Kucing Sphynx: Sejarah, Ciri Fisik, Karakteristik, Cara Merawat dan Harga

  25 views
Bagikan artikel ini

Kucing Sphynx merupakan salah satu jenis kucing yang banyak digemari. Karena kucing ini terbilang unik dan istimewa, yang mana bulu tipisnya yang lembut menjadi daya tarik utamanya. Karena itulah kucing ini kerapkali disebut sebagai kucing tanpa bulu.

Di samping itu perawatannya terbilang cukup mahal, menjadikan kucing ini sebagai salah satu ras kucing yang harganya cukup mahal. Sehingga, kucing ini tidak bisa dimiliki oleh sembarang orang. Bagi kamu yang tertarik pada kucing tanpa bulu ini, budget cukup besar perlu dipersiapkan.

Kucing Sphynx
Kucing Sphynx

Sejarah Singkat Kucing Sphynx

Mulanya pada tahun 1960 kucing berbulu pendek yang berasal dari Kanada melahirkan anak-anak tanpa bulu. Di sinyalir sebagai yang pertama di dunia, kucing ras ini pun dulunya disebut Canadian Hairless atau kucing Kanada tak berbulu oleh Cat Fanciers Association.

Seiring waktu, perkembangbiakan kucing jenis ini memiliki masalah dari segi kesehatan. Sehingga perlahan-lahan kucing jenis ini pun punah. Selain itu, gen kucing ini dinilai letal atau mematikan.

Pada tahun 1975, sepasang kucing normal di Minnesota melahirkan kucing tanpa bulu. Di tahun 1976, lahir kembali kucing serupa. Para pengembangbiak kucing di Minnesota, kemudian mencoba menyilangkan kucing tanpa bulu dengan kucing ras Devon Rex.

Mereka melahirkan anak-anak yang sehat. Akhirnya kucing-kucing hasil perkawinan silang tadi diberi nama Sphynx. Kucing-kucing ini pun berkembang biak dan menghasilkan kucing jenis lainnya hingga saat ini. Umumnya jenis lainnya dari ras ini memiliki ciri fisik yang berbeda.

Baca juga:  Mengenal Karakteristik Kucing dan Perilakunya

Ciri Fisik Paling Menonjol

Umumnya, terdapat ciri-ciri fisik dari kucing tanpa bulu ini yang membuatnya berbeda daripada kucing jenis lainnya. Berikut ciri fisiknya:

Bulu

Bulunya cenderung sangat pendek dengan tekstur halus. Membuatnya seolah tak memiliki bulu sama sekali. Umumnya bagian tubuh yang banyak ditumbuhi bulu tipis yaitu pada bagian ekor, luar telinga, luar hidung, hingga telapak kaki. Selain itu, kerutan-kerutan pada kulitnya membuatnya semakin eksotis.

Berat dan Postur

Berat yang dimilikinya umumnya sekitar 3 hingga 6 kilogram. Membuatnya tidak terlalu kecil ataupun tidak terlalu besar. Kucing ini memiliki kaki panjang dan ramping, saat duduk posturnya akan terlihat lebih tegap.

Mata dan Warna

Kucing jenis ini memiliki mata yang cenderung lebar. Warna kulitnya memiliki beberapa variasi yang unik. Umumnya kucing ini banyak yang memiliki warna dasar krem, putih, hingga hitam. Tapi, ada pula yang memiliki warna dasar biru, cinnamon, merah muda, cokelat dan lainnya.

Karakteristik Utama Kucing Sphynx

Sorot matanya yang tajam membuat siapa saja yang pertama kali melihat kucing ini mungkin akan merasa takut, karena mengira ia galak. Tapi kucing ini justru sangat ramah dan lebih menyukai perhatian dari orang-orang yang ada di sekitarnya.

Kucing jenis ini suka sekali bermain dan sangat aktif. Ia tak suka sendirian, sehingga ia selalu mencari orang ataupun hewan lain untuk diajak bermain. Sifatnya yang ramah, membuatnya mudah beradaptasi. Bahkan ia bisa mudah akrab dengan seekor anjing sekalipun.

Kucing Sphynx

Cara Merawat Kucing Sphynx

Cara merawat yang pertama, si kucing harus Kamu biasakan untuk mandi sedari ia kecil. Tujuannya agar ia tidak membenci aktivitas ini. Mandi secara rutin bisa membuatnya terhindar dari berbagai masalah kulit. Sebab bulu kucing ini tidak bisa menyerap minyak yang keluar dari tubuhnya.

Baca juga:  Kenali 4 Macam Kucing Persia yang Wajib Diketahui!

Kamu bisa memandikan kucing ini satu kali dalam seminggu. Gunakanlah shampoo khusus untuk kucing yang tidak mengandung parfum. Gunakan air hangat setinggi perut kucing pada wadah atau tempat mandinya.

Bersihkan dengan lembut sampai minyak yang ada di sela-sela kerutan kulitnya hilang. Kemudian kamu bisa menjemur kucing ini di dalam rumah, pada area ruangan yang tersorot cahaya matahari.

Karena jenis kucing ini selera makannya cukup besar, ia cenderung butuh makanan dengan porsi yang lebih banyak. Berikan makanan khusus dan sesekali berikan ia snack dari daging asli dan sayuran dalam porsi yang kecil.

Agar kucing ini tidak stress, Kamu bisa memberikan perhatian yang lebih untuknya. Jika Kamu harus pergi lama, Kamu bisa menyediakan hewan peliharaan lain, agar ia bisa berteman dengan mereka dan tidak kesepian.

Harga Kucing Sphynx

Berikut kisaran harga kucing tanpa bulu yang ada di pasaran:

JenisUmurHarga
Jantan Non PED3 TahunRp. 6.050.000,-
Pejantan6 BulanRp. 4.050.000,-
Kitten2 BulanRp. 1.810.000,-
Asli1 TahunRp. 10.010.000,-
Asli2 TahunRp. 20.010.000,-
Anakan Murah3 BulanRp. 3.050.000,-
Dewasa3 TahunRp. 25.100.000,-

Harga di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu. Sehingga bagi Kamu yang tertarik memelihara kucing Sphynx ini, ada baiknya untuk mempersiapkan budget lebih dari sekarang. Mengenai pembahasan di atas, semoga bisa menambah wawasan terutama bagi Kamu yang tertarik pada kucing menggemaskan tanpa bulu tersebut.