Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar

Diposting pada

Racikan pakan ayam bangkok – Jika kamu ingin ayam bangkok yang dipelihara cepat besar, sehat, tangguh, dan gemuk maka pemberian pakannya harus tepat dan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Sebagai seorang peternak ayam bangkok tentunya perlu mengetahui apa saja pakan yang tepat untuknya. Nah, di bawah ini terdapat beberapa penjelasan mengenai racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar yang wajib kamu simak.

Inilah Racikan Pakan Untuk Ayam Bangkok Sesuai Dengan Umurnya

Racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar
Racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar

Pakan Ayam Bangkok Awal Menetas (Umur 2-14 Hari)

Sejak dua hari awal menetas, maka ayam bangkok cukup diberi air minum yang dicampurkan vitamin. Kemudian, berikan juga voer yang bertekstur lembut sebagai racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar, karena di umur ini anak ayam masih terus belajar mematuk serta belum mampu menelan makanan yang ukurannya besar. Gizi yang diperlukan untuk ayam usia ini yakni hanya lemak dan protein.

Pakan Ayam Bangkok Anakan (Umur 2 Minggu – 1 Bulan)

Di umur dua minggu hingga satu bulan ini, anak ayam mulai aktif untuk mencari makanan sendiri. Selain itu, pada rentang usia ini kebutuhan akan nutrisinya pun terus berubah. Racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar di usia 0-14 hari yaitu 20% protein, 3% lemak, dan 6% serat. Demi memenuhi kebutuhan gizi tersebut, kamu dapat memakai jagung, bekatul, serta tepung ikan yang perbandingannya 2:3:1.

Baca juga:  Makanan Anak Ayam Bangkok

Pakan Ayam Bangkok Remaja (Umur 1-3 Bulan)

Memasuki usia remaja ini, maka ayam akan mulai kerap diumbar di area luar kandang. Namun, masih harus dibatasi sebab di umur tersebut ayam terbilang mudah terserang oleh penyakit. Oleh karena itu, berikanlah makanan yang bisa menambah imunitas supaya ayam semakin tahan dengan penyakit.

Racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar yang paling sesuai yakni dengan memberi jenis voer khusus. Voer 591 diberikan untuk ayam yang berumur 1 bulan, voer 592 untuk umur 2 bulan, dan voer 593 untuk umur 3 bulan.

Pakan Ayam Bangkok Menengah (Umur 3-6 Bulan)

Pada umur 3-6 bulan ini ayam akan lebih aktif lagi mencari makan di luar kandang sampai belajar bertarung. Apabila dilepaskan di luar kandang, maka energinya akan semakin terkuras, sehingga kamu harus memberi pakan yang bisa menambah energi lebih bagi ayam. Kamu bisa memberikan racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar dan menambah energi dari campuran beras merah dan voer.

Kebanyakan peternak memakai voer yang kodenya 594 dan 593. Kamu juga dapat memberi tambahan suplemen, seperti vitamin B kompleks dan kalsium yang fungsinya untuk pertumbuhan bulu dan tulang, serta membantu ayam cepat besar dan gemuk.

Pakan Ayam Bangkok Dewasa (Umur 6-8 Bulan)

Ayam aduan atau bangkok yang berumur 6-8 bulan telah tergolong dewasa. Kamu sudah bisa memberikan pakan yang tentunya lebih variatif sebab pencernaan dari ayam dewasa telah terbilang kuat. Untuk jenis ayam aduan atau petarung seperti ini, kamu perlu memberikan makanan yang tinggi protein yang berfungsi untuk membentuk otot kuat.

Bahan yang biasa dipakai untuk racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar di usia remaja yaitu beras merah, karena mempunyai protein serta dapat meningkatkan energi.  Dikarenakan harga beras merah tergolong mahal, maka kamu bisa mengkombinasikannya dengan voer kode yang lebih tinggi dan nasi. Racikan ini bisa diberikan dalam bentuk kering maupun basah.

