Foto Black Hole Dirilis Pertama Kalinya

by -38 views
Foto Black Hole atau Lubang Hitam
Foto Black Hole atau Lubang Hitam

Para ilmuwan telah melakukan penelitian mengenai lubang hitam atau yang dikenal dengan black hole. Dengan teleskop dan perangkat lainnya, peneliti mencoba memahami fenomena black hole. Black hole sendiri ialah gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur dari lubang hitam.

Selama ini orang-orang penasaran dengan penampakan dari blackhole. Sejak Rabu (10/4), ilmuwan peneliti blackhole mencatat sejarah baru. Mereka mengumumkan telah  mendapatkan potret black hole yang terekam jelas.

Para peneliti di National Science Foundation menangkap gambar lubang hitam supermasif dan bayangannya di pusat galaksi Messier 87 atau M87.

Foto yang agak kabur dari lubang hitam di pusat M87, sebuah galaksi masif yang berada di tengah kluster galaksi Virgo yang relatif dekat, menunjukkan cincin merah, kuning, dan putih yang mengelilingi pusat gelap.

Pengamatan tim memvalidasi teori relativitas umum yang dicetuskan ahli fisika, Albert Einsten pada tahun 1915 untuk menjelaskan hukum gravitasi dan hubungannya dengan kekuatan alam lainnya.

Keberadaan lubang hitam pertama kali diprediksi pada tahun 1916. Sebagian besar galaksi dianggap memiliki lubang hitam supermasif di pusatnya

“Ini adalah prestasi ilmiah yang luar biasa yang dicapai oleh tim yang terdiri lebih dari 200 peneliti,” kata Dr Sheperd Doeleman dari Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian.

“Kami telah mencapai sesuatu yang dianggap mustahil hanya satu generasi yang lalu,” tambah Doeleman.

5/5 (3)

Silakan nilai berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *