Kucing Sfinks Don: Fakta Menarik tentang Kucing ini

 
Bagikan artikel ini

Kucing dari ras Sfinks Don merupakan salah satu ras kucing yang berasal dari Rusia yang diakibatkan mutasi genetik yang alami. Kucing jenis ini kesannya tidak memiliki bulu sehingga sering mendapat julukan kucing tanpa bulu. Di Indonesia sendiri sudah terdapat banyak orang yang memilih kucing jenis ini sebagai hewan peliharaannya.

Sejarah dari kucing ini berawal dari seorang peternak kucing bernama Elena Kovaleva yang menemukan seekor kucing unik dengan tubuhnya yang terkesan tidak diselimuti bulu yang pada umumnya ditemui di semua jenis kucing lainnya di kota Rostov-on-Don, Rusia. Karena itulah kucing jenis ini dinamakan kucing Sfinks Don, dan untuk kata “Sfinks” didapatkan dari fakta tentang tampilan kucing ini yang mirip dengan ras kucing Sfinks.

Jika kucing Sfinks muncul karena gen resesif, kucing ras Sfinks Don muncul karena gen yang dominan.

Kucing jenis ini pertama kali mendapat pengakuan dari WCF (World Cat Federation) pada tahun 1997, dan pada tahun 2005 mereka mulai diakui oleh TICA (The International Cat Association).

Sfinks don

Ciri dan Karakteristik Kucing Sfinks Don

Kucing jenis ini memiliki ciri yang sangat khas, yaitu terlihat tidak mempunyai bulu sama sekali di tubuhnya. Selain itu, ciri khas lainnya adalah:

  • Badannya berukuran sedang dan berotot
  • Daun telinganya lebih lebar jika dibandingkan dengan ukuran daun telinga kucing lainnya
  • Bentuk matanya menyerupai kacang almond yang memanjang
  • Cakarnya berselaput
  • Memiliki 4 jenis bulu tipis yang berbeda dengan berbagai warna, yaitu Rubber Bald, Flock, Velour, dan Brush

Sedangkan untuk karakter kucing ini adalah:

Baca juga:  Kucing Cymric: Kucing Hasil Mutasi Genetik Alami Tertua Asal Inggris

Aktif

Kucing jenis ini memiliki karakter yang cukup aktif. Mereka sangat suka jika diajak bermain dengan pemiliknya. Kamu juga bisa melatih mereka dengan mudah.

Ramah

Kucing dari ras ini juga memiliki kepribadian yang sangat ramah. Kucing ini gampang beradaptasi dengan lingkungan barunya dan berteman dengan hewan-hewan atau manusia-manusia di sekitarnya.

Penuh kasih sayang

Mereka menyukai perhatian yang diberikan oleh pemiliknya, maka dari itu bagi kamu yang sudah memilih untuk memelihara kucing jenis ini, jangan pernah merasa capek untuk memberikan perhatian yang melimpah ke mereka. Jika kamu sudah melakukan tugasmu dengan baik untuk memberikan perhatian yang melimpah ke mereka, maka mereka juga pasti akan membalasnya dengan sangat baik.

Setia dan berdedikasi kepada pemiliknya

Kucing jenis ini terkenal sangat setia, mereka memiliki tingkat kesetiaan dan kepedulian yang tinggi kepada pemiliknya. Mereka akan menuruti semua perintah yang kamu ajukan.

Meskipun dari segi fisiknya sendiri cukup berbeda dibandingkan kucing jenis lainnya, tapi dari segi prilakunya mereka tidak jauh berbeda dengan kucing jenis lainnya.

Cara Merawat Kucing Sfinks Don

Kucing jenis ini dipercayai muncul karena sebuah dominan gen, maka kucing ini dikatakan rentan terkena penyakit Feline Ectodermal Dysplasia. Penyakit tersebut dapat mengakibatkan masalah pada pertumbuhan gigi dan masalah dalam produksi asam laknat. Maka dari itulah, bagi kamu yang memilih memelihara kucing jenis ini, kamu harus rutin memeriksakannya ke dokter hewan supaya kamu bisa memastikan bahwa kucing peliharaan kamu terbebaskan dari penyakit ini.

Selain itu, kamu juga harus memandikan dan membersihkan kulitnya secara rutin meskipun mereka tidak memiliki bulu yang lebat. Hal itu dilakukan untuk menjaga kulitnya supaya terhindar dari berbagai macam penyakit. Apalagi kucing jenis ini memiliki kulit yang berminyak, jadi kamu harus memandikannya supaya pori-porinya tidak tersumbat minyak dan minyak yang ada di kulitnya tidak menempel di barang-barang yang ada di rumahmu.

Baca juga:  Sifat dan Karakter Kucing Persia Abu Abu yang Harus Diketahui

Yang terakhir, tidak berbeda dengan merawat kucing jenis lainnya, untuk merawat kucing jenis ini kamu harus membersihkan gigi dan telinga mereka secara rutin untuk menghindari penumpukan kotoran di kedua bagian tubuh itu.

Sfinks don

Harga Kucing Sfinks Don

Untuk harga kucing jenis ini terbilang cukup murah, meskipun juga ada yang dibanderol harga yang cukup tinggi. Berikut daftar harga dari kucing jenis ini:

No.Jenis KucingUsiaHarga
1.Tipe jantan nonped3 tahunRp. 6.000.000
2.Tipe pejantan6 bulanRp. 4.000.000
3.Tipe anak kucing atau kitten2 bulanRp. 1.800.000
4.Ras asli2 tahunRp. 20.000.000
5.Tipe anakan murah3 bulanRp. 3.000.000
6.Tipe dewasa3 tahunRp. 25.000.000
7.Tipe asli1 tahunRp. 10.000.000

Itulah fakta-fakta menarik yang perlu kamu ketahui. Yang paling harus diingat adalah kamu harus benar-benar berkomitmen jika memang memilih memelihara kucing Sfinks Don dengan merawatnya sepenuh hati tanpa pernah mengeluh. Namun, sebenarnya aturan tersebut tidak hanya harus dilakukan bagi pemelihara kucing jenis ini, tapi juga untuk semua pemelihara kucing dari jenis apapun, dan pemelihara hewan apapun.