Baca juga:  Vitamin Ayam Aduan di Apotik

Makanan untuk Ayam Bangkok yang Berkualitas

Racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar
Racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar

Beras Jagung

Beras jagung menjadi pakan yang bahan dasarnya dari jagung yang digiling hingga berukuran kecil. Beras jagung merupakan pakan lanjutan sesudah memasuki umur tiga bulan lebih yang mana sebelum diberi pakan utama yaitu jagung. Pemberian beras jagung untuk racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar bertujuan untuk membiasakan ayam memakan jagung.

Konsentrat (Pur)

Pur atau konsentrat merupakan pakan yang memang sengaja dibuat dari kombinasi berbagai bahan. Pengertian yang sederhananya yaitu makanan ayam yang berasal dari berbagai jenis bahan yang menjadi satu. Pemberian konsentrat atau pur kepada ayam diperlukan sekali untuk keseimbangan kebutuhan gizi ayam.

Biasanya konsentrat ini diberikan ke ayam agar pertumbuhannya semakin cepat. Akan tetapi, tidak jarang pula peternak akan memberikan konsentrat untuk ayam dewasa agar menambah bobot dari ayam tersebut.

Beras Merah

Beras merah dapat dijadikan sebagai pakan pokok untuk ayam aduan, serta dapat pula dijadikan untuk pakan campuran. Bahan ini memiliki segudang khasiat untuk ayam bangkok.

Selain itu, pemberian  beras merah yang menjadi racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar akan berguna sekali untuk pembentukan otot ayam. Umumnya dengan pakan ini maka otot ayam tak tampak terlalu keras, tetapi lebih lentur dan membuat gerakannya lebih lincah dan cepat.

Jagung

Kamu dapat menyebut bahwa jagung merupakan makanan utama bagi seluruh jenis ayam termasuk ayam bangkok. Jagung mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi sekali sehingga baik untuk dijadikan pakan utama. Jagung ini akan menambah bobot ayam, mempercepat pengerasan otot, meningkatkan kekuatan pukulan, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Nasi Putih

Nasi putih dapat dijadikan sebagai racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar dan tentunya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dasarnya. Nah, tentunya telah banyak peternak yang menjadikan nasi putih tersebut sebagai pakan pokok bagi ayam bangkok. Nasi putih memang bagus untuk ayam, tetapi bila untuk ayam bangkok alangkah baiknya dijadikan sebagai pakan kombinasi atau makanan tambahan saja.

Baca juga:  Ciri-Ciri Ayam Bangkok Aduan yang Bagus dan Tips Perawatannya

Karbohidrat yang ada di dalam nasi putih sangat banyak apabila dibandingkan dengan beras merah dan jagung. Tentu saja kamu tidak ingin jika ayam mempunyai berat badan yang berlebihan ataupun kegemukan, sehingga sebaiknya berikan nasi putih dengan takaran secukupnya saja.

Dedak Padi

Dedak padi adalah pakan ayam yang berasal dari tumbukan kulit padi. Banyak orang yang menganggap bahwa dedak padi ini sama dengan bekatul. Walaupun bahan pembuatannya serupa namun kandungan nutrisi dari dedak padi dan bekatul memiliki sedikit perbedaan. Dedak padi memiliki kandungan serat kasar yang lebih tinggi dibandingkan dengan bekatul.

Gabah

Gabah adalah bulir padi yang sudah dipisahkan dengan tangkainya. Ini menjadi salah satu pakan ayam bangkok terbaik yang dapat Anda gunakan, baik sebagai makanan pokok maupun makanan selingan. Ternyata gabah bagus sekali bagi kesehatan ayam, yang mana pemberian gabah tersebut bisa membentuk tubuh ayam menjadi semakin ideal.

Sebagian peternak memanfaatkan pakan gabah ini guna menurunkan kelebihan berat badan pada ayam. Pasalnya, ayam bangkok yang mempunyai berat badan berlebihan akan kesusahan ketika melakukan pukulan serta gerakannya pun menjadi lambat.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar. Apabila semua proses kamu lakukan secara benar, maka kualitas dari ayam bangkok dapat meningkat.