5 Tips Memelihara Kucing Russian Blue

Diposting pada 7 views

Jenis kucing Russian Blue ini memang sangat populer untuk para pencinta kucing. Alih-alih dianggap sangat cerdas, jenis kucing ini cukup mudah untuk didapatkan.

Russian Blue
Kucing Ras Russian Blue

Dengan segudang keunikannya, maka kucing ini memang sangat cocok menjadi teman hidup. Terlebih lagi sifatnya yang periang sepertinya mampu membuat perasaan kamu selalu ceria.

Di samping hal itu, jenis kucing ini memang termasuk ke dalam jajaran kucing ras yang elit. Meskipun begitu, harganya tidak seperti kucing- kucing import lainnya seperti British Short Hair.

Fakta Menarik Kucing Russian Blue

Mempelajari tentang kucing ras Rusia ini, bisa menjadi wawasan bagi kamu yang tertarik memilikinya. Karena kucing ini memiliki fakta- fakta yang unik juga.

Karena Russian Blue ini berjenis ras pendek, sepertinya kucing ini diminati karena perawatannya yang cukup simpel. Sehingga dapat dirawat dengan mudah dengan biaya yang bisa tergolong murah.

Sebelum memilikinya, ada baiknya memperhatikan fakta- fakta unik tentang kucing Russian blue berikut ini:

Ras Asli dari Rusia

Menurut beberapa sumber ternyata kucing ini mengalami genetik yang unik karena hidup di hutan-hutan daerah negara Rusia bagian utara. Kita ketahui bahwa Rusia cukup mempunyai iklim yang ekstrim.

Yang membuat kucing-kucing ini mengalami adaptasi yang cukup keras. Sehingga melahirkan jenis kucing Rusia yang satu ini. Namun disebutkan juga bahwa kucing ras Russian Blue ini mulai terkenal pada tahun 1860 ketika sedang musim- musimnya para pelaut berlayar.

Sudah pasti bahwa kelebihan kucing Rusia ini adalah sifatnya yang manja, sehingga membuat para pelayar pada saat itu menaruh perhatian lebih. Hal tersebut tercatat dalam salah satu tulisan sejarah pada pelabuhan pulau Archangel Rusia.

Termasuk Kucing yang Paling Pintar

Pada dasarnya kita sudah mengenal bahwa anjing adalah binatang setia yang pintar. Namun hal tersebut dapat ditepis oleh hewan yang menggemaskan ini. Ternyata selain setia, kucing ini memiliki kecerdasan yang cukup baik.

Sehingga kamu bisa mengajarkannya tentang sesuatu hal yang menarik seperti mempelajari trik- trik tertentu. Beberapa fakta membeberkan bahwa kucing ras Rusia ini mampu setara kecerdasannya dengan anjing.  

Faktanya bahwa kebanyakan kucing domestik atau ras memang selalu kesulitan bila mempelajari hal yang butuh konsentrasi. Meskipun semua kucing dapat diajari dengan memakai trik makanan.

Tetapi kucing ras Rusia ini termasuk kucing yang sangat cepat untuk berkembang. Banyak pentas-pentas sirkus yang memang memakai jenis kucing Rusia ini, karena kecerdasan dan mudah diajari.

Terlebih lagi, harga kucing Russian blue ini tidak semahal kucing import lainnya. Kamu bisa mendapatkan kucing ini dengan harga 3 sampai 5 juta untuk setiap anakannya.

Sering Dikira British Shorthair

Meski terlihat sama, perbedaan kucing Russian blue dan British shorthair terlihat sangat jelas dari bentuk tubuhnya secara keseluruhan. Misalnya saja ras Rusia lebih ramping, sedangkan British Shorthair terlihat lebih gembul.

Selain itu, ras Rusia memiliki kecerdasan di atas rata-rata yang juga membedakannya dengan ras bulu pendek dari Inggris tersebut.

Tips Merawat Kucing Russian Blue

Agar kucing ras Rusia kamu sehat selalu, simak tips merawatnya berikut ini:

Mencukur Bulu Kucing

Faktanya mencukur bulu sangat membuat kucing stress. Untungnya perawatan kucing ras Rusia ini cukuplah mudah. Sehingga kamu tidak perlu berlebihan merawat bulu- bulu kucing jenis Rusia ini.

Cukuplah kamu menjaga suhu dan makanan dari kucing jenis ini agar bulu- bulunya tidak mudah rontok. Kamu tentu mengetahui bahwa kucing panjang hanya pada kucing savannah.

