11 Ras Kucing yang Bisa Dijadikan Peliharaan Lucu di Rumah

Diposting pada 41 views
Bagikan artikel ini

Tak heran jika banyak orang tertarik untuk memelihara hewan yang satu ini karena selain tingkah lucunya, banyak ras kucing unik yang bisa dipelihara di rumah.

Apakah mudah memelihara kucing sendiri di rumah? Sebenarnya, bisa dikatakan bahwa memelihara kucing adalah perkara yang susah-susah gampang. Meski begitu, kamu bisa mencoba mempelajari tips untuk merawatnya dengan baik dan benar di rumah.

Sekarang, jika kamu sudah tertarik untuk memelihara kucing di rumah. Kira-kira jenis ras kucing apakah yang hendak Anda pilih sebagai peliharaanmu? Kucing yang cocok dipelihara oleh pemula adalah kucing domestik sebagai awalannya. Karena kucing ini juga lebih mudah untuk dipelihara dibanding ras kucing yang lain.

Ras Kucing
Ras Kucing

Kenali Sejumlah Ras Kucing Populer yang Cocok Dipelihara oleh Pemula

Banyak sekali jenis ras kucing yang bisa dipilih sebagai teman bermain di rumah. Berikut beberapa jenis yang bisa kamu pilih sendiri.

Kucing Domestik
Kucing Domestik

Kucing Domestik

Kucing domestik atau kampung adalah jenis kucing yang banyak dipelihara oleh orang. Selain banyak dari jenis kucing ini yang terlantar, banyak juga yang menghibahkan jenis kucing ini untuk dirawat. Kucing domestik ini tidak memiliki karakter dan perawatan khusus sehingga mudah dipelihara.

Kucing Persia
Kucing Persia

Kucing Persia

Kucing Persia yang memiliki wajah lucu banyak diminati oleh orang. Karakteristiknya adalah rambut panjang lebat, bentuk wajah bulat, dan hidung pesek. Ketika kamu memutuskan memeliharanya, jangan lupa persiapkan biaya untuk membeli dan memeliharanya. Harga kucing ini berkisar antara Rp 500.000 – Rp 13.000.000.

Kucing Anggora
Kucing Anggora

Kucing Anggora

Kucing ini merupakan jenis tertua yang berasal dari negara Turki. Kucing ini memiliki karakteristik bulu lebat berwarna putih dan telinga yang lebar. Kucing anggora sendiri dibanderol dengan harga berkisar antara Rp 1.500.000.

Kucing Siam
Kucing Siam

Kucing Siam

Kucing siam merupakan kucing oriental yang banyak ditemui di negara Thailand. Karakteristik kucing ini adalah memiliki mata berwarna biru, bersuara lembut, tubuh ramping, ekor yang panjang, bulu pendek, dan titik gelap. Kucing jenis ini masih dikelompokkan lagi ke dalam tiga jenis, yaitu tradisional, klasik, dan modern.

Kucing Ragdoll
Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll

Kucing ini berasal dari negara AS. Pemberian nama kucing ini sendiri bermula dari sifatnya yang jinak menyerupai boneka dari kain. Karakteristik kucing ini adalah memiliki pipi bulat dan cenderung tenang pembawaannya. Kucing ini dijual dengan kisaran harga Rp 3.500.000 – Rp 10.000.000.

Kucing Maine Coon
Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon

Kucing ini merupakan ras kucing paling besar yang bisa dipelihara langsung bersama dengan anjing dalam satu atap. Kucing dengan karakteristik garang namun anggun dan memiliki bulu serta ekor yang panjang ini dijual dengan harga kisaran Rp 8.000.000.

Kucing Sphynx
Kucing Sphynx

Kucing Sphynx

Masih ingat dengan kucing Raditya Dika? Ya, Raditya Dika memang memelihara jenis kucing ini di rumahnya. Sphynx merupakan kucing yang di tubuhnya tampak tidak berbulu, padahal tetap memiliki bulu meski ukurannya pendek. Maka dari itu, tak heran jika kucing ini harus dirawat dengan khusus. Harga kucing ini sendiri berkisar antara  Rp 14.000.000 lebih.

Kucing Russian Blue
Kucing Russian Blue

Kucing Russian Blue

Ras kucing alami ini berasal dari negara Rusia. Karakteristik umumnya adalah memiliki bulu berwarna perak kebiruan dengan mata berwarna hijau terang. Kucing ini dihargai sekitar Rp 39.000.000.

