Kucing Telinga Ikal Amerika, Kucing Unik Yang Menggemaskan

  41 views
Bagikan artikel ini

Berbicara mengenai kucing menggemaskan, kucing telinga ikal Amerika atau american curl adalah salah satunya. Jenis kucing asal Amerika ini memiliki keunikan tersendiri pada telinga ikalnya, yang membuatnya nampak istimewa dari kucing lainnya.

Kucing telinga ikal amerika
Kucing American Curl

Sejarah Singkat Kucing Telinga Ikal Amerika

Kucing american curl merupakan salah satu ras kucing yang terlahir karena mutasi genetika secara alami. Kucing ini diketahui berasal dari Lakewood, California, Amerika Serikat. Nama American curl diberikan karena telinga kucing ini berbentuk ikal atau melengkung.

Lalu pada tahun 1981, peternak kucing yang bernama Joe dan Grace Ruga mendapati anak kucing hitam berbulu panjang dengan telinga keriting. Kucing itu diberi nama Shulamith. Beberapa bulan berlalu, Shulamith melahirkan anak kucing yang memiliki telinga ikal.

Pada tahun 1983, pembiak kucing mengembangbiakan kucing ini. Kemudian seorang ahli genetika kucing yang diketahui bernama Roy Robinson, mendapati gen yang membuat telinga kucing tersebut melengkung merupakan sifat dominan. Sehingga kucing dengan satu salinan gen akan terlahir dengan telinga yang sama.

American curl menjadi sangat populer seiring berjalannya waktu, kemudian diakui oleh International Cat Association pada tahun 1987 dan oleh Cat Fanciers Association pada tahun 1993. Hingga kini, kucing american curl berada di posisi ke-27 dalam jajaran ras kucing Amerika Serikat paling populer.

Ciri Fisik Kucing American Curl

kucing telinga ikal Amerika pada umumnya memiliki berat badan sekitar 2 – 5 Kilogram. Kucing ini ada yang berbulu panjang dan yang berbulu pendek. Bulunya sangat halus dan tampak menawan. Telinga kucing ini berbentuk ikal atau melengkung, dengan tulang telinga yang lunak.

Baca juga:  3 Fakta Menarik Kucing Savannah: Ciri, Cara Merawat hingga Makanan

Namun, ketika berumur kurang dari 10 hari bentuk telinganya lurus. Pelengkungan yang terjadi dimulai ketika ia berusia 10 hari sampai dengan 4 bulan. Setelah 4 bulan berlalu, telinganya menjadi keras dan kaku.

Badannya cukup berotot dengan tulang yang berukuran sedang. Bentuk kepala american curl menyerupai segitiga dan bentuk matanya seperti kacang kenari dengan berbagai warna yang indah.

Keunikan Kucing American Curl

Kucing telinga ikal Amerika ini, memiliki berbagai keunikan yang membuatnya sangat istimewa. Tentu keunikan paling menonjol padanya yaitu bagian telinganya. Karena bagian telinganya yang ikal, kucing ini terlihat berbeda dari kucing lainnya.

Kucing ini memiliki warna bulu yang khas, mulai dari warna hitam, putih, krem, biru, merah, cokelat, silver hingga lilac. Umur dari kucing american curl bisa mencapai 9 sampai dengan 16 tahun.

Selain itu, kucing ini tidak terlalu agresif dan cenderung ramah. Kucing american curl bisa sangat lengket dan manja pada pemiliknya. Ia lebih suka duduk bersebelahan dengan pemiliknya dan tidak suka digendong.

Ia sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru sekalipun. Kucing american curl sangat suka bermain. Keunikan lain dari kucing ini, ia suka memperhatikan Kamu yang tengah melakukan kegiatan-kegiatan tertentu.

Kucing telinga ikal amerika
Kucing American Curl

Cara Merawat Kucing American Curl

Merawat kucing telinga ikal Amerika bisa Kamu bedakan berdasarkan bulunya. Jika kucing ini memiliki bulu pendek, Kamu bisa merawat bulunya seminggu sekali. Jika bulunya panjang, Kamu bisa merawat bulunya dua kali dalam seminggu.

Perawatan telinga kucing ini bisa Kamu lakukan seminggu sekali, dengan cara membersihkan bagian telinganya menggunakan kapas halus. Hindari membersihkan telinganya menggunakan cotton bud. Jika terjadi iritasi, Kamu bisa membawanya ke dokter hewan untuk ditangani lebih lanjut.

Baca juga:  5 Sifat dan Karakter Kucing Domestik yang Kamu Harus Tahu!

Dalam perawatan gigi Kamu bisa membersihkan giginya secara berkala, seperti dua kali dalam seminggu atau bisa lebih. Selain itu, jika gigi kucing sulit dibersihkan, Kamu bisa menambahkan snack penghilang plak dengan takaran yang tidak terlalu banyak.

Terakhir, ajak kucing american curl untuk bermain dan juga jalan-jalan agar ia tidak mudah stress. Perlu diingat, kucing ini tidak suka ditinggalkan dalam waktu lama, sehingga Kamu tidak bisa meninggalkannya lama-lama.

Kucing american curl bisa Kamu berikan makanan khusus kucing yang berkualitas baik dengan kandungan protein tinggi. Sedangkan untuk minumnya, Kamu bisa memberinya air putih dan susu khusus kucing.

Harga Kucing American Curl

Berikut kisaran harga kucing american curl:

NoRas KucingUmurPedigreeHarga Adopsi
1American CurlKittenPEDRp. 5 – 10 Juta
2American Curl5 – 12 BulanPEDRp. 10 – 15 Juta
3American CurlLebih dari 12 BulanPEDRp. 15 – 20 Juta
4American CurlKittenNon PEDRp 2 – 5 Juta
5American Curl5 – 12 BulanNon PEDRp. 5 – 10 Juta
6American CurlLebih dari 12 BulanNon PEDRp. 4 – 10 Juta
Daftar harga kucing telinga ikal Amerika

Bagi Kamu yang tertarik memelihara kucing telinga ikal Amerika ini, kisaran harga di atas bisa dijadikan patokan untuk budget yang nantinya perlu dipersiapkan. Dengan mengetahui seluk-beluk kucing american curl tadi, nantinya Kamu akan lebih siap untuk merawatnya dengan baik.

Catatan: Untuk harga diatas didapat dari hasil survey beberapa shop online. dan pasti akan terus berubah tergantung dari breeder yang menjual kucing tersebut.

Demikian pembahasan tentang sejarah, keunikan, cara merawat dan harga kucing telinga ikal Amerika. Semoga dapat bermanfaat untuk Kamu yang sedang mencari informasi tentang kucing ini. Terima kasih.