Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Kucing Yang Wajib Dicoba

 
Bagikan artikel ini

Cara ampuh menghilangkan kutu kucing yang wajib dicoba. Kutu kucing adalah salah satu masalah yang sering ditemukan ketika memelihara kucing walaupun kucing tersebut adalah kucing peliharaan yang tinggalnya di rumah. Prosesnya pun dari Telur kutu, larva, dan kepompong. Hal inilah yang mungkin bisa membuat kutu kucing bisa hidup di lingkungan tempat tinggal. Jadi berhati-hatilah selalu bersihkan karpet, sofa,  dan di semua sisi rumah jika tidak ingin kutu semakin merajalela.

Kutu Kucing
Kutu Kucing

Penyebab muncul kutu kucing

Cat lovers, ada beberapa penyebab munculnya kutu pada kucing yang wajib kamu ketahui, antara lain:

Manusia

Hal pertama yang menyebabkan kutu kucing muncul adalah melalui manusia. Walaupun hal ini jarang terjadi, tetapi bukan berarti mustahil untuk terjadi. Manusia dapat sebagai perantara sekaligus alat transportasi kutu supaya bisa berpindah tempat.

Dengan perantara manusia ini, maka kutu bisa pindah dari hewan satu ke hewan lainnya. Bahkan dari lingkungan satu ke lingkungan yang lainnya pula.

Hewan pengerat

Cat lovers, apa di rumahmu ada tikus? Bila iya kamu perlu waspada, pasalnya tikus merupakan hewan pengerat yang menjadi perantara penularan kutu sekaligus penyakit. Maka dari itu perlu segera dibasmi agar kucing kesayanganmu tak terserang kutu.

Kunjungan ke dokter hewan

Tanpa disadari ternyata dokter hewan merupakan tempat yang berbahaya. Karena bisa jadi sarang penyakit untuk berbagai jenis hewan yang pernah berkunjung disana. Wah serem juga ya?

Proses ini juga sebagai awal penyebaran kutu kucing, dari hewan yang satu ke hewan yang lainnya. Itulah mengapa tak cukup hanya perawatan di dokter hewan. Kamu juga perlu memahami cara menghilangkan kutu kucing sendiri.

Cat lovers, selesai sudah pembahasan kita mengenai cara menghilangkan kutu pada kucing dengan aneka bahan alami. Cara ini bisa menjadi solusi alternatif bagi kamu karena sudah terbukti mudah, aman dan efektif untuk digunakan. Selamat mencoba ya!

Cara Menghilangkan Kutu Kucing
Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Cara Membasmi Kutu Kucing Yang Berkeliaran Di Rumah

Sangat tidak nyaman jika dirumah kamu terdapat banyak kutu kucing yang berkeliaran. Simak tips berikut cara membasmi kutu kucing dan juga agar rumah kamu terhindar dari gangguan kutu kucing:

Melakukan Perawatan Hewan Peliharaan Dengan Cara Yang Tepat

Langkah yang pertama yang harus kamu lakukan ketika hewan peliharaan terdapat kutu adalah mengatasinya dengan secepat mungkin. Serangan kutu memang tidak bisa diduga. Untuk mengatasinya Kamu harus melakukan pencegahan secara efektif, dengan begitu kucing kesayangan kamu bisa terhindar dari masalah.

Jika kutu pada kucing tidak cepat diatasi bisa menyebabkan penyakit kulit. Contoh kucing yang memiliki masalah yang disebabkan oleh kutu adalah bulu kucing menjadi tidak merata tubuhnya, kulit pada bagian luar terlihat sakit dan kucing tampak menjadi kurang lincah ketika bermain. Dengan begitu Kamu bisa datang ke dokter hewan yang sudah teruji kualitasnya untuk memeriksanya.

Membersihkan Tempat Tidur Kucing Dengan Rutin

Untuk membersihkannya Kamu bisa menyedot debu yang ada di tempat kucing, namun alangkah baiknya jika kamu mencuci tempat tidur tersebut menggunakan air panas. Karena suhu panas bisa membantu Kamu untuk membunuh kutu maupun telur yang bersembunyi di sela-sela kain. Setelah dicuci, langkah selanjutnya adalah dengan mengeringkan, Kamu bisa memanfaatkan mesin pengering tetapi pastikan suhunya tinggi dan bisa tahan terhadap bahan kain tempat tidur kucing.

Baca juga:  Kamu Harus Tahu! Cara Memelihara Kucing Sebelum Mengadopsinya

Mencuci Semua Benda Yang Dijadikan Tempat Kutu Untuk Bersembunyi

Langkah selanjutnya adalah dengan mencuci benda-benda yang sering dijadikan kutu untuk bersembunyi seperti selimut, tempat tidur dan bantal. Caranya juga cukup mudah, Kamu hanya tinggal mengeringkan dengan suhu tinggi. Hal tersebut juga bisa dilakukan untuk mencuci tempat lainnya. dengan begitu kutu pada kucing akan musnah tak tersisa.

