Macam-macam Warna Burung Lovebird Sesuai Jenisnya

Diposting pada

Bagi Anda pecinta burung pasti sudah tidak asing dengan salah satu jenis burung yang pernah booming beberapa tahun lalu, yakni Lovebird. Warna burung lovebird yang beragam dan cantik menjadi daya tarik tersendiri mengapa banyak pecinta burung ini.

Warna Burung Lovebird
Source: peakpx

Burung Lovebird merupakan anggota dari genus Agapornis dan masih dekat dengan keluarga burung nuri. Tingkah laku burung Lovebird juga sama dengan nuri, yakni menunjukkan kedekatan dan menyayangi satu sama lain.

21 Warna Burung Lovebird sesuai dengan Jenisnya

Berikut adalah beberapa warna burung lovebird sesuai dengan jenisnya yang saat ini paling populer di Indonesia:

1. Pale Fallow

Gambar pale fallow
Source: burunglovebird

Binatang yang masih memiliki ras albino akan menampilkan warna burung lovebird yang menarik, begitu juga dengan burung Lovebird Pale Fallow. Jenis lovebird ini merupakan hasil mutasi dari ras latino beserta albino yang menjadi satu.

Salah satu ciri khas dari Pale Fallow adalah warna matanya yang merah dan warna bulunya sesuai namanya, yakni hijau kekuningan di bagian badan dan merah di bagian kepalanya. Nama dan warna burung lovebird biasanya saling berkaitan.

Pale Fallow memiliki harga yang tetap stabil meski sempat mengalami penurunan signifikan, bahkan cenderung naik jadi banyak pula pecinta Lovebird yang menjadikannya sebagai media investasi karena harganya relatif stabil dan naik.

2. Lovebird Muka Salem

Gambar lovebird muka salem
Source: aplik

Jenis burung lovebird kedua yang memiliki daya tarik pada warna burung lovebird adalah Lovebird Muka Salem. Sesuai dengan namanya, jenis burung ini memiliki wajah berwarna peach atau salem, namun memiliki bagian leher sedikit kemerahan.

Itulah mengapa banyak orang juga menyebutnya dengan istilah lovebird berkerah merah atau kemerah-merahan. Habitat asli dari burung ini ada di padang pasir Afrika barat daya, tepatnya di Gurun Namib.

Dibanding jenis dan warna burung lovebird lain, jenis ini lebih rentan terhadap mutasi warna dan sejumlah pola warna terlihat di alam liar. Bukan hanya itu, Anda akan menemukan banyak morf jenis burung ini karena memang dibiakkan.

3. Lovebird Muka Merah

Gambar lovebird muka merah
Source: hobiburung

Warna burung lovebird yang tidak kalah menarik adalah warna merah mencolok pada bagian muka. Itulah mengapa jenis burung ini dinamakan lovebird muka merah. Burung lovebird muka merah ini memiliki panjang sekitar 15 cm dan paruh merah.

Warna bulu di tubuhnya didominasi dengan warna hijau, meskipun ada bercak merah eponim yang membuatnya terlihat makin indah. Perbedaan bercak merah dan paruh bisa Anda temukan pada lovebird jantan dengan lovebird betina.

Warna burung lovebird termahal jantan lebih kaya, sedangkan betina memiliki warna paruh yang lebih pucat dan ada tambalan kecil sehingga tampilan burung betina tidak terlalu mencolok daripada jantan. Jenis burung lovebird ini ada di seluruh Afrika.

4. Lovebird Abisinia

Gambar lovebird abisinia
Source: thegorbalsla

Warna burung lovebird tercantik selanjutnya adalah Lovebird Abisinia. Dengan mengetahui namanya, Anda pasti sudah mengerti gambaran bagaimana warna bulu burung lovebird, yakni warna hitam.

Warna hitam ini terlihat lebih menonjol di bagian bawah sayap. Bukan hanya itu, terlihat tambalan merah di bagian dahi burung yang bisa dijumpai pada burung lovebird jantan. Ciri khas lainnya adalah ada cincin tipis bulu merah di area mata.

Baca juga:  Burung Lovebird, Unggas Kecil yang Mempesona

Warna burung lovebird ini cukup bervariasi, mulai dari warna hijau, biru, hitam, merah, dan lainnya. Anda bisa menjumpai jenis burung lovebird ini di daerah Ethiopia dan Eritrea.

5. Lovebird Topeng

Gambar Lovebird Topeng
Source: catatan-burung

Semua jenis warna burung lovebird yang bagus, cantik dan mencolok jadi membuat siapa saja yang melihat pasti tertarik. Begitu juga dengan lovebird bertopeng yang disebut dengan istilah lovebird kuning berkerah atau kerah kuning.

