10 Perbedaan Kucing Anggora Dan Persia, Simak Ulasan Berikut Ini!

Diposting pada 6 views

Hai cat lovers, taukah kamu perbedaan kucing anggora dan Persia? Yap, bagi kalian yang ingin mengadopsi salah satu jenis kucing dari ras ini, penting untuk mengetahui perbedaan keduanya. Mengapa? Karena  hal tersebut sangat berpengaruh terhadap cara perawatannya juga loh!

Walaupun sama-sama punya wajah yang imut, ternyata kedua kucing tersebut punya perbedaan mendasar yang dapat dilihat secara kasat mata.  Masing-masing kucing punya kebutuhan serta perawatan yang berbeda pula. Supaya kamu tau ras kucing yang akan diadopsi, maka dalam artikel ini kita akan membahas beberapa cara melihat perbedaan  kedua ras tersebut mulai dari bentuk fisik, asal kucing, bahkan hingga sifatnya. So, check this out!

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia
Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Perbedaan kucing anggora dan Persia

Cat lovers, kucing anggora dan Persia termasuk jenis ras kucing paling populer yang banyak dipelihara saat ini. Sebelum kamu mengadopsi kucing-kucing lucu tersebut, terlebih dahulu kamu simak perbedaan kucing anggora dan Persia dan asalnya berikut ini ya!

Asal Usul Kucing

Kucing anggora atau juga disebut Turkish angora sebenarnya berasal dari kota Anggora (sekarang disebut Ankara) Turki. Jenis kucing ini merupakan salah satu kucing dari ras tertua yang ada di dunia. Tak ada yang tau secara pasti asal usul kucing ini, namun diyakini jika jenis kucing ini berasal dari kucing liar Afrika.

Sedangkan kucing Persia berasal dari negara Persia atau sekarang lebih dikenal dengan nama negara Iran. Oleh sebab itu, kucing ini juga kerap disebut dengan nama Iranian cat atau Shirazi cat. Karena memang asal usul kucing yang satu ini dari kota Shirazi Iran.

Di kalangan para bangsawan Eropa, perbedaan kucing anggora dan Persia ini sangat populer sejak tahun 1600an. Sama seperti kucing anggora, jika bulu panjang kucing Persia juga merupakan hasil mutasi secara alamiah.

Bentuk wajah

Cat lovers, perbedaan kucing anggora dan Persia yang paling menonjol dari kedua ras ini ialah terletak pada wajah. Bentuk wajah kucing anggora hampir mirip seperti kucing kampung yang ada di Indonesia. Kucing anggora mempunyai kontur wajah segitiga terbalik dengan hidung yang mancung serta pipinya lebih tirus.

Sedangkan telinganya panjang dan bersudut lancip dengan bentuk seperti segitiga, saling berdekatan, tegak serta berjumpa. Pada bagian mata, kucing anggora cenderung memiliki mata besar berbentuk almond serta agak miring ke atas.

Wajah kucing Persia cenderung datar serta berbentuk bulat. Kucing ini memiliki 2 jenis hidung yaitu flatnose sebutan untuk kucing yang berhidung datar, serta peaknose untuk kucing dengan hidung yang mancung ke dalam. Tetapi, kebanyakan kucing Persia memang berhidung pesek.

Apabila dilihat dari samping, hidung, dahi dan dagu kucing ini terlihat flat. Kupingnya berbentuk agak oval serta memiliki mata yang lebih bervariasi dari pada kucing anggora.

Tubuh

Perbedaan kucing anggora dan Persia selanjutnya ialah bentuk tubuh. Secara fisik bentuk tubuh kucing anggora tinggi, langsing tetapi berisi atau bisa dibilang body goal alias ideal.

Tubuh kucing Persia lebih gempal atau gemuk dan mempunyai ukuran yang lebih pendek. Kakinya yang kokoh besar dengan cakar yang membulat membuat kucing ini terlihat semakin menggemaskan. Dan justru inilah yang menjadi aset paling berharga pada kucing Persia.

Bulu

Bulu pada tubuh kucing anggora relatif tipis serta hanya tebal pada bagian ekornya saja yang bentuk mirip seperti kemoceng. Kalau dilihat di bagian wajah, tidak panjang dan tidak tebal, tetapi lebih mengarah pada lebat dibandingkan dengan kucing lokal.

