Warna Ayam Bangkok yang Ditakuti Lawan

Diposting pada

Warna ayam bangkok yang ditakuti lawan – Bulu yang ada pada ayam ternyata tidak hanya sekadar sebagai hiasan saja, namun merupakan ciri khas sehingga mempunyai keunikan. Terdapat beberapa warna ayam bangkok yang ditakuti lawan dan disukai oleh banyak pecinta ayam aduan. Selain mencerminkan kepribadian ayam bangkok, warna bulu juga menjadi dasar dalam menilai kemampuan ayam bangkok saat bertarung.

Warna ayam bangkok yang ditakuti lawan
Warna ayam bangkok yang ditakuti lawan

Di Bawah Ini Warna Ayam Bangkok yang Paling Ditakuti Lawan

Pada kesempatan kali ini penulis ingin membagikan 8 jenis warna ayam bangkok yang paling ditakuti dan disegani oleh lawan. Berikut ulasannya dibawah ini.

Ayam Bangkok Putih Kinantan

Gambar ayam bangkok putih kinantan
Gambar ayam bangkok putih kinantan

Ayam bangkok putih kinantan tergolong sebagai katuranggan ayam suro yang diyakini memiliki sisi mistis. Warna ayam bangkok yang ditakuti lawan ini mempunyai ciri berupa putih pada bulunya, paruh sampai kakinya. Ayam ini dipercaya dapat memberi keberuntungan untuk pemiliknya. Walaupun hanya mitos, tetapi sebagian besar botoh tetap ada yang meyakininya.

Ayam Bangkok Klawu / Kelabu

Gambar ayam bangkok klawu
Gambar ayam bangkok klawu/kelabu

Bagi penyuka ayam aduan tentu saja kerap menjumpai ayam bangkok klawu / kelabu. Ini merupakan warna ayam bangkok yang ditakuti lawan dan cukup populer di kalangan botoh tanah air. Ciri umum dari ayam ini yaitu warna dasar bulunya abu-abu dengan bulu rawis kuning, hitam, maupun merah.

Ayam Bangkok Hitam Jergem

Gambar ayam bangkok hitam jergem
Gambar ayam bangkok hitam jergem

Ayam bangkok hitam jergem adalah katuranggan warna bulu ayam yang diyakini memiliki berbagai kelebihan ketika bertarung. Kebanyakan orang percaya bahwa ayam ini memiliki keistimewaan pada pukulannya yang mematikan.

Baca juga:  Cara Pemberian dan Manfaat Jahe untuk Ayam Bangkok

Memang sulit sekali menemukan ayam bangkok dengan warna hitam sempurna, mulai warna bulu sampai kaki dan paruh. Oleh sebab itu, tidak heran jika ayam bangkok hitam jergem merupakan warna ayam bangkok yang ditakuti lawan.

Ayam Bangkok Jali

Gambar ayam bangkok jali
Gambar ayam bangkok jali

Warna ayam bangkok yang ditakuti lawan dan tergolong paling langka yaitu ayam bangkok jail. Padahal sebetulnya ayam ini mempunyai warna yang khas serta dapat dikatakan memiliki kharisma. Warnanya terbentuk dari perpaduan bintik yang tersusun rapi di tubuh ayam. Jika dilihat sekilas, akan terlihat menyerupai motif bergaris di tikar yang umumnya kamu jadikan sebagai alas duduk.

Ayam Bangkok Jalak

Gambar ayam bangkok jalak
Gambar ayam bangkok jalak

Ayam bangkok jalak juga kerap disebut dengan nama “wido”. Banyak yang mengatakan bahwa ayam ini merupakan hasil persilangan dari ayam bangkok dengan ayam lokal.

Ayam bangkok jalak mempunyai ciri khas warna hitam pekat dengan rawis warna keemasan atau putih. Oleh sebab itu, ada pula yang memberinya nama sebagai ayam jalak putih dan jalak emas.

Ayam Bangkok Blorok

Gambar ayam bangkok blorok
Gambar ayam bangkok blorok

Warna ayam bangkok yang ditakuti lawan yang berikutnya adalah blorok. Sebagian besar botoh kerap mengartikan ayam ini dengan nama ayam aduan brumbun. Ayam tersebut mempunyai ciri khas di bagian bulunya ada warna totol. Umumnya warna tersebut tampak unik sebab terdapat beberapa perpaduan warna yang cukup bervariasi.

Warna bulu ayam bangkok blorok yang digemari kebanyakan botoh yaitu blorok madu sebab langka dan dipercaya memiliki kelebihan. Ayam bangkok blorok memiliki warna yang serasi diantara perpaduan warna bulu dengan patuh dan kaki ayam.

