Mengenal Lovebird Josan Lebih Dalam

Diposting pada

Lovebird josan – Kolektor burung sudah tentu tidak asing dengan jenis burung lovebird. Burung kecil ini banyak diminati karena warna yang unik.

Lovebird Josan
Source: agrarindo

Beberapa jenis lovebird hasil persilangan genetik mewarisi warna indah dan keunikan induknya. Salah satu yang jadi favorit adalah Lovebird Josan.

Jenis lovebird ini banyak dicari dan memiliki harga standard dipasaran. Bagi pecinta lovebird yang mencari referensi, simak ulasan berikut tentang lovebird jenis Josan.

Asal Lovebird Josan

Lovebird jenis Josan yang memiliki warna hijau berasal dari daratan Afrika. Di habitat aslinya, burung ini tinggal di rumpun pepohonan dan rerumputan. Sebagai burung asli dari daratan Afrika, Lovebird ini lebih cocok dipelihara di iklim yang panas hingga hangat.

Di Indonesia jenis burung jenis josan ini sangat mudah ditemukan dipasaran, sehingga harganya cukup murah di antara jenis lovebird lainnya. Normalnya jenis ini memiliki warna hijau standard, biasanya ada juga kombinasi warna kuning di bagian perut.

Ciri-Ciri Lovebird Josan

Lovebird Josan
Source: burungnya

Spesies Josan rata-rata memiliki panjang antara 14 hingga 15 cm. Berat burung ini sekitar 44 hingga 60 gram. Secara fisik lovebird jenis josan cukup kecil. Untuk ukuran, josan betina kebanyakan cenderung lebih besar dari pejantan.

Ciri burung ini bisa dilihat dari warnanya. Pada bagian sayap, dada dan punggung memiliki bulu yang berwarna hijau.

Pada bagian leher lovebird josan fischeri berwarna kuning dan bagian dahi oranye tua. Ciri lainnya ada pada paruh yang berwarna merah cerah dan bagian kepala berwarna hijau olive. Mata burung kecil ini kebanyakan berwarna hitam.

Baca juga:  Macam-macam Warna Burung Lovebird Sesuai Jenisnya

Karakteristik Dari Lovebird Josan

Seperti kebanyakan lovebird, jenis ini termasuk burung sosial yang mudah berinteraksi dengan spesies lain atau sesama burung. Jenis hewan ini juga bisa sangat jinak dengan hewan lain dan manusia, terutama tentunya dengan orang yang merawatnya sehari-hari.

Jenis burung terbang sehingga akan lebih bahagia jika ditempatkan di sangkar yang besar. Berada di tempat kecil cenderung membuat jenis burung ini rentan stress. Spesies josan cenderung memiliki emosi yang terbuka, saat sakit akan menunjukan dengan sikap yang diam.

 Begitu juga saat marah dan stress akan cenderung mengeluarkan suara keras dan menggerakan sayap terus-menerus atau mematuk-matuk benda yang ada di sekitarnya. Cara terbaik untuk mengatasi stress pada josan lovebird adalah memelihara secara sepasang.

Rentang Usia

Usia burung jenis josan ini berkisar antara 15 hingga 20 tahun, jika perawatan dilakukan dengan baik maka burung dapat bertahan hidup lebih lama hingga 30 tahun. Untuk membuat burung ini bertahan hidup lebih lama tentunya diperlukan perawatan intensif dan juga pemenuhan nutrisi.

Perawatan Terbaik

Untuk perawatan jenis burung satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan lovebird lainnya. Untuk menjaga agar burung tetap sehat dan hidup lebih lama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya yaitu:

1. Sangkar Burung

Di habitat aslinya lovebird josan termasuk burung yang menyukai terbang. Jadi sangkar yang luas akan membuat burung ini lebih nyaman dan bahagia.

Selain itu, menjaga kebersihan kandang juga hal penting untuk diperhatikan agar burung tidak terkena jamur yang menyebabkan sakit.

2. Pakan

Seperti umumnya lovebirds, burung ini menyukai biji-bijian. Berikan makanan sehari dua kali dengan variasi yang berganti-ganti. Untuk menjaga burung agar tetap sehat dan berumur panjang, pastikan untuk memilih makanan yang berkualitas yang memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Baca juga:  Cara Ternak Lovebird untuk Pemula Dijamin Berhasil

Jangan telat memberi makanan dan minuman pada burung peliharaan, Keterlambatan memberi makanan bisa juga menyebabkan burung mengalami stress.

