Jenis, Ciri-Ciri, Harga, Dan Cara Merawat Lovebird Pasjo

Diposting pada

Keindahan bulu dari burung cinta atau lovebird selalu memukau siapapun. Tidak heran kalau jenis burung yang satu tidak pernah sepi peminat. Salah satu jenis lovebird yang banjir penggemar yaitu lovebird pasjo atau lovebird pastel ijo.

Lovebird pasjo

Warna hijau yang kalem berpadu dengan warna kuning lembut membuat burung ini semakin cantik. Ingin tahu apa saja keistimewaan, ciri-ciri, jenis, harga hingga cara perawatan dari lovebird pastel ijo? Temukan info selengkapnya hanya di sini.

Kenalan Dengan Lovebird Pasjo

Lovebird Pastel ijo punya bulu memukau berwarna hijau muda. Warna hijaunya serupa dengan warna daun pisang yang masih muda.

Warna hijau yang menyegarkan pandangan ini muncul pada bulu lovebird jenis ini diakibatkan karena berkurangnya 50% kadar eumelanin dalam tubuhnya.

Selain warna hijau muda, terdapat beberapa bagian dari bulu burung satu ini yang berwarna abu-abu muda hingga warna putih yang umum ditemukan pada bagian sayap dan kaki. Bulunya indah begitupun dengan suaranya.

Burung jenis ini kerap kali diikutkan dalam berbagai kontes kicauan burung. Walaupun berisik, suara burung cinta ini sangatlah merdu. Tak jarang burung lovebird jenis ini dijadikan masteran untuk melatih lovebird lainnya agar mampu ngekek panjang dan merdu.

Jika sudah seringkali menjadi masteran maka jenis lovebird pastel ijo ini tidak perlu diragukan lagi performa kicaunya pada saat mengikuti lomba.

Jenis dan Ciri-cirinya

Jenis burung satu ini dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu lovebird pastel ijo kotor dan lovebird pastel ijo bersih yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Lovebird Kacamata Fischer

1. Lovebird Pastel Ijo Kotor

Lovebird pasjo kotor

Penambahan kata ‘kotor’ pada lovebird jenis ini bukan berarti burung ini jelek yah! Kata ‘kotor’ merujuk pada kondisi bulu lovebird ini yang kurang rapi sehingga gradasi warna pada bulunya terlihat berantakan.

Ciri yang menjadi pembeda antara lovebird pasjo kotor dan bersih dapat terlihat di area badannya. Selain ditandai dari bulunya, Lovebird pasjo kotor juga memiliki bentuk paruh dan warna yang merah terang.

Ciri lain yang menjadi penanda lovebird pasjo kotor yaitu adanya bintik-bintik warna kehijauan yang tidak beraturan yang menyebabkan warna khas pasjo kurang rapi. Di beberapa bagian tubuh lainnya juga tersebar warna kehijauan yang tidak pada tempatnya.

Terlihat juga warna abu-abu atau putih di bagian dada yang tidak merata. Melihat sebaran warnanya yang tidak beraturan menyebabkan Lovebird jenis ini disebut lovebird pastel ijo kotor.

2. Lovebird Pastel Ijo Bersih

Lovebird pasjo bersih

Tidak jauh berbeda dengan Lovebird pastel ijo kotor. Warna bulu lovebird pasjo bersih memiliki warna hijau muda yang rapi, tertata atau beraturan. Bagian paruh dari jenis burung ini berwarna merah cerah sama halnya dengan lovebird jenis kotor ini.

Jika berbicara keunggulan tentu lovebird pastel ijo bersih lebih unggul dibanding lovebird pastel ijo kotor. Makanya Lovebird pasjo bersih memiliki harga yang lebih tinggi di pasaran.

Harga Dari Setiap Jenis Lovebird Pasjo

Sudah sempat disinggung kalau lovebird pastel ijo bersih punya nilai yang lebih tinggi daripada lovebird pastel ijo kotor. Untuk lovebird bersih ini dihargai di kisaran harga 300 ribu hingga 350 ribu rupiah.

Sedangkan untuk harga lovebird pasjo kotor dihargai pada kisaran harga 250 ribu rupiah sampai 300 ribu rupiah. Harga-harga tersebut bisa saja berubah-ubah sesuai permintaan pasar.

