Makanan Anak Ayam Bangkok

Diposting pada

Makanan anak ayam bangkok – Di usia dini, kebutuhan nutrisi anak ayam penting sekali untuk diperhatikan. Pasalnya, makanan cukup berpengaruh dengan kualitas anak ayam yang dibudidayakan. Pemberian pakan yang salah dapat mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan anak ayam menjadi kurang maksimal. Nah, di bawah ini terdapat beberapa penjelasan mengenai makanan anak ayam bangkok yang wajib kamu simak.

Inilah Makanan Anak Ayam Bangkok Berdasarkan Usia

Makanan anak ayam bangkok
Makanan anak ayam bangkok

Pakan Anak Ayam Bangkok Pada Usia 2-3 Bulan

Makanan anak ayam bangkok yang paling bagus dalam usia 2-3 bulan ini yaitu pakan khusus dengan kode 511 dan 594 yang perbandingannya adalah 50-50. Pakan kode 511 untuk anak ayam yang usianya masih 1 bulan.

Pakan kode 511 yang dipadukan dengan jagung giling dan beras merah untuk anak ayam yang berusia 2 bulan. Sementara, pakan kode 594 yang dipadukan dengan gilingan jagung, kacang hijau, bekatul, dan beras merah untuk anak ayam yang usianya 3-6 bulan.

Bagi peternak yang sudah berpengalaman, terdapat sebuah racikan supaya anak ayam bangkok cepat tumbuh besar. Sebagian peternak akan memberi kyojin atau pakan ayam raksasa di umur 2-4 bulan. Makanan anak ayam bangkok ini bisa kamu peroleh di toko-toko besar tempat yang menjual pakan ternak.

Makanan anak ayam bangkok yang satu ini berupa campuran serbuk enzim serta bahan lainnya yang tinggi lemak, kalsium, dan protein. Biasanya pakan ini digunakan oleh peternak yang ada di China. Cara untuk mencampurkannya yaitu dengan satu sendok makan secara rutin setiap hari di pakan anak ayam bangkok kamu.

Baca juga:  Cara Merawat Ayam Aduan Sebelum Turun Arena

Selain memperhatikan makanannya, kamu perlu memperhatikan kondisi minum anak ayam. Kamu harus mengganti minumnya setiap hari secara rutin, sebab di usia ini anak ayam tidak perlu diberi vitamin lagi, cukup dengan air yang bersih dan juga pakan yang bergizi pastinya.

Pada usia 2 bulan ini, kandang anak ayam bangkok harus kering dan dipadukan dengan cahaya matahari yang cukup. Untuk tempat tidur anak ayam juga harus hangat, seperti manggung ataupun bila di bawah kardus bekas untuknya tidur pada malam hari. Dengan begitu, anak ayam tidak akan merasa kedinginan.

Tips merawat makanan untuk anak ayam bangkok di umur ini, alangkah lebih baik anak ayam telah mudah dilepaskan dari kandang bok maupun diumbar di tempat yang lebih luas serta dengan tetap memberikan pakan racikan yang telah disebutkan di atas. Pengumbaran ini perlu kerap diawasi sebab pada usia tersebut anak ayam masih sangat rentan dengan penyakit.

Pakan Anak Ayam Bangkok Pada Usia 3-6 Bulan

Pakan yang paling tepat untuk diberikan dalam usia tersebut yaitu racikan pakan yang memang sesuai dengan kode voer 594, kacang hijau, beras merah, gilingan jagung dan dedak (bekatul). Anak ayam ini pun dapat diberikan suplemen tambahan seperti vitamin B kompleks serta kalsium supaya cepat besar. suplemen ini mampu membantu perkembangan ayam secara maksimal, baik tulang maupun bulunya.

Pakan Anak Ayam Bangkok Pada Usia 6-8 Bulan

Anak ayam yang telah mencapai usia 6-8 bulan memerlukan pakan dengan kandungan protein guna membentuk otot serta tubuhnya. Salah satu makanan anak ayam bangkok yang tepat yaitu beras merah yang dicampurkan dengan voer 594.

