Kucing Tonkin: Mengenal Ras Kucing Langka dan Pintar!

 
Bagikan artikel ini

Kucing Tonkin merupakan salah satu jenis kucing dengan kelebihannya yaitu kecerdasan yang cukup baik. Tingkahnya sangat aktif, dilengkapi dengan postur tubuhnya yang sedang namun berotot. Kamu yang melihat bulunya yang pendek, pasti tak segan ingin mengelusnya.

Kucing pintar yang satu ini, menjadi salah satu yang banyak digemari pencinta kucing yang ada di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, kucing ras tonkin sudah banyak diminati oleh berbagai kalangan.

Kucing ini terbilang sering mengeong, meskipun suaranya tidak terlalu keras seperti kucing siam. Selain itu, tonkin senang melompat ke tempat-tempat yang tinggi dan senang jika Kamu ajarkan ia beberapa trik, seperti trik berjalan di atas tali dan trik lainnya.

Kucing tonkin
Kucing tonkin

Sejarah Singkat Kucing Tonkin

Pada tahun 1800-an sejarah menyebutkan bahwa terdapat kucing ras siam berwarna coklat, yang disinyalir merupakan kucing ras tonkin. Akan tetapi, kucing ras tonkin yang pertama dikenal dicatat bernama Wong Mau. Wong Mau sendiri dibawa dari Birma menuju ke Amerika Serikat pada tahun 1930-an.

Pada tahun 1950-an pemilik kucing yang bernama Milan Greer asal kota New York, ingin menciptakan ras kucing baru dengan warna bulu yang khas. Berbagai percobaan pengembangbiakan telah banyak ia lakukan. Terakhir, ia pun menyilangkan ras siam dengan ras Burma.

Setelah anak-anak kucing hasil persilangan itu lahir, Milan memberi mereka nama “siam emas”. Namun, kucing tersebut belum sesuai yang Milan inginkan. Karena kucing siam emas tersebut memiliki warna bulu titik cokelat tua.

Tercatat pada tahun 1950-1960 kucing-kucing yang diciptakannya menjadi sangat populer. Selama 5 generasi, kucing-kucing tersebut merupakan kucing dengan genetik yang murni. Singkat cerita, Milan mulai menghentikan minatnya untuk mengembangbiakan kucing-kucingnya.

Baca juga:  Sifat dan Karakter Kucing Hutan Jawa yang Wajib Diketahui!

Lalu tahun 1960, Margaret Conroy, seorang pecinta kucing asal Kanada, melakukan persilangan antara ras siam dengan warna seal point, disilangkan dengan ras Burma dengan warna coklat tua, dan dia dibantu oleh temannya.

Singkatnya pada tahun 1960, ras tersebut diakui oleh Canadian Cat Association (CCA).

di Kanada. Margaret tidak membiakkan kucing ras tonkin lagi, dan kucing-kucing tersebut kemudian menyebar luas hingga ke Amerika Serikat. Tahun 1965, seorang peternak kucing asal Amerika Serikat yakni Jane Barletta, kemudian membiakkan kucing ras tonkin tersebut.

Ciri Fisik Kucing Tonkin

Ukuran kucing ras tonkin jantan dan betina umumnya berkisar di 4 – 8 Kilogram. Kucing ras tonkin umumnya memiliki tipikal bulu pendek dengan postur tubuh yang sedang. Kucing ini bisa terlihat kokoh saat duduk dan berjalan, karena memiliki struktur otot yang proporsional.

Kucing yang satu ini memiliki pola warna yang unik. Umumnya warna dasar yang dimilikinya adalah coklat tua hingga campage. Wajah kucing ini cenderung moncong lebih bulat dengan bentuk mata yang mirip almond. Umumnya warna mata yang dimilikinya ialah hijau.

Karakteristik Kucing Tonkin

Karakteristik dari kucing ras tonkin yang perlu Kamu ketahui ialah, ia sangat ramah, aktif dan juga penuh kasih sayang terhadap pemiliknya. Kucing ini suka menyendiri dan terbilang mandiri. Di samping itu, ia akan selalu mencari perhatian dan ingin selalu berada dekat dengan pemiliknya.

Bukan hanya itu, kucing pintar ini tidak akan segan mengikuti ke manapun Kamu melangkah, bahkan saat Kamu tidur pun ia akan selalu menunggu. Tak sampai di situ, ia pun sangat mudah bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Kucing tonkin
Kucing tonkin

Cara Merawat Kucing Tonkin

Kucing yang terhitung cukup mahal dan langka ini, dalam merawatnya dibutuhkan ketelitian dan tidak boleh sembarangan. Kamu perlu mengetahui berbagai informasi cara merawatnya sebelum siap untuk memeliharanya.

Baca juga:  Fakta Kucing British Shorthair yang Menggemaskan Jarang Orang Tahu!

Nah, karena kucing ini memiliki kebiasaan santai, ia akan lebih suka meluangkan waktunya dengan tidur. Kucing ini terkenal cerdas, dan memerlukan perhatian lebih dari pemiliknya. Bagi Kamu yang sibuk dan seringkali bepergian, tidak disarankan untuk memelihara kucing ras tonkin.

Selain itu, pastikan untuk menjauhkan benda-benda berbahaya yang ada di rumahmu dari jangkauan kucing ini. Kamu bisa menyediakan mainan untuknya bermain. Pastikan untuk memberikannya makanan khusus kucing yang berkualitas dan air minum yang bersih.

Di samping itu, kucing ras tonkin membutuhkan pemeriksaan kesehatan secara berkala ke dokter hewan. Bila perlu, Kamu bisa melakukan sterilisasi jika hanya ada satu kucing yang Kamu pelihara.

Harga Kucing Ras Tonkin

Di tempat asalnya kucing ini digolongkan oleh sebagian masyarakat sekitar sebagai kucing kelas menengah. Sehingga harganya tergolong tidak terlalu mahal dan dikatakan murah pun tidak. Berikut kisaran harga kucing ras tonkin:

Jenis Kucing Ras TonkinKisaran Harga
Kucing jantanRp. 8 – 14 Juta
Kucing betinaRp. 7 – 13 Juta
KittenRp. 4 – 5 Juta
RemajaRp. 6 – 8 juta

Setelah mengenali kucing tonkin dari informasi di atas, Kamu tentunya bisa lebih memahami lagi kucing ras tonkin mulai sifatnya, apa yang disukai hingga apa yang tidak ia sukai nantinya. Sebab sebelum memutuskan memeliharanya, Kamu perlu untuk mempelajari karakteristik dari kucing tersebut.