Kucing Terlucu Di Dunia Ini Harus Jadi Koleksi Pecinta Kucing

 
Bagikan artikel ini

Perdebatan tentang kucing terlucu di dunia mungkin tidak akan ada habisnya. Pecinta kucing memiliki selera berbeda-beda. Mereka pasti bertahan dengan pendapat masing-masing tentang kriteria kucing terlucu. Pada dasarnya, semua kucing pasti memiliki tingkah yang menggemaskan. Terlebih, mereka sangat suka bermanja-manja dengan majikan.

Tetapi jangan salah, kucing dari ras yang bagus memiliki banyak kelebihan. Mereka suka ‘berpetualang’ meski hanya di dalam rumah. Beberapa jenis kucing ras senang mengeksplorasi rumah dan berbagai sudutnya. Mereka juga paling suka duduk atau tidur di tempat-tempat yang tidak umum ditiduri oleh kucing, sehingga pemilik pun menjadi semakin gemas.

Kucing Terlucu di Dunia
Kucing Terlucu di Dunia

Apakah Kamu Memiliki Salah Satu Dari Kucing Terlucu di Dunia Berikut Ini?

Kali ini, kita akan membahas tentang kucing terlaris di dunia dan imut yang pasti memiliki nilai lebih di mata semua pecinta kucing. Siapa tahu, salah satunya adalah milik Kamu.

Kucing Himalaya

Kucing Persia Himalaya
Kucing terlucu di dunia: Kucing Himalaya

Jenis kucing peliharaan imut ini memang sangat lucu. Keberadaannya sudah sangat umum di Indonesia. Kucing jenis ini memiliki banyak bulu, dengan ekor yang juga sangat tebal.  Banyak orang mengira bahwa kucing ini adalah kucing Persia. Meski memiliki beberapa kesamaan, karakter kucing Himalaya dapat dibedakan secara jelas oleh para penggemar kucing.

Kucing ini bertulang besar dan berat. Massa bulu membuat tampilannya tambun. Tubuhnya pendek dengan kaki tebal serta leher pendek. Kepala kucing Himalaya sangat bulat dengan mata yang tak kalah bulat. Perawatannya harus sangat intensif, terutama dalam hal pemberian nutrisi. Kucing ini harus sering diajak beraktivitas sehingga terus bergerak. Disarankan untuk selalu mengajaknya berjemur sembari bermain karena jenis Himalaya harus selalu berada pada kondisi prima.

Baca juga:  8 Sifat dan Karakter Kucing Abisinia yang Wajib Kamu Ketahui!

Bulu kucing Himalaya perlu disikat dan disisir setiap hari supaya bulu tidak kusut. Wajah datarnya harus dibersihkan dengan hati-hati, karena noda air mata sering menempel di wajah.

Kucing Balinese

Kucing Bali
Kucing terlucu di dunia: Kucing Balinese

Meski bernama Balinese, jenis ini berasal dari Amerika Serikat. Jenis ini memiliki banyak kesamaan dengan kucing Siam. Jenis ini cepat akrab dengan siapa saja, dan dapat dengan mudah mengekspresikan keinginan dibanding kucing kebanyakan. Jenis ini juga sangat suka diajak bermain, terutama yang melibatkan gerakan repetitif. Penampilan fisiknya juga tidak terlalu besar, meskipun berotot kuat. Bagian tubuh depan hingga belakang terlihat kokoh, dengan perut yang juga berukuran sedang. Ukuran kaki juga langsing dan panjang. Perawatan kucing Balinese juga seperti halnya kucing berbulu tebal lainnya. Jenis ini  tidak perlu ‘dipaksa’ beraktivitas karena mereka cenderung sangat senang bermain.

Kucing Bombay

Kucing Bombay
Kucing terlucu di dunia: Kucing Bombay

Penampilannya langsung dapat dikenali karena warnanya yang hitam legam. Meski terlihat ramping, kucing ini bertubuh sangat padat dengan otot yang juga sangat kuat. Bulunya yang legam sangat elegan,, dengan bentuk kepala dan kuping yang bulat, serta mata dan pipi yang padat. Bulunya memang pendek tetapi mengkilap. Perlu perawatan ekstra untuk tetap menjaganya. Anak kucing Bombay sangat aktif namun manja kepada induknya.  Namun demikian, pemilik harus hati-hati karena dia suka mengeksplorasi dunia luar ketimbang hanya di dalam ruangan. Meski terkesan seram, Bombay dewasa sangat manja dan selalu ingin diajak bermain oleh majikannya.

