Mengetahui Makanan Kucing Persia yang Baik Dikonsumsi

Diposting pada 33 views
Bagikan artikel ini

Bagi Kamu pecinta kucing Persia, tentu harus mengetahui apa saja makanan kucing Persia yang baik untuk dikonsumsi. Meski tidak berbeda jauh perawatannya seperti layaknya kucing biasa, akan tetapi kucing Persia membutuhkan beberapa jenis makanan yang sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Tak jarang Kamu mendapati ada kucing liar yang memakan segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Akan tetapi, kucing Persia memang berbeda dalam makanannya. Apalagi bagi Kamu yang sudah merawatnya dari kecil, tentu perlu menyediakan jenis makanan yang benar-benar aman untuk dikonsumsi oleh kucing tersebut.

Makanan Kucing Persia
Makanan Kucing Persia

Sejumlah Makanan Kucing Persia yang Baik Dikonsumsi

Terdapat beberapa jenis makanan kucing Persiayang cocok dikonsumsi oleh kucing Persia sehari-hari, antara lain sebagai berikut.

Keju

Produk olahan susu ini rupanya bisa dijadikan sebagai makanan kucing jenis Persia. Bahkan, tidak sedikit kucing medium yang menyukai keju. Kandungan dalam keju, yaitu protein dan vitamin B2 yang baik untuk kucing. Namun, Kamu harus berhati-hati ketika memberikannya karena ada jenis kucing Persia yang tidak cocok memakan keju sehingga menyebabkan diare.

Ikan

Ikan menjadi salah satu makanan favorit kucing sejak usianya 2 bulan. Kandungan protein dan asam amino sangat baik bagi perkembangan kucing. Meski begitu, jangan memberi porsi makan ikan pada kucing secara berlebihan karena kebutuhan vitamin E tidak akan terpenuhi. Sebaiknya, berikan ikan dua kali dalam seminggu.

Daging

Daging adalah makanan favorit kucing yang bagus bagi tumbuh kembangnya.

Makanan Kering dan Basah

Kamu bisa membeli makanan kering dan basah di petshop dengan berbagai harga.

Makanan untuk Kucing Persia yang Membuat Bulu Bagus dan Indah

Makanan kucing Persia yang bagus untuk bulu tergantung dari kandungan nutrisi yang diperoleh dari makanannya. Sudah banyak makanan yang bagus untuk bulu kucing Persia dengan mudah dibeli di petshop. Kamu harus menemukan merek yang bagus dan tanyakan juga kepada ahlinya. Berikut sejumlah makanan yang bagus untuk bulu kucing Persia.

Pro Plan

Pro Plan adalah makanan kucing yang sudah dikenal memiliki kualitas dan harga yang lumayan. Makanan ini memiliki beberapa variasi tergantung dari masalah dan kebutuhan kucing Kamu. Bagi kucing yang memiliki bulu panjang maka akan cocok menggunakan Pro Plan Derma Plus. Kandungan makanan ini, antara lain vitamin B kompleks, vitamin E, zinc, omega 3 dan 6, dan fiber yang berguna untuk mencegah kerontokan bulu kucing.

Whiskas

Whiskas menjadi salah satu makanan kucing yang paling banyak digunakan karena mudah diperoleh. Kelebihan dari merek ini adalah kemasannya yang tersedia dalam berbagai ukuran. Bahkan, variasi jenis makanan ini juga tergolong lengkap ada yang kering dan basah. Sejumlah rasa yang bisa dipilih, antara lain tuna, mackerel, salmon, dan lain sebagainya. Selain berfungsi menjaga kesehatan bulu, Whiskas ini juga mampu meningkatkan keaktifan kucing.

Royal Canin

Makanan kucing Persia yang satu ini adalah Royal Canin yang cukup dikenal di wilayah Perancis. Makanan kucing yang satu ini dipercaya mampu menebalkan dan memanjangkan bulu kucing. Variasi makanan ini terbilang cukup lengkap, bergantung pada usia dan jenis kucing.

Tips Memberi Makan Kucing Persia

Memberi makan kucing Persia tentu tidak boleh sembarangan. Memberikan makan yang benar merupakan salah satu jenis perawatan kucing Persia yang harus benar-benar diperhatikan. Berikut sejumlah tips memberi makanan kucing Persia.

