Mengenal Persia Himalaya, Mulai Dari Ciri, Cara Merawat Sampai Harganya!

Diposting pada 9 views

Ada berbagai macam jenis kucing yang disukai oleh kebanyakan orang. Satu diantaranya adalah Persia Himalaya. Dulu, kucing ini dikenal dengan sebutan colour point Persian sebelum seperti sebutan sekarang ini. Di samping itu, jenis kucing ini sangat unik dan tidak kalah istimewa dengan kucing Persia yang lainnya. Misalkan saja Persia medium.

Kucing Persia Himalaya
Kucing Persia Himalaya

Perbedaan Persia Himalaya Dan Medium

Kucing Persia jenis Himalaya dengan medium jelas punya keunikan masing-masing. Berikut adalah ciri-ciri dari Persia jenis Himalaya:

  1. Mempunyai bentuk tubuh besar atau gemuk dan tulangnya kuat dengan bobot tubuh bisa 4 sampai 6 kg
  2. Ukuran kaki pendek layaknya Persia pada umumnya. Tak heran jika kucing ini sulit melompat. Warna kakinya pun lebih gelap jika dibandingkan dengan warna tubuhnya.
  3. Bentuk kepala bulat penuh dengan hidung pesek. Warna bagian kepala dominan cokelat dengan putih.
  4. Bagian daun telinga berwarna gelap dan ukurannya pendek.
  5. Di bagian mata, kucing ini punya warna biru dan bulat agak besar. Karena itulah binatang menggemaskan ini sering disebut dengan kucing Persia Himalaya mata biru.

Itulah beberapa karakteristik yang dimiliki oleh Persia jenis Himalaya. Lalu, apakah perbedaannya dengan Persia medium? Berikut untuk ciri-ciri yang dimiliki oleh Persia medium:

  1. Mempunyai bentuk hidung yang tidak terlalu pesek namun juga tidak terlalu mancung. Dengan hidungnya yang mancung, moncongnya pun jauh lebih runcing.
  2. Bulunya sangat banyak dan paling lebat dibandingkan dengan Persia jenis Himalaya maupun lainnya.
  3. Ukuran kaki jauh lebih panjang dari pada Persia lain, termasuk jenis Himalaya.
  4. Persia medium dibedakan menjadi dua berdasarkan panjang bulu lebatnya. Untuk yang rambutnya pendek disebut shorthair dan longhair untuk Persia medium berbulu panjang.

Kucing jenis Persia medium dengan Himalaya sangat berbeda bukan? Sekarang kamu sudah tahu kan seperti apa perbedaan keduanya? Kira-kira dari segi harga mahal yang mana ya? Berapakah harga kucing Persia Himalaya mata biru itu? Umumnya harga Persia jenis Himalaya dibandrol dari angka satu jutaan ke atas, khususnya untuk anakan. Kalau dewasa bisa lebih mahal lagi.

Selain mengetahui harganya, memelihara kucing juga harus mengerti seperti apa dan bagaimana perawatannya. Karena bagaimanapun juga, hewan peliharaan harus dijaga dan diperhatikan agar senantiasa sehat. Apalagi untuk kucing mahal ini, bukan?

Cara Merawat Persia Jenis Himalaya

Sangat penting untuk memperhatikan perawatan si kucing agar tetap sehat dan tidak stres. Bukan hanya memberi makan dan minum setiap hari, tapi ada juga ada lainnya. Berikut selengkapnya:

