Wajib Diketahui! Berbagai Macam Perawatan Kucing yang Baik dan Benar di Rumah

 
Bagikan artikel ini

Banyak sekali jenis perawatan kucing yang perlu dipelajari agar kamu bisa merawatnya dengan baik dan benar di rumah. Kamu bisa mempelajarinya melalui berbagai sumber atau mempraktikkannya langsung ketika sedang bermain bersama dengan kucing yang ada di sekitarmu.

Pertanyaannya, apakah sulit cara memelihara kucing tersebut? Ya, bisa dikatakan itu semua tergantung dari jenis kucing yang hendak kamu rawat di rumah. Jika kucing ras maka biasanya membutuhkan perawatan kucing yang ekstra dibandingkan dengan kucing kampung biasa.

Namun, tentu kucing ras jauh lebih memiliki ketertarikan yang kuat dibandingkan dengan kucing kampung. Maka dari itu, tak jarang yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi bisa mengadopsi kucing-kucing ras dengan segala karakteristik unik di dalamnya.

Perawatan Kucing
Perawatan Kucing

Sebenarnya, Apa Saja Jenis Perawatan Kucing yang Dibutuhkan?

Ya, banyak sekali jenis perawatan kucing yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk merawatnya sendiri di rumah. Pastikan kamu sudah mengetahui dengan jelas agar bisa menerapkannya dengan baik. Berikut cara merawat kucing dengan baik dan benar.

Pahami Kebutuhannya

Setiap kucing memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, terutama dalam hal asupan. Kucing membutuhkan makanan sesuai dengan porsi makannya masing-masing. Misalnya, untuk kucing yang memiliki berat badan sekitar 5 kg maka dia membutuhkan asupan makanan sebanyak 100 gram per harinya.

Pemakan Daging

Karena masih dalam satu rumpun dengan harimau maka tidak heran jika kucing memakan daging-dagingan segar. Jadi, kamu harus memberikan makanan yang berbahan dasar daging.  Hindari memberikan sayuran karena akan sulit dicerna oleh kucing. Justru bau pada kotorannya akan jauh lebih pekat ketika kucing diberi makan selain daging sehingga kamu harus waspada.

Baca juga:  Berikut 13 Cara Mengobati Kucing Flu yang Harus Diketahui

Bawa ke Dokter

Sangat penting memperhatikan kesehatan kucing, yaitu dengan membawanya secara rutin ke dokter hewan untuk memastikan bahwa kondisi kucing baik-baik saja. Tak hanya itu, pastikan kucingmu memperoleh suntik vaksin sesuai dengan kebutuhannya.

Mandikan secara Teratur

Kucing harus rutin dimandikan dengan memakai sabun dan shampoo khusus kucing. Dengan begitu, kucing yang ada di rumah sudah pasti kebersihannya.

Sikat Bulu Kucing

Agar bulunya tetap halus dan tidak kusut maka kamu harus rutin dalam menyikat bulunya setiap hari. Gunakan jenis sisir yang lembut atau khusus untuk menyisir bulu kucing agar bulunya tidak rusak. Selain itu, kebiasaan ini bisa mengetahui apakah kucing dalam kondisi berkutu atau tidak.

Buang Air

Ajarkan kucing untuk membuang air di tempat yang sudah disediakan oleh pemiliknya. Jangan sampai kucing terbiasa membuang kotoran di sembarang tempat karena akan mengganggu pemilik rumah.

Siapkan Kandang

Siapkan kandang atau tempat tidur khusus kucing, jika bisa siapkan kandang dengan ukuran yang besar. Jika tidak ada kandang pun, kamu juga bisa mempersiapkan tempat yang nyaman untuk kucing.

Pelihara Kebersihan Kandang

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan tempat tidur kucing. Jangan sampai kamu membiarkan kandang dalam kondisi kotor berlarut-larut karena bisa menimbulkan pertumbuhan bakteri.

Ajarkan Kebiasaan pada Kucing

Biasakan kucing hal-hal yang baik dan benar, seperti makan dan buang air agar tidak sembarangan.

Tegas

Tunjukkan ketegasan kepada kucing ketika kucing melakukan hal-hal buruk, seperti menggigit atau buang air sembarangan. Bertindaklah dengan tegas agar kucing tidak berbuat seenaknya lagi.

Ajak Kucing Main

Kegiatan bermain bersama menjadikan kucing semakin lincah dan aktif. Tidak hanya itu, kucing juga akan merasa diperhatikan sehingga akan baik untuk perkembangan mental kucing.

Baca juga:  Ada 11 Cara Mengetahui Umur Kucing

Persiapan untuk Kucing Lebih dari Satu

Jika kamu memiliki kucing lebih dari satu maka sebaiknya kamu mempersiapkan dengan matang agar kucing satu dan yang lainnya tidak saling berkelahi. Kamu bisa mengajarkan kucingmu untuk bisa saling beradaptasi satu sama lain.