Dari nama lain tersebut, terlihat jika burung lovebird ini memiliki leher kuning sebagai corak paling umum. Pada bagian wajah burung memiliki warna hitam layaknya sebuah topeng yang sedang dikenakan sehingga menjadi ciri khas tersendiri.

Karakteristik warna burung lovebird paling mahal lain yang dimiliki adalah kerah warna kuning yang menonjol. Meski begitu, banyak juga dijumpai lovebird topeng memiliki warna leher yang berbeda, bukan kuning.

6. Lovebird Pipi Hitam

Gambar lovebird pipi hitam
Source: hobiburung

Burung lovebird yang ditemukan di wilayah perbatasan antara Zambia, Namibia, dan Botswana ini memiliki habitat yang terancam punah. Hal ini dikarenakan sudah semakin sedikit jumlah burung lovebird sehingga harus dilindungi.

Jenis jenis warna burung lovebird ini memiliki panjang sekitar 14cm dengan punggung berwarna hijau tua dan bagian depan berwarna hijau muda. Sedangkan, warna kepala didominasi warna orange-coklat yang diapit oleh leher dan pipi hitam.

Leher hitam ini terhubung ke dada hijau melewati patch orange kecil dan pada sekitar mata terdapat cincin putih yang mempercantik tampilan burung lovebird.

7. Lovebird Fischer

Gambar lovebird fischer
Source: hobiburung

Warna burung lovebird yang satu ini juga tidak kalah menarik dibanding jenis lovebird yang lainnya. Jika beberapa jenis burung lovebird memiliki nama sesuai dengan ciri khas warna bulu pada badan atau wajah, namun tidak untuk jenis ini.

Nama lovebird Fischer berasal dari seorang penjelajah Jerman di Afrika bernama Gustav Fischer. Jenis burung ini memiliki dada bagian depan dan punggung berwarna hijau yang kemudian diteruskan ke bagian wajah yang berwarna orange.

Bagian leher berwarna kuning, lalu berlanjut pada bagian atas kepala yang berwarna hijau zaitun. Perpaduan warna burung lovebird olive dan kuning yang cerah membuat warna burung ini terlihat mencolok.

8. Lovebird Violet

Gambar lovebird violet
Source zenhobbies

Berbeda dengan kebanyakan burung lovebird yang didominasi dengan warna kuning, hijau dan merah. Lovebird violet ini memiliki warna burung lovebird lebih khas, yakni biru cobalt dan biru mangsi sehingga harga jenis burung ini lebih mahal.

Warna burung lovebird violet atau biru gelap menyelimuti tubuh dan sayap, ditambah dengan dada dan leher yang berwarna putih. Ciri khas burung lovebird violet adalah memiliki tudung kepala berwarna hitam dengan kacamata putih.

Paruh burung lovebird violet juga berwarna putih, kemudian ada tambahan warna hitam di bagian ujung sayap, kaki dan punggung. Jadi, warna burung lovebird yang mahal ini memiliki dominasi warna yang terkesan lebih gelap dibanding lovebird pada umumnya.

9. Lovebird Australian Cinnamon

Gambar Lovebird Australian Cinnamon
Source: thegorbalsla

Warna burung lovebird yang satu ini sangat berbeda dengan lovebird violet. Lovebird Australian Cinnamon justru memiliki warna yang lebih kalem atau pastel. Hampir seluruh bulu pada burung ini memiliki warna yang lebih kalem dan soft.

Warna burung lovebird euwing kalem dari burung ini adalah krem atau abu abu muda. Warna lain yang melengkapi cantiknya bulu ini juga terlihat lebih kalem, seperti hijau muda, kuning muda dan lain sebagainya.

Bisa dibilang jika jenis burung ini adalah jenis burung lovebird dengan warna paling lembut atau kalem. Jadi, cocok bagi pecinta burung yang lebih suka dengan warna burung soft atau pastel.

10. Lovebird Cobalt

Gambar lovebird cobalt
Source: liputan6

Jika Anda ingin melihat jenis lovebird dengan warna unik dan menarik, lovebird cobalt bisa jadi pilihan. Sesuai dengan namanya, jenis burung ini memiliki bulu berwarna biru cobalt yang memenuhi hampir seluruh bagian tubuhnya.

Baca juga:  Jenis, Ciri-Ciri, Harga, Dan Cara Merawat Lovebird Pasjo

Tapi, masih ada warna burung lovebird biola blue yang menghiasi tubuh burung lovebird, yakni warna abu-abu di bagian kepala hingga leher. Namun, bagian kepala atau wajah burung lovebird ini lebih didominasi oleh warna hitam.