Melakukan Pembersihan Di Area Atau Perabotan Yang Mudah Berdebu

Untuk membunuh semua kutu kucing yang bersarang di rumah, kamu bisa melakukan penyedotan baik itu dari karpet ataupun perabotan rumah yang sifatnya lembut misalnya saja pada sofa lakukan cara tersebut sebanyak dua kali sehari dalam waktu tiga minggu.

Jika Kamu tidak membersihkan secara teratur maka akan terjadi hal yang tidak pernah disangka yaitu hunian kamu akan dipenuhi kutu kucing. Tentunya Kamu tidak menginginkannya bukan? Oleh sebab itu rajin-rajinlah membersihkan rumah.

Alat Penyedot Debu Harus Selalu Dibersihkan

Yang perlu diketahui adalah jika telur kutu mudah sekali bersarang di mesin penyedot debu. Biasanya telur akan menempel di kantong debu selama berbulan-bulan. Dengan begitu kami sarankan supaya Kamu selalu mengosongkan mesin vacuum cleaner, namun  bagi Kamu yang menggunakan penyedot debu tanpa kantong pastikan untuk selalu membersihkan bagian yang bisa dicuci menggunakan air panas.

Menyemprot Seluruh Rumah

Jika sudah melakukan penyedotan, tahapan selanjutnya adalah menggunakan semprotan anti kutu yang harus diberikan di setiap ruangan, langkah ini bertujuan untuk membunuh kutu yang dewasa atau larva yang terlewat saat Kamu melakukan penyedotan. Jadi luangkan waktu untuk melakukan tahapan ini, karena jika dibiarkan kutu kucing berjangkit pada manusia tentunya Kamu tidak ingin dijadikan seperti ini terjadi karena akan sangat berbahaya.

Untuk membasmi kutu bisa dibilang hal yang tidak mudah karena memakan waktu yang cukup lama. Tetapi tidak dengan kutu dengan jumlah besar yang sangat mudah untuk dibunuh. Apalagi saat kamu sudah membersihkan ruangan secara menyeluruh, dengan begitu kutu akan berhenti mengganggu kucing kesayangan kamu. Walaupun untuk memberantasnya kamu membutuhkan waktu sampai 3 bulan namun tidak ada yang sia-sia.

Bahaya yang disebabkan oleh kutu sangat beragam misalnya saja membuat kucing menjadi iritasi dan tentunya membuat kucing sangat mudah terkena penyakit. Hal ini dikarenakan kutu suka sekali menggigit dan menghisap darah pada kucing. Jika kucing Kamu mengalami hal tersebut langkah utama adalah dengan memeriksakannya ke dokter spesialis hewan. Dan juga jangan lupakan untuk memberikan makanan kucing terbaik supaya kondisinya bisa cepat pulih seperti sedia kala.

Cara menghilangkan kutu kucing

Cat lovers, ada beberapa cara menghilangkan kutu kucing baik secara manual atau menggunakan bahan-bahan alami yang bisa kamu dapatkan di rumah. Apa saja caranya? Yuk simak infonya berikut ini ya!

Shampoo khusus kucing

Ini merupakan cara pertama yang sering diambil oleh sebagian orang untuk menghilangkan kutu kucing. Sampo khusus kucing yang biasa dipakai untuk memandikan sekaligus mengharumkan bulu kucing ini, ternyata juga dipercaya dapat membasmi kutu dari tubuhnya.

Ada banyak pilihan merk sampo khusus kucing yang dijual di pasaran. Dan ingat untuk selalu membersihkan tubuh kucing dengan rutin paling tidak seminggu sekali.

Obat kutu

Apakah kulit kepalamu pernah diserang kutu? Yap, layaknya manusia, bila kucing sedang diserang kutu, maka mereka juga butuh obat kutu khusus agar bisa membasminya. Kamu bisa membeli obat kutu khusus ini di petshop terdekat.

Nah, cara menghilangkan kutu pada kucing dengan obat kutu khusus ini dapat kamu lakukan di rumah lho! So, kamu tak perlu membawa kucing kesayanganmu ke dokter hewan.

Baca juga:  Berikut Adalah Beberapa Cara Membedakan Kucing Betina dan Jantan

Minyak telon

Selanjutnya cara menghilangkan kutu pada kucing dengan minyak telon. Emang bisa ya? Eits, jangan salah minyak telon sangat praktis untuk mematikan kutu kucing loh. Mengapa? Karena di dalam minyak telon mengandung minyak atsiri yang mampu membunuh parasit yang bersarang pada tubuh kucing.

