu, ada baiknya jika kamu mengetahui karakteristiknya terlebih dulu, seperti:

Baca juga:  13 Ciri-ciri Kucing Keracunan yang Bisa Menyebabkan Kematian
  • Memiliki bentuk tubuh berukuran sedang tapi ototnya cukup kekar.
  • Kepalanya pun cukup besar dan berbentuk menyerupai segi tiga.
  • Punya bulu yang sangat tebal dan lembut. Bagian ekornya pun tampak dipenuhi bulu lebat dan seperti ekor rubah.
  • Somali punya warna yang unik. Di bagian tulang belakangnya punya warna lebih gelap, lalu mendekati leher dan bagian warna bulunya semakin terang.
  • Termasuk hewan yang aktif dan suka bermain-main. Ia suka melompat ke sana-sini. Mereka bahkan suka bermain sendirian. Tidak seperti ras kucing lain yang lebih suka bermain bersama tuannya.  Tapi, ia juga cocok untuk diajak bermain di dalam maupun di luar rumah.
  • Selain bulunya yang menonjol, warna matanya juga sangat menggemaskan. Berwarna emas dengan bentuk seperti almond.
  • Punya empat warna yang menawan yakni cokelat gelap atau hitam, merah, cokelat kemerahan dan warna cokelat seperti kayu manis.

Melihat ciri dan karakteristik yang ada pada ras Somali, apakah kamu mulai tertarik untuk mengadopsinya? Bagaimana tidak? Kucing ini sangat cocok untuk dipelihara, terutama bagi kamu yang baru pertama kali memiliki hewan peliharaan di rumah. Kenapa? Karena kucing ini bisa sangat mandiri bermain sendiri, tapi bisa juga diajak bermain bersama.

Kucing somali

Cara Merawat Kucing Somali Agar Tumbuh Sehat

Memiliki bulu yang cukup panjang dan tebal, tak membuat perawatan kucing ini sulit kok. Malahan hampir mirip dengan perawatan kucing hias lainnya. Berikut untuk tata cara merawat kucing Somali agar bulunya tetap lembut dan sehat:

  1. Sisir setiap helai bulu kucing, minimal dua kali dalam seminggu. Tujuannya agar bulu-bulu yang rontok dan masih menempel dapat dibersihkan sampai rapi. Kamu bisa menggunakan sisir magnet yang biasanya juga dipakai untuk kucing. Jika bulunya rontok setiap hari, maka setiap hari pula wajib disisiri. Biasanya ini terjadi ketika musim hujan.
  2. Bersihkan bagian gigi menggunakan pasta gigi khusus hewan, untuk mencegah adanya penyakit yang berasal dari mulut. Pembersihan ini bisa dilakukan setiap hari.
  3. Jangan lupa untuk memotong kuku agar tidak berisiko mencakar mana-mana. Terlebih, kucing ini punya cakar yang kuat, jadi bagian tersebut harus diperhatikan.
  4. Kucing ras Somali butuh perawatan khusus pada bagian mata. Cukup usap dengan air hangat untuk membersihkan kotoran yang menempel.
  5. Kemudian di bagian telinga, pakai kapas yang dibasahi dengan air hangat dan cuka apel. Selain membersihkan, campuran bahan tersebut bersifat anti bakteri.
  6. Siapkan kandang yang nyaman untuk tempat tinggal di kucing dan pastikan diberi pasir khusus kucing ya. Tujuannya agar ketika si kucing sedang pipis dan berak, tidak begitu bau dan mudah dibersihkan. Cukup dengan membuang bagian pasir yang telah digunakan saja. Meski tampak bersih, kamu bisa mengganti pasir secara rutin ya.
  7. Berikan makanan yang bernutrisi dan tidak berlebihan agar tidak menimbulkan kegemukan.
Baca juga:  Sifat dan Karakter Kucing Birman yang Wajib Diketahui!

Berapa Harga Kucing Somali?

Untuk memelihara kucing ini di rumah, kamu harus mempersiapkan budget yang cukup banyak. Karena harganya sekitar 14-21 juta rupiah. Mahal sekali, ya? Salah satu alasannya karena umur hidup si kucing cukup panjang yakni 11-16 tahun lamanya. Jadi, bagaimana? Apakah kamu sudah mempersiapkan dana untuk mengadopsi kucing Somali?