11. Lovebird Lutino

Gambar lovebird lutino
Source: kicaumania

Jenis lovebird selanjutnya yang bisa Anda jumpai dengan warna bulu lovebird menarik adalah lovebird lutino. Jenis burung lovebird yang satu ini terbilang cukup mahal, namun tetap saja banyak pecinta burung yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan.

Lovebird Lutino merupakan hasil mutasi genetik dari ras muka salem dengan panjang tubuh kurang lebih 16 hingga 18 cm. Meski hasil mutasi lovebird muka salem, tapi tampilan lovebird lutino sangat berbeda dengan ras aslinya.

Warna burung lovebird termahal yang mendominasi adalah warna kuning, sedangkan warna merah cerah hingga orange kemerahan terlihat pada bagian wajahnya. Burung ini juga memiliki warna khas pada bagian matanya, yakni warna hitam dan merah.

12. Lovebird Albino

Gambar lovebird albino
Source: kicaumania

Dari namanya saja pasti Anda sudah tahu bagaimana warna dari burung lovebird yang satu ini. Lovebird albino memiliki daya tarik tersendiri dibanding burung lovebird lainnya yang cenderung memiliki beragam warna mencolok, seperti hijau dan kuning.

Berbeda dengan lovebird albino yang diselimuti oleh bulu berwarna putih polos dan bersih. Tampilan ini terlihat semakin menarik dengan warna orange pada patuhnya dan warna merah pada matanya sehingga terlihat lebih mencolok.

Jika Anda mengenal jenis warna burung lovebird, warna merah pada mata burung lovebird albino sebenarnya tidak terlihat begitu mencolok seperti kebanyakan gambaran yang ada.

13. Lovebird Nyasa

Gambar lovebird kacamata nyasa
Source: catatan burung

Jika Anda pecinta burung lovebird, pasti sudah tidak asing dengan jenis burung lovebird yang satu ini. Lovebird Nyasa merupakan spesies yang memiliki ukuran lebih kecil dibanding jenis lainnya, bahkan panjangnya hanya mencapai 13 cm.

Selain dari ukuran tubuhnya, burung lovebird nyasa juga memiliki ciri khas lainnya, yakni dari wajah kemerahan. Selain itu, pada bagian leher dan kepala burung ini memiliki warna orange yang kemudian berubah menjadi hijau di depan dan belakang.

14. Lovebird Madagaskar

Gambar lovebird madagaskar
Source: catatan burung

Kebanyakan burung lovebird memang dijumpai di daratan benua Afrika, tapi untuk jenis burung yang satu ini merupakan spesies asli Madagaskar. Itulah mengapa warna burung lovebird euwing mengambil habitat aslinya sebagai namanya.

Untuk ukuran badan lovebird, jenis ini termasuk salah satu burung lovebird yang terkecil. Keunikan dari lovebird madagaskar yang tidak dimiliki oleh burung lovebird lainnya adalah perubahan warna ketika burung sudah tumbuh dewasa.

Pasalnya, warna burung lovebird olive pada punggung dan sayap lovebird madagaskar ini akan berubah warna ketika burung tumbuh dewasa.

15. Lovebird Batman

Gambar lovebird batman
Source: tokopedia

Dari namanya saja, pasti Anda sudah tahu bagaimana ciri khas dari jenis burung lovebird yang satu ini. Dari segi warna warna burung lovebird, jenis ini memiliki warna hampir sama dengan pahlawan fiksi bernama Batman, yakni berwarna hitam.

Selain itu, mata lovebird yang berbentuk bulat hitam dilengkapi dengan kacamata dan leher berwarna putih. Sedangkan, untuk paruh burung berbentuk melengkung dan berwarna putih kekuningan.

Dengan tampilan warna itulah burung ini memiliki warna bulu yang mengingatkan kita pada Batman.

16. Lovebird Berkerah Hitam

Gambar Lovebird Berkerah Hitam
Source: thegorbalsla

Warna burung lovebird lainnya yang tidak kalah memikat adalah lovebird berkerah hitam atau Lovebird Sweden (nama latin). Jenis lovebird ini banyak ditemukan di hutan hujan ekuatorial Afrika dan berbagai tempat lainnya.

Misalnya, Kamerun, Kongo-Brazzaville, Pantai Gading, Liberia, Kongo-Kinshasa, Uganda dan Republik Afrika Tengah. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil karena hanya mencapai 13,5cm saja.

