Inilah Jenis-Jenis dan Tips Merawat Lovebird Paskun yang Benar

Diposting pada

Bila kicauan burung merupakan hal yang anda suka, maka burung lovebird paskun pasti sudah tidak asing di telinga anda. Kicauannya yang merdu membuat jenis burung ini sering di ikut sertakan dalam perlombaan kicauan burung.

Lovebird Paskun

Selain kicauannya yang merdu, lovebird juga mempunyai bulu berwarna yang mencolok. Warna bulu yang menarik ini menjadikan harga lovebird satu ini di pasaran mempunyai nilai jual yang tinggi.

Selain jenis paskun, jenis burung lovebird ini juga punya banyak jenis lainnya loh. Yang terkenal, ada jenis paskun bersih, paskun kotor, lovebird lutino, hingga jenis pasjo.

Ciri Burung Lovebird Paskun

Untuk dapat membedakan rupa burung lovebird paskun dengan burung lainnya, ciri lovebird jenis ini akan kami bedakan menjadi beberapa kategori. Mulai dari warna hingga kicauannya.

1. Warna Burung

Biasanya, anda bisa mengenal burung paskun bila dilihat dari warna bulunya. Kata paskun sendiri berasal dari singkatan paste kuning. Jadi, mayoritas burung lovebird sudah pasti mempunyai warna bulu yang didominasi warna pastel kekuningan.

Namun, tidak hanya terbatas pada warna pastel kekuningan. Warna lovebird ini juga ada yang selain warna kuning. Contohnya seperti perpaduan kuning dengan warna merah, oranye, putih, bahkan ada juga yang bercampur berwarna biru.

Yang pasti, warna burung satu ini umumnya akan sangat mencolok dan terang. Pasti anda dapat langsung mengenalinya dari pertama kali melihat.

2. Suara Kicauan

Sebagai salah satu jenis burung yang mempunyai kicauan merdu dan nyaring, burung ini sering diadakan adu lomba kicauan oleh pecinta burung. Uniknya kicauan dari burung jenis lovebird ini memang mampu menarik minat orang banyak. Makanya banyak sekali yang ingin mengoleksinya.

Baca juga:  Mengenal Lovebird Kacamata Topeng dari Klasifikasi sampai Mutasi

3. Bentuk Fisiologis

Untuk bentuk fisiologis dari burung lovebird ini cenderung punya ukuran tubuh yang kecil. Selain itu, bentuk paruhnya terlihat sekilas mirip burung kakatua: Paruh bengkok. Bagian matanya menonjol berwarna hitam, namun ada juga yang berwarna merah.

Jenis Burung Lovebird

Seperti dibahas sebelumnya, lovebird jenis ini mempunyai beberapa jenis tertentu yang bisa dibedakan dari tampilan fisiknya. Anda harus mengenali perbedaannya sebelum memutuskan untuk membeli agar tidak tertipu. Jenis-jenis burung paskun tersebut adalah:

1. Lovebird Lutino

Jenis burung lovebird pertama ialah lovebird lutino. Baik burung paskun maupun lutino ini sedikit sukar untuk dibedakan. Perbedaan lovebird paskun dan lutino dapat anda lihat dari beberapa ciri fisiologisnya.

Lovebird Lutino

Untuk lovebird lutino, matanya cenderung berwarna merah. Sementara lovebird paskun matanya berwarna hitam. Kemudian, warna kaki lutino banyak sekali yang berwarna putih, beda dengan paskun yang berwarna hitam. Ekor lutino berwarna merah, sementara paskun berwarna keunguan.

Kemudian, warna sayap paskun terdapat warna hijau semu di bagian sayapnya. Sementara lutino hanya berwarna kuning cerah. Di bagian leher, lutino mempunyai warna merah pekat yang cerah. Pada paskun, warna lehernya merah pudar.

2. Paskun Kotor

Kedua ialah jenis lovebird paskun kotor. Dinamakan paskun kotor karena mempunyai bulu berwarna kuning yang tercampur warna lain seperti warna hijau sehingga terlihat kotor. Beda dengan paskun bersih yang warna kuningnya penuh dan bebas dari campuran warna lain.

Lovebird Paskun Kotor

Biasanya, bulu dari paskun kotor juga terlihat kurang rapi dibandingkan dengan paskun bersih. Lalu juga terdapat bintik-bintik di sekitar punggungnya. Pada bagian kepala, paskun kotor cenderung mempunyai warna oranye dengan paruh berwarna merah.

