Tips Melakukan Perawatan Kucing Persia yang Tepat

 
Bagikan artikel ini

Melakukan perawatan kucing Persia yang tepat bukanlah hal mudah. Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia untuk dipelihara. Ada banyak sekali jenis ataupun tipe kucing yang bisa dirawat, salah satunya adalah kucing ras yang memiliki tampilan fisik cukup berbeda dengan kucing lokal.

Umumnya memiliki bulu yang lebih tebal disertai dengan badan yang lebih gempal atau gendut. Hal inilah yang menarik perhatian banyak orang untuk bisa memelihara kucing ras termasuk salah satunya adalah kucing Persia. Dalam artikel ini akan kita bahas mengenai harga kucing Persia dan juga cara merawat kucing Persia yang benar. Agar tidak mudah mati dan dapat hidup dengan waktu yang cukup lama.

Perawatan Kucing Persia
Perawatan Kucing Persia

Asal Kucing Persia

Kucing Persia yang merupakan salah satu ras kucing yang berasal dari Eropa dan juga Amerika Serikat. Nama Persia sendiri merujuk kepada sebuah negara Persia yaitu Iran. Karena kucing ini pertama kali ditemukan di negara tersebut. Namun setelah perang dunia kedua, kucing Persia banyak tersebar di daerah Inggris dan juga Amerika Serikat.

Karena banyaknya tentara yang memelihara dan juga membawanya serta melakukan perdagangan di sana. Kucing Persia lebih banyak tersebar di area Eropa. Kucing Persia di Indonesia memang cukup jarang, dibandingkan dengan kucing lokal. Tetapi bukan berarti sulit untuk ditemukan.

Berdasarkan survei di pasar harga kucing Persia memang cukup tinggi. Untuk anaknya saja berkisar antara 1 juta hingga 5 juta rupiah. Sedangkan untuk harga kucing Persia medium atau kucing Persia yang dikawinkan dengan kucing lokal, memiliki harga yang lebih murah berkisar antara 300 ribu hingga 2 juta rupiah.

Baca juga:  Wajib Diketahui! Cara Merawat Bayi Kucing dengan Baik dan Benar

Tips Merawat Kucing Persia

Karena kucing Persia masuk ke dalam kucing ras. Ada beberapa cara yang harus dilakukan oleh para pemilik ataupun pemelihara kucing ini, agar bisa melakukan perawatan secara maksimal. Berikut ini tips dan triknya.

Pastikan Kandang Bersih

Pertama yang harus dilakukan untuk perawatan untuk jenis kucing Persia, yakni menyiapkan kandang dan juga menjaga kebersihannya. Karena bulu dari kucing Persia cukup panjang. Sehingga perawatan kucing Persia memang tidak mudah usahakan untuk mempersiapkan kandang yang tepat. Dengan ventilasi udara yang cukup baik, usahakan kamu menyiapkan kandang yang tidak terlalu tertutup dan juga masih memiliki sirkulasi udara.

Mulai dari sinar matahari yang bisa masuk, ataupun angin. Sehingga anda akan tetap nyaman dan juga bersih. Di sisi lain bersihkan litter box ataupun kotoran yang bisa menjadi sarang penyakit. Karena kucing Persia lebih mudah terkena penyakit dibandingkan dengan kucing lokal.

Pilih Makanan yang Tepat

Selanjutnya perawatan kucing Persia yang dapat dilakukan yaitu memutuskan untuk membedakan antara makanan yang dikonsumsi. Terutama ketika kucing masih kecil ataupun kucing sudah dewasa. Hal ini sebenarnya dipengaruhi oleh kandungan nutrisi ataupun gizi yang ada di dalam makanan tersebut.

Selain itu, ketika memutuskan untuk memberikan makanan kepada kucing. Pilihlah jenis dan juga rasa yang kucing sukai. Karena tidak semua rasa ataupun tipe makanan, pasti disukai oleh kucing. Ada beberapa kucing yang hanya menyukai makanan basah atau biasa disebut sebagai wet food,  atau kucing lebih menyukai makanan yang kering atau biasa disebut sebagai dry food.

Rutin Mandi dan Merawat Bulu Kucing

Selanjutnya perawatan kucing Persia yang dapat dilakukan. Dengan memberikan shampoo ataupun pembersih bulu yang bagus dan cocok untuk digunakan kucing Persia. Memandikan kucing dapat dilakukan 1 minggu sekali. Mengingat bulu yang dimiliki oleh kucing ini cukup tebal.