Baca juga:  Harga Burung Lovebird Semua Jenis Terbaru 2022

Tips Merawat Lovebird Pasjo

Cara merawat burung jenis satu ini tidak terlalu sulit. Untuk perawatan harian, kamu hanya perlu melakukan rutinitas memandikan lovebird ini, menjemur, dan memberi makan. Namun, kalau kamu ingin mengikutkan lomba, maka terdapat beberapa perawatan tambahan yang khusus untuk melatih kicauan Lovebird jenis ini. Berikut detailnya.

1. Perawatan Harian Biasa

Jika kamu hanya ingin menyalurkan kesenangan dalam memelihara lovebird pasjo tanpa mengikutkan lomba maka kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah perawatan berikut setiap harinya:

  • Saat pagi hari, pindahkan kandang lovebird di luar rumah dan jangan lupa untuk membuka kerodongnya sebentar.
  • Selanjutnya kamu perlu memandikan piaraan lovebird jenis ini kamu dengan cara mengusap-usap seluruh tubuh burung dengan air bersih. Penting untuk memberi perhatian juga pada kebersihan kandang agar lovebird tidak gampang terserang penyakit.
  • Setelah dimandikan, lovebird pastel ijo bisa kamu jemur hingga bulu setengah kering dan selebihnya tinggal diangin-anginkan saja.
  • Pemberian pakan bisa kamu lakukan setelah burung selesai bersih-bersih. Pakan yang umum dikonsumsi burung lovebird pastel ijo yaitu milet putih. Ada banyak jenis pakan lainnya seperti beras merah, apel, timun, dan pakan lainnya yang bisa kamu berikan sesekali.

2. Perawatan Khusus Agar Ngekeknya Lebih Lama dan Panjang

Berbeda dengan perawatan harian biasa, untuk mengikutkan piaraan lovebird kamu di perlombaan kicau lovebird maka dibutuhkan beberapa metode khusus dalam merawatnya, yaitu:

a. Mandi dan Jemur

Terdapat teknik berbeda dalam memandikan dan menjemur jika lovebird pastel ijo ingin diikutkan lomba. Sebelum dimandikan, Lovebird pastel ijo dijemur terlebih dahulu selama 15-20 menit di bawah sinar matahari.

Setelahnya, baru kemudian dimandikan, lakukan setiap pagi dan burung lovebird kamu akan rajin berbunyi setiap hari. Jangan lupa untuk rajin membersihkan sangkar untuk menjamin lovebird tetap sehat.

Baca juga:  Mengenal Lovebird Violet, Burung Berbulu Cantik dan Unik

Pakan yang ada dalam sangkar juga harus rutin diganti untuk menghindari pakan burung jamuran yang bisa membawa penyakit bagi lovebird ini.

b. Pemasteran

Agar bunyi lovebird jenis ini lebih nyaring, lama, dan panjang tentunya perlu ada metode khusus yang disebut pemasteran. Pemasteran disini yaitu langkah untuk memancing lovebird agar lebih rajin ngekek.

Caranya bisa dengan menggunakan burung master lovebird yang lain atau bisa juga dengan memutar suara masteran burung menggunakan pemutar audio di smartphone kamu. Ada banyak suara masteran burung yang tersebar di YouTube yang bisa kamu download.

Perdengarkan suara masteran tersebut secara rutin dan diputar lebih pelan agar lovebird pastel ijo kamu lebih percaya diri saat mengeluarkan kicauannya. Usahakan agar sumber suara masteran tidak terlihat oleh burung lovebird kamu.

Memutuskannya dari kejauhan juga tidak jadi masalah, yang penting suaranya terdengar jelas oleh lovebird pastel ijo kamu.

c. Pemberian Pakan Khusus

Ada beberapa jenis pakan lovebird yang khusus untuk membuat ngekek lovebird lebih nyaring dan panjang. Diantaranya:

  • Pemberian wortel bermanfaat agar lovebird kamu lebih sering berbunyi. Diberikan 3 hari sekali dan saat akan lomba.
  • Pemberian daun mengkudu berkhasiat untuk menaikkan volume ngekek lovebird dan menghilangkan suara ngriwik yang kurang enak didengar.
  • Pemberian jagung akan menaikkan birahi lovebird sehingga lebih rajin ngekek. Berikan setelah memandikan burung dan saat burung sedang lapar-laparnya agar lovebird lebih lahap memakannya.

Mau sekedar dipelihara di rumah maupun dilatih untuk mengikuti lomba, lovebird pastel ijo harus tetap diberi perawatan yang terbaik.

Sudah panjang lebar pembahasan mengenai lovebird pasjo. Selanjutnya, kamu tinggal beli saja dan lakukan perawatan sesuai panduan di atas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, Yah!