Baca juga:  Inilah Jenis-Jenis dan Tips Merawat Lovebird Paskun yang Benar

Sayangnya, spesies ini tidak banyak diminati oleh para pecinta burung lovebird karena membutuhkan makanan khusus yang cukup sulit jika ingin menjadikannya hewan peliharaan. Dengan begitu, dibutuhkan biaya lebih besar juga untuk pakannya.

17. Lovebird Blorok

Gambar lovebird blorok
Source: jalaksuren

Jenis warna burung lovebird lain yang merupakan hasil rekayasa genetika adalah lovebird blorok. Ciri khas dari jenis burung ini adalah warna bulu yang sangat unik, yakni degradasi lebih dari satu warna, misalnya warna biru, kuning dan putih.

Gradasi warna burung lovebird paling mahal ini tersusun secara tidak rata sehingga terlihat lebih menarik dan unik dibanding lovebird lainnya. Sayangnya, jenis burung ini terbilang langka dan harganya jauh lebih mahal.

Hal ini dikarenakan butuh cara yang sulit untuk bisa menghasilkan jenis lovebird yang satu ini. Berbeda dengan jenis lovebird lain yang lebih populer dan sering dijumpai, seperti lovebird violet, blorok biru, blue series dan lutino.

18. Lovebird Biru Mangsi

Gambar lovebird biru mangsi
Source: burungcantik

Sebagian besar burung lovebird memiliki warna burung lovebird biola biru, meskipun itu hanya di bagian tertentu saja. Begitu juga dengan jenis lovebird biru mangsi yang diselimuti oleh bulu berwarna biru samudra di bagian tubuh dan sayap.

Sedangkan, untuk bagian paruh, leher dan dada, burung ini memiliki warna putih. Berbeda lagi dengan bagian kepala lovebird yang memiliki tudung berwarna hitam pekat dengan beragam variasi warna sesuai dengan masing masing burung.

Beberapa burung lovebird biru mangsi memiliki tudung berwarna hitam pekat dengan biru mangsi personata dan ada juga sebagian burung lovebird dengan gradasi warna burung lovebird yang bagus dengan warna hitam unik.

19. Lovebird Merah

Gambar Lovebird Merah
Source: tokopedia

Sebenarnya, warna burung lovebird merah bisa kita jumpai di jenis lovebird lainnya namun warna merah pada jenis lovebird yang satu ini sangat sulit untuk kita jumpai. Bahkan, keberadaan burung lovebird ini masih menjadi tanda tanya karena sulit.

Ciri khas dari burung lovebird yang satu ini adalah tubuh yang dipenuhi dengan warna merah sedikit orange dan ada variasi warna putih pada ujung sayapnya. Selain warna burung lovebird langka, burung lovebird ini juga dihiasi dengan warna biru.

Sayangnya, keberadaan yang belum dipastikan membuat kebanyakan orang menganggap jika lovebird merah merupakan hasil orang iseng yang mengedit macam macam warna burung lovebird.

20. Lovebird Misty

Gambar lovebird misty
Source: burungnya

Jenis burung lovebird berikutnya yang memiliki warna bulu menarik adalah lovebird misty. Warna burung lovebird biola blue dari burung ini merupakan hasil mutasi genetik sehingga burung ini dinamakan sesuai dengan warna yang ada pada bulunya.

Dalam bahasa Inggris, misty artinya berkabut jadi terlihat jika bulu jenis burung ini menyerupai kabut. Warna burung lovebird pb yang lusuh tapi bisa mengeluarkan efek kemerahan saat terkena cahaya atau sinar, baik matahari maupun lampu.

Sebagian besar burung lovebird ini memiliki warna dasar kuning mengkilap dengan ekor dan kepala yang berwarna hitam.

21. Lovebird Dakori/Dakocan

Gambar Lovebird Dakori
Source: hobiburung

Warna burung lovebird terakhir yang menarik untuk dijadikan peliharaan adalah lovebird dakori. Jenis lovebird ini memiliki bulu yang didominasi warna hijau, hitam, dan kuning. Pada bagian kepala hingga leher warnanya hitam.

Pada ujung sayap, terdapat gradasi warna dari hijau ke hitam. Jika dilihat sekilas, jenis dakori ini cenderung hampir sama seperti lovebird biasa atau standar. Hanya saja warnanya jauh lebih variasi dan pekat. Masih banyak variasi warna burung lovebird lainnya yang bisa Anda jumpai di berbagai penjuru dunia. Bagi Anda yang ingin memelihara burung lovebird, pastikan untuk mengenal jenis burung tersebut dengan baik.