Kucing Oriental

Kucing Oriental
Kucing Terlucu di dunia: Kucing Oriental

Mungkin  tidak semua orang menyukai jenis kucing ini. Tetapi jangan salah, kucing jenis ini memiliki banyak kelebihan. Harganya pun cukup mahal. Sebenarnya, jenis ini merupakan turunan kucing Siam. Semua yang dimilikinya terlihat ‘ekstrim’. Kepala berbentuk segitiga, telinga yang cukup tinggi dan hidung panjang serta lurus membuatnya terlihat kurus. Apalagi, kakinya panjang dan ramping dengan ekor runcing. Warna mata hijau cerah atau biru. Meski terlihat tak berbulu, ternyata bulu Oriental berukuran sedang dan perlu perawatan. Kucing ini dapat dilatih untuk hal-hal umum seperti duduk manis dan melompat. Jenis oriental sangat manja dan pemilik harus meluangkan waktu untuk  bermain.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dalam Kucing Bulu Dawai Amerika, Kucing yang Menggemaskan!

Russian Blue

Kucing Russian Blue
Kucing terlucu di dunia: Kucing Russian Blue

Kucing Biru Rusia ini terkenal sebagai kucing imut lucu dan menggemaskan. Matanya perak dan bulunya juga cukup tebal. Tak banyak orang memilikinya karena memang spesiesnya cukup langka. Sekalipun ada, peminat harus merogoh kantong agak dalam untuk dapat memilikinya. Kucing ini disuka karena bulunya yang tidak  mudah rontok, sehingga pemilik yang memiliki alergi tidak akan terganggu.

Otot dan tulangnya kuat, meski tak terlihat kekar karena bulunya yang cukup tebal. Karena itulah, kucing ini dapat berlari cukup cepat. Kucing ini tergolong sangat manja dan selalu mengikuti tuannya. Yang mengherankan, jenis ini justru senang tidur sendirian, di tempat yang tersembunyi. Ia juga tidak suka dengan suasana ramai, sehingga ia justru senang bersembunyi saat rumah majikan sedang kedatangan banyak pengunjung.

Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold
Kucing terlucu di dunia: Kucing Scottish Fold

Kucing dengan kuping terlipat ini memang sangat imut dan menggemaskan. Tipe ini punya intelegensia lebih tinggi ketimbang jenis lain. Ia cepat beradaptasi dengan lingkungan dan pemilik meski bisa sangat loyal dengan satu orang saja dalam satu keluarga. Jenis Scottish Fold suka bermain dengan pemilik tetapi tidak suka dipangku.

Meski telinganya terlipat, jenis ini juga memiliki sistem pendengaran sama dengan kucing jenis lain. Pemilik justru harus lebih sering memperhatikan kesehatan dan kebersihan telinga dengan lebih intens. Di Indonesia, jenis ini cukup langka. Perawatannya pun harus lebih ekstra ketimbang jenis kucing impor pada umumnya.

Kucing Anggora (Turkish Angora)

Kucing Anggora
Kucing terlucu di dunia: Kucing Anggora (Turkish Angora)

Seringkah Kamu mendengar bahwa semua kucing dengan bulu lebat sering disebut kucing anggora? Padahal, tidak semua kucing berbulu lebat berjenis Angora. Padahal, Angora juga tidak memiliki bulu selebat kucing Persia atau Siam. Kelebihannya adalah kemampuan berenangnya, terutama ras yang masih belum banyak tercampur. Angora juga sangat cerdas dan memiliki inisiatif lebih ketimbang jenis kucing lainnya.

Baca juga:  Fakta Unik Kucing Himalaya Beserta Ciri, Harga dan Cara Merawatnya

Angora mudah senang diajak bermain dengan hal-hal sepele seperti bunyi kertas yang disobek atau diremas, bola yang memantul, atau bahkan senang melihat jari-jari kaki pemiliknya yang bergerak-gerak.

Kucing Singapura

Kucing Singapura
Kucing terlucu di dunia: Kucing Singapura

Jenis ini termasuk jenis kucing dengan bentuk kecil, namun tetap berotot. Bentuk mata dan telinganya besar, sehingga terlihat sangat lucu. Karakternya sangat manja dan selalu senang bermain. Wajar apabila kucing ini menjadi favorit semua keluarga.

Jenis ini juga termasuk dalam kucing yang punya rasa ingin tahu tinggi dan cukup cerdas. Ia suka mengeksplorasi banyak hal, dan juga memanjat. Perlu diingat bahwa kucing ini tidak suka dengan suara keras, seperti teriakan anak atau gonggongan anjing.

Beda Jenis Kucing, Beda Perawatan dan Jenis Makanan

Mereka yang siap memiliki kucing ras mahal tentu harus siap dengan perawatan dan makanan ekstra. Jangan mudah membeli makanan kucing yang dijual per kilogram di beberapa pasar hewan. Selain itu, visitasi ke dokter hewan secara rutin wajib hukumnya. Jika tidak, maka kucing dapat mengalami kerontokan bulu, atau bahkan sakit kronis yang terkait dengan pencernaan mereka.

Jangan lupa, jenis kucing terlucu di dunia tersebut di atas juga memiliki tekstur bulu yang perlu perawatan salon. Pemilik tidak cukup memandikannya dengan sabun kucing saja. Bulu perlu diberi vitamin dan juga disisir sedemikian rupa sehingga kilau sehatnya tetap terjaga.