Tips Merakit PC

by -29 views
Tips Merakit PC
Tips Merakit PC
Tips Merakit PC

Saat ini PC sudah menjadi kebutuhan yang lazim, baik untuk para pembuat konten ataupun gamers. Namun masih banyak orang yang belum paham betul langkah-langkah untuk merakit PC sesuai kebutuhan mereka masing-masing. Berikut ini akan kami beri tips-tips untuk merakit PC pertama anda.

1.Dana

Ini adalah faktor penting yang harus di perhatikan sebelum anda memulai merakit pc pertama anda. Pastikan dana anda cukup untuk merakit PC impian anda. Merakit PC yang mumpuni saat ini kurang lebih perlu dana minimal tujuh juta

Tentukan dahulu spesifikasi PC yang anda inginkan sehingga anda bisa memperkirakan PC seperti apa yang akan anda dapatkan dengan dana yang anda miliki.

2.Spesifikasi

Apakah anda akan menggunakan PC anda untuk bermain game, atau mungkin untuk membuat konten? tentukan dahulu tujuan penggunaan PC anda lalu sesuaikan dengan dana yang anda miliki.

3.Komponen

sekarang mari kita mulai mengenal komponen apa saja yang di perlukan untuk membuat sebuah PC.

Prosesor

Prosesor merupakan bagian yang paling penting. Pilihlah prosesor dengan spesifikasi minimal 4 core agar PC anda bisa berjalan dengan lancar saat mengedit foto atau video anda. Maupun saat mengerjakan dokumen-dokumen kerja anda.

Motherboard

Gunakanlah motherboard yang sesuai dengan tipe socket prosesor anda.
motherboard sendiri biasanya terbagi menjadi tiga kategori, high end, mid end, dan low end. Umumnya produsen motherboard menyisipkan kode huruf di seri-seri produk mereka sesuai dengan kategori yang ada.
Sesuaikan kembali dana anda dengan motherboard yang akan anda beli.

Memori

Memori atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan RAM adalah tempat penyimpanan data sementara PC anda. Komponen inilah yang bertugas mempercepat proses data pada PC anda.

Sebelum menentukan kapasitas memori yang akan anda gunakan, pastikan dahulu socket ram tersebut sesuai dengan motherboard anda.
DDR4 adalah teknologi yang terbaru dan kapasitas 8Gb sudah menjadi pilihan minimal dalam merakit PC jaman kini.

Kartu Grafis

Kartu grafis bertugas untuk memproses gambar dan menampilkannya melalui monitor. Sebelum memilih kartu grafis yang ingin anda gunakan, lagi-lagi sesuaikanlah dengan dana dan tujuan anda. Apakah anda akan menggunakan PC anda untuk bermain game dengan pengaturan maksimal atau hanya sekedar mengerjakan dokumen-dokumen kantor di microsoft office.

Ruang Penyimpanan

Di komponen inilah anda menyimpan data-data anda. Mengingat ukuran data jaman kini membutuhkan ruang penyimpanan yang luas, gunakanlah ruang penyimpanan dengan kapasitas minimal 1Tb.

Power Supply

Power supply merupakan sebuah bagian paling penting. Perangkat inilah yang memasok daya listrik ke semua perangkat yang ada di PC anda, gunakanlah power supply yang sudah mendapatkan sertifikasi 80+.

Casing

Dan yang terakhir adalah casing, pilihlah casing dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran motherboard anda. Casing dengan manajemen kabel yang baik sangat di rekomendasikan, karena akan membuat tampilan PC anda lebih rapi.

Demikianlah beberapa tips yang harus diketahui sebelum anda merakit PC pertama anda. Semoga bisa membantu dan selamat mencoba.

5/5 (3)

Silakan nilai berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *