Mengenal Lovebird Violet, Burung Berbulu Cantik dan Unik

Diposting pada

Burung lovebird dikenal dengan jenisnya yang beragam, salah satunya lovebird violet. Sesuai namanya, burung ini berwarna biru keunguan pada bagian bulunya.

Gambar lovebird violet
Source: merdeka

Warnanya yang cantik dan langka, membuat burung ini banyak diincar oleh para pecinta lovebird. Bahkan mereka sampai rela merogoh kocek dalam demi bisa mendapatkan burung cantik ini agar bisa dikawinkan dengan jenis yang lebih bagus.

Karakteristik

Gambar lovebird violet
Source: zenhobbies

Salah satu keunikan yang terpancar dari burung ini, terletak pada warna bulunya yang sangat cantik. Yaitu perpaduan antara warna biru dan ungu.

Harganya sendiri juga tidak terlalu mahal. Saat ini, lovebird violet banyak dijual dengan kisaran harga Rp 400 ribu hingga Rp 800 ribu.

Selain warnanya yang mencuri perhatian, ada banyak keunikan lain yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk dijadikan hewan peliharaan. Bagi Anda yang tertarik memelihara burung ini, berikut karakteristik burung violet yang harus Anda tahu.

1. Kombinasi 2 Tipe Burung

Sama seperti jenis lovebird lainnya, lovebird violet juga merupakan hasil persilangan. Untuk mendapatkan burung jenis ini, Anda bisa mengawinkan lovebird jenis violet dengan lovebird jenis biru dakocan.

Tidak hanya dua jenis itu saja, burung berbulu biru ini juga bisa Anda dapatkan dari hasil perkawinan antara lovebird berwarna gelap dengan lovebird berwarna pastel putih. 

2. Memiliki Corak Bulu yang Unik

Kelebihan burung violet lainnya yang menonjol terletak pada corak bulunya yang unik dan berbeda dari jenis burung lainnya.

Lovebird violet memiliki corak bulu yang dominan dengan warna biru keunguan yang terletak di bagian ekor.

Baca juga:  Inilah Jenis-Jenis dan Tips Merawat Lovebird Paskun yang Benar

Sementara pada bagian perutnya, burung ini memiliki warna biru muda yang sangat cantik dan memanjakan mata. Untuk paruhnya sendiri, burung ini memiliki warna orange pucat.

3. Ada Beragam Variasi Warna

Burung ini juga memiliki variasi warna lainnya yang nggak kalah cantik dari perpaduan warna biru dan ungu.

Ada juga lovebird violet yang bulunya lebih dominan dengan warna putih, sementara bagian punggung dan sayapnya berwarna pastel violet. Jenis ini dikenal dengan nama lovebird pastel violet.

Pada bagian kepalanya, lovebird pastel violet dominan dengan warna abu-abu atau putih. Warna violetnya yang menawan juga mengelilingi bagian lehernya yang berwarna putih.

Sementara paruhnya juga berwarna orange, namun terlihat lebih pekat layaknya warna wortel. Warna violet yang menawan juga mengelilingi bagian lehernya yang berwarna putih. 

4. Bentuknya Lebih Gagah

Lovebird violet merupakan salah satu jenis burung lovebird yang sangat mudah dikenali, karena bentuk tubuhnya yang gagah.

Area kepala dan wajahnya yang berwarna hitam, membuat burung ini terlihat memiliki penampilan yang cukup sangar dibandingkan jenis lainnya.

Jenis-jenis

Ada dua jenis yang paling menonjol yang harus Anda ketahui sebelum memelihara burung ini. Yaitu jenis Violet SF dan Violet DF. Lalu apa yang membedakan keduanya?

Violet SF dikenal dengan warnanya yang sangat khas yakni ungu muda, yang sekilas mirip dengan warna burung lovebird biru Mangsi, yang membedakan adalah warna pada bagian dada.

Jika lovebird biru mangsi berwarna biru biasa, berbeda dengan violet SF yang bagian dada hingga ekornya dominan dengan warna ungu.

Hampir serupa dengan violet SF, bagian tubuh violet DF juga berwarna ungu. Hanya saja warna ungu pada bagian tubuhnya lebih gelap dan tajam. Warna ungu tersebut juga ada di bagian sayap, hanya saja sedikit lebih gelap.