Baca juga:  Perhatikan Nutrisi Makanan Anak Kucing Umur 1 Bulan, Simak Info Terbaik Berikut!

Ditambah lagi jika tidak rutin mandi, akan sulit sekali untuk menghilangkan debu ataupun bulu yang sudah mati. Dengan  begitu pemilik harus lebih rajin untuk membersihkan dan juga merawat bulu-bulu yang ada. Agar tidak mudah rusak dan juga tidak mudah terserang penyakit.

Bersihkan Liter Box

Berbeda dengan kucing lokal perawatan kucing Persia, memang membutuhkan tempat ataupun toilet khusus untuk buang air kecil dan buang air besar, salah satunya yaitu litter box. Biasanya kucing ras menggunakan pasir untuk buang air besar dan juga buang air kecil. Sehingga litter box ataupun area toilet haruslah disiapkan oleh pemiliknya. Boleh di kandang ataupun di beberapa tempat yang tersedia di rumah. Selama rutin dibersihkan maka tidak ada masalah.

Perawatan Kucing Persia Khusus

Bagaimana jika kucing Persia yang kamu miliki ternyata memiliki penyakit ataupun terkena jamur. Sebenarnya ada tips perawatan kucing Persia khusus yang bisa dilakukan, terutama jika kucing kamu terkena jamur. Mengingat jamur sendiri sulit untuk dihilangkan untuk hewan berbulu karena sulit terlihat ataupun terjangkau.

Perawatan kucing Persia kena jamur ini bisa dilakukan di petshop ataupun di rumah. Caranya mudah, pertama kamu potong ataupun hilangkan bulu di area yang mengalami jamur. Kemudian setelah itu berikan salep dan juga obat khusus anti jamur secara rutin setiap hari. Beberapa dokter hewan bahkan memberikan obat minum yang dikonsumsi kucing, agar bisa menghilangkan jamur dari dalam.

Setelah itu gunakan shampoo khusus anti jamur khusus untuk kucing, yang bisa kamu dapatkan di berbagai pet shop. Harganya memang lebih mahal namun sangat ampuh untuk membersihkan jamur yang dapat menyerang kucing. Di sisi lain jika kamu memiliki lebih dari satu kucing Persia pisahkan antara kucing yang terkena jamur dengan kucing yang tidak terkena jamur. Mengingat jamur tersebut dapat menular.

Baca juga:  11 Ras Kucing yang Bisa Dijadikan Peliharaan Lucu di Rumah

Jika kucing kamu terkena masalah lainnya, misalnya saja kutu. Kamu juga bisa melakukan cara yang sama, yakni memastikan bahwa kamu telah menggunduli atau menghilangkan bulu yang ada pada kucing Persia yang kamu miliki. Agar kutu lebih mudah hilang dan terbawa oleh sisir saat membersihkan bulu mati. Gunakan juga shampoo anti kutu sehingga merontokkan kutu secara cepat dan menyeluruh.

Perawatan Kucing Persia Kecil

Apakah ada perbedaan yang dilakukan apabila kamu memutuskan untuk melakukan perawatan pada kucing Persia yang dewasa maupun kucing kecil/kitten? Sebenarnya perbedaan yang bisa dilihat adalah ketika kamu memutuskan untuk mencari cara merawat kucing Persia kecil tanpa induk. Karena biasanya akan lebih sulit untuk memberikan asupan seperti susu.

Ketika kucing yang kamu adopsi ataupun kamu beli ternyata masih sangat kecil dan membutuhkan susu. Sebaiknya penuhi dengan susu kucing yang banyak tersedia di pasaran. Pilihlah yang memiliki harga cukup di kantong, namun tetap memiliki kualitas yang baik. Jangan sampai memiliki memilih susu yang asal, apalagi memberikan susu yang bisa dikonsumsi manusia karena bisa menyebabkan diare.

Pastikan juga kamu memberikan makanan khusus kitten sehingga mudah dicerna dan dikonsumsi oleh kucing Persia. Ingat bahwa kucing ras memiliki pencernaan dan kesehatan yang jauh lebih sensitive dibandingkan kucing lokal. Kamu harus serba hati-hati dalam melakukan perawatan kucing Persia.