Kucing Bengal
Kucing Bengal

Kucing Bengal

Kucing ini masih memiliki kekerabatan dengan macan tutul sehingga tampak sama motif tubuhnya. Meski begitu, kucing ini dijamin jinak. Harga kucing ini berkisar antara Rp 10.000.000.

Kucing Munchkin
Kucing Munchkin

Kucing Munchkin

Kucing ini memiliki ukuran yang mungil meski sudah dewasa sekalipun. Karakteristik umumnya adalah berkaki mungil dan pendek. Harga kucing ini dibanderol antara Rp 5.000.000.

Mengenal Jenis-Jenis Kucing yang Ada di Alam Liar

Kucing Hutan
Kucing Hutan

Apakah kamu pernah mendengar jenis kucing hutan? Kucing ini memiliki bentuk yang unik dan terbilang langka sehingga banyak dicari oleh para kolektor kucing. Meski begitu, jangan asal pilih ya karena tidak semua jenis kucing yang ada di alam liar boleh dipelihara.

Berikut sejumlah jenis kucing yang hidup di alam liar.

Kucing Merah

Ras kucing merah merupakan jenis kucing yang sangat langka sehingga sulit ditemui. Selain di kawasan Kalimantan, kamu juga bisa menemukannya di kawasan Malaysia atau Brunei.

Kucing Emas

Kucing ini merupakan jenis kucing yang memiliki sifat pemalu.  Kucing-kucing ini banyak menghindari aktivitas manusia sehingga jarang ditemukan keberadaannya. Panjang tubuh kucing ini berkisar antara 116-161 cm. Daging dan tulang kucing ini dipercaya dapat digunakan sebagai pengobatan sehingga mengancam kelestarian jenis kucing ini.

Kucing Batu

Kucing batu banyak ditemukan di kawasan Kalimantan dan Sumatra. Bentuk pola rambutnya yang indah membuatnya banyak diburu untuk diambil kulitnya.

Kucing Kuwuk

Kucing ini bisa ditemukan di kawasan Kalimantan, Sumatra, dan Jawa. Kucing ini banyak diburu karena kulitnya.  Kucing ini memiliki ukuran kecil dengan panjang berkisar antara 30-66 cm saja. Sedangkan, berat badannya hanya di kisaran 3 kg saja.

Kucing Tandang

Kucing ini memiliki ukuran seperti kucing domestik. Persebarannya banyak berada di kawasan Kalimantan dan Sumatra.

Kucing Bakau

Kucing ini banyak hidup di kawasan Kalimantan dan Sumatra. Kucing ini mencari makanan di sekitar pinggiran sungai. Bahkan, kemampuan berenang dan menyelamnya dapat membantu kucing ini mencari mangsa. Ukuran tubuh kucing bakau adalah dua kali dari ukuran kucing domestik. Ukuran panjangnya berkisar antara 57-78 cm dengan bobot 5-16 kg. 

Kucing Terlucu yang Cocok Dipelihara

Kucing Birman
Kucing Birman

Ternyata banyak juga ras kucing yang berbeda-beda dengan berbagai karakteristik lainnya yang unik. Namun ada juga jenis kucing yang paling lucu yang sangat cocok untuk dipelihara di rumah.

Salah satu kucing yang lucu dan menggemaskan adalah kucing birman. Kucing birman merupakan jenis kucing yang memiliki perawakan menyenangkan seolah-olah bisa menghibur pemiliknya. Selain itu, kucing itu juga cukup cerdas dan sangat mudah beradaptasi dengan baik sehingga cocok diajak bermain oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Jika kamu pernah menyaksikan sebuah film animasi anak-anak bertema hewan, salah satu tokoh kucing di sana hampir sama bentuknya dengan kucing jenis exotic shorthair. Namun, sayangnya kucing ini memiliki pembawaan yang hati-hati sehingga proses adaptasinya cenderung membutuhkan waktu yang lama. Kelebihan kucing ini adalah kesetiaannya kepada pemiliknya sehingga gemar mengikuti kemana saja pemiliknya pergi.

Ras kucing lainnya yang cocok dijadikan teman di rumah adalah kucing Siberian. Kucing ini merupakan kucing jenis domestik yang berasal dari Siberia, Rusia. Kucing ini memiliki karakteristik pendek dengan bulu sedang. Warna bulunya juga bermacam-macam sehingga tampak menarik dilihat.

Berdasarkan banyaknya ras kucing di atas. Mana yang kamu pilih untuk dijadikan teman bermain di rumah? Hal terpenting sebelum memutuskan untuk memelihara kucing-kucing di atas maka ketahui lebih jelas tentang perawatannya agar bisa merawatnya dengan baik.