3. Memandikan Burung

Memandikan burung lovebird josan termasuk salah satu perawatan yang cukup penting dilakukan. Selain membantu burung untuk rileks, juga jadi cara lain membersihkan debu dan parasit yang menempel pada bulu burung.

Acara mandi ini bisa dilakukan dengan menggunakan mangkuk khusus atau bisa juga menggunakan semprotan. Saat menggunakan semprotan, pastikan mengaturnya agar nyaman pada burung. Selain itu, perhatikan agar tidak menyemprot bagian muka secara langsung.

4. Menjemur Burung

Sebagai spesies burung dengan habitat asli daerah panas, lovebird josan juga menyukai berjemur. Jadwalkan menjemur burung seminggu 2 kali dengan durasi 15 menit. Untuk waktu yang paling tepat adalah antara jam 08:00 hingga 10:00 pagi.

Masalah Kesehatan pada Burung

Meski sudah melakukan perawatan terbaik, ada baiknya jika selalu waspada akan kesehatan burung. Lovebird josan akan lebih mudah menunjukan tanda-tanda saat sedang sakit.

Biasanya burung ini akan lebih menarik diri, diam dengan mata terpejam dalam waktu lama dan kehilangan minat untuk bergerak.

Tanda lain seperti bulu kusut dan kusam, mata berair, kotoran burung berubah warna. Penyakit yang biasa menyerang burung lovebird spesies josan antara lain Penyakit Paruh dan Bulu Psittacine, Infeksi Virus Polioma, Infeksi Jamur, Infeksi Virus Cacar Burung, Infeksi Bakteri, dan Parasit Internal.

Reproduksi Spesies Josan

Reproduksi adalah salah satu masalah yang sangat penting bagi jenis lovebird josan, bagi yang punya minat untuk beternak harus mengetahui tentang masalah ini. Musim kawin jenis burung ini memiliki dua periode yang berbeda sepanjang tahun.

Pertama biasanya dimulai pada buka Januari hingga April. Dan yang kedua dalam waktu yang lebih pendek, dari Juni hingga Juli.

Baca juga:  Lovebird Biola: Jenis, Ciri-ciri, dan Harganya

Di habitat aslinya, untuk dapat berkembang biak dengan baik, burung ini biasanya bersarang di lubang pohon dengan tinggi 3 sampai 15 meter di atas tanah.

Betina biasanya bertelur antara 4 sampai 8 telur dan masa inkubasi selama 23 hari. Selanjutnya, pemberian makan anak burung selama 38 hari di sarang oleh induk dan pejantan bergantuan. Anak burung baru mulai belajar terbang setelah satu bulan

Harga di Pasaran

Harga burung lovebird josan ini dipasaran cukup terjangkau di pasaran. Burung kecil ini bisa dijual dengan kisaran harga Rp. 250.000 hingga Rp. 700.000. Harga yang tidak terlalu mahal ini membuat lovebird jenis josan jadi peliharaan favorit.

Tips Menjaga Kesehatan Burung

Lovebird Josan
Source: syahrulanam

Selain perawatan rutin, untuk menjaga agar jenis burung josan tetap sehat juga perlu memperhatikan beberapa hal utama seperti menjaga agar burung tidak stress dan bahagia di dalam sangkar.

Pemenuhan nutrisi merupakan salah satu hal yang vital untuk menjaga agar lovebird tetap sehat, gesit dan panjang umur. Pemenuhan nutrisi ini bisa didapat dari pakan yang diberikan setiap hari. Selain biji-bijian, masukan menu tambahan pada makanan burung.

Beberapa pakan yang bagus untuk menjaga kesehatan lovebird spesies josan antara lain, campuran buah dan sayuran yang diberikan bergantian dari menu biji-bijian. Lalu berikan juga vitamin dan suplemen untuk burung yang bisa dicampurkan pada minuman.

Penutup

Lovebird josan merupakan spesies lovebird yang tidak memerlukan perawatan khusus dan mudah di temukan di pasar burung. Jenis ini banyak dipelihara di Indonesia sebagai peliharaan untuk hobi, atau bisa juga untuk kompetisi burung.