Sedangkan pada kucing Persia ketebalan bulunya lebih merata menyelimuti seluruh tubuhnya termasuk pada bagian wajah, namun di bagian ekor lebih tipis. 

Kepribadian

Untuk kucing anggora, umumnya pada ras jenis ini lebih aktif, suka bermain, patuh serta energik. Kucing ini juga cukup cerdas, senang berinteraksi dengan manusia, mudah dilatih, memiliki rasa ingin tau yang lebih tinggi, gampang beradaptasi dan memiliki sifat ramah terhadap manusia atau hewan lainnya.

Masih membahas perbedaan kucing anggora dan Persia, perlu kamu ketahui jika kucing Persia mempunyai sifat yang kalem, sedikit penurut, manja dan agak pemalas.

Aktifitas

Cat lovers, ternyata kucing anggora lebih suka duduk di lantai atau di sisi pemiliknya loh. Ia juga lebih waspada dengan keadaan sekitar. Kucing ini juga sering mencari tempat yang tinggi untuk dipanjat. Tak hanya itu, ia juga gemar bermain sambil berlari-lari dengan pemilik atau temannya. Jika dilihat cara berjalan kucing ini juga lebih luwes dan menggemaskan.

Sedangkan kucing Persia punya sifat yang cenderung pemalas, hal ini bisa dibuktikan ketika ia  beraktivitas maka tak seenergik kucing anggora. Bahkan ia lebih suka berdiam diri atau istirahat di tempat. Cara berjalan kucing ini pun lamban serta terkesan manja.

Makanan

Kucing anggora termasuk tidak rewel soal makanan. Karena makanan kucing ini sangat bergantung pada jenis kelamin, umur, serta tingkat aktivitas.

Sedangkan kucing Persia memang lebih pilih-pilih makanan. Namun, ketika mereka menemukan makanan yang cocok di lidah maka akan ia memakannya dengan lahap. Makanannya  juga harus kaya protein, namun rendah lemak. Wajahnya yang datar menyebabkan beberapa kucing ini sulit memakan makanan dengan bentuk dan ukuran tertentu.

Inilah perbedaan kucing anggora dan Persia dari segi makanan. So, pastikan untuk memilih bentuk dan struktur makanan yang cocok untuk kucing ini.

Grooming

Perbedaan perawatan kucing anggora dan Persia juga terlihat signifikan. Hal itu terbukti jika perawatan kucing anggora lebih simple dan tak perlu diperlakukan secara khusus. Namun, tetap penting ya cat lovers!

Sedangkan kucing Persia yang bulunya sangat lebat punya kesehatan yang lebih rentan bila dibandingkan kucing anggora. Itu sebabnya ia butuh perhatian yang jauh lebih ekstra dalam hal perawatan atau grooming.

Kesehatan

Ketahanan tubuh kucing anggora lebih bagus dari pada Persia. Tetapi, ada beberapa penyakit yang perlu diwaspadai seperti Hypertrophic cardiomyopathy dan Ataxia.

Kucing Persia daya tahan tubuhnya tak sebagus kucing anggora. Ada beberapa gangguan kesehatan yang perlu diperhatikan seperti susah bernafas, cherry eye dan penyakit lainnya.

Harga

Perbedaan kucing anggora dan Persia yang terakhir ialah dari segi harga. Cat lovers, perlu kamu tau jika rata-rata kucing anggora asli terbilang mahal loh, yakni sekitar $ 700. Sedangkan kucing Persia dibanderol dengan harga yang lebih murah yaitu sekitar $550.

Hasil persilangan kucing anggora dan kucing Persia

Pada sebuah penelitian,  menyatakan bahwa  persilangan antara kucing anggora dan Persia menghasilkan anakan medium Persia yang dominan berbulu lebat.

Cat lovers, perlu kamu tau jika perbedaan anak kucing anggora dan kucing Persia dan asalnya juga bergantung pada indukan. Maka penting bagi kamu untuk memilih induk yang berkualitas sebelum melakukan kawin silang.

Sudah paham kan tentang perbedaan kucing anggora dan Persia? Jadi, jenis kucing apa yang ingin kamu pelihara?