Anak ayam ini perlu diberikan pakan yang bervariasi sebab pencernaannya sudah kuat. Selain itu, campuran pakan juga cukup penting supaya gizinya tercukupi dengan seimbang dan anak ayam tak bosan sebab pemberian pakan yang terus-menerus sama bisa mengakibatkan kelebihan nutrisi tertentu.

Baca juga:  Mengenal Ayam Bangkok F1 Asli Thailand

Contoh variasi makanan anak ayam bangkok pada usia tersebut bisa berupa beras merah, jagung, gabah, kacang ijo, bekatul, dan nasi. Beberapa jenis makanan ayam tersebut dapat kamu berikan dengan dicampur atau bergantian dan dapat diberikan dengan bentuk pakan basah ataupun pakan kering.

Apalagi, dalam usia ini anak ayam telah mampu dilatih dengan sesuai program latihan yang telah kamu rancang. Akan tetapi, kamu tidak boleh memaksa fisik anak ayam tersebut, sebab dari usia inilah anak ayam dapat ditentukan apakah dapat menjadi juara ataupun tidak. Oleh karena itu, pemberian makanan anak ayam bangkok yang benar dapat menentukan ketangguhannya pula.

Beberapa Jenis Voer atau Pur untuk Anak Ayam Bangkok

Makanan anak ayam bangkok
Makanan anak ayam bangkok

DOC starter halus

Pakan ini dikhususkan bagi anak ayam yang baru saja menetas sampai berumur 2 minggu sebab anak ayam ini tak ingin makan pakan yang terlalu besar, seperti AD 1 serta butiran yang lebih besar lain. Apabila tetap diberi umumnya anak ayam hanya mengacak-acak pakan saja. Selain itu, dengan butiran yang halus ini akan lebih mudah dicerna.

Voer Ayam 594

Pakan yang satu ini mempunyai kandungan lemak yang cukup rendah, namun proteinnya tinggi. Sehingga, bisa membuat anak ayam mempunyai tulang yang kuat. Selain itu, apabila lemaknya tinggi maka bisa mengganggu pergerakan dan kelincahannya.

Voer Ayam 592

Jenis makanan anak ayam bangkok yang selanjutnya adalah voer ayam 592. Setelah berusia 3 bulan maka anak ayam akan diberikan pakan voer 592.  Pakan anak ayam yang satu ini mempunyai struktur yang tergolong lebih kasar dan besar jika dibandingkan dengan voer 591. Selain itu, pakan ini juga bisa membantu peningkatan dari pertumbuhan anak ayam menjadi lebih optimal.

Baca juga:  Ciri-Ciri Ayam Bangkok Aduan yang Bagus dan Tips Perawatannya

Voer Ayam 591

Voer ayam 591 ini dikhususkan untuk anak ayam bangkok yang umurnya 1-3 bulan, yang mana ayam bila diberikan pakan tersebut tak meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan ayam. Akan tetapi, beberapa bagian seperti tulang ayam juga akan semakin kuat dan kokoh serta dagingnya menjadi keras. Hal ini memang karena anak ayam memerlukan hal yang semacam itu dan dapat dipadukan dengan voer 591 supaya pertumbuhan atau perkembangan dari anak ayam bangkok semakin baik.

Voer Ayam 512

Jenis pakan voer ayam 512 tersebut dikhususkan untuk anak ayam bangkok sesudah melewati umur 4 bulan. Pemberian dari makanan anak ayam bangkok satu ini memiliki fungsi untuk meningkatkan pertumbuhan dari ayam menjadi semakin besar lagi. Selain itu, kamu pun dapat memberikan pakan ini ke ayam bangkok dengan usia lainya yang dirasa kurus sekali dan juga kekurangan nutrisi.

Voer Ayam 511

Voer ayam 511 merupakan pakan untuk anak ayam bangkok yang memiliki kandungan lemak dan protein yang terbilang tinggi sekali. Sebetulnya, selain bagus untuk anak ayam bangkok, sebetulnya pakan jenis ini juga bagus sekali untuk ayam pedaging. Pemberian voer ayam 511 ini tepatnya diberikan ketika anak ayam berusia 1-4 bulan guna meningkatkan tumbuh kembang anak ayam. Itu berbagai hal yang ada kaitannya dengan makanan anak ayam bangkok. Pemberian makanan yang benar akan menghasilkan anak ayam yang berkelas.