Namun ternyata kucing ras Rusia ini tentu termasuk ke dalam kucing peliharaan yang cukup terlihat panjang. Hal tersebut dikarenakan kucing ini memiliki pola yang cukup bagus pada bulu- bulunya. Sehingga tubuhnya terlihat lebih ramping.

Sehingga merawat bulunya tidak perlu sesuatu yang spesial seperti kucing bulu panjang lain. Tentunya kucing bulu panjang sangat sulit untuk merawatnya. Sedangkan kucing jenis ras Rusia ini tidak perlu demikian, meskipun bulunya terlihat eksotis.

Mensterilkan Kucing

Mensterilkan anak kucing ras Russian Blue adalah prosedur umum dengan banyak manfaat untuk si kucing sendiri dan juga pemiliknya. Sterilisasi pada umumnya dipakai untuk kucing berjenis jantan.

Pada jenis betina maka diberlakukan pengangkatan rahim. Meskipun kadang-kadang istilah sterilisasi digunakan untuk mensterilkan hewan jantan maupun betina.

Prosedur sterilisasi memang dianggap positif bagi kesehatan kucing. Hal tersebut tentu untuk menekan populasi dan juga bermanfaat terhadap kesehatan kucing.

Kucing yang sudah steril maka hasrat untuk mencari pasangannya itu rendah. Sehingga kucing tersebut berkemungkinan kecil untuk kabur. Tetapi bila kamu merawat kucing ini untuk dikembangbiakkan, maka kamu bisa melakukan sterilisasi pada kucing jenis ras Rusia yang sudah cukup berumur saja.

Perhatikan Jenis Makanannya

Umumnya banyak orang hanya memberi makanan kering pada kucing peliharaan mereka. Ternyata faktanya makanan kering untuk kucing hanyalah bersifat kudapan.

Tentunya untuk sebagian jenis kucing, makanan kering tidak bisa memuaskan rasa lapar. Oleh karena itu, bagi calon pemilih kucing jenis ras Rusia ini perlu memperhatikan jenis makanannya.

Makanan kucing juga diwajibkan untuk mengandung makanan basah yang bergizi lengkap. Karena hal tersebut dapat membantu kucing dalam proses metabolismenya.

Antara Tanaman dan Kucing

Bagi sebagian orang menyimpan tanaman di rumah merupakan sebuah hobi sehingga menimbulkan kepuasan tersendiri. Hal ini juga berlaku bagi beberapa pemilik hewan peliharaan seperti kucing.

Tanaman yang dapat dijangkau oleh kucing peliharaan tentu berisiko. Karena beberapa tanaman rumah ternyata beracun bagi hewan peliharaan yang satu ini.

Sejatinya Kucing ras Russian Blue gemar sekali untuk mencicipi semua hal termasuk tanaman. Terlebih anak kucing yang masih sering bermain dan selalu penasaran dengan segala hal. Maka, hindari menyimpan tanaman yang bisa berbahaya untuknya.

Jangan Menghukum Kucing

Terkadang pemilik kucing sangat kesal pada kucing peliharaan mereka. Terlebih bila kucing tersebut membuat onar. Atau perasaan pemilik yang bisa saja secara tidak sengaja melampiaskan pada kucingnya.

Hakikatnya sebagai hewan mereka tidak akan pernah tahu mengapa mereka dihukum. Hal ini dikarenakan kucing tidak dapat memahami sebuah hukuman.

Apalagi hal tersebut merupakan hasil dari perbuatan mereka. Sehingga cara yang baik adalah melatihnya untuk memahami hal yang tidak diperbolehkan dan dilarang.

Jika memang melarang aturan, maka harus terus latihan untuk melakukan yang benar bukan menghukumnya. Hukuman yang sembarangan dan teriakan sang pemilik hanya akan membuat kucing takut dan trauma.

Sehingga tidak jarang beberapa kucing peliharaan depresi dan ketakutan. Bahkan kasusnya sampai melarikan diri dari rumah. Hal tersebut sangat disayangkan terlebih bila membeli jenis kucing ras Rusia ini yang harganya tidak murah.

Alasan Harus Memiliki Kucing ini

Kucing ras Russian Blue ini memang cocok untuk dijadikan teman hidup. Selain sifatnya pintar dan setia, ternyata ketahanan dari jenis kucing ini cukup bagus bahkan bisa hidup sampai 25 tahun. Beberapa kucing biasa memang biasanya memiliki penyakit dalam seperti ginjal. Namun kucing ini memiliki ketahanan terhadap penyakit tersebut.