Cara Pemberian dan Manfaat Jahe untuk Ayam Bangkok

Diposting pada

Manfaat jahe untuk ayam bangkok memang terbilang banyak sekali. Biasanya, kebanyakan peternak akan memberikan tanaman jahe guna meningkatkan kualitas ayam. Jahe cocok sekali untuk dijadikan bahan utama dalam pembuatan jamu tradisional bagi ayam aduan. Pemberian jahe kepada ayam ini telah menjadi salah satu resep turun-temurun yang dipercaya manfaatnya hingga sekarang ini.

Berbagai Manfaat Tanaman Jahe untuk Ayam Bangkok

Manfaat jahe untuk ayam bangkok
Manfaat jahe untuk ayam bangkok

Dapat Meningkatkan Produktivitas Ayam Bangkok

Produktivitas dari ayam bangkok merupakan kunci keberhasilan seorang peternak. Apalagi, perkembangbiakan menjadi sesuatu yang wajib dilakukan di dalam hal budidaya hewan, khususnya ayam. Kamu bisa membayangkan apabila tingkat produksi menurun, maka pasti hasil ternak pun akan ikut menurun secara drastis dan menyebabkan mengalami kerugian.

Supaya ayam menjadi produktif kamu dapat menggunakan cara alami yaitu dengan memberikan tanaman jahe. Dalam beberapa studi penelitian yang telah dilakukan, manfaat jahe untuk ayam bangkok mampu menambah hormon  testosterone baik guna menunjang produktivitas dari hewan ternak.

Dapat Menurunkan Berat Badan Ayam Bangkok

Masalah kelebihan berat badan atau kegemukan pada ayam bangkok umumnya akan terjadi saat ayam baru saja berganti jenis pakan dari jenis voer ke jenis pakan yang lain. Dalam masa yang satu ini berat badan perlu segera mungkin diatasi dengan baik agar dapat menjadi otot.

Walaupun peran dari tanaman jahe bisa meningkatkan nafsu makan pada ayam bangkok, namun tanaman jahe pun berkasiat untuk menurunkan berat badan ayam. Memanglah kurang bagus jika ayam aduan seperti ini mempunyai berat badan yang berlebihan.

Baca juga:  Berikut Harga Vaksin Kucing Yang Wajib Diketahui

Biasanya ayam yang masih baru menuju dewasa akan diberi pakan konsentrat. Nah, dalam fase tersebut ayam akan mempunyai berat badan yang terbilang lebih. Cara terbaik guna menjaga berat badan dari ayam agar ideal yaitu memberikan jahe secara rutin. Selain itu, manfaat jahe untuk ayam bangkok yaitu dapat merangsang pengerasan dan pertumbuhan otot dari ayam bangkok menjadi lebih cepat.

Dapat Menjaga Kesehatan Pencernaan Ayam Bangkok

Manfaat jahe untuk ayam bangkok yang berikutnya adalah berguna dalam menjaga kesehatan pencernaan ayam bangkok. Sistem pencernaan yang kurang baik akan mengakibatkan hal yang negative untuk pertumbuhan dan juga perkembangan ayam aduan. Pasalnya, ayam akan menjadi tidak nafsu makan dan bahkan nutrisi dari makanan yang masuk ke sistem pencernaannya tidak dapat terserap dengan baik dan optimal.

Ayam bangkok aduan yang secara rutin diberikan jahe, maka akan membuat sistem pencernaannya semakin terjaga dan membuatnya tetap sehat. Selain itu, jahe ini akan berfungsi untuk membersihkan bakteri pengganggu dalam usus, sehingga nantinya nutrisi makanan mampu dicerna dan diserap dengan maksimal.

Dapat Mengobati Penyakit Radang Pada Ayam Bangkok

Radang merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang ayam bangkok. Bahaya dari penyakit radang ini terbilang cukup mengancam. Hal tersebut dapat saja diakibatkan oleh banyak faktor, seperti luka di bagian tenggorokan maupun akibat terinfeksi oleh bakteri atau virus.

Ciri bahwa ayam terkena penyakit radang yakni saat bernapas akan ngorok. Selain itu, ayam juga akan Nampak lesu serta tidak memiliki nafsu makan. Apabila hal ini hanya dibiarkan saja dapat berdampak buruk untuk ayam, seperti berat badannya akan menurun drastis dan juga kasus yang terburuk adalah kematian.

Baca juga:  Harga Pasir Kucing Yang Bagus! Terbaik & Terbaru!