Ayam Bangkok Wangkas

Gambar ayam bangkok wangkas
Gambar ayam bangkok wangkas

Wangkas juga menjadi salah satu warna ayam bangkok yang ditakuti lawan. Ayam tersebut hanya memiliki satu warna mencolok. Di beberapa daerah, ayam wangkas disebut sebagai ayam belurang. Ada dua jenis, yakni ayam wangkas emas yang memiliki warna keemasan serta wangkas geni yang memiliki warna merah menyerupai api.

Baca juga:  6 Ciri Ayam Brahma Asli dan Tips Ternak Ayam Jenis Ini

Kebanyakan botoh juga menganggap bahwa ayam bangkok wangkas memiliki kelebihan tertentu saat bertanding. Jadi, tidak heran lagi apabila tergolong sebagai warna ayam bangkok yang ditakuti lawan.

Ayam Bangkok Wiring

Gambar ayam bangkok wiring
Gambar ayam bangkok wiring

Sebagai warna ayam bangkok yang ditakuti lawan, ayam wiring mempunyai ciri khas berupa warna dasar bulunya yang itam dengan perpaduan warna kuning ataupun merah. Biasanya ada 2 jenis ayam wiring, yaitu ayam wiring geni dan ayam wiring kuning. Banyak orang yang beranggapan bahwa ayam ini merupakan keturunan asli ayam petarung dari Thailand.

Warna ayam ini juga menjadi yang paling favorit serta disegani oleh banyak penggiat sabung ayam. Ayam wiring yang dapat ditembus diyakini mempunyai kelebihan lebih dalam segi bertarung daripada ayam yang lainnya. Namun sayangnya sulit sekali untuk memperoleh ayam wiring yang sempurna.

Cara Tepat Memelihara Anak Ayam Bangkok

Pemberian Pakan

Pakan bagi anak ayam bangkok dengan umur 1 hingga 2 hari cukup diberikan air minum saja. Apabila telah berusia lebih dari 3 hari hingga 3 bulan telah dapat diberikan pakan voer kode 591. Saat usianya telah 2 hingga 3 bulan, kamu dapat memberinya pakan berupa dedak ataupun voer yang dicampur dengan bekatul dan jagung yang perbandingannya 4:1.

Kandang

Kandang adalah komponen yang penting sekali dalam perawatan anak ayam bangkok. Ketika bibit ayam berusia 3 hingga 4 hari, maka ia memerlukan kandang box. Perkembangan anak ayam akan lambat jika kamu membiarkannya diasuh dan tinggal dengan induknya.

Hal itu karena pakan yang diberi kurang terjamin serta perawatan yang kurang benar dari induknya. Terlebih dahulu buatlah postal atau kandang box sebelum dipisahkan. Bahan untuk membuat kandang box yaitu kayu serta kawat. Selain itu, kamu dapat membuat penutupnya menggunakan terpal supaya bisa terlindungi pada malam hari.

Baca juga:  Yuk Kenalan Sama Ayam Bangkok Termahal di Thailand

Mencabut Bulu

Pertumbuhan dari anak ayam dapat terhambat bila ia mempunyai bulu yang terlalu tebal. Hal itu dapat menyebabkan kemampuan dalam menyerap nutrisi akan berkurang. Bulu yang telah terlihat alangkah baiknya segera dicabut supaya nutrisi pakan dapat berlangsung secara maksimal.

Kamu dapat mencabut bulu di bagian ekor dan sayap saat anak ayam berumur 3 minggu. Sementara, saat berusia 2 bulan kamu dapat mencabut bulu pada bagian dada dan pahanya. Bulu punggung dan bulu leher yang telah rontok, kamu harus tetap mencabut sisanya.

Perawatan Intensif

Kamu dapat melakukan perawatan pada anak ayam bangkok dalam area kandang saja jika umurnya masih 1 hingga 6 bulan. Hal itu sebab ia akan menghabiskan tenaga yang banyak jika dibiarkan di luar kandang. Kamu dapat memberikan waktu sekitar 30 menitan untuk membiarkan anak ayam di luar supaya dapat bergerak secara bebas dan memperoleh sinar matahari.

Kebersihan kandang pun penting sekali dijaga guna menghindari bakteri atau hama penyakit yang dapat menyerang anak ayam. Setiap akan memberi pakan, sebaiknya kamu terlebih dahulu membersihkan tempat makan dan minum supaya terhindar dari bakteri di sisa pakan.

Memberikan Suplemen Tambahan

Pemberian vitamin atau suplemen tambahan akan menjadikan tulang anak ayam menjadi semakin cepat besar. Sehingga, bisa berfungsi sebagai penopang dalam pertumbuhan tulangan anak ayam. Kamu dapat mencampur air minum anak ayam dengan vitamin. Sementara, untuk suplemen kamu dapat memberikan susu bubuk bayi dicampur dengan voer.

Nah, itu tadi adalah beberapa hal tentang warna ayam bangkok yang ditakuti lawan serta cara tepat pemeliharaannya. Pemilihan dan perawatan yang baik akan membuat ayam bangkok semakin berkualitas.