Tips! Memilih Makanan Kucing Terbaik Agar Kucing Sehat dan Ceria

Diposting pada 8 views

Berbicara tentang makanan kucing terbaik maka akan selalu dikaitkan dengan makanan kucing yang memiliki kandungan vitamin yang bagus. Tentunya kamu tidak ingin bila kucing peliharaan kesayangan kamu menjadi sakit- sakitan karena pola makan yang salah.

makanan kucing terbaik
Makanan Kucing Terbaik

Di tambah lagi jenis makanan yang salah yang tentu membuat kucing menderita. Pada umumnya kucing diberi makan makanan yang menyesuaikan dengan jenis dan juga rasnya.

Contohnya makanan kucing terbaik untuk bulu dan gemuk, adalah makanan kucing yang memiliki vitamin dengan kandungan kalori yang baik untuk perawatan bulu. Makanan jenis ini bisa diterapkan pada kucing berjenis bulu panjang seperti kucing ras Persia.

Memilih Makanan Kucing Terbaik yang Cocok Untuk Pencernaan

Kita sepatutnya tidak hanya terpatok kepada jenis makanan kucing untuk melebatkan bulu saja. karena kebanyakan kucing harus terfokus juga kepada metabolisme dalam tubuh si kucing.

Seperti halnya manusia yang membutuhkan vitamin E untuk kulit, namun harus memperhatikan kandungan vitamin dalam perut juga. Sejatinya terdapat 2 jenis makanan kucing terbaik yang bisa kamu pakai untuk kucing kesayangan kamu.

Makanan yang baik tentunya cocok dengan pencernaan kucingmu. Nah, makanan kucing terbaik tersebut terbagi menjadi 2 jenis meliputi:

  1. Makanan Kering
  2. Makanan Basah         

Cara Merawat Kucing Melalui Makanan Kucing Terbaik

Dengan memberikan makanan kucing terbaik pada kucing kesayangan adalah hal wajib dari salah satu cara merawat kucing. Tidak sedikit kucing peliharaan yang memiliki kebiasaan memakan makanan seperti halnya nasi. Nasi memang kerapkali disukai oleh kucing, namun nasi bisa menjadi makanan yang kurang baik untuk kucing kamu.

Memakan nasi yang notabenenya karbohidrat bisa mengakibatkan perut kembung, sedikit malnutrisi dan juga diare pada kucing. Tentu bagi kamu yang memiliki kucing dengan kebiasaan seperti ini, bertanya-tanya bagaimana cara mengubah kebiasaan kucing ini agar tidak ketergantungan nasi?.

Jawabannya, kamu bisa merawat kucing dengan mengedepankan pengenalan makanan baru terlebih dahulu. Sehingga kucing kamu bisa terbiasa memakan makanan kering yang bergizi lengkap dan menyehatkan.

Mengenalkan Makanan Kucing Sejak Dini

Bagi kamu yang masih newbie dan belum terbiasa merawat kucing, kamu tidak perlu khawatir. Sebab memberikan makanan kucing tidaklah sulit. Tetapi ada tips yang bagus yang harus diperhatikan untuk memberikan makanan kucing terbaik seperti di bawah ini:

  • Kamu bisa mengenalkan makanan kucing terbaik yang diperuntukkan untuk ras dan jenis kucing yang kamu miliki. Apabila kamu terlanjur memberikannya nasi, kamu tidak perlu kaget jika sewaktu-waktu si kucing menjadi tidak gesit, perutnya buncit, bahkan hingga bengkak.

    Sebab pencernaan kucing tidak sepadan dengan nasi yang notabenenya karbohidrat. Untuk menghindari gangguan di organ dalamnya, berikanlah makanan kucing yang tepat.
  • Sejak kucing kamu kecil, perkenalkan sedikit-demi sedikit makanan khusus kucing yang cocok untuknya. Sehingga ia tidak akan ketergantungan nasi dan tidak akan tertarik pada nasi jika sudah besar.
  • Jika kamu terlanjur memiliki kucing yang menyukai nasi, maka makan nasi campur ikan tidak masalah. Karena beberapa kucing yang tidak alergi nasi apalagi proteinnya tercukupi.

    Namun jangan melakukan hal yang dilarang contohnya jadi lebih banyak nasi dari pada ikan.
  • Pada umumnya kucing sakit tidak bisa makan nasi. Sebab nasi bukanlah makanan utama kucing. Oleh karenanya nasi dapat baik untuk kucing dan bisa juga buruk untuk kucing. Hal tersebut tergantung bagaimana itu disajikan, apalagi kucing ras tidak bisa nasi.
  • Cara mengubah asupan gizi dapat menggunakan dengan porsi nasi 25 persen dan ikan dengan porsi 75 persen. Mirisnya untuk masyarakat saat ini selalu sebaliknya. 

