Cat Lovers, Pahami yuk Macam macam Kucing Ras di Indonesia! Wajib Diketahui!

  119 views
Bagikan artikel ini

Berbicara mengenai hewan peliharaan, maka kita bisa menyebutkan banyak sekali hewan mulai dari kelinci hamster, anjing, hingga kucing. di Indonesia sendiri, karena cukup banyak mayoritas Muslim sehingga hewan peliharaan yang paling favorit adalah kucing. Ada banyak sekali Macam macam kucing ras yang populer di Indonesia. Simak informasi lengkapnya berikut ini!

Berdasarkan genetika, kucing di Indonesia terbagi menjadi dua yaitu kucing ras dan juga kucing domestik ataupun kucing lokal. walaupun cukup banyak yang peduli ataupun memberi makan kucing liar, namun tidak jarang juga lho yang memutuskan untuk memelihara kucing ras.

Macam Macam Kucing
Macam Macam Kucing

Kucing Ras di Indonesia

Nah untuk kamu pecinta kucing, pahami dulu yuk Macam macam kucing ras yang populer di Indonesia. Termasuk, bagaimana kucing pertama kali masuk ke Indonesia?

Kucing Kampung  Di Indonesia Termasuk Kucing Ras?

Sebelum memutuskan untuk memilih kucing ras favorit, sebenarnya bagaimana sih kucing bisa muncul di Indonesia? Ternyata kucing domestik yang umumnya kita beri makan secara liar merupakan salah satu kucing yang berasal dari kucing ras bernama Moggie. Kucing ini bisa dikatakan sebagai kucing kampung. Moggie memiliki arti dalam bahasa Inggris atau slang word artinya kucing non pedigree atau non ras.

Walaupun sudah cukup lama hidupnya, bahkan dibawa ke seluruh dunia. Namun kucing ini memang memiliki darah kucing liar Afrika, sehingga lebih tahan banting dan mirip dengan kucing kampung yang ada di Indonesia. Selain itu bentuk tubuhnya di setiap negara memang berbeda, karena mengadaptasi bulu dan juga kulit dari suhu atau tempat mereka tinggal.

Baca juga:  8 Sifat dan Karakter Kucing Abisinia yang Wajib Kamu Ketahui!

Sulit memperkirakan jumlah mereka, karena kucing moggie ini ada dimana-mana, dan paling umum di Indonesia. Berdasarkan informasi, kucing moggie merupakan asal mula kucing di Indonesia dan dapat bertahan hidup mulai dari 9 tahun hingga belasan tahun. Awalnya, kucing moggie oleh para pedagang dan juga orang-orang yang melintasi nusantara kala itu. Tentu saja saat belum menjadi negara Indonesia ya, karena hal ini terjadi ribuan tahun lalu.

Macam macam Kucing Ras Populer di Indonesia

Selanjutnya, bagaimana Macam macam kucing dengan berbagai ras yang banyak dipromosikan atau ditawarkan di Indonesia? Berikut ini informasi lengkapnya:

Kucing Anggora
Kucing Anggora

Kucing Anggora

Pertama, kucing ras populer tentu saja kucing angora. Salah satu kucing yang paling populer dan banyak dimiliki oleh masyarakat di Indonesia ini, masuk ke dalam salah satu jenis kucing yang berasal dari Turki dengan ras tertua di dunia. Bulunya serta tubuhnya yang panjang, menjadi ciri yang paling sering terlihat. Sehingga kucing anggora memang terlihat sangat elegan. Di sisi lain harga dari kucing anggora memang bervariasi, mulai dari yang paling murah 150 ribu hingga yang paling mahal 1.000.000 untuk anak kucingnya.

Kucing Persia
Kucing Persia

Kucing Persia

Kedua kucing ras yang ada di Indonesia itu kucing Persia. Serupa dengan angora, biasanya ciri fisik yang paling mudah dilihat yaitu hidungnya yang pesek disertai dengan bulunya yang panjang dan juga lebat. Wajahnya juga lebih bulat, dibandingkan dengan kucing angora.

Semakin pesek hidungnya atau semakin terlihat ciri fisiknya, kucing ini memiliki harga yang lebih mahal. Mulai dari kisaran 2 juta rupiah hingga belasan juta rupiah untuk 1 anak kucing nya. Luar biasa mahal bukan? Di sisi lain perawatan kucing Persia memang lebih merepotkan dibandingkan dengan beberapa kucing ras lainnya.