Manfaat jahe untuk ayam bangkok yang mengalami penyakit peradangan ini adalah sebagai anti-inflarmatori yang akan mengobati berbagai jenis penyakit karena peradangan. Pasalnya, jahe sendiri memiliki kandungan minyak atsiri.

Dapat Menyembuhkan Luka Pada Ayam Bangkok

Aktivitas ketika latihan maupun mengadu ayam kerap kali menyebabkan ayam bangkok kesayangan kamu mengalami cedera dan luka. Nah, sebagai seorang peternak kamu tentu saja wajib merawat dan mengobati luka yang diderita oleh ayam. Manfaat jahe untuk ayam bangkok terbilang efektif sekali dalam hal penyembuhan luka.

Bukan hanya menyembuhkan luka dalam, namun juga luka yang ada di bagian luar dari tubuh ayam. Caranya pun tergolong sangat mudah, yakni jahe dapat diparut lalu diminumkan ke ayam bangkok. Selain itu, bisa pula dipotong dan diberikan secara langsung dan rutin kepada ayam kamu. Langkah yang satu ini akan mempercepat proses penyembuhan luka pada ayam aduan.

Dapat Menambah Stamina Ayam Bangkok

Ternyata masih banyak sekali dari peternak ayam yang merasa kebingungan saat membuat jamu yang berkhasiat tinggi untuk ayam bangkok. Sebetulnya kamu dapat menggunakan bahan alami yang mudah sekali didapatkan, yaitu jahe. Dalam hal ini maka jahe bisa diberikan secara langsung untuk ayam atau dapat pula dibuat dengan dipadukan bersama bahan alami yang lainnya.

Umumnya kamu dapat membuat racikan jamu untuk ayam dengan bahan jahe, kunyit, gula merah, dan kuning telur. Ramuan yang berasal dari jahe ini bagus sekali untuk menambah stamina atau memperpanjang nafas ayam bangkok.

Tentu saja kamu ingin ketika bertanding ayam yang dijagokan mampu bertahan di dalam arena hingga lama. Tidak heran apabila ini menjadi salah satu manfaat jahe untuk ayam bangkok yang banyak disukai masyarakat.

Baca juga:  Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat! Terbukti Manjur!

Beberapa Cara Pemberian Jahe untuk Ayam Bangkok

Manfaat jahe untuk ayam bangkok
Manfaat jahe untuk ayam bangkok

Diberikan Secara Langsung untuk Ayam Bangkok

Cara yang paling mudah untuk kamu lakukan yaitu dengan memberikan secara langsung untuk ayam bangkok. Kamu hanya perlu memotong jahe menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang kecil-kecil. Setelah itu, langsung saja taruh di wadah makan atau berikan kepada ayam bangkok. Cara yang satu ini tentunya cocok sekali dilakukan bagi kamu yang tidak ingin repot dalam mengolah jahe.

Dijadikan Sebagai Ramuan Jamu

Manfaat jahe untuk ayam bangkok bisa kamu aplikasikan dengan mengolahnya menjadi ramuan jamu. Ambil 3 sampai 4 ruas jahe dan geprek sampai pipih kemudian rebuslah dengan air secukupnya hingga mendidih.

Kamu bisa juga menambahkan dengan gula merah dan serai ke dalam air jahe yang masih direbus tersebut. Apabila air jahe sudah mendidih, maka angkat dan biarkan saja sampai panasnya menghilang.

Jika sudah dingin, maka kamu dapat memakai air rebusan jahe itu dengan takaran seperempat saja. Kemudian, campurkanlah saja ke dalam wadah air minum untuk ayam bangkok. Selain itu, kamu bisa memakai suntikan yang jarumnya telah diganti dengan selang ukuran kecil. Masukkanlah air larutan jahe tersebut ke dalam suntikan, kemudian lolohkan langsung pada ayam bangkok.

Dijadikan Sebagai Perasan Air Jahe

Pengaplikasian manfaat jahe untuk ayam bangkok yang terakhir yaitu dengan mengolahnya menjadi perasan. Perasan air jahe ini dapat dijadikan minuman untuk ayam bangkok. Apabila ayam bangkok kamu ingin selalu sehat, maka berikan air perasan ini setiap pagi ataupun menjelang dikandangkan. Ketika musim dingin, kamu dapat memberikannya dua kali dalam sehari.

Itulah beberapa manfaat jahe untuk ayam bangkok serta cara pemberiannya. Pemakaian bahan alamin tentu jauh lebih sehat dan aman bagi ayam kamu.