    Banyak nasi tetapi kadar ikannya sedikit. Oleh karena itu perut kucing bisa mengalami bengkak karena pencernaan tidak bisa dicerna dengan baik.

Tips Mengubah Pola Makanan Kucing

Mengubah kebiasaan itu sangatlah baik terlebih untuk tabiat buruk dan perawatan kucing. Terkadang kebanyakan masalah umum kucing hasil adopsi bahwa kucing tersebut hanya ingin makan nasi dan ikan saja.

Berikut langkah simpel agar kucing bisa makan makanan kering:

  1. Pertama seduh makanan kering dengan air mendidih.
  2. Biarkan mengembang dan lembek.
  3. Lalu setelah pelunakan, lalu tambahkan kuning telur.
  4. Lalu memasukkan ke dalam injeksi/dot atau suntikan tanpa jarum. Di sini tujuannya adalah untuk memperkenalkan kucing dengan jenis makanannya. Sehingga terlihat seperti memaksa untuk kesehatan.
  5. Hal tersebut berguna agar nanti kucing mengetahui aroma dan rasa makanan ini
  6. Kamu dapat memasukkan makanan melalui sisi mulut. Tujuannya agar kucing tidak tersedak.
  7. Ulangi langkah ini beberapa kali sampai makanan habis, meskipun kucing itu menolaknya.
  8. Selain itu dapat juga memberikan Oralit. Kamu dapat menonton cara membuat oralit di beberapa video YouTube.
  9.  Bila rutin diberi Oralit dalam 4 hari kucing yang bermasalah tersebut akan kembali normal. Kotorannya akan mengalami perubahan seperti warna coklat. Di indikasikan bahwa kucing ini telah sembuh.

Dokter hewan merekomendasikan bahwa kamu tidak terpatok untuk memberikan makanan dengan satu jenis saja. Bila kamu kelebihan pendapatan maka kamu pun bisa mengkombinasikan makanan kucing tersebut.

Contohnya 2 hari dengan makanan kering, 2 hari untuk makanan basah. Jenis makanan kucing yang mengandung vitamin pun dapat menjadi cara mengatasi kucing tidak mau makan dan tidur terus.

Karena dengan asupan gizi yang cukup dengan cara memberikan makanan kucing terbaik, maka kucing kamu akan terlihat lebih sehat, ceria, aktif dan lincah. Berat badannya pun bisa semakin ideal dan bulunya akan menjadi semakin lebih indah.

Tips Merawat Kucing Dengan Memandikannya

Memandikan kucing ini termasuk cara umum untuk menjaga kesehatan kucing. Terlebih memeliharanya dari bau badan dan juga jenis kutu kucing.

Namun memandikan kucing terlalu sering pun akan menjadi masalah. Karena hewan peliharaan kita yang satu ini bukanlah seperti manusia. Agar tidak menjadi masalah simak beberapa langkah merawat hewan kucing dengan memandikannya sebagai berikut:

  • Untuk pengalaman awal siapkanlah air hangat tidak terlalu panas untuk kucing kamu. Pada dasarnya kucing tidak suka air karena air itu dingin. Hal tersebut bisa membuat badan kucing menggigil sehingga mereka cenderung menghindari.
  • Siapkan shampoo khusus untuk kucing. Biasanya bisa kamu dapatkan di Pet Shop dengan harga yang cukup terjangkau.
  • Kamu haruslah siap dengan semua kemungkinan saat memandikan. Meskipun memandikan kucing yang sudah jinak, tetap ada kemungkinan hal tidak enak dapat terjadi.
  • Jangan gugup atau takut karena kucing peliharaan kamu dapat merasakan hal itu.
  • Kamu perlu mempersiapkan kucing dengan cara yang lembut. Jangan sampai kucing tersebut merasa dipaksa dengan kasar untuk mandi.

Hal itu bisa dilakukan dengan mengelus agar ia rileks. Jangan sampai kucing belajar bila pengalaman mandi adalah hal yang dibenci.

Merawat kucing tentu harus dilakukan dengan perasaan yang tulus. Karena seperti layaknya manusia, bahwa kucing itu termasuk mahkluk yang perasa. Meskipun tidak seperasa dan berakalnya manusia.

Sehingga memberikan makanan kucing terbaik adalah salah satu langkah bahwa kamu menyayangi kucing tersebut. Hal ini pun berlaku antara para pemilik sampai para peternak kucing.