Kemudian, bagian kaki paskun kotor umumnya berwarna hitam. Oleh karena itu, harga dari loverbird paskun ini cenderung lebih murah dari lovebird paskun bersih. Namun, untuk kualitas kicauan suaranya tidak kalah dari jenis burung paskun yang lainnya.

Baca juga:  Mengenal Lovebird Josan Lebih Dalam

3. Paskun Bersih

Jenis burung yang ketiga ialah paskun bersih. Burung lovebird jenis ini memiliki warna bulu yang berwarna kuning bersih tanpa ada campuran warna lain. Itulah mengapa burung ini dinamakan dengan paskun bersih. Harga paskun bersih di pasaran lebih mahal daripada harga paskun kotor.

Lovebird Paskun Bersih

Banyak sekali orang yang salah membedakan paskun bersih dan paskun lutino. Padahal, kedua burung ini punya ciri yang berbeda. Warna kuning pada burung paskun bersih tidak sebersih warna bulu burung lutino. Warna kaki lutino berwarna putih, sementara paskun bersih berwarna hitam.

Bagian kepala paskun bersih cenderung punya warna oranye yang lebih dominan. Berbeda dengan paskun kotor yang warna merah nya masih dominan. Warna sayap dari paskun bersih ini juga benar-benar hanya warna kuning, tidak ada campuran warna lain seperti sayap pada paskun kotor.

4. Lovebird Pasjo

Kemudian ada jenis lovebird pasjo. Perbedaan lovebird pasjo dan paskun lain pada umumnya terletak di warna bulunya. Kata pasjo sendiri berasal dari singkatan ‘pastel ijo’. Sehingga, warna bulu jenis pasjo ini didominasi oleh warna hijau muda layaknya daun pisang yang masih muda.

Lovebird Pasjo

Selain itu, bagian sayap pada lovebird pasjo umumnya berwarna putih dan abu-abu muda. Untuk bagian kakinya, pasko mempunyai warna abu-abu terang. Berbeda dengan jenis-jenis burung sebelumnya yang kakinya berwarna hitam dan putih.

Sebagai salah satu jenis burung yang mempunyai kicauan nyaring dan merdu, banyak pecinta burung yang menjadikan pasjo sebagai burung ‘masteran’. Harga dari lovebird pasjo juga jadi salah satu burung yang punya harga lebih tinggi daripada jenis burung lainnya.

Tips Merawat Burung Lovebird Paskun

Sebagai burung dengan kicauan yang indah, burung ini kerap dilombakan oleh para pecinta burung. Untuk menjaga suara agar tetap nyaring, burung lovebird perlu dirawat dengan benar. Inilah tips merawat burung lovebird paskun yang benar.

Baca juga:  Cara Ternak Lovebird untuk Pemula Dijamin Berhasil

1. Jenis Pakan yang Bervariasi

Pakan merupakan bagian yang paling penting dalam merawat lovebird. Tambahkan buah-buahan dan sayuran seperti kangkung, kecambah, jagung muda, dan tauge. Namun, hentikan sementara pakan sayuran bila paskun sedang sangat birahi.

Pastikan pakan yang diberikan pun bervariasi atau selang-seling agar burung tidak bosan dan obesitas. Bila itu terjadi, kicauannya pun akan terganggu.

2. Beri Multivitamin

Selain jenis makanan yang sehat, jangan lupa untuk memberikan paskun multivitamin khusu burung jika diperlukan.

3. Mandi yang Rutin

Tips ketiga dalam merawat burung lovebird ialah dengan rajin memandikan burung dengan rutin. Anda dapat memandikan paskun dua kali sehari pada pagi dan siang hari setiap harinya. Cara memandikannya bisa dengan memakai spray ataupun dengan membuat keramba mandi.

Mandi yang rutin ini bisa menambah stamina burung lovebird. Dengan stamina yang kuat, maka kicauannya pun akan lebih nyaring. Anda bisa sekaligus melatih kicauan burung loverbird setelah mandi sekaligus mengangin-anginkannya di tempat teduh dengan setel suara lovebird.

Kesimpulan

Dengan kicauan merdu serta warna bulu yang indah, tak heran banyak sekali pecinta burung yang menjadikan burung lovebird paskun sebagai burung peliharaan mereka. Perawatannya pun tidak terlalu muluk-muluk sehingga tidak memberatkan kantong bagi pemiliknya.