Baca juga:  Tips Yang Tepat Dari Cara Merawat Burung Lovebird

Walaupun memiliki karakteristik masing-masing, para penggemar burung ini, tetap saja masih sulit membedakan antara violet SF dan violet DF.

Selain dua jenis yang telah disebutkan tadi, masih ada beberapa jenis lainnya yang juga memiliki keunikan serta karakteristiknya masing-masing.

1. Violet Fischeri

Gambar violet fischeri
Source: zenhobbies

Jenis lovebird violet yang pertama adalah fischery. Burung ini terlihat sangat cantik dengan perpaduan antara warna putih di bagian muka hingga leher, dengan warna biru pada bagian bulu di badannya dan sedikit warna hitam bercorak pada sayapnya.

Harga violet fischeri biasanya terbagi dua yaitu violet fischery anakan dan dewasa. Untuk Fischery anakan, biasanya dibandrol di kisaran harga Rp 1.350.000 hingga Rp 2.000.000.

Sementara untuk bisa mendapatkan Fischery dewasa, Anda harus merogoh kocek antara Rp 1.750.000 hingga Rp 2.750.000.

2. Violet Sable Head

Gambar Violet Sable Head
Source: jalaksuren

Lovebird kepala elang atau lebih dikenal dengan violet sable head merupakan salah satu jenis burung yang sulit dibudidayakan.

Lovebird yang satu ini merupakan hasil perkawinan silang antara lovebird violet dengan lovebird yang memiliki warna putih di bagian kepalanya, yang membuat burung ini sekilas terlihat seperti burung elang.

Sayangnya, jumlah sable head hingga kini masih terbilang sedikit, hingga membuat harga pasaran sable head sedikit tinggi. Diketahui harga pasan violet sable head anakan berada di kisaran Rp 1.750.000 hingga Rp 2.750.000.

Sementara Violet Sable Head dewasa dibandrol di kisaran harga Rp 3.000.000 hingga Rp 4.000.000.

3. Violet Personata

Gambar Violet Personata
Source: flickr

Ciri khas violet personata bisa Anda kenali dari bagian kepalanya yang berwarna hitam pekat dan mukanya yang terlihat melingkar. Dimana lingkaran pada mukanya itulah yang membuat violet personata dapat dijual dengan harga yang lumayan tinggi.

Baca juga:  Jenis Burung Lovebird Tercantik Beserta Harganya

Burung ini diketahui memiliki tiga jenis yang berbeda yaitu violet personata, lovebird pied BS violet personata dan lovebird blorok violet personata. Ketiga jenis tersebut juga memiliki harga jual yang berbeda-beda.

Harga violet personata anakan saat ini berada di kisaran harga Rp 850.000 hingga Rp 1.500.000. Sementara yang dewasa dibandrol di kisaran Rp 1.000.000 hingga Rp 2.000.000.

Lebih mahal dari violet personata anakan biasa, lovebird pied BS violet personata anakan biasanya dijual di kisaran harga Rp 1.350.000 hingga Rp 2.350.000.

Lain halnya dengan blorok violet personata dewasa yang bisa Anda dapatkan di kisaran harga Rp 1.500.000 hingga Rp 2.500.000.

Cara Merawat

Gambar lovebird violet
Source: pinterest

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, kini Anda juga perlu memahami bagaimana cara merawat lovebird yang benar.

Hal utama yang harus Anda perhatikan saat merawatnya adalah makanan yang bernutrisi, karena hal ini sangat berpengaruh pada kemampuan berkicaunya nanti.

Pastikan Anda memberi makanan yang bervariasi, agar burung ini tidak merasa bosan dengan asupan sehari-harinya. Anda bisa memberinya gizi melalui asupan buah-buahan. Mulai dari tauge, kangkung dan jagung muda.

Jangan hanya memperhatikan asupan gizinya saja, tapi Anda juga harus memperhatikan kebersihannya agar nilai jualnya juga bisa bertambah tinggi.

Anda juga harus memiliki jadwal rutin untuk memandikannya. Untuk cara memandikannya, bisa dengan cara menyemprotkan air secara langsung, lalu kemudian Anda angin-anginkan.

Bukan hanya manusia saja yang butuh vitamin, burung ini juga wajib Anda beri vitamin secara rutin, agar bisa meningkatkan perkembangan suara kicauan sekaligus kesehatan burung.

Demikian penjelasan tentang lovebird violet. Jika Anda tertarik ingin membeli dan mempeliharanya, belilah sesuai dengan budget Anda ya!