10 Tips Fotografi dengan Kamera Ponsel

by -59 views
10 Tips Fotografi dengan Kamera Ponsel
10 Tips Fotografi dengan Kamera Ponsel

Sebelum era kamera ponsel pintar seperti saat ini, mengabadikan foto yang bagus bisa menjadi proses yang sangat merepotkan. Anda harus membeli kamera mewah yang jelas tidak murah, belum lagi software editing foto, serta menginvestasikan waktu dan energi anda untuk belajar cara menggunakanya.

Akan tetapi saat ini terima kasih pada perangkat seluler dan aplikasi editing yang sudah terpasang di dalamnya, kita sekarang bisa mengambil foto berkualitas tinggi dan mengeditnya juga tanpa perlu banyak usaha.

Berikut kami berikan beberapa tips mengambil gambar yang bagus dengan kamera ponsel anda.

1.Gunakan Garis Kisi untuk menyeimbangkan jepretan Anda

10 Tips Fotografi dengan Kamera Ponsel

Salah satu cara paling mudah dan terbaik untuk meningkatkan hasil foto anda adalah dengan mengaktifkan mode grid lines di kamera ponsel anda. Tempatkanlah objek anda di titik-titik persimpangan garis-garis tersebut, dengan demikian foto anda akan lebih seimbang dan erat dengan pemirsa.

2.Atur Fokus Kamera Ponsel Anda

Kamera ponsel saat ini secara otomatis fokus ke bagian depan objek yang akan anda abadikan. Tapi tidak semua gambar yang anda ambil di kamera ponsel anda mempunya subjek yang jelas.

Untuk menyesuaikan di mana Anda ingin lensa kamera Anda untuk fokus, sentuh layar di tempat yang Anda ingin tajamkan tampilanya.

3.Manfaatkan Ruang Negatif

10 Tips Fotografi dengan Kamera Ponsel

Ruang Negatif adalah area di sekitar dan di antara subjek gambar.
Saat anda memasukan ruang kosong di foto anda, subjek anda akan lebih menonjol dan membangkitkan reaksi yang lebih kuat.
Ruang negatif bisa seperti langit yang terbuka, air, lahan kosong, atau tembok besar.

4.Temukan Sudut Pandang yang Berbeda

mengambil foto dari sudut-sudut yang tidak terduga bisa membuatnya lebih mengesankan. ia cenderung menciptakan ilusi kedalaman atau ketinggian dengan subjeknya.

Cobalah ambil foto sebuah subjek dari bawah dan gunakan langit sebagai ruang negatif.

5.Tangkap Detil Kecil

10 Tips Fotografi dengan Kamera Ponsel

Gambar close-up yang menangkap detail kecil, rumit, dan halus bisa membuat konten visual yang sangat menarik. Perhatikan tekstur dan pola seperti bunga yang sedang mekar, jalan berkerikil, atau permukaan ubin.

6.Gunakan Cahaya Alami

10 Tips Fotografi dengan Kamera Ponsel

Manfaatkan sumber cahaya alami yang dapat Anda temukan, bahkan setelah gelap. Ini memberi anda kesempatan untuk bermain dengan bayangan dengan membuat siluet dari sumber cahaya di sekitarnya, seperti mobil yang lewat atau bangunan di sekitarnya.

7.Hindari memperbesar dengan Zoom

10 Tips Fotografi dengan Kamera Ponsel

Saat Anda mengambil foto dari jarak jauh, anda pasti tergoda untuk memperbesar sesuatu yang spesifik yang ingin Anda ambil. Namun sebenarnya lebih baik anda tidak melakukannya karena dapat membuat foto tampak buram atau pixelated.

8.Buatlah Foto Abstrak

10 Tips Fotografi dengan Kamera Ponsel

Foto abstrak dimaksudkan untuk menangkap esensi dari suatu objek, atau serangkaian nya, tanpa mengungkapkan seluruh pemandangan secara keseluruhan. Dengan kata lain, mereka bertujuan untuk menciptakan gambar yang unik dan mengejutkan dari subjek yang biasa.

Ini dapat dicapai dengan memotong bagian abstrak dari sebuah foto yang biasanya normal. Atau dengan mengambil bidikan jarak dekat dari suatu objek yang membuat penonton bertanya-tanya dalam kekaguman, apa subjeknya.

9.Ambilah Foto Candid

10 Tips Fotografi dengan Kamera Ponsel

Foto berpose bisa jadi bagus untuk kenangan. Momen menyenangkan dengan keluarga atau teman, atau mungkin tidak sengaja bertemu selebriti yang anda sukai. Namun terkadang foto candid dari orang-orang yang sedang beraktifitas, atau orang yang sedang mengobrol bisa menjadi jauh lebih menarik.

Itu karena foto candid lebih mampu menangkap emosi dan esensi momen secara efektif.

Salah satu cara paling mudah untuk mengambil foto seperti ini adalah dengan mengambil foto sebanyak mungkin.

10.Bersihkan Lensa Kamera Ponsel Anda

Kamera smartphone mungkin lebih nyaman untuk dibawa-bawa ketimbang kamera DSLR, akan ada biaya perawatan yang harus dibayar.

Saat anda meninggalkan rumah ponsel anda pasti biasanya berada di kantong atau tas anda. Sementara itu lensa kamera ponsel anda mengumpulkan segala jenis debu dan serat.

Pastikan bersihkan lensa kamera ponsel anda dengan kain lembut atau kain microfiber sebelum mengambil foto.

5/5 (3)

Silakan nilai berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *