Jenis Burung Lovebird Parblue Beserta Harganya Di Indonesia

Diposting pada

Kicauan merdu dan rupa burung lovebird parblue yang indah membuat banyak orang yang ingin memeliharanya di Indonesia. Sayangnya, spesies burung lovebird ini jarang ditemukan di Indonesia. Harganya juga relatif mahal karena anda harus impor dari luar negeri.

Lovebird parblue
Lovebird parblue

Ada beberapa jenis burung parblue yang hidup di dunia ini. Yaitu jenis parblue hijau, violet, pastel, blorok, personata, sable head, dan sebagainya. Berikut ini, kami akan bahas mulai dari jenis, harga, hingga ciri-ciri burung parblue di bawah ini.

Apa itu Burung Lovebird Parblue?

Sebelum membahas lebih detail, tentu anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu burung parblue. Nama parblue berasal dari singkatan partial blue atau sebagian biru dalam bahasa Indonesia. Ini karena bulu burung ini didominasi oleh warna biru.

Meskipun dinamakan sebagian biru, burung lovebird ini juga punya warna lain pada bagian tubuhnya. Ragam warna inilah yang dapat membedakan jenis dari burung yang berasal dari amerika serikat tersebut.

Jenis burung lovebird ini ditemukan di tahun 2001 oleh peternak burung asal amerika serikat bernama Felix del Valle. Sejak itu, peternak burung dari seluruh dunia mulai mencoba mengembangbiakkan burung ini dengan membeli induk langsung dari Felix Del Valle.

Ciri-ciri Burung Parblue

Burung lovebird parblue hasil eksperimen Del Valle ini mulai mencuri perhatian peternak burung di seluruh dunia akan keunikannya. Ciri burung parblue dapat anda periksa warna dari bulu, ekor, hingga kepala dari burung ini.

Pada dasarnya, burung ini termasuk ke dalam kategori yellow face (muka kuning) karena umumnya warna kuning mendominasi di bagian kepalanya. Kemudian, anda bisa melihat adanya warna biru keputihan dan biru kekuningan di bagian badan dan ekornya.

Baca juga:  Lovebird Biola: Jenis, Ciri-ciri, dan Harganya

Namun, warna nya tidak hanya terbatas dari warna biru dan kuning saja. Banyak juga yang memiliki warna ungu sebagai hasil gradasi pencampuran dari warna biru dan kuning. Intinya, warna biru dan kuning adalah ciri utama yang akan anda lihat di burung parblue ini.

Jenis Burung Parblue

Bila mengacu pada jenisnya, burung parblue mempunyai banyak sekali jenis seiring dengan banyaknya breeder yang mengawin silangkannya dengan jenis burung lain. Umumnya, jenis burung lovebird parblue yang sering ditemukan ialah sebagai berikut.

1. Parblue Fischeri

Lovebird parblue fischeri

Yang pertama ialah jenis parblue fischeri. Jenis burung inilah yang pertama kali ditemukan oleh Felix Del Valle di tahun 2001. Sehingga bisa dibilang jenis burung fischeri ini merupakan indukan utama dari semua burung lovebird parblue di seluruh dunia.

Ciri yang bisa anda lihat dari jenis burung lovebird ini ialah warna dari kepalanya. Pada bagian muka dan kepala nya di dominasi oleh warna kuning bersih.

2. Parblue hijau

Lovebird parblue fischeri

Spesies burung indukan kedua ialah jenis parblue hijau. Dinamakan hijau karena umumnya warna badan dan sayap dari jenis ini yang didominasi oleh warna hijau. Warna hijau ini muncul karena perpaduan warna biru dan kuning yang sama-sama dominan.

Untuk bagian kepalanya, parblue hijau kebanyakan tetap berwarna kuning terang dengan paruh berwarna orange kemerahan. Kemudian, kakinya terdapat warna abu kehitaman serta ujung ekor yang juga terdapat warna hijau bercapur warna hitam.

3. Violet

Lovebird parblue violet

Lalu, ada jenis parblue violet atau keunguan. Warna ungu ini didapat dari campuran warna biru, kuning, dan hijau yang menyatu menjadi satu menjadi warna ungu. Warna kepala nya pun tetap berwarna kuning seperti jenis burung parblue lainnya.

Baca juga:  Jenis, Ciri-Ciri, Harga, Dan Cara Merawat Lovebird Pasjo

4. Parblue Pastel

Lovebird parblue pastel

Meski sekilas terlihat sama dengan parblue hijau, parblue pastel ini punya perbedaan yang bisa ditemui bila anda melihatnya dengan cermat. Perbedaan ini dapat dilihat dari warna hijau pada bagian badannya tidak sepekat warna hijau di burung parblue hijau.

Di burung parblue pastel, anda akan melihat gradasi warna pastel atau warna kekuningan dan keabu-abuan pada bagian badannya. Campuran warna pastel ini juga bisa anda lihat di bagian ujung sayap dan ekornya. Warna pastel juga bisa anda lihat di bagian kepalanya.

Jadi, parblue pastel tidak sama seperti parblue hijau yang kepalanya didominasi oleh warna kuning bersih dan badannya yang berwarna hijau pekat kehitaman.

5. Blorok

Lovebird parblue blorok

Keenam, ada jenis burung parblue blorok atau juga dinamakan dengan lovebird dominant pied. Ciri-ciri yang terlihat jelas yaitu dari warna tubuhnya. Terdapat gradasi dan corak antara warna kuning, biru, dan ungu pada bulu di tubuh burung parblue blorok ini.

Berbeda sekali dengan jenis burung parblue lainnya yang warna bulunya umumnya pekat dengan satu warna tertentu. Sekilas, anda akan melihat bulu dengan warna dengan dominasi kuning dengan corak kebiruan atau dominasi warna biru bercorak kekuningan.

6. Parblue Sable Head

Lovebird parblue sable head

Bila pada lovebird parblue blorok anda hanya melihat banyak corak warna biru yang samar di bulunya, makna lain dengan jenis burung parblue sable head. Bagian badannya dipenuhi dengan warna biru tua yang pekat.

Warna biru ini juga bercampur dengan warna ungu sehingga  di beberapa bagian, umumnya di bagian ujung sayap dan ekor, terdapat warna hitam gelap. Anda tidak akan dapat melihat adanya warna kuning di bagian badan layaknya parblue blorok dan parblue pastel.

Baca juga:  Mengenal 8 Jenis dan Keunikan Burung Lovebird Biola

Untuk warna kepalanya, parblue sable head berwarna kuning terang yang bersih dari percampuran warna lain. Sehingga perbedaan warna antara kepala dan badannya sangat terlihat kontras sekali.

7. Personata

Lovebird parblue personata

Terakhir, jenis burung ini merupakan salah satu yang paling unik. Keunikan dari burung parblue personata ini terlihat dari warna kepalanya yang berwarna hitam. Ini sangat berbeda dari jenis burung parblue lainnya yang berwarna kuning.

Lalu, warna badannya pun akan didominasi warna biru kehijauan. Warna kuning masih dapat anda temukan pada bagian lehernya. Sehingga, perbedaaan warna dari kepala, leher, dan badannya akan terlihat sangat kontras.

Harga Burung Parblue

Bila melihat asal negara dari burung lovebird parblue, tak heran bila harganya masih tergolong mahal di Indonesia. Hal ini karena masih jarangnya spesies burung ini di Indonesia.

Sehingga peternak burung perlu mengimpor terlebih dahulu burung indukan langsung dari Amerika Serikat.

Setelah di impor, umumnya para peternak burung akan mencoba menyilangkan burung indukan dengan spesies burung lain. Biasanya dikawinkan dengan jenis burung Lovebird lainnya atau dengan warna lain seperti parblue green.

Hasil persilangannya pun masih kemungkinannya 50:50. Maka dari itu, umumnya harga burung parblue berkisar antara lima juta hingga tiga puluh juta rupiah per ekor nya. Harga burung lovebird ini diukur dari keunikan warna bulunya. Semakin unik warnanya, semakin mahal harganya.

Kesimpulan

Dengan keunikan warna, sayangnya burung lovebird parblue ini masih tergolong jarang ditemukan di Indonesia. Namun, sejumlah peternak burung juga ada yang langsung mengimpornya dari Amerika Serikat untuk dijadikan indukan.