Baca juga:  Cara Mengenali Kucing Bombay berdasarkan Karakter dan Ciri-cirinya
Kucing Bengal
Kucing Bengal

Kucing Bengal

Macam macam kucing ras selanjutnya yang cukup populer di Indonesia adalah kucing bengal atau biasa disebut sebagai kucing blacan. Ciri khas yang paling terlihat tentu saja warnanya, yang merupakan hasil persilangan antara kucing American shorthair dan juga Asian leopard.

Warnanya oren, dan memiliki tubuh yang besar serta gagah. Selain itu kucing bengal juga belum banyak ditemukan, sehingga harganya cukup mahal. Hal ini tidak menyurutkan banyak kolektor kucing atau pecinta kucing di Indonesia untuk bisa memilih si gagah yang satu ini. Berkisar antara 10 hingga 80 juta, kucing bengal tentu saja menjadi peliharaan mewah yang tidak bisa disepelekan.

Kucing Ras yang Cukup Jarang di Indonesia

Walaupun masih bisa ditemukan, namun ada beberapa kucing ras yang cukup mahal harganya karena sulit untuk dipelihara atau didapatkan di Indonesia. Macam macam kucing ras apa saja?

Kucing Himalaya
Kucing Himalaya

Himalaya

Macam-macam ras lainnya yang direkomendasikan untuk bisa dipelihara di rumah yakni Himalaya. Walaupun cukup sulit mencarinya di Indonesia. Kucing ini memiliki tubuh yang gemuk dan besar serta memiliki nafsu makan yang cukup tinggi.

Kucing Himalaya, jadi ini adalah persilangan di antara 2 jenis kucing yakni Persia dan kucing Siam. Sehingga secara fisik tubuhnya sama seperti kucing Persia, namun warnanya mirip dengan kucing siam. Himalaya ini sebenarnya bisa dikategorikan kucing yang cukup mahal. Dengan kisaran 15 juta hingga 30 juta rupiah untuk anaknya cocok sekali untuk dipelihara di rumah.

Macam Macam Kucing
Kucing British Shorthair (Kucing BSH)

British Shorthair

Di Indonesia agak jarang pecinta kucing atau cat lovers yang memutuskan untuk memelihara British shorthair. Dimana kucing ini masuk ke dalam Macam macam kucing ras populer namun tidak untuk di Indonesia. Berat badannya berkisar antara 4 hingga 8 kilo, dengan ciri khas kepala bulat disertai dengan pipi yang penuh, dan warna yang gelap. Misalnya abu, hitam, dan coklat tua.

Baca juga:  Mengenal 8 Keunikan Kucing Ragdoll

Selain itu tubuhnya gendut dan besar disertai dengan bulunya yang pendek namun lebat, sehingga terlihat seperti karpet. Kucing ini memiliki harga yang cukup mahal mulai dari 10 juta hingga 40 juta untuk anakannya. Sayangnya hari ini kurang cocok di dirawat di negara panas seperti Indonesia.

Kucing Ragdoll
Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll

Selanjutnya Macam macam kucing ras yang cukup jarang ditemukan di Indonesia yakni kucing ragdoll. Kucing ini hampir serupa dengan boneka kain yang memiliki wajah imut, serta pipi yang bulat. Ditambah lagi kucing ragdoll biasanya memiliki 4 pola warna yaitu bicolor atau dua warna dan juga vandan point seperti solid tortie ataupun lynx.

Mengingat karena ada beberapa orang yang percaya bahwa dengan mengenali sifat kucing dari warna bulunya, maka kita bisa menemukan hewan peliharaan yang tepat. Kucing ragdoll ini tidak bisa sembarangan didapatkan di Indonesia karena cukup sulit. Harganya untuk anakan kucing ragdoll berkisar antara 5 juta hingga 40 juta rupiah.

Selain itu ada juga beberapa Macam macam kucing ras yang cukup sulit seperti Russian blue, Japanese bobtail, dan juga oriental short hair. Beberapa ras tersebut cukup sulit dicari di Indonesia, bahkan bisa dikatakan jarang.

Sedangkan Macam macam kucing ras yang sudah mulai dikenali atau banyak dipelihara. Mulai dari Turkish Van ataupun sphinx, walaupun harganya masih cukup tinggi. Jadi kucing ras mana favorit kamu? Pastikan apapun ras yang kamu inginkan lakukan perawatan sesuai dengan kebutuhannya ya cat lovers.