Mempersiapkan Kotak Makan

Menyiapkan kotak makan khusus kucing yang berukuran besar jauh lebih baik dibandingkan dengan memberikan tempat makan yang kecil.

Makanan Kering atau Basah

Biasanya hal ini bergantung pada awal pemberian makanan kepada kucing. Jika sejak awal sudah diberikan makanan kering maka lama-kelamaan kucing akan sangat menyukai makanan yang kering ketimbang yang basah. Ketika Kamu hendak memberikan makanan jenis kering atau basah, sebaiknya bedakan wadah makannya untuk menghindari mogok makan.

Peletakan Makanan

Letakkan makanan kucing di bagian tengah kotak makan agar mudah dijangkau oleh kucing. Jika diletakkan di bagian pinggir maka bisa jadi kucing akan kesulitan mengambilnya.

Sedikit Demi Sedikit

Berikan makanan kucing sedikit demi sedikit, jangan langsung banyak karena kucing mudah sekali lapar dan mudah sekali kenyang.

 Teratur

Pemberian makanan kucing harus dilakukan secara teratur, alias konsisten. Kamu harus membuat jadwal yang pasti untuk mengatur pemberian makan pada kucing.

Jangan Memaksa

Jangan memberikan makanan kucing Persia dengan cara memaksanya makan.

Pilih Makanan Beraroma

Ketika memilih makanan kucing, pilihlah jenis makanan yang memiliki aroma lezat. Selain itu, perhatikan perawatan makanan sehingga aromanya tetap kuat meski harus disimpan dalam waktu yang lama sebelum diberikan.

Pilih Jenis Makanan Sesuai Kondisi Kucing

Sesuaikan makanan kucing yang diberikan berdasarkan pada usia dan jenis kucing. Jangan beri yang tidak sesuai karena bisa menghambat tumbuh dan kembang kucing menjadi tidak maksimal.

Berapa kali kucing Persia makan? Berdasarkan informasi dari dokter hewan, baik makanan kucing Persia maupun jenis lainnya bisa diberikan sebanyak tiga kali dalam sehari. Layaknya manusia, jadwal makan kucing berkisar selama pagi, siang, dan malam.

Khusus di pagi hari, kucing diberikan makanan berat. Siang harinya, kucing diberikan makanan ringan, dan malam harinya porsinya disamakan dengan waktu pagi hari. Pola makanan yang demikian sangat bagus bagi tumbuh-kembang kucing. Apabila memang Kamu ingin kucing Persia Kamu jadi gemuk tapi sehat, maka tambahkanlah susu yang bagus dikonsumsi oleh kucing.

Tips Memberi Makan Kucing yang Sedang Sakit

Ketika dalam kondisi sedang sakit maka kucing cenderung tidak berselera makan seperti hari-hari sebelumnya sehingga Kamu harus pandai-pandai memberinya makan. Berikut beberapa tips memberikan makanan kucing Persiayang sedang sakit.

Beri Makanan Basah dengan Tekstur Lembut

Pancing nafsu makan kucing dengan memberikannya makanan basah,  namun bertekstur lembut. Hal ini disebabkan makanan basah cenderung mengeluarkan aroma yang lebih tajam dibandingkan dengan makanan kering sehingga jauh lebih menarik nafsu makan kucing.

Suapi Kucing dengan Tangan

Bantulah kucing dengan menyuapi makanan menggunakan tangan.  Caranya, padatkan makanan basah menjadi bola-bola kecil.  Posisikan kucing telentang agar mudah disuapi. Gunakan jari telunjuk dan jempol untuk menyuapinya,  setelah itu suapi dengan perlahan. Ketika makanan sudah berhasil masuk, tutuplah rahang kucing dan menahannya beberapa saat agar makanan yang sudah masuk tidak dimuntahkan kembali.

Gunakan Spuit

Jika kedua cara di atas belum berhasil maka gunakan spuit untuk memberikan makanan pada kucing yang sedang sakit. Kamu bisa membelinya langsung di apotek terdekat. Ketika Kamu memutuskan menggunakan alat ini maka makanan yang diberikan haruslah basah dan lembut.

Beri Makanan Cair Bernutrisi

Selain makanan kucing di atas, Kamu bisa memberikan makanan cair yang kaya akan nutrisi untuk mempercepat pemulihannya.

Demikian tadi ulasan mengenai jenis makanan kucing Persiadan sejumlah informasi menarik seputar kucing jenis ini.