Cara Memelihara Kucing
Perawatan Kucing

Pelihara Kucing agar Cepat Gemuk

Salah satu cara memelihara kucing yaitu dengan perawatan kucing yang paling penting untuk diperhatikan adalah dari segi makanannya. Banyak jenis makanan kucing yang bisa diberikan, salah satunya adalah dengan mengikuti cara membuat makanan kucing agar cepat gemuk. Berikut beberapa tips membuat makanan kucing sendiri di rumah.

Tempe

Siapa bilang tempe tidak bisa dimakan oleh kucing? Kamu bisa membuatnya sendiri dengan tips berikut ini.

  1. Rebuslah ikan tuna dan juga tempe secara bersamaan.
  2. Siapkan nasi lembek
  3. Siapkan minyak zaitun atau minyak ikan.
  4. Campurkan semua bahan dan ulek menjadi satu agar rata.

Ikan

Membuat olahan dari ikan bisa meningkatkan nafsu makan kucing, banyak jenis ikan yang bisa dimanfaatkan antara lain bandeng, tongkol, tuna, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengukus jenis-jenis ikan di atas dan mencampurkannya dengan nasi lembek.

Tahu

Selain tempe, kamu juga bisa mempertimbangkan tahu sebagai makanan kucing. Kamu bisa mencampurkan tahu dengan makanan kucing yang sudah dipersiapkan.

Ayam

Ayam juga menjadi salah satu makanan favorit bagi kucing. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan nasi lembek secukupnya.
  2. Siapkan ayam yang sudah direbus.
  3. Tambahkan suplemen atau vitamin kucing.
  4. Campurkan semua bahan menjadi satu hingga tercampur rata.

Telur

Bagian telur yang cocok dimakan oleh kucing adalah kuning telurnya. Berikut cara membuat olahannya.

  1. Siapkan daging ikan.
  2. Siapkan ½ sdm susu rendah gula.
  3. 1 butir telur.
  4. 1 sdm mentega.
  5. Campurkan semua bahan dan haluskan dengan sendok.
Baca juga:  Tips! Memilih Makanan Kucing Terbaik Agar Kucing Sehat dan Ceria

Makanan Kering

Berikut cara membuat makanan kering untuk kucing.

  1. Siapkan daging ayam halus.
  2. 1 sdm minyak ikan dan labu kuning.
  3. Siapkan 1 butir telur dan 20 gr tepung terigu.
  4. Campurkan semua bahan dan bentuk bulatan-bulatan kecil.
  5. Panggang adonan kurang lebih 9 hingga 12 menit.
  6. Biarkan hingga dingin.

Makanan Basah

Berikut cara membuat makanan basah untuk kucing.

  1. Siapkan ¼ sdt olive oil.
  2. Rebus kentang hingga matang.
  3. Campurkan 2.7 gr vitamin kucing.
  4. Pilih daging ikan yang mengandung banyak protein.
  5. 50 gr nasi lembek.
  6. Campurkan semua bahan hingga merata.

Begitulah cara membuat makanan olahan untuk kucing sebagai perawatan kucing yang benar-benar harus diperhatikan dan dijaga kualitasnya. Dengan begitu kucing bisa berkembang dengan baik melalui asupan yang baik dan benar.

Cara Memelihara Kucing
Perawatan Kucing

Bagaimana Memanjakan Kucing di Rumah?

Tidak heran jika hewan yang satu ini adalah hewan dengan sifat manja dan selalu haus akan kasih sayang. Kamu bisa mempelajari jenis perawatan kucing yang satu ini dengan  cara memanjakan kucing dengan benar. Berikut tipsnya.

Sisir Bulunya

Siapa sangka jika kucing yang rutin disisir bulunya akan merasa amat sangat diperhatikan dan dimanjakan. Ya, kebiasaan ini akan membuat kucing menurut dan kalem ketika dilakukan dengan rutin.

Luangkan Waktu

Jangan pernah mengabaikan kucing. Sebaliknya, berikan waktu luang untuk menghabiskan waktu bersama-sama sehingga kucing merasa diperhatikan.

Siapkan Tempat Tidur

Mempersiapkan tempat tidur yang nyaman bisa membuat kucing merasa istimewa sehingga akan senang.

Mainan

Banyak mainan bisa membuat kucing merasa senang. Terlebih jika pemiliknya mau mengajaknya bermain bersama di waktu luang.

Demikian tadi perawatan kucing yang harus benar-benar diperhatikan oleh para pemilik kucing. Ciptakan suasana menggembirakan setiap waktu agar kucing merasa senang dan diperhatikan ya.