Jenis, Ciri-ciri, dan Harga Lovebird Batman

Diposting pada

Warna bulu dan kicauan yang indah sangat melekat dan menjadi ciri khas dari burung lovebird. Burung mungil ini memiliki jenis yang beragam. Salah satu yang paling banyak diminati para pecinta lovebird yaitu lovebird batman.

Gambar lovebird batman
Source: tokopedia

Layaknya tokoh superhero Batman, warna burung lovebird jenis ini didominasi warna hitam dengan gradasi warna putih yang sangat memukau. Lovebird satu ini sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis dengan ciri-ciri dan harga tertentu.

Bagi kamu yang sedang mengincar lovebird jenis ini, artikel ini akan memberimu info lengkap tentang burung cantik ini. Berikut penjelasan selengkapnya.

Jenis-jenis Lovebird Batman

Lovebird jenis Batman seringkali jadi pilihan para pemula yang baru memelihara burung jenis lovebird. Jenis ini memiliki suara atau kicauan yang cukup nyaring dan merdu. Jenis lovebird ini cukup jarang dijumpai bahkan di pasar burung sekalipun.

Lovebird ini terbagi menjadi tiga jenis dengan ciri dan keunggulan masing-masing. Ketiga jenis lovebird tersebut yaitu jenis personata, jenis fc/fischeri, dan lovebird batman mouve kepala putih.

Ciri-ciri dan Harga Tiap Jenis Lovebird Batman

Setiap jenis lovebird ini memiliki ciri-ciri yang khas. Harganya pun berbeda sesuai dengan keistimewaan yang dimiliki tiap jenis burung cinta.

1. Ciri-Ciri Lovebird Batman Personata

Gambar lovebird batman perso
Source: bukalapak

Ciri yang unik dari jenis lovebird satu ini terdapat di bagian kepalanya yang bagaikan memakai helm berwarna hitam dan pada bagian lehernya berwarna putih hingga mencapai bagian dada.

Baca juga:  Mengenal 8 Jenis Lovebird Mangsi dan Karakteristiknya

Lovebird batman perso akan terlihat seperti memakai kalung putih yang melingkar pada bagian kepala dan pada bagian sayapnya. Ciri lainnya, pada bagian perut hingga ke ekor warna bulunya akan berupa gradasi warna abu-abu dan hitam.

Untuk harga lovebird sendiri, burung cantik ini dibanderol dengan kisaran harga mulai dari 900 ribu hingga 1,2 juta rupiah. Sedangkan untuk anakannya berkisar di harga 300 ribu. Harga tersebut masih terus berubah dan semakin meningkat jika burung lovebird personata incaranmu punya kicauan yang juga tidak kalah indahnya.

2. Ciri-Ciri Lovebird Batman FC/Fischeri

Gambar lovebird batman fc fischeri
Source: duniakicau

Berbeda dengan jenis personata, lovebird jenis batman fc/fischeri memiliki part bulu berwarna putih di bagian wajah dan menjalar hingga di bagian dada. Di bagian belakang kepala terdapat garis samar melingkar yang menjuntai di leher dan pada bagian dahi.

Diantara ketiga jenis lovebird, Lovebird batman fc/fischeri ini yang warna hitamnya kurang pekat. Bahkan seringkali jenis ini digelari lovebird jenis batman muka cemong karena warna bulunya yang seperti terkena arang.

Karena warna bulunya yang kurang mencirikan lovebird jenis ini makanya harga burung ini yang paling terjangkau diantara semua jenis lovebird yang identik dengan warna hitam ini. Untuk harga dari fc/fischeri bakalan dihargai mulai dari 700 ribu hingga 1 juta rupiah.

Tapi kalau yang sudah jadi atau sudah pandai ngekek panjang harganya bisa mencapai 1,6 juta rupiah.

3. Ciri-Ciri Lovebird Batman Mouve Kepala Putih Atau Sable Head

Gambar lovebird batman sable head
Source: duniakicau

Ciri paling menonjol dari mouve kepala putih yaitu warna kepala, leher, dan pundak yang putih bersih serta di bagian sayapnya berwarna hitam.

Warna di bagian kepalanya ini membuat jenis sable head sekilas mirip dengan burung elang. Harga burung jenis lovebird batman sable head ini berkisar lebih dari 1 juta rupiah dan semakin mahal jika bakat berkicaunya sudah terasah dengan baik.

Baca juga:  Mengenal Lovebird Kacamata Topeng dari Klasifikasi sampai Mutasi

Burung mungil ini semakin cantik dengan warna abu-abu kehitaman pada bagian perut bawah sampai ke bagian ekor.