Gimana caranya? Kamu hanya perlu mengusapkan minyak telon secara langsung pada area tubuh kucing yang terdapat banyak kutu, seperti area leher dan perut.  Namun ingat, jangan terlalu banyak ya karena nanti malah dijilat kucing!

Cuka apel

Kamu juga bisa memakai cuka apel sebagai alternatif pilihan untuk mematikan kutu kucing. pasalnya cuka pada sari apel akan mengeluarkan bau busuk yang sangat dibenci oleh kutu.

Cara membuatnya, campur  air dan cuka apel dengan perbandingan 1 : 2. Kemudian masukkan ke dalam botol semprot, dan semprotkan pada bagian tubuh kucing yang dihinggapi kutu.

Garam

Cat lovers, ternyata garam juga bisa menghilangkan kutu kucing, khususnya untuk larva dan telur kutu. Tapi, sebaiknya cara ini dihindari ya, apalagi jika kucing peliharaanmu mempunyai luka pada kulit.

Cara menghilangkan kutu pada kucing dengan garam cukup mudah yaitu masukkan beberapa sendok garam ke dalam air hangat kira-kira setengah ember. Lalu masukkan kucing dalam rendaman air garam tersebut. Lihat jangan sampai kucing kesayanganmu tenggelam.

Lidah buaya

Selain menggunakan garam, ternyata cara menghilangkan kutu kucing dengan bahan alami yang lain adalah dengan lidah buaya. Tanaman ini pasti sering kalian jumpai bukan?

Caranya, buatlah jus lidah buaya yang dicampurkan dengan sedikit cabe rawit, kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Langkah selanjutnya semprotkan cairan tersebut pada tubuh kucing yang banyak dihinggapi kutu. Pastikan untuk menghindari bagian telinga dan mata kucing ya cat lovers!

Sabun cuci piring

Menurut pengalaman para penggemar kucing, ternyata sabun cuci piring sangat ampuh dan aman untuk membasmi kutu kucing. Salah satu merk sabun cuci piring yang sering digunakan adalah sunlight. Cara menghilangkan kutu kucing dengan sunlight ini sangat mudah lho!

Caranya hampir sama seperti ketika kamu menggunakan sampo khusus kucing. Namun, kamu hanya perlu mengganti pemakaian sampo dengan sunlight. Nah, agar bulu kucing setelah mandi cepat kering, maka kamu bisa mengeringkan dengan hair dryer. Tujuannya juga supaya bulu tak mudah menggumpal. Setelah itu rapikan bulu kucing dengan sisir.

Lemon

Bahan alami lainnya yang bisa menjadi pilihan alternatif untuk membunuh kutu kucing yaitu lemon. Dengan membuat ramuan dari lemon sebagai cara menghilangkan kutu kucing pun cukup mudah dan efektif untuk dicoba.

Kamu hanya perlu menyiapkan satu buah lemon dengan ukuran sedang. Kemudian potong menjadi empat bagian dan campurkan ke dalam air mendidih. Selanjutnya diamkan larutan tersebut  semalaman. Dan keesokan harinya saring larutan tersebut. Maka larutan tersebut dapat dipakai sebagai bahan semprotan untuk membasmi kutu kucing.

Menyisir bulu kucing

Cat lovers, selain cara menghilangkan kutu kucing yang telah dipaparkan di atas, kamu juga bisa menempuh cara manual seperti contohnya menyisir bulu kucing. 

Dengan rajin menyisir bulu kucing terutama menggunakan sisir khusus, ternyata bisa menuntaskan kutu yang masih tersisa pada tubuh kucing. Aktivitas ini dapat kamu lakukan secara rutin, supaya kucing bertambah bersih.

Batasi aktivitas kucing di luar rumah

Salah satu faktor penyebab munculnya kutu kucing adalah lingkungan. Bila kamu tak mau itu terjadi, maka aktivitas kucing di laur rumah lebih baik dibatasi. Mengapa? Saat kucing di luar rumah kita tak bisa mengawasi kegiatannya dengan baik. Tak hanya itu lingkungan yang kotor juga berbahaya bagi kucing karena ia rentan terserang virus atau penyakit.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing
Cara Menghilangkan Kutu pada Kucing

Langkah Mudah Cara Menghilangkan Kutu Kucing Menggunakan Jeruk Nipis

Salah satu obat kutu yang paling mujarab adalah obat herbal. kebanyakan pecinta hewan lebih suka menggunakan herbal untuk menghalau kutu kucing. Hal ini dikarenakan komposisinya yang terbuat dari bahan-bahan alami sehingga tidak membuat Kamu menjadi kuatir terhadap resiko yang ditimbulkan atau kamu  bisa menggunakan pembersih kutu yang sudah mendapatkan rekomendasi dari dokter yang sebelumnya dikunjungi.