  • Sediakan kandang atau tempat yang nyaman untuk si kucing. Tempat yang bersih, punya ventilasi udara bagus dan tidak lembab. Sebab dari tempat tinggal yang terjaga akan mempengaruhi kesehatan si kucing tersebut.
  • Tambahkan pasir khusus untuk kucing, dimana pasir itu nantinya akan membantu mengurangi bau tak sedap di kandang. Pasir tersebut akan lebih bagus jika dalam tiga hari sekali diganti. Kemudian jika ada kotoran di sana , segera buang agar tidak menimbulkan bau tak enak lebih lama.
  • Bersihkan kandang secara berkala. Bila perlu cuci agar bakteri yang menempel juga terbuang. Dengan wadah yang bersih, pastinya si kucing bakal lebih nyaman dan terminimalisir oleh resiko penyakit yang dapat mengancam.
  • Sedia alat makan dan minum yang tidak cekung, mengingat lidah kucing sangat pendek. Selain itu, bersihkan peralatan tersebut secara rutin agar tidak menimbulkan kotoran ataupun bau dari sisa-sisa makanan yang menempel.
  • Berikan vaksin sebagai upaya untuk menjaga kondisi si kucing. Sehingga daya tahan tubuhnya jauh lebih baik. Vaksinasi tersebut bisa kamu dapatkan ke dokter hewan ataupun pihak terkait.
  • Mandikan setidaknya seminggu sekali agar kucing makin bersih dan wangi. Memang, kucing punya cara sendiri untuk membersihkan tubuhnya. Tapi, dengan memandikannya bisa membersihkan badan si kucing lebih maksimal. Pakailah shampoo khusus agar bulu lebat si kucing Himalaya ini tidak rontok. Untuk bagian telinga yang sulit dijangkau, kamu bisa menggunakan cotton bud yang telah dibasahi. Dengan begitu, daun telinga akan bersih. Kemudian untuk bagian kuku juga bisa dibersihkan dengan cotton bud. Kalau panjang kuku sudah berlebihan bisa dipotong pakai gunting kuku.

Perawatan Persia jenis Himalaya bisa kamu kerjakan sendiri di rumah atau membawanya ke salon hewan atau ke pet shop. Jasa mereka sangat bisa diandalkan untuk memberikan perawatan ke kucing yang dipelihara.

Tips Memilih Persia Jenis Himalaya Yang Akan Dibeli

Setelah mengetahui varian, harga dan cara perawatannya kemudian ini segera membeli, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Supaya nantinya tidak salah pilih ataupun ketipu oleh seller yang tidak bertanggung jawab. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih Persia jenis Himalaya:

  1. Pertama, siapkan terlebih dulu budgetnya.
  2. Ketahui harga Persia jenis Himalaya yang terbaru sebagai gambaran untuk mencari dan negosiasi jika diperlukan.
  3. Cari toko hewan terpercaya di sekitarmu. Karena lebih aman dan terawat.
  4. Cari kucing jenis Persia Himalaya yang diinginkan kemudian sesuaikan juga dengan anggaranmu. Kalau mau lebih terjangkau, kamu bisa pilih yang anakan.
  5. Kemudian ketahui jenis makanan apa yang biasanya diberikan. Agar ketika dipelihara di rumah bisa memberikan makanan yang sama.
  6. Setelah setuju untuk bertransaksi, jangan lupa meminta bukti pembelian atas kepemilikan kucing tersebut. Ini ditujukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kalau semisal di pet shop pertama kamu kurang cocok, kamu bisa mencari toko lainnya. Apalagi sekarang ada banyak dan mudah dijumpai, terutama di kota-kota besar. Jadi kamu tidak kesulitan untuk menemui kucing unik satu ini.

Selain membeli kucing di pet shop, sah-sah saja untuk beli ke perorangan. Hanya saja, harus lebih berhati-hati agar tidak kecewa. Karena itu, ada hal-hal yang patut diperhatikan ketika akan membeli kucing jenis Persia ini ke perorangan, seperti:

  1. Cari kucing jenis Himalaya atau Persia jenis Himalaya yang harganya sesuai dengan anggaranmu. Kalau sudah, kamu bisa mencari penjual kucing perorangan di internet maupun relasi lainnya. Kalau cocok, bisa ketemuan di tempat yang aman.
  2. Lihat kondisi fisik si kucing secara langsung. Cek apakah binatang lucu tersebut tampak sehat ataukah sebaliknya.
  3. Cari tahu harga pasaran dari kucing Persia Himalaya yang ditawarkan. Ajukan negosiasi harga untuk mendapatkan penawaran bagus.
  4. Setelah setuju membeli, mintalah bukti pembelian atas kucing tersebut. Jadi agar lebih terjamin kalau binatang tersebut sudah berpindah tangan.
  5. Ketahui juga makanan dan nutrisi apa saja yang biasa diberikan. Jadi Anda bisa memberikan yang sama ataupun nanti ingin diganti.

Demikianlah serangkaian tips dalam membeli Persia jenis Himalaya maupun kucing lainnya. Bila perlu, kamu sekalian cari peralatan makan dan minum, makanannya, kandang maupun lainnya. Sebab ketika akan memelihara kucing, kamu tidak cukup hanya membeli kucing saja kan? Ada peralatan lain yang harus dipersiapkan agar si Persia Himalaya nyaman dan betah tinggal di rumah baru yaitu rumah akan kamu Persiapkan nantinya.