Kucing Rex Selkirk: Deskripsi, Sejarah, Ciri, Cara Merawat, serta Harganya

 
Bagikan artikel ini

Satu lagi jenis kucing yang wajib Kamu ketahui, yakni kucing jenis rex selkirk. Jenis kucing yang bertubuh besar ini sangat menarik untuk dibahas. Atau mungkin Kamu ingin memelihara jenis selkirk rex ini? Jika Kamu penasaran, maka Kamu wajib menyimak artikel berikut ini.

Rex selkirk
Kucing rex selkirk

Deskripsi dan Sejarah Kucing Rex Selkirk

Kucing yang masuk keluarga kucing dengan badan yang cukup besar ini serupa dengan kucing maine coon. Jika sudah dewasa, ia mampu memiliki berat hingga 16 pounds dan bahkan lebih. Ciri tubuhnya selain besar adalah kekar dan juga padat, yang mana mirip dengan kerabat kucingnya yakni ras devon rex dan juga cornish rex.

Rambutnya juga keriting, yang mana hingga membuatnya mendapat sebutan sebagai kucing yang berpakaian bulu domba. Kucing ini muncul saat 1987 di Montana yang mana terdapat perkawinan kucing domestik yang memiliki bulu pendek dan dikawinkan dengan kucing persia. Kemudian perkawinan silang tersebut menghasilkan 6 anak kucing yang 1 berbulu keriting yang disebut dengan Miss DePesto.

Kemudian Miss DePesto dikawinkan dengan kucing persia yang lainnya. Pada akhirnya, ia melahirkan anak kucing dengan rambut keriting yang dominan yang mana akhirnya ras selkirk ini disahkan menjadi ras tersendiri dan diverifikasi pada tahun 1992.

Ciri Rex Selkirk

Agar Kamu lebih bisa membayangkan dan mengenali kucing yang satu ini, alangkah lebih baik mengetahui ciri-cirinya. Ciri dari selkirk rex ini adalah sebagai berikut:

Baca juga:  Kenali Kucing Bengal Mix Kampung Wajib Diketahui! Seperti Harimau

Bulunya yang lebat dan keriting

Ciri pertama yang sangat kentara pada kucing yang satu ini adalah bulunya yang sangat lebat dan keriting. Saking lebatnya, biasanya bulunya nampak tidak tertata, namun tetap indah tentunya. Terkadang, orang menyebut bahwa kucing ini memakai pakaian dari bulu domba. Ini adalah keunikan utama yang dimilikinya.

Tubuhnya yang besar dan tegap

Badan yang dimiliki oleh kucing selkirk ini sangat besar dan tegap, yang mana ukurannya mirip kucing maine coon. Paling maksimal, besarnya kucing ini bisa mencapai 50-an cm. Tentu ini menunjukkan bahwa kucing yang satu ini memiliki badan yang bongsor dan berbeda dengan kucing kebanyakan.

Memiliki sifat yang tenang

Bagi Kamu yang menyukai kucing bersifat lemah lembut dan tidak agresif, maka kucing selkirk ini bisa menjadi pilihan yang pas bagi Kamu. Kucingnya sangat santai dan cenderung pendiam. Tetapi, nantinya sekali mengenal Kamu dan jatuh cinta, maka siap-siap akan membuat rex selkirk semakin manja.

Cara Merawat Kucing Rex Selkirk

Yang tidak kalah penting yang harus Kamu ketahui adalah perihal merawat kucing kesayangan umat yang satu ini. Cara merawatnya tidak terlalu susah, kok. Antara lain adalah sebagai berikut:

Sisir secara berkala tetapi tidak terlalu sering

Faktanya, kucing yang satu ini tidak akan mengalami kerontokan hebat seperti kucing berbulu panjang pada umumnya. Hal ini dikarenakan rambutnya yang cenderung ikal. Tetapi, Kamu juga harus secara berkala menyisirnya karena jika tidak, bulunya akan kusut. Dalam waktu bersamaan pula, jangan menyisirnya terlalu sering karena nanti ikalnya akan rusak.

Maka dari itu, jangka waktu terbaik untuk menyisir bulu kucing ini adalah minimal dua minggu sekali. Ini adalah waktu ideal tidak terlalu lama atau terlalu cepat sehingga masalah yang mungkin terjadi seperti yang dijabarkan di atas muncul.

Baca juga:  8 Sifat dan Karakter Kucing Abisinia yang Wajib Kamu Ketahui!

Mengetahui berbagai masalah kesehatan yang sering terjadi

Kucing ini memiliki potensi masalah kesehatan dengan jenis kucing lainnya. Penyakit yang mungkin mengenai kucing ini antara lain adalah penyakit ginjal polikistik, kardiomiopati hipertrofi, dan juga displasia panggul. Dengan mengetahui berbagai potensi penyakitnya, Kamu jadi bisa waspada sehingga masalah tersebut tidak menjangkiti kucingmu.

Kamu juga bisa mengantisipasi dengan mengetahui ciri-ciri kucing yang terjangkit berbagai penyakit di atas. Untuk lebih lanjut, Kamu bisa menghubungi dokter hewan untuk cek up kesehatan kucingmu secara rutin.

Rex selkirk
Kucing rex selkirk

Harga Kucing Rex Selkirk

Pada kenyataannya, kucing yang memiliki banyak sekali peminat ini memiliki harga yang cukup fantastis. Hal tersebut dikarenakan memang ras kucing selkirk ini merupakan ras yang terbilang susah dijaga untuk keaslian rasnya. Apabila kamu hendak membeli, maka kamu dapat membelinya langsung di petshop terdekat, ataupun di pengembangbiak kucing yang lucu ini.

Lalu bagaimana dengan kisaran harganya sendiri? Untuk kisaran dari selkirk ini adalah sekitar Rp. 8.100.000 hingga Rp. 22.000.000. Harganya memang sangat bervariasi karena harganya ditentukan oleh berbagai faktor. Faktor yang mungkin mempengaruhi harga antara lain adalah umur, jenis kelamin, kualitasnya, dan lain sebagainya. Itulah berbagai hal tentang kucing rex selkirk.

Pada dasarnya, semua kucing memiliki keunikannya tersendiri dan dalam hal ini kucing selkirk adalah kucing yang sangat unik dan banyak yang menyukainya. Jika Kamu memelihara kucing ini, jangan lupa untuk memahami berbagai hal tentangnya sehingga Kamu dapat merawatnya dengan baik.