Cara Merawat Lovebird Batman

Semua jenis burung peliharaan tentunya perlu perawatan, tak terkecuali lovebird jenis batman. Sebelum melakukan serangkaian perawatan, kamu perlu menyiapkan kandang yang cocok buat Lovebird kesayangan kamu.

Walaupun ukuran burung cinta ini terbilang kecil tapi mereka sangatlah aktif dan lincah. Oleh karena itu, kandang yang ukurannya lebih besar dan luas akan membuat lovebird lebih nyaman dan tetap bisa aktif untuk berloncatan kesabaran kemari.

Kandang yang luas akan membuat burung terhindar dari stress akibat kandang yang terlalu sempit dan menghalangi gerak burung. Jangan lupa untuk memberi beberapa dahan pohon atau aksesoris kandang yang memungkinkan lovebird bermain di dalam kandang.

Perlu menjadi catatan untuk tidak menempatkan burung ini bersama jenis lovebird lainnya dalam satu kandang. Tindakan ini cenderung dapat memicu sikap agresif dari lovebird jenis ini atau bisa memicu stres berlebih pada burung.

Jika kamu sudah menjamin penyediaan kandang yang tepat buat lovebird ini, sekarang saatnya untuk mengetahui cara perawatan burung lovebird jenis batman.

1. Kebersihan Kandang dan Wadah Makanan

Sama halnya perawatan burung lovebird jenis lainnya, kebersihan kandang jadi hal yang sangat penting untuk membuat peliharaan tetap nyaman dan betah. Kandang yang bersih akan menghindarkan lovebird terserang hama, kutu, dan berbagai bibit penyakit.

Tidak hanya kandang, kebersihan wadah makanan dan minuman juga harus dijaga. Wadah makanan dan minuman yang tidak bersih bisa mendatangkan penyakit bagi burung. Olehnya itu kamu perlu selalu membersihkan wadahnya dengan sabun cuci piring dan mengeringkannya sebelum digunakan kembali.

Baca juga:  Jenis, Ciri-Ciri, Harga, Dan Cara Merawat Lovebird Pasjo

2. Kebersihan Lovebird

Tidak hanya kandang yang perlu untuk selalu bersih, tubuh lovebird juga harus selalu bersih agar bulu tetap cantik dan tubuh burung tetap bugar.  Memandikan lovebird punya teknik tersendiri yaitu:

  • Mengusap seluruh bagian tubuh burung perlahan-lahan menggunakan air kran. Lakukan hal ini di pagi hari.
  • Di sore atau setelah Maghrib, semprotkan tubuh lovebird sampai agak basah kemudian dikerodong.

3. Memberikan Pakan yang Seimbang dan Bergizi tinggi

Asupan pakan yang baik akan membuat lovebird selalu prima dan rajin berkicau. Sebagai pakan harian, kamu cukup memberi lovebird milet putih. Untuk makanan extra food berilah setidaknya seminggu sekali. Seperti kangkung, jagung, bayam, dan apel.

Biasanya para kicau mania akan memberi makanan tambahan pada lovebird agar lebih bagus kicauan. Beberapa yang direkomendasikan yaitu beras merah, jagung muda, canary speed, dan lain sebagainya.

Untuk porsi makanannya dibuat berbeda antara lovebird anakan dan dewasa. Untuk porsi Lovebird anakan gunakan komposisi 5:2:1. Rinciannya 5 bagian milet putih, 2 bagian beras merah, dan 1 bagian canary seed. Untuk porsi dewasa, digunakan komposisi 2:1:2. Dimana 2 bagian milet putih, 1 bagian beras merah, dan 2 bagian canary seed.

4. Rutin Melakukan Penjemuran Lovebird

Salah satu rangkaian perawatan lovebird yang tidak boleh ketinggalan yaitu penjemuran di bawah sinar matahari. Tujuan tindakan ini yaitu untuk menghilangkan parasit juga kutu yang ada pada bulu burung lovebird.

Kamu bisa menggantungkan kandang lovebird di teras atau di tempat yang terkena sinar matahari. Lakukan penjemuran 10-15 menit setiap pagi. Kemudian lanjut dengan memandikan burung dan menjemurnya kembali hingga bulu kering.

Itulah beberapa info terkait jenis, ciri-ciri, harga hingga cara perawatan yang tepat untuk lovebird batman. Semoga informasinya bermanfaat dan selamat mencoba!