Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Diposting pada 10 views

Kucing tidak mau makan adalah masalah yang paling menakutkan yang sering dihadapi oleh pecinta hewan lucu. Lantas apa sebenarnya penyebab hewan tersebut tidak mau makan. Hal ini tentunya akan membuat kita semakin bingung, karena mereka tentu tidak bisa berbicara dan mengeluhkan apa yang dirasakan.

Kucing Tidak Mau Makan
Kucing Tidak Mau Makan

Apalagi kucing adalah jenis hewan yang rentan terkena penyakit, jika si kucing tidak makan satu hari saja mereka akan langsung lemas dan tidak bertenaga. Pada umumnya hewan akan menyimpan proses fisiologi saat terjadinya proses pembakaran lemak, sayangnya hal tersebut tidak berlaku pada kucing.   

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan Dan Tidur

Ada beberapa penyebab atau faktor yang membuat kucing kamu tidak mau makan dan tidur. Faktor tersebut diantaranya adalah:

Makanan

Yang pertama penyebab kucing tidak mau makan adalah karena makanannya, jika kamu memberikan makanan hanya itu-itu saja pasti kucing akan merasa bosan. Begitupun manusia, kamu pasti akan bosan jika diberi hidangan yang sama setiap harinya. Jadi ketika kamu ingin memberikan makanan pada kucing usahakan tetap higienis dan makanan yang berbeda supaya kucing tidak keracunan dan bosan.

Nafsu Makan

Cara mengatasi kucing tidak mau makan sama sekali yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan tingkahnya, apakah kucing terlihat tidak senang saat diberi makan atau tidak padahal kamu sudah melakukan banyak hal, dengan begitu dapat disimpulkan jika yang mempengaruhi adalah nafsu makannya. Untuk mengatasinya kamu bisa memberikan vitamin.

Penyakit Mulut

Siapa bilang jika manusia saja yang bisa terserang penyakit mulut karena faktanya hewan juga bisa terserang. Untuk memastikannya kamu bisa memeriksanya apakah ada luka di mulutnya atau tidak atau apakah ada bau yang kurang sedap jika kamu menemukan gejala tersebut sebaiknya segera bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan.

Masalah Pencernaan

Seperti yang kita ketahui, kucing adalah salah satu hewan yang memiliki sistem pencernaan kurang baik bahkan metabolismenya sering terganggu. Hal ini tentunya akan menjadi masalah jika dibiarkan termasuk kucing menjadi tidak mau makan. Oleh karena itu kamu harus cepat mengetahui masalahnya supaya bisa mendapatkan solusi terbaik.

Bosan

Manusia dan hewan adalah dua makhluk yang memiliki kemiripan misalnya saja saat bosan manusia pasti akan malas makan begitu juga pada hewan. Apalagi kucing juga memiliki banyak ras jadi kamu sebagai pemelihara juga harus tahu apa saja yang boleh diberikan dan tidak. jika kamu memiliki kucing dengan jenis Persia, jenis ini bisa dibilang kucing yang sering tidur dan berbeda dari ras kucing lainnya.

Sakit

Kucing juga bisa terkena sakit, jika sudah sakit maka kucing akan susah sekali untuk makan. Untuk langkah yang selanjutnya kamu bisa memberinya vitamin atau memeriksakannya ke dokter jangan sampai kesehatannya semakin hari semakin menurun karena itu bisa berakibat fatal.

Stress

Jika sudah terkena rasa bosan, pasti akan langsung ke stress. Masalah tersebut tentunya akan sangat mengganggu. Kamu bisa memperhatikan apa saja faktor yang menyebabkan kucing menjadi stress. Biasanya stres terjadi karena dua faktor yaitu lingkungan dan tekanan. Jika dilihat dari lingkungan, apakah kamu baru saja mengadopsinya, karena kucing akan membutuhkan adaptasi di lingkungan yang baru, jadi biarkan kucing tersebut beradaptasi terlebih dahulu.

Cara Mengobati Kucing Tidak Mau Makan Dan Muntah

Setelah mengetahui penyebab/faktor yang menyebabkan kucing tidak mau makan. Ada beberapa cara yang dapat mengobati kucing kamu, simak tips berikut ya:

Memberikan Variasi Makanan

langkah yang pertama untuk mengobati kucing yang tidak mau makan adalah dengan memberikan variasi makanan. Ada banyak sekali makanan kucing kamu tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Langkah ini dilakukan supaya kucing tidak bosan dengan makanan yang diberikan setiap harinya. Karena kucing akan merasa bosan jika diberi makanan yang itu-itu saja.

