Vitamin Ayam Aduan di Apotik

Diposting pada

Vitamin ayam aduan di apotik – Memelihara ayam aduan sudah menjadi hobi beberapa orang. Meski kompetisi sabung ayam sudah jarang terlihat, tidak menyurutkan peternak untuk menjaga ayam petarung berkualitas. Perawatan dan pemberian pakan sudah pasti diberikan dengan maksimal. Tak lupa vitamin ayam aduan di apotik juga sudah tersedia sehingga memudahkan dalam pembelian.

5 Asupan Vitamin yang Dibutuhkan Ayam Aduan di Apotik

Vitamin ayam aduan di apotik
Vitamin ayam aduan di apotik

1. Vitamin C

Asupan vitamin sangat dibutuhkan pada hewan. Apalagi ayam yang dipelihara ialah ayam aduan yang mana harus siap bertarung dengan lawan yang tidak biasa. Maka dari penting untuk rutin memberikan vitamin tambahan. Misalnya pada Vitamin C yang mana memberikan manfaat penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Jadi ayam tidak mudah sakit atau lemah setelah bertarung.

2. Vitamin A untuk Ayam

Semua orang pasti tahu fungsi penting dari Vitamin A. Ya vitamin ini sangat baik dalam menjaga kualitas mata. Fakta tersebut juga berlaku dalam pemberian vitamin ayam aduan di apotik kepada ayam. Sel darah merah pada ayam akan terpelihara dengan baik sehingga ketajaman mata pun terjaga. Maka dari itu akan sangat berpengaruh ketika bertarung.

3. Asupan Vitamin E

Asupan vitamin E juga dibutuhkan pada ayam petarung. Bukan tanpa alasan mengingat manfaat dari vitamin ini ialah untuk menjaga pertumbuhan bulu ayam. Padahal bulu pada ayam harus lengkap untuk menunjang kekuatan serangan kepada lawan. Maka dari itu pastikan Kamu membeli Vitamin ayam aduan di apotik bila merasa ayam belum terpenuhi vitamin E yang cukup.

Baca juga:  Ayam Bangkok Wiring Kuning Super! Ciri dan Kelebihannya

4. Pentingnya Asupan Vitamin B Kompleks

Bila vitamin E menawarkan manfaat maksimal terhadap pertumbuhan bulu ayam, lain dengan asupan B kompleks. Pada ayam aduan butuh untuk memiliki postur proporsional. Ciri fisiknya diketahui seperti badan tinggi dan tegak. Pemberian vitamin ayam aduan di apotik dari Vitamin B kompleks ini akan memberikan jaminan pertumbuhan ayam sempurna.

5. Pemberian Vitamin D

Lengkapi fungsi kandungan penting dengan vitamin D. Jenis vitamin ini memberikan manfaat penting bagi tubuh ayam. Salah satu fungsi yang signifikan ialah untuk membantu tumbuh kembang dari tulang ayam. Jadi tidak ada kecacatan dalam pertumbuhan tulang ayam. Maka serangan pun akan kian kuat serta berbahaya.

Fungsi Pemberian Vitamin pada Ayam

Fungsi pemberian vitamin pada ayam aduan
Fungsi pemberian vitamin pada ayam aduan

1. Vitamin B kompleks

Pemberian vitamin pada ayam tentu bukan tanpa tujuan. Melainkan ada fungsi khusus yang sengaja dibutuhkan. Vitamin ayam aduan di apotik dapat menjadi solusi bila Kamu merasa ayam peliharaan masih kekurangan kandungan zat penting. Misalnya kekurangan Vitamin B kompleks yang padahal menawarkan fungsi penting seperti penyerapan nutrisi serta membantu nafsu makan.

2. Vitamin C

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ada manfaat penting yang didapat dari vitamin c. Selain memberikan kenyamanan dalam menjaga kekebalan tubuh, ayam petarung juga akan terjaga dari stres. Stres pada hewan sudah kerap terjadi. Penyebab bervariasi seperti perawatan yang kurang maksimal.

3. Vitamin K

Vitamin K bisa dibilang memiliki fungsi yang penting untuk ayam aduan. Sebab dalam pertarungan pasti memberikan efek luka-luka pada ayam. Maka dari itu daya tahan tubuh pun harus kuat. Dari sini fungsi vitamin K sangat diperlukan yakni membantu pembekuan darah ketika luka sehingga bisa sembuh dengan cepat. Jadi Kamu harus membeli vitamin ayam aduan di apotik jenis ini bila merasa kurang. 

