Mengenal 8 Jenis Lovebird Mangsi dan Karakteristiknya

Diposting pada

Ada beragam jenis burung lovebird yang bisa Anda pelihara. Salah satunya lovebird mangsi yang hingga kini masih menjadi favorit dan banyak diincar para pecinta burung lovebird untuk sekedar dipelihara atau dijadikan lahan bisnis.

Lovebird mangsi

Warna bulunya yang indah dan suara kicauannya yang khas menjadi salah dua kelebihannya, hingga bisa membuat harga burung satu ini melambung tinggi.

Karakteristik Lovebird Mangsi

Burung ini memang dikenal sebagai salah satu jenis burung lovebird yang sulit dibedakan, karena ada beberapa jenis burung lovebird lainnya yang memiliki warna serupa dengan lovebird mangsi.

Diantaranya seperti lovebird cobalt, parblue dan violet. Tapi jika Anda jeli, sebenarnya ada karakteristik lovebird jenis ini yang tidak dimiliki jenis lovebird lainnya Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kepalanya Berwarna Hitam Pekat

Tidak sedikit para pecinta lovebird yang sulit membedakan antara lovebird satu ini dengan lovebird cobalt. Apalagi jika keduanya disandingkan. Jika Anda jeli, sebenarnya ada perbedaan yang mencolok diantara keduanya.

Warna dari lovebird cobalt biasanya cenderung lebih muda. Hal ini bisa Anda lihat dari warna pada kepala hingga sayapnya.

Warna hitam pada kepala cobalt terlihat lebih pudar dibanding mangsi. Sementara untuk bagian dada dan sayapnya lebih condong ke warna biru langit namun agak terlihat sedikit memudar.

Sementara ciri khas burung mangsi, jika diperhatikan lebih detail warna kepalanya lebih hitam pekat dibandingkan dengan cobalt dan untuk bagian dada serta sayapnya cenderung berwarna biru tua. 

Baca juga:  Jenis Burung Lovebird Tercantik Beserta Harganya

Namun kedua jenis lovebird tersebut memiliki satu kesamaan yaitu di bagian paruhnya yang berwarna putih sedikit kemerahan.

2. Warna Biru yang Lebih Mencolok

Tidak hanya warna kepalanya yang pekat, burung lovebird mangsi ini juga sangat mudah dikenali.

Berbeda dari jenis burung lovebird lainnya, burung ini memiliki keunikan warna biru pada bagian tubuhnya yang terlihat mencolok, dimana hal ini menjadi salah satu daya tarik lovebird jenis tersebut.

3. Ukuran yang Relatif Kecil

Jika Anda tidak suka memelihara burung berukuran besar, maka burung ini bisa menjadi pilihan Anda untuk dipelihara di rumah.

Dengan ukurannya yang terbilang kecil, Anda bisa lebih mudah untuk memilih sangkat yang tepat untuknya dan Anda juga tidak akan direpotkan ketika mengurusnya.

4. Lebih Mudah Dijinakkan

Kebanyakan burung jenis lovebird agak sedikit sulit untuk dijinakkan. Karena pada dasarnya burung jenis ini merupakan hewan liar.

Tapi berbeda dengan jenis lovebird satu ini, yang dikenal sebagai burung yang mudah dijinakkan. Jika Anda berhasil menjinakkannya, maka burung ini bisa Anda lepas tanpa perlu khawatir akan melarikan diri.

5. Bisa Beradaptasi dengan Mudah

Burung ini juga dikenal sebagai salah satu jenis lovebird yang mudah beradaptasi. Beradaptasi ini bukan hanya menyesuaikan diri dengan tempat baru, ya.

Melainkan burung ini terbilang lebih mudah untuk dilatih dibandingkan jenis lovebird lainnya. Saat melatihnya, Anda harus sering-sering melatih suaranya agar kicauannya bisa semakin lantang.

6. Punya Suara yang Unik

Bukan hanya warnanya saja yang memanjakan mata, kelebihan lovebird mangsi selanjutnya terletak pada suara ngekeknya yang terdengar unik.

 Bahkan tak jarang, suaranya kerap dibandingkan dengan lovebird paud paruh patih, karena sekilas keduanya memiliki suara ngekek yang terdengar serupa.

Baca juga:  Jenis, Ciri-ciri, dan Harga Lovebird Batman

7. Terkenal Setia

Bukan hanya anjing saja yang bisa setia, burung yang satu ini juga nggak kalah setia dari jenis hewan lainnya.

Burung lovebird sendiri memang dikenal akan kesetiaannya. Begitu juga dengan mangsi. Kesetiannya bisa terlihat dalam rentang hidupnya yang hanya memilih dan menjaga satu pasangan hidup saja.

8. Tidak Terlalu Mahal

Anda juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa memelihara burung cantik ini. Harga lovebird jenis ini dipasaran juga sangat beragam karena tergantung dengan jenis yang ingin Anda beli.

Untuk jenis perso jantan biasanya dihargai dengan 500 ribu rupiah. Sementara untuk anakan dan dewasa berada di kisaran harga 600 ribu rupiah.

Sementara untuk yang betina, Anda bisa mendapatkannya dengan kisaran harga 500 ribu rupiah untuk dewasa dan untuk anakan dibandrol dengan harga 500 ribu rupiah. Jika Anda ingin memelihara sepasang, Anda perlu menyiapkan uang sekitar Rp 1,5 juta.

Jenis Lovebird Mangsi

Setelah mengetahui karakteristiknya, Anda juga perlu memahami beberapa jenis lovebird mangsi yang akan diulas dibawah ini.

1. Mangsi Fischery

Lovebird Mangsi Fischery

Mangsi fischery sangat mudah untuk dikenali, karena memiliki bulu berwarna biru yang terlihat kusam.

Jenis Lovebird mangsi satu ini juga dikenal dengan suara indah kicauannya, yang juga nantinya bisa Anda latih. Untuk bisa mendapatkannya, Anda hanya perlu merogoh kocek hingga 500 ribu rupiah saja.

2. Mangsi FC

Lovebird mangsi FC

Jenis kedua adalah Mangsi FC yang memiliki ciri khas gradasi warna hitam tipis di kepalanya. Untuk bagian sayap atau tubuhnya sendiri berwarna biru, namun di bagian ujung sayap serta ekornya terdapat sedikit warna hitam.

Tapi agar suara kicauannya bisa terdengar lebih nyaring, maka Anda harus ekstra kerja keras untuk melatihnya setiap hari.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Tentang Lovebird Blue Ice

3. Mangsi Perso

Lovebird Mangsi Perso

Kalau jenis mangsi yang satu ini, menjadi salah satu yang paling difavoritkan oleh para pecinta burung.

Mangsi perso atau yang juga dikenal dengan nama personata, memiliki ciri khas pada bagian kepalanya yang terlihat berwarna hitam pekat dan sekilas terlihat seperti bentuk topeng. Sementara untuk warna bulunya nggak kalah cantik dari jenis mangsi yang lain.

Yaitu berwarna biru gradasi yang membuat burung ini terlihat sangat cantik. Sementara untuk bagian dadanya berwarna putih keabuan. Jenis mangsi yang satu ini juga dikenal dengan suaranya yang cukup nyaring.

4. Cobalt Biru Mangsi

Cobalt Biru Mangsi

Selanjutnya ada cobalt biru mangsi. Jenis yang satu ini memiliki kemiripan fisik dengan mangsi FC. Namun, Anda bisa membedakannya dari warna kepala cobalt biru mangsi yang terlihat lebih hitam dibanding mangsi FC.

Sama seperti mangsi FC, cobalt biru juga memiliki gradasi warna pada bagian tubuhnya. Hanya saja warna sayapnya sedikit lebih biru dibandingkan bagian bawahnya.

Untuk harganya juga sangat terjangkau, yakni berada di kisaran harga 300 hingga 400 ribu rupiah saja.

5. Mangsi SF

Lovebird mangsi sf

Jenis mangsi selanjutnya adalah mangsi SF. Ciri khas yang sangat menonjol yaitu terlihat pada badan dan sayapnya yang berwarna biru yang tidak terlalu terang. Selain itu, suaranya yang indah juga menjadi kelebihan dari lovebird mangsi yang satu ini.

Suara indahnya tidak bisa didapatkan secara instan, karena suara tersebut baru bisa Anda dengar jika sering melatihnya. Untuk bisa mendapatkannya, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 650 ribu rupiah.

Demikian ulasan mengenai karakteristik serta jenis dari lovebird mangsi. Semua jenis mangsi memiliki keunikan masing-masing. Jadi, Anda tinggal menentukan jenis mana yang sesuai dengan keinginan Anda untuk dipelihara atau dijadikan lahan berbisnis.