Baca juga:  Cara Mudah Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Namun, jika kamu menggunakan obat yang sudah banyak beredar di luaran sana, kami sarankan berhati-hatilah karena banyak obat berbahaya yang akan menimbulkan efek buruk jika digunakan. Apalagi jika obat tersebut terminum ataupun dijilat.

Biasanya kutu bisa terjadi pada kucing yang suka bermain dengan kucing lain di sekitar rumah. Dengan begitu yang tadinya kucing kesayangan kamu tidak memiliki kutu akan terjangkit karena sering bermain dengan kucing lain yang memiliki kutu. Jadi jika kamu menemukan kucing terjangkit kutu segeralah melakukan tindakan.

Kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan kutu pada kucing, cara ini tergolong praktis dan tidak membutuhkan dana yang besar. dengan begitu kamu juga bisa menghemat pengeluaran untuk melakukan perawatan pada kucing berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan.

  • Langkah pertama adalah dengan menyiapkan air perasan jeruk nipis secukupnya
  • Langkah yang kedua adalah menyiapkan botol bersih
  • Dan yang ketiga adalah menuangkan air perasan jeruk nipis tersebut ke dalam botol
  • Semprotkan secara merata di bagian-bagian bulu kucing jangan sampai ada bagian yang terlewatkan karena itu bisa menyebabkan kutu berkembang biak kembali
  • Lakukan secara berulang-ulang, untuk mendapatkan hasil yang maksimal ulangi langkah tersebut
  • Setelah itu biarkan selama beberapa menit supaya air perasan jeruk nipis bisa menyerap dan membunuh kutu dan larva
  • Jika sudah, pastikan kamu langsung memandikannya. Hal ini dikarenakan air perasan jeruk nipis jika terkena pada bagian kulit yang terluka akan menimbulkan rasa perih. Jadi sudah dipastikan kucing kesayangan kamu tidak akan diam saat cairan tersebut bersentuhan dengan kulit kucing

Tidak hanya membutuhkan obat untuk memberantas kutu kucing, kamu juga harus selalu menjaga kebersihan baik dari hewan kesayangan maupun lingkungan tempat tinggal kamu sendiri. Karena kutu bisa timbul oleh beberapa faktor termasuk lingkungan yang kotor. Jadi, sebelum memutuskan untuk memelihara kucing pastikan kamu mampu untuk menjaga dan menyayanginya dengan begitu kamu pasti akan mengupayakan segala sesuatu yang menyangkut kesehatan hewan peliharaan.

Tanya Jawab Seputar Kucu Kucing

Membantu menjawab dari beberapa pertanyaan yang biasa ditemui di internet tentang kutu kucing.

Bagaimana cara membunuh kutu kucing?

Cara membunuh kutu kucing yaitu dengan cara melakukan perawatan hewan peliharaan dengan cara yang tepat, membersihkan tempat tidur kucing dengan rutin,
mencuci semua benda yang dijadikan tempat kutu untuk bersembunyi, melakukan pembersihan di area atau perabotan yang mudah berdebu, alat penyedot debu harus selalu dibersihkan, menyemprot seluruh rumah. Untuk penjelasan secara detail dapat kamu lihat diatas atau dengan klik link berikut: cara membasmi kutu kucing.

Apakah kutu kucing berbahaya bagi manusia?

Tentu saja, karena kutu kucing bisa berbahaya untuk manusia juga. Pinjal atau kutu kucing (Ctenocephalides felis) bisa menjadi biang penyakit yang berbahasa bagi manusia. Kutu kucing bisa membawa bakteri Bartonella henselae biang penyakit cat scratch disease (CSD) serta bakteri Yersinia pestis penyebab dari penyakit PES.

Apa obat kutu kucing?

Dikutip dari situs terpercaya The Spruce Pets. obat kutu kucing secara alami adalah minyak telon, cuka apel, garam, lidah buaya, lemon, jeruk nipis, sabun cuci piring. Untuk penjelasan lebih lengkapnya dapat kamu lihat diatas atau klik link berikut: cara menghilangkan kutu kucing.

Berapa Lama hidup kutu kucing?

Hidup kutu kucing tidak akan lama jika tidak menghisap darah mamalia, kutu kucing dewasa hanya akan bertahan hidup selama beberapa hari hingga dua minggu.

Penutup

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara menghilangkan kutu kucing menggunakan jeruk nipis. Semoga dengan ulasan di atas dapat bermanfaat untuk kamu yang saat ini mengalami masalah mengenai kutu kucing.