Baca juga:  Mengenal Ayam Bangkok F1 Asli Thailand

5. Vitamin A

Pemberian Vitamin A harus dilakukan bila mana peternak kurang dalam memaksimalkan fungsi vitamin ini dalam pemberian pakan. Misalnya Kamu jarang memberi sayuran untuk variasi pemberian pakan ayam petarung. Maka dari itu, perlu untuk beri Vitamin A agar keseimbangan tubuh ayam terjaga. Dengan begitu fungsi mata pada ayam serta stabilitas jaringan organ ayam jago pun terjaga dengan baik.

6. Vitamin D

Pemberian Vitamin D pada ayam petarung sangatlah di butuhkan. Sebab vitamin ini memberikan manfaat positif untuk ayam. Misalnya memperkuat tumbuh kembang tulang. Bagian tersebut sangatlah berpengaruh terhadap kekuatan serangan ayam nantinya. Maka dari itu, pastikan untuk membeli vitamin ayam aduan di apotik agar ayam tidak kekurangan zat penting tersebut.

Kenapa Vitamin Perlu Diberikan Pada Ayam Aduan

Kenapa vitamin perlu diberikan pada ayam
Kenapa vitamin perlu diberikan pada ayam

1. Stres

Pemberian vitamin pada ayam aduan tentu bukan tanpa alasan. Pasti ada alasan khusus yang harus terpenuhi. Misalnya ketika keadaan ayam dalam kondisi stres. Perlu diketahui bahwa stres pada hewan memang kerap terjadi. Penyebab bervariasi biasanya berhubungan dengan perawatan yang diberikan. Atau bisa di sebabkan oleh kelembapan dan suhu.

Untuk mengatasi stres tersebut maka dibutuhkan vitamin sebagai antibodi. Namun tetap sebelum itu pastikan pemilihan obat tersebut tepat jangan sampai salah. Dalam hal ini Kamu pantas menanyakan ahli terlebih dahulu.

2. Terserang penyakit

Penyebab vitamin perlu diberikan biasanya tidak jauh dari kondisi hewan. Contohnya ketika ayam dalam keadaan sakit. Kondisi demikian memungkinkan ayam tidak bisa mengonsumsi makanan yang cukup. Selera makan yang terganggu membuat asupan nutrisi dan vitamin pun berkurang.

Demi menangkal hal tersebut maka perlu pemberian vitamin tambahan. Maka tidak salah bila Kamu membeli vitamin ayam aduan di apotik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada ayam. Pastikan beri secara teratur agar manfaat lebih terasa adanya. Namun juga tidak berlebihan karena justru akan tidak baik.

Baca juga:  Jenis-Jenis Ayam Petarung Serta Teknik Melatih Agar Jadi Jagoan

Cara Pemberian Vitamin Pada Ayam Aduan

Cara pemberian vitamin pada ayam
Cara pemberian vitamin pada ayam aduan

1. Seminggu sekali

Setelah membeli vitamin ayam aduan di apotik, peternak tidak bisa sembarangan begitu saja memberikan langsung vitamin. Sebab Kamu harus tahu dosis yang tepat untuk aman diberikan. Umumnya pemberian vitamin hanya dilakukan sebagai pelengkap nutrisi yang belum bisa terpenuhi dari pakan yang diberikan. Vitamin juga diberikan sebagai selingan atau tidak tiap hari. Paling tidak berikan seminggu sekali saja.

2. Dua hari sekali

Bila pemberian vitamin dilakukan seminggu sekali dalam keadaan umum, lain dengan ketika ayam berada dalam kondisi sakit. Kondisi tersebut membuat pemilik butuh perawatan yang lebih ekstra. Pemberian vitamin bisa dilakukan dua hari sekali tiap sore. Pastikan lakukan teratur hingga keadaan sembuh total.

3. Sehari sebelum tanding

Pemberian vitamin tidak bisa dilakukan secara sembrono. Apalagi bila waktu tanding akan berlangsung dalam waktu dekat. Maka dari lebih baik berikan ketika sehari sebelum waktu pertandingan. Pemilihan waktu tersebut di percaya tepat untuk mendapatkan manfaat maksimal dari vitamin. Jadi jangan berperilaku sebaliknya yang mana beri sebelum pertandingan di mulai. Hal semacam itu tidak memberikan efek instan uang baik alih-alih membahayakan.

Itu dia beragam informasi mengenai vitamin untuk ayam aduan. Untungnya vitamin ayam aduan di apotik kini sudah banyak tersedia. Jadi Kamu tidak perlu lagi mencari secara susah payah. Hal terpenting ialah peternak memberikan secara tepat dengan dosis yang cukup. Maka dari itu, lebih baik tanyakan pada ahli terlebih dahulu untuk memastikan pemanfaatan lebih maksimal.