Memancing Nafsu Makan

Pasti kamu bertanya-tanya bagaimana cara memancing kucing supaya nafsu makannya kembali. Kamu bisa langsung menyodorkan makanan di depan hidungnya langsung atau kamu bisa  mengoleskan makanan atau daging pada bagian mulut atau hidung. Bau makanan yang lezat bisa memancing nafsu makannya.

Menyuapi Kucing

Jika cara yang ketiga dan kedua tidak manjur, kamu bisa menggunakan cara yang tiga yaitu menyuapi kucing biasanya mereka yang menggunakan teknik ini dikarenakan kucing yang sudah terlalu lemas karena tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk melakukannya kamu bisa menggunakan sendok kecil, ataupun syringe. Makanan yang diberikan sebaiknya jenis makanan basah, namun jika yang kamu punya hanya yang kering sangat disarankan untuk menghancurkannya terlebih dahulu menggunakan air  hangat.

Memperlakukan kucing yang sakit harus ekstra sabar dan lembut, kamu bisa memegang kepalanya untuk memasukkan suntikan yang berisi makanan, masukkan dari samping ya tekan secara perlahan supaya makanan bisa ditelan dengan baik jangan sampai kamu menyemprotnya karena bisa membuat kucing menjadi tersedak.

Mengobati Penyakit Mulut

Biasanya kucing yang tidak mau makan pasti mengalami sakit pada area mulutnya, penyakit ini bisa terjadi karena kucing memakan benda yang membuat mulut menjadi luka dan tidak mau makan karena merasakan sakit saat akan menelan makanan. Oleh karena itu kami sarankan untuk mengobatinya terlebih dahulu.

Memberikan Vitamin

Langkah yang selanjutnya adalah memberikan Vitamin B Kompleks dan juga lysine atau bisa disebut dengan istilah asam amino lisin yang bisa didapatkan di apotik terdekat. Vitamin tersebut dapat bermanfaat untuk menambah nafsu makan pada kucing yang tadinya tidak nafsu makan.

Kucing yang tidak mau makan otomatis akan membuatnya menjadi lemas, dengan mengkonsumsi vitamin tersebut mencegah kucing terserang virus herpes atau flu. Sebelum memberi vitamin tersebut pastikan kamu sudah memberi makan terlebih dahulu, langkah ini dilakukan untuk mencegah terjadinya iritasi pada lambung yang akan membuat kucing muntah-muntah jika dibiarkan.

Mengajaknya Bermain

Kucing yang malas makan biasanya bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah mereka yang jarang bermain dan melakukan aktivitas. Dengan begitu kamu harus berinisiatif untuk mengajak kucing bermain, biasakan untuk melakukan aktivitas ini karena selain menjaga kesehatan kucing tahapan ini juga bermanfaat untuk menjaga moodnya supaya tidak cepat bosan.

Mengajak kucing bermain tidaklah susah, kamu bisa menggunakan tali untuk mengajaknya karena kucing sangat suka sekali bermain dengan tali. Dengan memberikan permainan yang mengasikkan membuat kucing menjadi semangat kembali untuk melakukan aktivitas jadi bagi kamu yang memiliki kucing kamu wajib menerapkan cara ini.

Memberikan Tempat Yang Nyaman

Supaya kucing menjadi nyaman, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal misalnya saja tempat yang nyaman, memberikan vitamin dan juga selalu menjaga kesehatannya. Apalagi jika kamu baru saja mengadopsi kucing tempat nyaman adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mood kucing supaya tidak tertekan.

Jauhkan kucing dari kucing lainnya, karena itu bisa membuat ia menjadi tidak nyaman. jangan lupakan juga untuk tetap menjaga kebersihan seperti memandikan dan menyediakan tempat untuk membuang kotoran. Kamu bisa membeli pasir, cek harga pasir kucing terlebih dahulu supaya dapat sesuai dengan budget mu.

Itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi kucing tidak mau makan, semoga dengan ulasan tersebut dapat bermanfaat.