Mengenal tentang Kucing Rex Devon Wajib Diketahui!

 
Bagikan artikel ini

Kucing Rex Devon adalah salah satu ras kucing yang berbulu pendek. Kucing jenis ini juga disebut-sebut sebagai saudara jauh dari ras kucing Cornish Rex karena mereka sama-sama memiliki badan yang kecil. Kucing jenis ini disebut salah satu jenis kucing yang paling aman bagi manusia yang memiliki alergi bulu karena jenis bulunya yang pendek dan lembut.

Kucing jenis ini pertama kali ditemukan oleh Beryl Cox di kota Devon, Inggris pada tahun 1960 tepatnya di dekat lokasi tambang timah milik dirinya. Kucing dengan ras Rex Devon ini memiliki susunan genetik yang mirip dengan kucing ras Cornish Rex dan sangat berbeda jauh dengan kucing ras Persia.

Kirlee adalah nama kucing pertama dari ras ini, dan Kirleelah yang menjadi pencetus kemunculan ras Rex Devon di kota Devonshire. Pada tahun 1968 ketika seekor kucing ras Rex Devon bermigrasi ke Amerika Serikat, organisasi internasional mulai mendaftarkan ras ini sebagai ras yang resmi sejak tahun 1979, dan hingga sekarang ras ini terbilang sebagai ras unik.

Kucing rex devon
Kucing rex devon

Keunikan yang dimiliki Kucing Rex Devon

Kucing jenis ini memiliki julukan “Kucing Peri” atau “Kucing Alien” karena penampilannya unik sehingga berbeda dengan kucing jenis lainnya dan wajahnya juga terlihat seperti alien. Kucing dari ras ini memiliki 3 jenis bulu, yaitu Guard Hair, Awn Hair, dan Down Hair.

Kucing jenis ini juga memiliki ciri khas yang membuatnya mudah dikenali, yaitu:

  • Bentuk daun telinganya sangat besar dan membentuk bulat
  • Bulu kumisnya terbilang sangat pendek, bahkan ada beberapa kucing dari ras ini yang memiliki bulu kumis keriting sehingga kelihatannya seolah-olah tidak mempunyai bulu kumis
  • Berbulu pendek dan keriting tetapi tidak mengurangi kelembutannya
Baca juga:  Kucing Ocicat: Sejarah, Ciri Khas dan Cara Merawat Kucing ini

Sedangkan karakteristik atau keunikan yang dimiliki kucing jenis ini cukup berbeda dari kucing-kucing jenis lainnya. Karakteristik atau keunikan tersebut adalah:

Memiliki semangat yang tinggi

Kucing Rex Devon termasuk jenis kucing yang aktif dan senang bermain, sehingga banyak orang yang mendeskripsikan kucing jenis ini mempunyai temperamen yang mirip dengan anjing dan monyet. Kucing jenis ini dapat melompat dengan sangat tinggi dan sangat tidak bisa diam sehingga mereka terkesan selalu melakukan kegiatan yang dianggap orang lain tidak terlalu penting seperti menyusuri setiap sudut rumah, dan berjalan mondar mandir tanpa tujuan.

Cerdas

Kucing jenis ini termasuk dalam jenis kucing yang mudah untuk dilatih. Selain mudah dilatih, mereka juga cukup pandai ketika harus bermain kejar tikus atau permainan lainnya. Bahkan, ada yang bilang juga kalau kucing dari ras ini dapat melakukan sesuatu yang biasanya dilakukan oleh seekor anjing, seperti mengambil barang, berjalan di atas tali, berdiri hanya dengan kaki belakangnya, dan masih ada banyak lagi.

Sabar menunggu waktu makan tiba

Saat sudah waktunya makan, kucing jenis ini akan menunggu dengan sabar dan tenang sampai makanannya sudah kamu taruh ke dalam kotak makan. Mereka senang walaupun harus menunggu hingga makanannya sudah siap.

Itulah ciri dan karakteristik yang dimiliki kucing jenis ini. Cukup banyak yang berbeda kan dibanding kucing jenis lainnya?

Kucing rex devon
Kucing rex devon

Cara Merawat Kucing Rex Devon

Bagi pemelihara kucing jenis ini, kamu diharuskan untuk lebih memperhatikan perawatan bulunya. Karena bulu dari kucing jenis ini termasuk keriting, kamu harus menyisir dan merapikan bulunya paling tidak seminggu sekali. Jika tidak dilakukan, itu akan membuat bulu keritingnya menjadi kusut sehingga tidak enak untuk dipandang.

Baca juga:  Kenali Berapa Lama Kucing Hamil dan 10 Ciri Akan Melahirkan

Untuk merawat kucing jenis ini, kamu juga diharuskan untuk selalu memonitor asupan makannya, karena jika tidak kamu lakukan, mereka sangat mungkin mengalami obesitas sebab nafsu makannya yang tinggi.

Selain itu, seperti halnya merawat kucing jenis lainnya, kamu juga harus rajin memotongi kukunya, jangan biarkan mereka memiliki kuku yang panjang dan tajam, karena itu akan merugikan si pemilik maupun si kucing itu sendiri.

Harga Kucing Rex Devon

Untuk harga dari kucing jenis ini sendiri tidaklah mahal. Hampir sama dengan kucing jenis Havana Brown, kucing dari ras Rex Devon memiliki harga sekitar Rp. 5.500.000 hingga Rp. 6.700.000. ini terbilang murah karena masih ada banyak lagi jenis kucing yang harganya lebih mahal dari kucing jenis ini.

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan ketika ingin memelihara seekor kucing adalah jangan pernah lupa selalu menyediakan vitamin, makanan, dan litterbox untuk si kucing. Sebab, ini berguna untuk mengantisipasi suatu hal yang dapat terjadi kapan pun seperti contohnya kelaparan, si kucing sakit, atau pada saat si kucing ingin buang air besar.

Sekarang sudah waktunya mengakhiri pembahasan tentang fakta menarik yang dimiliki Kucing Rex Devon. Bagi pasien asma atau seseorang yang memiliki alergi bulu lainnya, kucing jenis ini sangat cocok untuk kamu pelihara.